Waspadai, Uang Hilang Karena Kartu ATM

atm_skimmingBeberapa waktu belakangan, masyarakat kembali mendengar kabar hilangnya dana sekitar 327 orang nasabah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk di Mataram, Nusa Tenggara Barat, yang menakibatkan kerugian nasabah mencapai Rp1,5 miliar. Diduga, raibnya dana dari rekening disebabkan karena teknik pencurian data kartu ATM yang disebut skimming, yang dilakukan oleh komplotan penjahat.

Teknik skimming sendiri bukanlah hal yang sulit. Penjahat biasanya menaruh alat pencuri data di mulut ATM, persis menyerupai mulut ATM asli tempat memasukkan kartu. Alat skimming ini kemudian menyalin data yang terdapat pada pita magnetik atau magnetic stripe pada kartu ATM saat nasabah memasukan kartu ke lubang ATM.

Dengan memperoleh data tersebut, pelaku dapat menggandakan nomor kartu ATM ke kartu baru. Untuk membuat kartu duplikat, penjahat bisa menggunakan perangkat lunak atau perangkat keras pembaca kartu.

Baca juga: Pahami beberapa hal penting seputar Menabung di Bank

Untuk menyempurnakan aksinya, pelaku kejahatan ini juga memasang kamera mini untuk merekam PIN nasabah. Kombinasi data ATM beserta PIN memungkinkan para penjahat menguras isi rekening korban.

Lalu bagaimana menghindari kejahatan semacam ini?

Langkah yang disarankan adalah selalu berhati-hati. Baik saat berada di mesin ATM ataupun saat akan menggesek ATM Anda di mesin kasir. Pada saat memasukkan PIN, usahakan lindungi tangan Anda sehingga orang lain atau kamera yang kemungkinan ada di sekitar lokasi tidak bisa melihat PIN Anda.

Walau tombol ATM sudah memakai tutup, penjahat bisa saja sudah menggantinya dengan model tutup yang sangat mirip aslinya, tetapi sudah dipasangi kamera pengintai. Tidak ada salahnya menutupi tangan Anda dengan tangan yang satunya saat memasukkan nomor PIN.

Rahasiakan PIN semaksimal mungkin, jangan diberitahukan kepada siapapun, termasuk pihak yang menelpon mengaku dari bank. Lebih baik lagi bila PIN diganti secara periodik. Misalnya sebulan sekali.

Jika Anda mengalami masalah di ATM, segera cabut kartu Anda dan hubungi petugas atau call center bank. Jangan meminta bantuan pada orang-orang yang ada di sekitar ATM.

Meskipun demikian, tidak ada jaminan bahwa pengguna ATM akan selalu aman dari kejahatan semacam ini. Skimming juga banyak terjadi termasuk di negara maju.

Oleh karena itu, diperlukan edukasi yang terus menerus dari pihak perbankan kepada nasabah untuk menjaga keamanan keuangannya. Pihak perbankan juga secara teratur hendaknya menginspeksi setiap mesin ATM untuk memastikan setiap mesin dalam kondisi aman untuk transaksi nasabah.

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: