Iklan

Tak Disangka, 6 Produk atau Jasa ini Bisa Dibeli dengan Bitcoin

Berita Bitcoin dan cryptocurrency lainnya sepanjang 2017 memang cukup mengesankan. Mata uang digital bitcoin sempat meroket dari nilai $1.000 menjadi lebih $10.000 dalam waktu kurang dari setahun, lalu anjlok lagi di akhir tahun.  Tentu saja bagi kebanyakan orang, hal ini sangat mencengangkan. Tak heran bitcon pun tetap populer.

Tren penurunan nilai bitcoin dan mata uang digital lainnya belakangan ini, disebabkan berbagai hal seperti pengetatan regulasi di negara-negara kunci seperti China, Korea, Jepang. Selain itu, penggunaan bitcoin dalam transaksi jual beli belum masif, bisa jadi karena pergerakan nilai yang tidak stabil, alias bisa berubah drastis dalam sekejap. Banyak pihak pun mempertanyakan transparansi dan keamanannya.

Baca juga: Apa itu Bitcoin?

Karenanya, meski bitcoin dicipta untuk tujuan alat pembayaran alternatif dalam perdagangan, fungsi mata uang digital saat ini lebih ke fungsi investasi. Tentu dengan segala resiko volatilitasnya yang sangat tinggi.

Namun demikian, sejumlah merchant atau toko di berbagai negara menerima transaksi dengan pembayaran bitcoin. Bahkan menurut GoBankingrates, saat penulisan artikel ini, bahkan ada 6 produk atau jasa yang mungkin tak pernah disangka, ternyata bisa dibeli dengan menggunakan bitcoin.

Adapun ke-6 hal tersebut adalah:

  1. Senjata. Central Texas Gun Works merupakan penjual senjata pertama di Texas yang sejak tahun 2014 menerima pembayaran dengan bitcoin untuk penjualan senjata.
  2. Real estate. Di Dubai, Anda bisa menggunakan bitcoin untuk membeli apartemen sekalipun.
  3. Pizza. Penikmat pizza dapat menikmati pizza lezat di pizzaforcoins.com dan membayar dengan bitcoin. Selain bitcoin, pizzaforcoins juga menerima pembayaran denganmenggunakan setidaknya 50 jenis mata uang digital lainnya.
  4. Uang kuliah. Universitas Nicosia di Cyprus merupakan kampus pertama yang menyediakan program kuliah di bidang mata uang digital. Tidak hanya itu, kampus ini juga menerima bitcoin untuk pembayaran uang kuliah.
  5. Perjalanan wisata. Penyedia jasa wisata Expedia menerima pembayaran dengan bitcoin. Hanya saja, tarif bitcoin hanya berlaku 10 menit saat melakukan booking. Dalam 10 menit harga bisa saja berubah karena perubahan nilai bitcoin.
  6. Sewa properti. ManageGo adalah sebuah perusahaan rintisan di bidang sewa-menyewa properti dan berbasis di Brooklyn, New York. Dalam pengoperasiannya, perusahaan ini menggunakan aplikasi mobile serta menerima bitcoin untuk pembayaran transaksi.

Di Indonesia sendiri pemerintah terkesan berhati-hati dan sampai saat ini tidak mengakui bitcoin dan mata uang digial lainnya sebagai alat pembayaran.

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: