Iklan

Apa Kata Mereka Tentang MMM di Indonesia?

Sebuah acara seminar MMM.

Sebuah acara seminar MMM. (mmmindonesiamavro.blogspot.com)

Maraknya pemberitaan tentang skema ponzi (money game) MMM (Mavrodi Mondial Moneybook) menimbulkan silang pendapat apakah sudah termasuk penipuan atau bukan. MMM yang dijalankan dengan cara transfer-transferan uang antar anggota, telah menjadi harapan ratusan ribu membernya di Indonesia untuk menggelembungkan uangnya. Namun demikian para penasehat keuangan dan investasi sepakat bahwa MMM bukanlah investasi karena uang hanya beredar antar anggota, tidak ditanamkan dalam bentuk usaha bisnis ataupun investasi.

“Itu bukan investasi. Itu money game. Investasi mana yang berani memberikan bunga 30 persen tiap bulan? Itu sih money game,” kata Aidil Akbar, perencana keuangan profesional sebagaimana dilansir Kompas (8/8). Menurutnya, investasi yang baik haruslah legal. “Itu (MMM) seharusnya dihindari. Produk investasi itu yang resmi adalah yang didaftarkan ke OJK, diatur dan diawasi OJK. Kalau tidak, ya berarti tidak jelas.”

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri menegaskan bahwa arisan MMM (di Indonesia diplesetkan menjadi Manusia Membantu Manusia), tidak mendapat izin memasarkan produk dari OJK. Kepala Eksekutif Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Kusumaningtuti S. Soetiono menegaskan MMM bukan merupakan lembaga jasa keuangan sehingga tidak boleh menghimpun dana dari masyarakat. “Jadi masyarakat harus hati-hati. Ini karena tidak jelas izinnya dan tidak jelas cara menginvestasikan uang yang dihimpun tapi bisa menjanjikan imbal hasil yang tinggi,” ucap Kusumaningtuti yang akrab disapa Titu.

Tetapi masalahnya adalah pergerakan uang dan skema investasi MMM tidaklah diatur oleh sebuah lembaga melainkan komunitas semata. MMM merupakan aktivitas antar member yang digerakkan oleh sistim komputer. Jadi MMM tidak memiliki pengurus apalagi kantor. Jaringan MMM diatur oleh sistim komputer yang dikontrol penuh oleh Tuan Mavrodi, sang pemilik MMM asal Rusia.

Baca juga: Sejarah Berdirinya MMM

Pengamat investasi sekaligus pengajar di Prasetya Mulya Business School, Lukas Setia Atmaja menduga skema MMM merupakan praktik penipuan. Pasalnya, MMM tak bisa menjamin ada pihak yang pasti akan mentransfer balik ke anggota. Ia menegaskan bahwa resiko apapun yang terjadi pada nasabah investasi bodong seperti ini bukanlah tergolong risiko berinvestasi, tapi risiko berjudi.

“Ada sms itu, katanya di Rusia banyak yang bunuh diri karena itu money game itu. Di Undang-undang Perdagangan sudah dimasukan dengan sistem piramid itu terlarang, Kalau sistem Piramida itu hukumannya pidana maksimal 10 tahun itu. MMM pemainnya gak ada di sini, gak jelas dimana servernya. Kalau perusahaan ada disini bisa kena Undang-undang Perdagangan. Multi lavel marketing beda sama money game, inikan arisan gak jelas, kita gak tahu juga pemainnya,” ujar Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Ardiansyah Parman. “Pemerintah sudah membentuk tim terpadu antara Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan Bareskrim Polri (Badan Reserse Kriminal) untuk melihat hal seperti ini.”

Karena uang hanya berputar-putar saja alias tidak berkembang, ia meyakini MMM tinggal menunggu waktu untuk kolaps alias hancur. Pada saat itulah istilah “penipuan MMM” baru muncul. Baca juga: Cara Kerja MMM, Hanya Arisan Berantai, Bukan Investasi.

MMM-Indonesia-ilegal

Capture beberapa berita MMM di harian Kompas. (Agustus 2014)

Lalu siapa yang harus mengawasi MMM?

Banyak orang berharap pada OJK sebagai salah satu super body di dunia investasi Indonesia. Akan tetapi ternyata OJK pun tak bisa diharapkan. OJK hanya mengurusi yang sudah berbentuk lembaga dan sudah diberi izin oleh OJK.

“Yang diawasi dan diatur itu oleh OJK hanya lembaga jasa keuangan. Kalau bukan lembaga jasa keuangan tidak akan mendapatkan izin dari OJK,” kata Kepala Eksekutif Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono di Hotel Sari Pan Pacific (7/8). Sementara aneka penipuan bisnis investasi yang sangat marak tetapi ternyata berada di luar radar kewenangan OJK, menjadikan rakyat Indonesia sangat rentan terhadap tindak penipuan baik dari dalam maupun luar negeri. Pernahkah ada yang berpikir berapa banyak duit rakyat yang tersedot selama ini ke luar negeri dan tidak pernah ada penyelesaian bagi para korban?

“Praktik MMM itu sebenarnya kewenangan teman-teman di Satgas Waspada Investasi. OJK melaksanakan edukasi kepada publik. Saya tidak bisa menyatakan itu melanggar atau tidak, tapi yang OJK tekankan adalah kalau masyarakat mau melakukan investasi, cek terlebih dulu, ” kata Direktur Direktorat Pengembangan Kebijakan Perlindungan Konsumen OJK, Anto Prabowo. Akan tetapi Satdas Waspada Investasi yang merupakan gabungan dari setidaknya 8 instansi juga belum memiliki dasar hukum yang kuat untuk melakukan tindakan preventif.

Artikel terkait: Daftar Contoh Bisnis Investasi Bodong Luar Negeri

Ungkapan Anto Prabowo di atas mempertegas pula perbedaan OJK Indonesia dengan OJK negara maju. OJK Indonesia hanya mengurusi perusahaan investasi tetapi tidak menetapkan perangkat hukum dan infrastruktur yang cukup melindungi masyarakat dari berbagai penipuan. Sementara OJK Amerika yang disebut SEC (Security and Exchange Commission) jelas menetapkan aturan pelarangan ponzi (skema piramida – arisan berantai) dan memiliki sejumlah besar catatan keberhasilan memberantas investasi bodong. Aneka jenis mlm abal-abal pun disikat, termasuk baru-baru ini menutup bisnis mlm Telexfree yang juga memiliki banyak member di Indonesia, dan menggulung investasi ponzi Bitcoin.

Di sisi hukum, pihak kepolisian tidak memiliki dasar hukum yang kuat untuk menetapkan suatu usaha sebagai penipuan bila belum ada korban yang melapor. Perangkat hukum dam peraturan yang ada belum memiliki efek cegah yang memadai alias masih bersifat pemadam kebakaran yang selalu terlambat.Upaya-upaya edukasi tidak juga mampu secara signifikan menggriring masyarakat menjadi investor di pasar modal yang legal.

Itulah sebabnya MMM dan banyak bisnis semacamnya masih melenggang bebas menjerat rakyat Indonesia. Terhadap bisnis investasi yang sudah terbukti penipuan pun tidak ada upaya pengembalian aset nasabah. Seiring kemajuan teknologi, modus dan teknik penipuan bisnis investasi pun makin merajalela termasuk melalui aneka tawaran bisnis online. MMM hanyalah salah satunya, masih banyak bisnis serupa lainnya yang mencengkeram masyarakat Indonesia.

Namun demikian, Ketua Satgas Waspada Investasi, Sardjito mengingatkan bahwa setiap orang yang ikut memberi bantuan, memasarkan, atau mempromosikan suatu bisnis tipuan dapat dikenakan ancaman pidana sesuai KUHP pasal 55 dan 56. Artinya, masyarakat yang bertindak sebagai pemasar, konsultan, leader, manajer, atau sebutan apa pun yang mempromosikan dan mencari keuntungan dari penipuan berkedok investasi dan sebagainya itu bisa diancam pidana. “Pihak yang sebenarnya tahu, tapi tetap masuk dan mencari keuntungan, saya selalu pikirkan bagaimana orang-orang kayak gini juga dipidana. Mereka jelas tahu bisnisnya tidak masuk akal,” tandas Sardjito.

Kalau soal memberi hukuman atau ancaman, tentu semua pihak bisa berwacana. Yang penting adalah bagaimana menetapkan landasan hukum dan peraturan yang jelas supaya sebuah skema bisnis investasi bodong dapat dicegah sebelum jatuh korban. Dan jika terlanjur jatuh, bagaimana mekanisme penyitaan aset dilakukan sedemikian untuk semaksimal mungkin dikembalikan kepada para korban penipuan.

Semoga aparat dan instansi berwenang  dapat lebih lihai dari para penipu dan segera menyusun aturan baku yang lebih mampu menangkal berbagai modus dan teknik penipuan yang semakin canggih. Jika tidak, negara akan terus-menerus dipecundangi para penipu seperti yang kita saksikan selama ini. (ALT)

 

Iklan

Comments

  1. Cepat atau lambat, MMM akan tewas. Moga saja membernya gak ikut-ikutan tewas. Hahahaha….

    • sebenarny yg saya tahu. MMM adlah konsep saling membntu.jd kt membntu dngn iklas uang kembali alkhamduliiiah gk kembali y gk ap2.iklas.jd klo masuk MMM hrus iklas……….isya alloh klo smua mnusia d dunia kususny indonesia mempunyai tujuan yg sama.saling bantu membantu isya alloh akan sejahtera smua. ingt MMM bukn bisnis/investasi/arisan berantai .tp kt membntu dngn iklas………….

      • sudah terlanjur ikut ya pak?

      • Kalau ikhlas ya langsung saja disalurkan ke yang berhak menerimanya. Ke panti asuhan, ke fakir-miskin, atau ke sanak kerabat yang masih membutuhkan. Kalau itu jelas niatnya sedekah, tanpa mengharapkan imbalan apapun dari siapapun, kecuali mengharapkan ridho dari Allah. Nanti Allah sendiri yang langsung akan membalasnya dengan pahala yang berlipat-lipat, rejeki yang lancar, dan segala kebaikannya. Kalau ikut MMM walaupun bilangnya ikhlas, pasti niatnya tetap karena ingin mendapatkan imbalan dari dana yang telah dikirim. Mari kita gunakan cara yang benar, ikuti cara-cara yang telah dituntunkan oleh agama.

      • setuju ama pak rachmat dan setuju juga ama pak kiswanto, mau bantu orang kok jauh2 nyari ginian, di lingkungan sekitar aja banyak, panti asuhan juga melimpah

      • Firdaus Hasan says:

        kalau mau bantu orang kan udh ada baznas, d agama islam udah d atur tentang konsep sedekah, ngapain ikut mavrodi smentara Rasulullah SAW dri dlu sudah mengajarkan sedekah

      • Ikhlas….. ???
        Iklas kok mengharap imbalan lebih dr yg kita berikan…..
        Judi kira2 masuk katagori ikhlas Gak ya ???? Wkwkwkkk 😀

  2. mmm ibarat bom waktu sewaktu waktu bisa meledak……

  3. Narachin.com
    Repot kita, yang harusa ikut ngonrol … bllang bukan weweangnya ….
    Tapi memang watak kita … selama ada yang untung pasti ada yang ngekor

  4. ciap2 aja jantungan . ni tipe barunya pohon mas

  5. Yahhhh….. moga2 para member MMM diberi kesabaran dan kekuatan akan apa yg nanti terjadi dengan MMM

  6. ya jangan s ,eenak omongmu,mudah-mudahan mmm cepat bangkit lagi …..kalau ngak senang jangan komentar yang jelek2 berdoa aza mmmbiar pulih kembali ok lllmmmm

    • bangkit dari mana mas? mencari korban2 baru? mmmmm . . . . . .

      • Saya hanya bisa tertawa saja buat org2 yg mmpercayai mmm…katanya untuk mmbantu sesama manusia, tapi giliran sy prlu bantuan malah brtele2. Akhirnya uang sy pun raib , stelah mncoba masuk systemnya brkali kali keterangannya sll system trouble… bahkan smpai skrg pun ttp tdk bisa.. untung saja uang sy pun hanya sedikit… tp ttp ga ikhlas klo akhirnya sprti ini… buat yg sdah mndapatkan hasil dri 30% nyaa, mnding distop, sblm kesialan dtang dan akhirnya uang anda hilang.. buat yg ingin mencoba dan pnasaran, lbih baik jgn d ikut gabung, krna ada tmn suami ku uang anda100jt nya raib. Mau GH system brmasalah trus katanya. Bnr sdng trouble katanya/sdng mncari mangsa?.

  7. SEBENARNYA YANG KOMEN BAIK YANG NEGATIF MAUPUN POSITIF SAYA PIKIR BENAR KATA ORANG BELANDA “GUOOOBLOOOOK”. TIDAK MEMBACA TERLEBIH DAHULU TENTANG MMM ” BAHWA MMM SUDAH MEMPOSTING JIKA TIDAK SUNGGUH-2 JANGAN IKUT UANG ANDA BISA LEYAP/HILANG KAPANPUN. JADI NGAPAIN DI SALING MENJATUHKAN.

  8. Makan ITU kerugian MMM yang Sudah bangkrut kalau dikasi saran sok2an skrg makan ITU uang TDK kembali.hahaha

  9. Menurut saya pribadi, MMM ini BUKAN-lah sebuah penipuan.

    Lho, kok bisa?! Karena seperti yang terpampang di web site mereka “http://mmmasia.me/id/”, mereka sudah berkata “JUJUR” apa adanya. Seperti screenshoot yang telah ditampilkan oleh HMI dan juga kalimat sesudahnya dibagian bawah situs tersebut. Yang mengatakan “You should know this, and do not participate in MMM with the money that you ARE NOT ready TO GIVE to another person FREE OF CHARGE. Everyone who believes MMM is a business or MLM company and thinks ONLY HOW TO EARN MONEY here, please do not participate in our community.”

    😀

    Jelas-jelas mereka sudah mengingatkan kita sedari awal dengan jelas *seperti sekotak rokok yang telah diberi label “merokok dapat menyebabkan kanker, gangguan janin bla bla bla” dan skrg diperbaharui menjadi “merokok membunuhmu”* akan tetapi peringatan itu semua diabaikan demi kenikmatan sesaat 🙂

  10. Ikut prihatin saja, kasihan member2 yang ikut karena janji muluk dan tidak ngerti systemnya.

    • Semoga Allah SWT yang membalas semua member MMM yang punya niat baik, yakni saling bantu. Sebab Allah SWT saja menjanjikan 1000% dari sedekah kita. Tapi jika memang nanti MMM MACET, yah semoga dasar keikhlasan kita niscaya akan dibalas olehNYA di hari lain dari pintu yang lain. Amin. Mari saling ingatkan dan jangan saling mencela, mencaci, memaki, menghina, marilah saling asah asuh asih dan arahkan dengan hati yang jernih. Okay semua saudaraku..?

  11. Apa jadinya jika terus2an begini :p

  12. MMM payah, manausia menipu manusia.

  13. MMM sudah di -restart , dan disuruh setor duit lagi seperti biasa ,, kok ya mau2nya ditipu berulang2 ini member2 MMM

  14. hahahaa MMM penipuan,,, ane sudah membuktikan

  15. Bangsat mmm ane sudah ketipu baru pertama ikut ketipu bangsattttt

  16. harap cemas

  17. saya ingin mengingatkan kepada anda semua,
    bahwa MMM ini telah menipu Sodara saya sebesar 50jt.
    saya mengatakan apa adanya, dan pada keyataanya, Sodara saya ikutan nyemplungin uang hampir 30jt`an sudah cair beberapakali dan akhirnya dibelikan Laptop, setelah Sodara saya merasa bahwa MMM ini menghasilkan akhirnya menambah investasi menjadi 50jt,
    tapi semenjak invest terakhir uangnya mulai seret alias macet, bayangin aja 50jt siapa yg kgk bingung ???
    untuk anda semua yang telah menginvestasikan uang anda di MMM saya sarankan untuk berhenti sebelum terlambat !!!
    dan ingat, MMM ini sekarang mempunyai nama-nama baru akan tetapi sistem yg dijalankan sama persis, dan akhirnya anda juga akan tertipu.

    silahkan direnungkan kembali, untuk anda yang baru akan memulai saya sarankan untuk tidak melanjutkanya, 100% anda akan menyesal nantinya seperti Sodara saya itu !!!

    jika anda masih ngotot dan berfikir bahwa MMM adalah sistem yang amanah, baik, jujur, dll
    silahkan gpp kalau anda masih ngotot mau ikutan MMM dan para kembaranya, langsung saja cemplungin 100jt biar lebih wow penghasilan anda !!!
    tetapi jika uang anda tidak kembali, saya do’akan semoga anda tidak bunuh diri.

    MMM benar-benar menipu,
    Awass jangan ngeyel/ngotot/gk peduli, karena hal itu akan mengakibatkan penyesalan dan kerugian di pihak anda sendiri.

    saya mengatakan ini bukan untuk kebaikan saya, akan tetapi untuk kebaikan anda semua !
    semoga anda bisa berfikir, dan mau berfikir.

  18. MMM kepanjangan dari :
    Manusia Monyet Miluk

    Jadi kalau anda tidak mendapatkan hak anda disitu ,,,
    maka MMM tidak bisa anda salahkan !!!

    Monyetnya aja yg goblok perlu diobatin !!!
    P A H A M !!!

    hub sya di :
    0821311 777 30

  19. SAYA SALAH SATU KORBAN PENIPUAN OLEH MMM. Kapok saya ditipu untuk kedua kalinya. Saya telah sadar, ternyata untuk mendapatkan keuntungan dan kekayaan harus merugikan & mengorbankan orang lain dikemudian hari. BISNIS MMM SESAT! Lebih baik saya menyumbang ke Gereja atau Masjid atau Tempat-tempat ibadah yang lain atau ke Yayasan Sosial yang ada, ketimbang saya harus membantu BOS-BOS MARUK PENIPU di MMM. Saya merasa kasihan terhadap BOS-BOS di MMM yang sudah meraup UANG HARAM dari orang lain, karena MEREKA telah termasuk dalam golongan orang yang akan dihukum TUHAN pada waktunya nanti. Bisnis MMM bagi yang beruntung dapat membuat bahagia dalam waktu singkat namun hanya sesaat, karena uang yang didapatkan dengan cara mengorbankan orang lain itu yang akan membuat kamu menderita di kemudian hari, dan itu akan terjadi. Oleh sebab itu, jangan pernah ikut bisnis seperti MMM ini dan bisnis yang lain yang seperti MMM. Terima Kasih.

  20. mantap infonya tentang MMM Indonesia., Semoga ada pembenahan

  21. Saya sudah tertipu 250jt bersama keluarga saya.saya minta tolong kepada teman2 yg tertipu,tangkap yg punya mmm ini yg pendiri mmm ini berapa juta orang yg tertipu.tolong pak saya yg tanggung semua uang keluarga saya.keluarga saya masa bodoh mau mmm atau pa,dia tidak tau yg tau hanya ke saya.nah saya minta pertanggung jawaban ke siapa ini.tolong bantu saya,ni no hp saya,085239843334 tolong bantu saya pak untuk kembalikan uang keluarga saya,termasuk uang saya juga dimakan sama mmm itu.klo bisa ditranfer kembali kerekning saya norek 476801010375534.sekali lagi tolong saya.mudahan2 klo ada yg mau bantu saya smoga amal dan ibadanya diterima oleh allah swt,dan mudahan2.rejekinya makin bertambah aminnn….

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: