Iklan

Perusahaan Gas Negara (PGAS) Siap Bagikan Rp3,51 Triliun

PGAS_Perusahaan_Gas_Negara_PGNRapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sepakat membagikan dividen sebesar Rp 3,51 triliun atau sekitar 40% dari laba tahun 2014. Dengan demikian setiap pemegang saham akan menerima pembagian keuntungan sebesar Rp 144,84 per lembar saham yang dimiliki.  RUPSLB tersebut yang berlangsung di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Senin (6/4/2015). Siapa saja yang berhak mendapatkan keuntungan ini akan dimumkan pada tanggal 16 April 2016 (recording date), dan pembagian dividen dilaksanakan tanggal 8 Mei 2016.

Sebetulnya omzet perusahaan negara dengan kode saham PGAS ini mengalami kenaikan dari US$ 3 miliar menjadi US$ 3,4 miliar. Namun peningkatan tersebut tidak mendongkrak kenaikan dividen per lembar saham. Keuntungan per lembar saham yang dibagikan ini turun sekitar 31,16% dibanding dividen tahun sebelumnya yang dibagikan sebesar Rp210,4 per lembar sahamnya.

Penurunan tersebut bisa jadi karena laba PGN sepanjang tahun 2014 “hanya” mencapai US$ 723,8 juta (Rp 8,6 triliun)  atau turun 9,5% dibandingkan keuntungan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai US$ 798,1 juta (Rp 9,5 triliun). Penurunan laba 2014 disebabkan antara lain karena tingginya beban keuangan yang naik hampir 4 kali lipat menjadi US$ 75,5 juta di 2014. Laba sebelum pajak PGN menjadi US$ 978,7 juta di akhir 2014, padahal di tahun sebelumnya laba mencapai US$ 1 miliar.

PGAS sendiri tercatat sebagai salah satu saham favorit investor dan tercatat di kelompok bergengsi LQ45 dan rutin membagi keuntungan (dividen) kepada pemegang saham. Menurut data dari website PGN, nilai dividen per lembar saham yang dibagikan dalam 10 tahun terakhir adalah sebagai berikut:

PGAS_Dividend per share_2016

Dividen sendiri merupakan daya tarik bagi para investor untuk berinvestasi saham. Selain itu, para investor dapat menikmati kenaikan hasil investasi berupa kenaikan nilai saham yang dikoleksi. Menurut data Bloomberg, nilai saham PGAS sempat mencapai posisi Rp5.964 di bulan November 2015, dan saat ini turun lebih murah ke posisi Rp2.690 (08/04).Lihat gambar di bawah ini:

PGAS_nilai saham

Apakah Anda termasuk orang yang ingin menikmati keuntungan dari berinvestasi saham? Anda bisa mulai belajar investasi saham di sini.

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: