Investasi Syariah itu Mudah

Festival_Pasar_Modal_Syariah_2016Indonesia sebagai negara muslim terbesar di dunia berpotensi mengembangkan pasar modal syariah yang membuka banyak peluang investasi berbasis syariah untuk kemaslahatan masyarakat Indonesia dan regional. Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI) jumlah saham syariah di pasar modal kita saat ini sudah mencapai 318 saham, dengan sekitar 4.908 investor syariah. Jumlah investor syariah ini memang baru sekitar 1% dari total investor yang memegang SID (Single Identification) 434.443 orang.

Upaya pemerintah dan semua pihak terkait pun tak henti mensosialisasikan peluang investasi syariah. Salah satunya melalui festival pasar modal syariah yang dilaksanakan pada tanggal 30 Maret – 2 April 2016 di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Pameran ini mengangkat tema ‘Yuk Nabung Saham Syariah’ yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye nasional ‘Yuk Nabung Saham’ dan dilatarbelakangi dengan kondisi masyarakat Indonesia yang sampai saat ini masih memiliki paradigma saving society namun memiliki kemampuan untuk mulai berinvestasi.
Dalam pameran ini, masyarakat dapat langsung berinteraksi dan mengetahui produk pasar modal syariah, bahkan bertransaksi langsung membeli produk-produk pasar modal syariah khususnya melalui setidaknya 44 booth perusahaan sekuritas dan perusahaan terkait di Festival Pasar Modal Syariah 2016 yang menyediakan sistem online trading syariah. Masyarakat juga dapat mengunjungi booth perusahaan tercatat yang telah mendapatkan predikat saham syariah serta bank syariah yang menjadi bank kustodian bagi rekening dana nasabah.
Untuk membeli saham atau reksadana, masyarakat cukup mmebawa bukti identitas berupa KTP. Tidak ribet.
Festival tidaklah afdol tanpa talkshow edukatif. Beberapa tema talkshow yang dinikmati masyarakat pengunjung Festival Pasar Modal Syariah 2016 adalah “Pengembangan Pasar Modal Syariah Indonesia” oleh OJK dan DSN-MUI serta “Berbelanja Bijak di Supermarket Pasar Modal Syariah” oleh Indo Premier Securities dan Panin Sekuritas. Sejumlah selebriti yang menjadi pembicara dalam acara Festival Pasar Modal Syariah 2016 adalah Zee Zee Shahab yang akan membawakan talkshow dengan tema “Hijrah – Saving to Investing”. Lalu ada seminar “Merencanakan Keuangan secara Syariah” yang dibawakan pakar keuangan syariah Safir Senduk serta “Orang Tua Cerdas untuk Masa Depan Anak” yang akan dibawakan oleh Aidil Akbar dan Najeela Shihab.
Hingga penutupan, festival ini dihadiri oleh 9.517 pengunjung yang bertransaksi membeli 4.032 produk investasi senilai Rp1.057.200.000.  Festival pasar modal syariah kali ini juga mencatat transaksi non finansial senilai Rp1.245.515.000. Dengan demikian total transaksi selama 4 hari pameran mencapai Rp2.302.715.000.
Bagaimana dengan Anda? Mari belajar berinvestasi di sini.
(Gambar: BEI.co.id)
Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: