Iklan

Penghasilan Terbatas? Begini Caranya Membeli Mobil dalam 5 Tahun

Li_Ka-ShingPenghasilan terbatas seringkali menjadi alasan penyebab kesulitan ekonomi. Benarkah demikian? Li Ka-Shing, seorang milyarder asal Hong Kong menepis anggapan itu. Baginya, berapapun penghasilan tidaklah menjadi hambatan untuk mencapai kemakmuran hidup. Yahoo.com pun memaparkan tips sang milyarder dalam mengelola keuangan dengan bijak dan perencanaan keuangan 5 tahun yang pasti sangat inspiratif untuk memperbaiki nasib.

Untuk menggapai sukses keuangannya, Li Ka-Shing memegang prinsip: “Seberapa pun uang yang diperoleh, ingatlah untuk selalu membaginya menjadi 5 bagian yang proporsional.” Kelima bagian itu adalah: 30% biaya hidup, 20% untuk sosialisasi, 15% biaya pendidikan, 10% biaya liburan dan 25% investasi. Ia menambahkan, “Buatlah hidupmu selalu berguna.”

Tetapi penghasilan saya sangat kecil?

Jangan kuatir. Sang milyarder Li Ka-Shing memberi tips mengelola keuangan dan membaginya, misalnya dengan pendapatan bulanan Rp 4 juta, asumsi Anda hidup di kota. Bagi penghasilan Anda sebagai berikut:

Bagian uang yang pertama dapat digunakan untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari secara sederhana. Dengan gaya hidup ini, Anda harus bisa hidup dengan biaya maksimum Rp 38 ribu per hari. Tetapi masih tetap bisa sarapan dengan bihun atau mi, sebutir telur dan segelas susu. Untuk makan siangpun hanya makan siang yang sederhana, yaitu cemilan dan buah. Untuk makan malam, coba pergunakan dapur dan masaklah makananmu sendiri yang terdiri dari 2 jenis sayuran dan segelas susu sebelum tidur. Untuk satu bulan, biaya untuk makan seperti ini kira-kira menghabiskan Rp1,2 juta. Gaya hidup seperti ini tidak akan terlalu menjadi masalah, apalagi bila usia masih muda.

Kumpulan uang yang kedua: Membangun networking, memperluas jaringan pertemanan merupakan salah satu jalan membuka sukses di masa depan. Tentunya hal ini akan mempeluang untuk dikenal oleh banyak orang. Anggarkan pulsa telpon sekitar +- Rp 185 ribu, mentraktir teman sekitar 2 kali dalam sebulan, masing-masing  Rp 200-300 ribu. Siapa yang sebaiknya ditraktir? Ingatlah selalu untuk mentraktir makan orang-orang yang lebih pandai atau memiliki wawasan lebih dari pada Anda, yang lebih kaya, atau orang-orang yang telah memberi kontribusi dalam berkarir. Pastikan Anda melakukannya setiap bulan dan perhatikan dalam satu tahun, lingkaran pertemanan Anda akan menghasilkan nilai yang mengesankan. Reputasi, pengaruh, citra akan membaik.

Kumpulan uang yang ketiga: Jangan lupa untuk selalu menambah ilmu dan wawasan. Sisihkan setidaknya Rp200 ribu untuk membeli buku. Setidaknya ini cara yan gmurah untuk belajar karena budget masih terbatas. Bacalah buku Anda dengan saksama, pahami tips, strategi, atau hal-hal baru yang ada di dalam buku itu. Usahakan membuat resume buku yang Anda baca. Lalu coba mendiskusikan isi buku tersebut dengan orang lain. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan dan daya tarik. Jika memungkinkan, anggarkan hingga Rp300 ribu untuk menghadiri sesi pelatihan-pelatihan. Usahakan untuk memperdalam ilmu-ilmu baru tersebut dalam pelatihan lanjutan. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya akan menambah pengetahuan, tetapi juga akan membuka peluang bertemu dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama dengan Anda.

Kumpulan uang yang keempat: Rencanakan untuk berlibur, termasuk ke luar negeri paling tidak sekali dalam setahun. Liburan akan memberi energi baru untuk bertumbuh besar dari pengalaman hidup. Tinggallah di penginapan murah dan gunakan berbagai tips untuk menghemat biaya liburan, tanpa kehilangan kesan dan keceriaan.

Kumpulan uang yang kelima: Ber-Investasilah. Sisihkan Rp 1 juta dan kembangkan sebagai modal awal bisnis kecil atau memulai investasi. Bisnis kecil biasanya lebih aman. Dapatkan supplier yang baik dan carilah produk yang Anda sukai untuk dijual. Meskipun merugi dan kehilangan uang, Anda tidak akan kehilangan terlalu banyak uang. Dan ketika pemasukan sedikit demi sedikit datang, rasa percaya diri dan keberanian Anda pun meningkat dalam mempelajari pengalaman baru berbisnis. Ketika uang sudah lebih banyak, mulailah rencana investasi jangka panjang dan perlindungan jangka panjang terhadap kekayaan finansial Anda dan keluargamu (asuransi). Pada waktunya, apapun yang terjadi, akan selalu tersedia dana yang cukup dan kualitas hidup Anda akan tetap terjamin.

Setelah menjalankan hal di atas selama setahun dan penghasilan Anda masih tetap Rp 4 juta, berarti Anda belum berhasil mengembangkan diri menjadi seseorang. Pada posisi ini, Anda seharusnya benar-benar malu terhadap diri sendiri karena kurang keras berusaha. Akan tetapi tidak ada waktu untuk mengeluh, Anda harus mengevaluasi diri dan menjalankan program Anda.

Namun, jika pendapatan bulanan Anda telah bertambah, misalnya menjadi sekitar Rp5 juta, Anda tetap harus bekerja keras. Usahakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Memiliki pekerjaan sampingan tentunya juga akan menjadi pengalaman hidup yang menyenangkan. Berbisnis juga menantang, tapi ini adalah cara yang paling tepat untuk mempelajari seni berjualan dan menngkatkan kemampuan marketing yang sebetulnya bisa digunakan sepanjang hidup. Semua pengusaha yang sukses adalah penjual yang baik bukan? Mereka memiliki kemampuan menjual mimpi dan visi mereka. Dengan berbisnis, Anda juga akan bertemu dengan banyak orang yang bermanfaat bagi Anda Anda dan pengembangan karir dimasa mendatang. Asah terus insting Anda, mana barang yang laku dan yang tidak prospektif untuk dijual, termasuk mengidentifikasi perkembangan pasar serta potensi-potensi produk yang dibutuhkan dimasa mendatang.

Baca juga: Investasi Reksadana, mulai Rp100 ribu

Jangan boros. Beli baju dan sepatu tidak perlu banyak-banyak. Toh, Anda bisa membeli semua itu nanti setelah kaya. Simpan dan investasikan uang Anda. Sesekali belilah hadiah untuk seseorang yang Anda sayangi dan ceritakan kepadanya mengenai rencana-rencana serta target finansial Anda. Ceritakan mengapa dan bagaimana Anda berhemat. Bagikan juga cerita tentang usaha-usaha yang telah dilakukan, tujuan dan mimpi Anda kepada mereka.

Ketahui bahwa dimana-mana pengusaha selalu membutuhkan bantuan. Tawarkan diri Anda untuk melakukan kerja sampingan dari peluang apapun untuk membantu mereka. Ini akan mempertajam impian dan kemampuan Anda sendiri. Tanpa sadar Anda telah mulai  mengembangkan kemampuan berbicara yang secara perlahan akan membantu lebih dekat kepada target finansial Anda.

Perlu Komitmen

Seberapa pun uang yang diperoleh, selalu ingat untuk membaginya ke dalam 5 bagian yang proporsional. Selalu buat dirimu berguna. Tingkatkan investasimu dalam networking. Seiring peningkatan investasi sosial, terus perluas jaringan networking, dan pastinya pendapatan juga akan meningkat secara proporsional. Tingkatkan investasimu dalam belajar, perkuat rasa percaya diri Anda, jangan lupa berlibur, perluas lagi wawasan cakrawala dan terus tingkatkan investasi untuk masa depan, dan… pada akhirnya hal-hal tersebutlah yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan Anda.

Pertahankan pola keseimbangan ini dan perhatikan bahwa perlahan-lahan Anda mulai mendapatkan pendapatan lebih. Inilah siklus yang baik untuk merencanakan hidup. Tubuh Anda juga akan mulai membaik dan membaik seiring perbaikan kualitas nutrisi dan perawatan yang lebih baik. Teman juga akan bertambah banyak dan Anda mulai membangun koneksi yang lebih berharga disaat bersamaan. Keaktifan Anda berpartisipasi dalam aneka pelatihan selama ini akan membuat Anda mulai terekspos terhadap proyek yang lebih besar dan peluang lain yang lebih besar. Kemudian, Anda akan menyadari semakin dekat untuk mewujudkan mimpi-mimpi, kebutuhan membeli rumah, mobil serta persiapan dana pendidikan anak-anak di masa yang akan datang.

Ingat Selalu…

Hidup memang penuh ketidakpastian, tetapi harus bisa didesain. Karir bisa direncanakan. Kebahagiaan bisa dipersiapkan. Karena itu, Anda harus mulai berencana sekarang. Jikalau Anda miskin, habiskan sedikit waktu di rumah dan lebih banyak waktu di luar, berbuat baiklah selalu untuk orang lain. Biarkan diri Anda dimanfaatkan oleh orang lain. Ini seni kehidupan. Apabila Anda miskin, habiskan uang untuk orang lain. Apabila Anda kaya, habiskan uang untuk dirimu sendiri dan biarkan orang lain juga berbuat baik kepada Anda, tetapi jangan biarkan orang lain hanya memanfaatkan Anda. Banyak orang yang melakukan sebaliknya, karena prinsip ini memang kadang sukar dipahami.

Tidak peduli berapa banyak uang yang Anda dapatkan, utamakan selalu untuk membagi pendapatan Anda ke dalam 5 bagian. Jaga tubuh Anda supaya tetap dalam kondisi yang baik. Berinvestasilah dalam lingkar sosialmu supaya Anda bisa terus bertemu dengan orang-orang baru di mana Anda bisa belajar hal-hal baru. Perluasan jaringanmu juga akan menentukan juga berapa yang akan Anda peroleh dimasa mendatang. Berpetualanglah setiap tahun dan perluas wawasan Anda. Tingkatkan pengetahuan dan usahakan selalu mencari tahu perkembangan-perkembangan terbaru dalam industri. Jika Anda mengikuti pola hidup yang baik ini, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam pendapatan. Membeli mobil? Seharusnya itu bukan hal yang sukar lagi…

Iklan

Comments

  1. kalau bayar kontrakan/cicilan rumah itu masuk dimana?

  2. Artikel sangat berguna bagi para pembaca Asuransi Jiwa Terbaik

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: