Iklan

Pahami Hal-Hal ini Sebelum Beli Reksadana Online

Aneka pilihan investasi legal dapat menjadi jalan untuk menyiapkan masa depan cerah. Salah satunya adalah produk pasar modal bernama reksadana. Proses memulai investasi reksadana mudah, seperti layaknya membuka tabungan. Jika diperlukan, reksadana dapat dicairkan sewaktu-waktu, dan dalam waktu kurang dari seminggu, dana sudah tersedia di rekening.

Tidak heran bila reksadana semakin digemari segala kalangan, termasuk mahasiswa dan ibu rumah tangga sekalipun. Apalagi reksadana sendiri tersedia dalam beberapa kategori yang dapat dipilih sesuai kebutuhan investor. Untuk informasi awal silahkan baca: Mengenal investasi reksadana.

Sebelum memutuskan berinvestasi reksadana, seorang calon investor sebaiknya sudah memahami tujuan investasinya. Misalnya bila Anda ingin menabung untuk uang kuliah anak yang kira-kira baru akan dipakai dalam jangka waktu lebih 5 tahun, sebaiknya berinvestasi di reksadana saham. Namun jika Anda ingin memanfaatkan uang Anda dalam waktu 3 tahun mendatang, sebaiknya tanamkan di reksadana yang beresiko lebih rendah seperti reksadana campuran. Dan seterusnya.

Nah, setelah mengetahui rencana pemanfaatan investasi Anda dan memahami potensi resikonya, waktunya menentukan memilih reksadana yang pas untuk Anda.

Aslinya, reksadana dijajakan oleh perusahaan manajer investasi (MI). Saat penulisan artikel ini, terdapat lebih 80 perusahaan MI di Indonesia. Perusahaan-perusahaan inilah yang meramu dan mencipta suatu produk reksadana, kemudian dijajakan oleh para agen pemasarannya.

Dengan kemajuan teknologi internet saat ini, reksadana pun ditawarkan melalui berbagai marketplace online. Jadi calon investor reksadana dapat berbelanja produk reksadana secara online layaknya berbelanja di toko online. Sangat mudah.

Namun perlu diketahui bahwa produk rekdasana yang dijajakan oleh aneka platform online saat ini, belum tentu merupakan produk terbaik bagi Anda. Maklum setiap marketplace biasanya bekerjasama dengan MI tertentu dan menjajakan produk yang terbatas. Walau mudah dibeli, bukan berarti cocok untuk dibeli bukan?

Calon pembeli reksadana harus mengenal dengan baik produk yang akan dibeli dengan membaca prospektus terlebih dahulu. Jika Anda awam, ada baiknya mencari info tentang produk reksadana terbaik. Meskipun tidak ada jaminan bahwa suatu produk tersebut akan selalu menjadi yang terbaik pada periode berikutnya, tetapi info ini bisa menjadi panduan.

Jangan ragu untuk meluangkan waktu lebih banyak, memilih dan mempertimbangkan rencana investasi Anda. Pokoknya, pilih produk reksadana dengan seksama sesuai dengan kebutuhan dan tujan investasi. Kemudahan yang ditawarkan aneka marketplace bukan berarti mereka menyediakan produk yang tepat untuk Anda.

Selamat berbelanja produk reksadana untuk investasi masa depan Anda.

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: