Perusahaan Asuransi Terbaik 2014 – Indonesia

asuransi-terbaik-indonesia-2014-Majalah Investor kembali menggelar pemilihan perusahaan asuransi terbaik 2014. Dari ratusan perusahaan yang ada, 43 perusahaan asuransi umum dan 21 perusahaan asuransi jiwa berhasil lolos untuk penjurian selanjutnya. Hasilnya, 7 perusahaan asuransi umum dan 1 perusahaan asuransi jiwa berhasil menjadi jawara di kategorinya masing-masing. Sebuah penghargaan khusus juga diberikan kepada satu perusahaan asuransi umum dan satu perusahaan asuransi jiwa.

Sebelum sampai ke tahap penentuan juara, 12 perusahaan peraih skor tertinggi di kelompok aset masing-masing masuk sebagai nominasi juara. Ke-12 perusahaan tersebut adalah:

  1. PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia,
  2. PT AXA Mandiri Financial Services,
  3. PT Commonwealth Life,
  4. PT Indolife Pensiontama,
  5. PT Asuransi Jiwa Adisarana Wanaartha,
  6. PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia,
  7. PT Asuransi Adira Dinamika,
  8. PT Asuransi Astra Buana,
  9. PT Asuransi Bangun ASKRIDA,
  10. PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk,
  11. PT Pan Pacific Insurance, dan
  12. PT Asuransi Umum BCA .

Kriteria dan Pemenang Asuransi Terbaik 2014

Paling tidak ada 14 kriteria yang diterapkan untuk menentukan perusahaan asuransi terbaik tahun ini. Sejumlah data kinerja seperti pertumbuhan asset, pertumbuhan jumlah investasi, dan pertumbuhan ekuitas rata-rata dalam 5 tahun (2009-2013) terakhir menjadi acuan. Dewan juri tahun ini juga memandang penting mengukur kemampuan perusahaan untuk menghadapi ketatnya persaingan saat pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2015 nanti.

Kriteri lainnya yang dinilai adalah pertumbuhan rata-rata 5 tahun (2009-2013) untuk premi neto, hasil underwriting, pertumbuhan hasil investasi, pertumbuhan laba bersih, serta pertumbuhan pangsa pasar premi neto tahun 2013, rasio underwriting terhadap premi neto 2013, TATO (Total Aset Turn Over) 2013, ROA (return on assets) 2013, ROE (return on equity) 2013, dan RBC (risk based capital) 2013.
“(Kami menilai juga) aspek implementasi good corporate governance (GCG) dan corporate social responsibility (CSR). Dengan wawancara tersebut kami memiliki penilaian yang lebih komprehensif. Ini langkah maju yang bisa kami lakukan,” terang ketua dewan juri, Herris Simandjuntak, disela penganugerahan penghargaan Asuransi Terbaik 2014, di Ballroom, Four Season Hotel, Jakarta, Kamis (3/7).
Pada kelompok asuransi jiwa, pemenang asuransi terbaik pada masing-masing kategori adalah sebagai berikut:

  • kategori aset di atas Rp 15 triliun: PT AXA Mandiri Financial Services
  • kategori aset antara Rp 5 triliun sampai Rp 15 triliun: PT Commonwealth Life
  • kategori aset di atas Rp 1 triliun hingga Rp 5 triliun: PT Asuransi Jiwa Inhealth

Pada kelompok asuransi umum, pemenang asuransi terbaik pada masing-masing kategori adalah sebagai berikut:

  • kategori aset di atas Rp 3 triliun: PT Asuransi Astra Buana
  • kategori aset antara Rp 1 triliun sampai Rp 3 triliun: PT Asuransi Bangun ASKRIDA
  • kategori aset antara Rp 250 miliar sampai Rp 1 triliun: PT Pan Pacific Insurance
  • kategori perusahaan reasuransi: PT Tugu Reasuransi Indonesia.

Selain itu, sebuah penghargaan khusus juga diberikan kepada perusahaan asuransi jiwa dan umum yang dinilai memiliki peran besar dalam mengembangkan asuransi mikro serta upaya mendukung program literasi keuangan yang juga merupakan tema pengembangan industri keuangan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).Penghargaan khusus tahun ini diraih oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia (asuransi jiwa) dan PT Asuransi Central Asia (asuransi umum).

(Info ini dapat juga dibaca di Majalah Investor)

Iklan

Comments

  1. kok PRudential gak ada ya ?

  2. bagaimana dengan perkembangan asuransi lain diluar ke 12 asuransi tersebut misalnya Prudential, termasuk assetnya juga

    • Tifanny Amelia says:

      Menurut pengamatan saya, Prudential itu memang besar, tetapi tak terlalu sehat juga.

      • Setiawan Lie says:

        yang bener mbak? ga sehatnya gmn ya? soalnya yg saya tau nyokap saya klaim ud 2 kali ga ada masalah sih mbak.

    • ini adalah salah satu hasil kekuatan dan kesehatan financial perusahaan.. m isalnya AXA mandiri yang mempunyai asset berbanding modal sebesar 368%.. artinya jika seluruh nasabah AXA melakukan claim secara bersamaan, axa mandiri tidak akan bangkrut. karena asset-nya 3x lipat lebih dibanding modal…

  3. Tetapi,,kenapa majalah investor,, prudential nomor 1 ya,, dan asuransi terbaik ? Tolong di jelaskan mbak ? Dan kenapa prudential bnyak kantornya ?

  4. ini kategori perusahaan asuransi nasional, Prudential kan kategori multinasional, sudah menjelajah di seluruh dunia.
    artikel nya juga terpotong potong copas nya, check langsung aja di website http://www.investor.co.id

  5. PRUDENTIAL TETAP NO.1

  6. Mas Agus sudah dijelaskan diatas bahwa penilaian itu bukan berdasarkan Jumlah kantor., hehehe.. Mohon dibaca lagi artikelnya.. Prudential itu besar karena penetrasi pasar tapi kenap tidak masuk sudah cukup bahwa agensi tidak mumpuni dalam pengelolaan aset dan investasi nya.. Bicara produk pun ga menarik Mas.. Kalo kantor logikanya makin kantor makin banyak tutup, ya prediksi sy 2 tahun lg klo prudent tdk melakukan pembinaan agensi yg benar artiny bukan asal jualan (miss sell) dan punya wakil manajer investasi yg baik.

  7. prudential punyak london, inggris…

  8. Di Investor, Prudential masih no.1
    spertinya blog ini dibuat oleh pesaing prudential ya

  9. Waduh…kok Prudential banyak nanya ya… Artikel ini kan sumbernya dari Majalah INVESTOR. Itu majalah ekonomi ternama lhooow…. Kalau gak terima, silahkan tanya ke sana dong…

    • Artikelnya memang ada benarnya, tetapi ada salahnya juga. Dan di sini juga tidak dicantumkan data 20 BEST INSURANCE COMPANY 2014, data 10 BESAR ASURANSI JIWA BERDASARKAN ASET, 10 BESAR ASURANSI JIWA BERDASARKAN LABA, DAN 10 BESAR ASURANSI JIWA BERDASARKAN PREMI NETTO… So guys, jangan tertipu, lihat sendiri di majalah investor Juli 2014. Untuk yg ranking 10 besar, semuanya masih dipegang Prudential.

    • Coba agan buka lagi majalah INVESTORnya gan, liat pake mata gan..

  10. axa is still the best …

  11. Kyknya ga cuma prudential yg tdk ada AIA, dan sinar mas juga tidak ada padahal 3 perusahaan asuransi ini dr thn 2002 smp trakhir 2013 menduduki 3 peringkat teratas.
    Atau mungkin 3 prusahaan tersebut tdk mengikuti ajang pemilihan ini. Itu bs terjd. Sprt festival film indonesia (FFI) tdk smua sutradara/produser mendaftarkan film mreka. Jd yg menang adalah yg mendaftar itu

  12. Tahun ini majalah investor melakukan perengkingan berdasarkan pertumbuhan.karena prudential memiliki
    Aset yg besar diatas 48 triliyun,sangat susah utk menaikkan pertumbuhan.misalnya apabila kita mempunyai gaji 1 jt sangat gampang utk naik ke 2 jt,tp klo dr 100 jt ke 200 jt pasti sangat susah,begitu jg prudential mgkn dr 48 triluyun bisa naik ke 58 triliyun tp utk jd naik dua kali lipat susah dong,nah asuransi pesaing yg aset nya dr 5 triliun gampang jd 10 triliun,jd disini dihitung pertumbuhan asurÃnsi lain 2 kali lipat,pd hal dalam hal nominal sok pasti prudential jauh lebih unggul.jd menurut sy prudential tetap number one

  13. informasinya bermanfaat

  14. AKU BACA INVESTOR KOK GAK GITU YA……….WAH PEMBOHONGAN PUBLIK NIH..
    KAYAKNYA ADA YANG GAK BERES NIH…….ASSYIIIIKKKKKK………AKU SUKA YANG GAK BERES……

  15. rudy hermawan says:

    aset prudential 30 T keatas cuy……gak malu kah ngarang info kyak gini…..hehee

  16. semua asuransi bertujuan baik, peringkat 1 atau peringkat sekian tidak jadi masalah asal para tenaga pemasaran dan karyawannya memiliki niat baik dengan nasabahnya. sebab karna kepercayaan nasabah sebuah perusahaan asuransi itu besar………?

  17. Ngomong2 apa sudah ada produk asuransi premium yang kerjasama dengan BPJS? Mending saya beli yang begituan…daripada dobel2 gak jelas…

  18. Prudential ga masuk Di sini karna asset nya lebih dari 20 T,, Ini kan cuma yang Di bawah 1 M.

  19. wah… jadi bingung kalau nglihat ASUransi di web. soalnya rata2 dari masing2 ASUransi pada me nomer 1 kan perusahaanya deh. mending beli majalah investor langsung bs dilihat tuh, kan kalau diweb bs aja tangan tak bertanggung jawab bs ngebuat hasilnya sendiri(menjatuhkan lawan perusahaan).
    nah ,kalau di majalah investor kan nggak berani dung ngereka-reka hasilyg sebenernya, kan bs dituntut kalau dr majalah investor ngereka2 hasilnya…
    itu dr saya.
    terima kasih

  20. untuk meyakinkan teman2 bisa di lihat tulisan asli dari majalah tersebut, kalau bisa beli saja majalahnya, biar tidak tertipu.

  21. Link artikel Majalah Investor bisa di-klik di ujung artikel di atas.

  22. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Asuransi. Asurasi merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan keuangan, namun dikarenakan rendahnya kesadaran masyarakat dan mitos miring yang beredar di masyarakat seputar asuransi membuat masyarakat enggan untuk membeli produk asuransi.
    Pertanyaan yang sering muncul di masyarakat adalah, seberapa penting asuransi di dalam kehidupan? Jawabnya adalah sangat penting. Untuk mengetahui seberapa penting asuransi, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Asuransi yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Asuransi

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: