Agustus, Bulan Penuh Festival Budaya Indonesia

travel-indonesia-culture-festivalIngin liburan murah? Bulan Agustus bisa menjadi pilihan karena Agustus selalu istimewa yaitu bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia sekaligus bulan budaya. Kok bisa? Ternyata belakangan berkembang banyak festival bermutu di berbagai daerah yang kebetulan diadakan di bulan Agustus, dan telah menjadi kalender wisata incaran wisatawan domestik dan mancanegara. Andapun jangan ketinggalan pengalaman dan pemandangan unik ini. Yuk, kita lihat beberapa festival yang siap mewarnai Agustus kali ini:

Gebyar Gajah Mungkur, Jawa Tengah 29 Juli – 10 Agustus 2014

travel_gebyar-gajah-mungkur-indonesiaAcara ini digelar di Waduk Gajah Mungkur (dekat Wonogiri, Jawa Tengah) sebagai rangkaian perayaan Idul Fitri hingga 14 hari setelah bulan Syawal. Gebyar Gajah Mungkur merupakan kegiatan wisata yang mensinergikan budaya, rekreasi alam, dan olahraga dan telah dilaksanakan secara rutin sejak 1970-an.

Di festival ini pengunjung bisa menyaksikan aneka pertunjukan kesenian tradisional maupun modern, serta kuliner lokal. Acara puncak ditutup dengan upacara prosesi Andum Ketupat yang melibatkan Bupati Wonogiri dan masyarakat setempat. Dalam acara ini dibagikan ketupat sebagai ucapan terima kasih atas rezeki yang diterima, serta simbol Kawulo-Gusti yaitu kebersamaan antara pemimpin dengan rakyat. Info lengkap dapat dilihat di website pemda Wonogiri.

Festival Buleleng, Bali 6 -8 Agustus 2014

Festival_Buleleng-2014Bulfest adalah event budaya yang menyajikan kombinasi antara seni, budaya, pendidikan dan lingkungan sosial yang akan mengarahkan Buleleng pada terintegrasinya pelestarian, kreativitas, inovasi, promosi dan branding Buleleng. Bentuk penghadirannya meliputi budaya lokal, seni kontemporer, industri rumahtangga, kuliner, sastra, dan musik. Target output adalah dokumentasi terkini tentang Buleleng, buku antologi puisi dan prosa se-Indonesia tentang Buleleng, website, publikasi online dan offline. Imbasnya adalah branding positif Buleleng dan iklim positif seni budaya dan pendidikan di Buleleng. Baca selengkapnya di website BulelengFestival.com.

Tomohon International Flower Festival, Sulawesi Utara 8 – 12 Agustus 2014

travel_tomohon-international-flower-festival-indonesiaTomohon di Sulawesi Utara merupakan salah satu surga bunga nusantara. Aneka jenis dan warna bunga selalu ada dimana-mana dan merupakan daya tarik wisata alami. Tak heran jika Tomohon International Flower Festival selalu menarik perhatian wisatawan dan jurnalis dometik maupun luar negeri. Peserta festival ini pun merupakan perwakilan dari seluruh propinsi Indonesia dan luar negeri.

Acara kali ini antara lain: Tournament of Flowers, Kontes Ratu Bunga, Tourism, Trade, Investment, and Floriculture Expo, Festival Seni dan Budaya Nusantara, Eksebisi Layang – Layang, Festival Kuliner, Pameran Fotografi, Turnamen Gateball Internasional, dan Karnaval Budaya dan Pawai Pembangunan.

Tomohon dapat dicapai dengan kendaraan darat selama 1 jam dari Manado. Sepanjang jalan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan bunga berwarna-warni yang menawan di kaki perbukitan nan indah. Dapatkan info lengkapnya di sini: http://tomohonflowerfestival.com.

Ubud Village Jazz Festival (UVJF), Bali 8 – 9 Agustus 2014

Ubud Village Jazz Festival. (eventsbali.com)

Ubud Village Jazz Festival. (eventsbali.com)

Tak diragukan lagi Ubud merupakan salah satu tempat terindah di Bali dan merupakan desa favorit wisatawan untuk aneka kegiatan. Salah satunya adalah konser musik internasional, yaitu Ubud Village Jazz Festival  2014 akan bertempat di kompleks Agung Rai Museum of Arts Museum & Resort Ubud dan ditampilkan di 3 panggung utama.

Tahun ini, UVJF 2014 mengangkat tema “Kebangkitan Indonesia,” sebuah harapan alunan nada yang menyampaikan pesan tersirat untuk membangun Indonesia. Artis pengisi acara antara lain: Dian Pratiwi, Endo Seiji, Balawan BID Trio, Ben Van Den Dungen, Sandy Winarta, dan Bali Ska Jazz Syndicate, The Shadow Puppet Quartet, Chika Asamoto, Dwiki Dharmawan & Kamal Musallam, Jiwa Band, dan masih banyak lagi yang lainnya. Info lebih lanjut dapat di baca di: www.ubudvillagejazzfestival.com.

Toraja International Festival (TIF), Sulawesi Selatan 11 – 13 Agustus 2014

Tarain massal oleh remaja Toraja. (en.tempo.co)

Tarain massal oleh remaja Toraja. (en.tempo.co)

Selain memiliki adat istiadat yang unik serta pemandangan alam yang eksotis, Toraja adalah salah satu perwakilan jejak peradaban megalitik Nusantara yang mengagumkan. Tidak salah bila TIF 2014 bertema: “Merayakan Kehidupan Budaya Megalitik.” Acara ini sebagian besar akan berlokasi di desa budaya Kete Kesu yang telah berumur lebih dari 900 tahun dan telah ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO.

TIF 2014 akan diwarnai dengan beragam pertunjukan seni, diantaranya Toraja Opera (madandan dan manembong) dan pertunjukan seni internasional dari beberapa negara (Inggris, Amerika Serikat, Zimbabwe dan Korea). Selain itu pengunjung dapat menikmati kelezatan kopi Toraja yang sudah mendunia di coffee corner yang khusus disediakan selama acara. Temukan info lengkapnya di: Torajainternationalfestival.com.

Festival Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur 11 – 14 Agustus 2014

Festival Danau Kelimutu 2014 kembali digelar untuk menyorot keindahan danau yang terkenal akan keindahan tiga warna yang menakjubkan. Acaranya akan diselenggarakan pada 11-14 Agustus 2014 di Desa Moni, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Festival ini akan menampilkan berbagai pertunjukan musik, tarian tradisional dan aneka kegiatan seni dan budaya, serta pameran yang menampilkan produk dan jasa dari seluruh kabupaten di NTT.

Selain itu akan ada juga kompetisi trekking yang dimulai dari Bungalow Sa’o Ria dan berakhir di puncak Danau Kelimutu yang terletak di puncak gunung lalu akan tradisi ritual syukuran Pati Ka Du’a Bapu Ata Mata dari etnis Lio.

Asian Fashion Week, Jawa Timur 15 – 18 Agustus 2014

Saksikan kreatifikas mode Asia di Surabaya

Saksikan kreatifikas mode Asia di Surabaya

Kali ini Surabaya akan menjadi tuan rumah Asian Fashion Week 2014. Para desainer dan fashion lovers dari seluruh dunia akan berkumpul di kota Pahwalan tersebut untuk menyaksikan keindahan dan keunikan karya para perancang terkemuka dari berbagai negara seperti Afghanistan, Armenia, Azerbeijan, Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei Darussalam, Kamboja, Cina (termasuk Hong Kong dan Macau), India, Indonesia, Iran, Irak, Jepang, Jordania, Kazakhstan, Korea Selatan, Kuwait, Kyrgyzstan, Laos, Libanon, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Nepal, Oman, Pakistan, Palestina, Filipina, Qatar, Rusia, Arab Sausi, Singapura, Sri Lanka, Suriah, Taiwan, Tajikiskan, Thailand, Timor Leste, Turki, Turkmenistan, Uni Emirat Arab, Uzbekistan, Vietnam, dan Yaman.

Tujuan dari Asian Fashion Week adalah menggali dan mempromosikan budaya Asia, mengembangkan industri mode dan melahirkan produk yang inovatif dan berkualitas internasional. Karenanya pengunjung dapat memanjakan mata dan kehausan pengetahuan akan berbagai produk fashion termasuk pakaian, aneka aksesoris, busana, tas, perhiasan, hingga sepatu yang diciptakan dengan desain unik dan memiliki sentuhan tradisional.

Dreamfields Festival 2014, Bali 16 Agustus 2014

travel-Dreamfields-Festival-2014-indonesiaBali siap-siap menggelar festival (Electronic Dance Music – EDM) terbesar dunia. Festival yang akan berlokasi di Garuda Wisnu Kencana yang mampu menampung 12.000 orang ini, merupakan hasil kerjasama antara BlackRock Entertainment dari Indonesia dengan Club The Matrixx dari Belanda, negeri asal Dreamfields Festival.

Acara Dreamfields Festival akan dimulai pukul 18.00-04.00 dan akan dimeriahkan oleh para DJ kenamaan seperti Sidney Samson, Ummet Ozcan, Timmy Trumpet, Will Sparks, Mighty Fools, Goldfish & Blink, dan Indyana. Info lebih lanjut dapat dibaca di Dreamfields.co.id.

Pasar Kangen Jogja, DI Yogyakarta 18 – 24 Agustus 2014

Pasar Kangen Jogja adalah festival yang akan membawa Anda kembali ke suasana Yogyakarta tempo dulu. Acara yang sangat menarik ini akan digelar di Taman Budaya Yogyakarta dan menghadirkan setidaknya 45 anjungan yang menyajikan aneka kuliner dan kerajinan, dan tontonan atraksi tradisional khas Yogyakarta.

Kuliner-kuliner yang akan menggoda selera pengunjung diantaranya adalah: hawug-hawug, tiwul, lopis, ketan, wedang uwuh, cenil, arak keeling, gatot, tempe bacem, dan lainnya. Sedangkan produk kerajinan yang ditampilkan antara lain:wayang kardus, topeng kayu, miniatur prajurit kraton, cincin akik, kotak perhiasan, arca batu kecil, cermin, dan pigura. Masing-masing perwakilan kabupaten akan menampilkan 20 kesenian tradisional mereka seperti jathilan, campursari, wayang orang, reog, karawitan, dan wayang kulit.

Anime Festival Asia Indonesia, Jakarta 15 – 17 Agustus 2014

travel-anime-asia-festival-2014Untuk ketiga kalinya Anime Festival Asia Indonesia 2014 (AFA ID 2014) hadir membawa budaya Pop Jepang dari Tokyo ke Jakarta, tepatnya di Plenary Hall dan Assembly Hall Jakarta Convention Center. Festival ini kemudian menjadi acara tahunan di Jakarta karena budaya Jepang kian populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Acara memiliki berbagai agenda menarik seperti Konser I Love Anisong, sebuah pertunjukkan musik bagi mereka pecinta anime. Akan hadir pula 7 bintang Anisong langsung dari Jepang, baik penyanyi solo maupun gup band JPOP yang sangat terkenal. Bintang utama Konser I Love Anisong AFAID 2014 adalah EGOIST, Eir Aoi, GARNiDELiA, Hachioji P, DJ KazuLuna Haruna dan T.M.Revolution.

Bagi Anda yang gemar berbelanja dapat menemukan merchandise anime asli dari Akiba Town dan beberapa merek ternama Jepang. Tidak hanya itu, selebriti cosplay papan atas dari Jepang, Singapura, Malaysia dan Indonesia juga akan hadir di panggung AFA ID 2014, memeriahkan lomba cosplay untuk memilih pemenang yang akan mewakili Indonesia pada Regional Cosplay Championship di Singapura bulan Desember mendatang. Informasi selengkapnya dilihat di sini

Pawai Budaya dan Seni Nusantara, Jakarta 18 Agustus 2014

Penari Jawa Timur dalam salah satu Pawai Budaya Nusantara. (Indonesia.travel)

Penari Jawa Timur dalam salah satu Pawai Budaya Nusantara. (Indonesia.travel)

Pawai Seni dan Budaya Nusantara festival akbar tahunan dalam rangkaian peringatan kemerdekaan RI. Event ini merupakan karya kreatif dalam bentuk pawai seni dan budaya yang menggambarkan kekayaan seni budaya Nusantara karena melibatkan peserta dari semua provinsi di Indonesia. Acara dimulai dari Monumen Nasional kemudian menuju ke arah Istana Merdeka dan menyusuri jalan-jalan utama di pusat kota Jakarta.

Acara akbar ini melibatkan sekira 4.000 seniman dari 34 propinsi di seluruh Indonesia. Peserta pawai akan berpakaian adat daerah secara kreatif, menampilkan seni pertunjukan daerah, serta menghadirkan kendaraan hias dilengkapi alat musik dan tampilan produk unggulan daerah masing-masing.

Jember Fashion Carnival, Jawa Timur 19 – 24 Agustus 2014

travel-jember-fashion-carnaval-indonesiaJember Fashion Carnival (JFC) merupakan pesta kostum akbar yang semakin mengambil tempat di hati para wisatawan termasuk komunitas fotografi. Festival fashion pertama di Indonesia ini digagas oleh Dynand Fariz pada tahun 2001. JFC melibatkan ratusan peragawan kostum unik yang perparade di jalan sepanjang 3,6 km dan menarik ribuan wisatawan di tiap penyelenggaraan. Daya tarik utamanya adalah keunikan kostum yang selalu berubah sesuai tema di setiap tahun. Menariknya, JFC juga menyediakan kesempatan bagi anak-anak untuk ikutan berkreasi dan memamerkan busana unik versi mereka. Dapatkan info lengkap JFC di: Jemberfashioncarnaval.com.

Jakarta Melayu Festival, Jakarta 22 Agustus 2014

travel-jakarta-melayu-festival-2014Bagi Anda yang rindu dengan musik dan suasana Melayu maka datanglah ke Jakarta Melayu Festival 2014 yang akan berlangsung di Theatre Jakarta Taman Ismail Marzuki. Festival ini akan menghadirkan para penyanyi dengan kemampuan olah vokal serta seniman tari Melayu dari Konsera Sumut. Dalam acara yang bertema “Melayu Menyatukan Kita”ini, akan tampil pula generasi seniman Melayu seperti Fadly Padi, Ada Uma Tobing, Novi Ayla dan Niken Astri, Duo Shahab, Rafly Kande dan Amigos Band. Semuanya tentu dengan identitas musik Melayu yang kental rebana, petikan gambus, gesekan biola, gong dan akordion berpadu dengan instrumen musik modern. Silahkan dapatkan infonya di jakartamelayufestival.com.

Sail Raja Ampat, Papua Barat 24 Agustus 2014

Travel_Sail-Raja-Ampat-2014_indonesia.travelRaja Ampat tidak diragukan lagi merupakan obyek wisata bahari yang selalu memukau dunia. Puncak acara festival bahari Sail Raja Ampat 2014 akan berlangsung di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC) Raja Ampat pada 21 Juni 2014. Acaranya sendiri akan sangat kental dengan kegiatan seni budaya lokal, ekspedisi riset kelautan, reli kapal yacht, pameran diplomatic tour serta kegiatan sosial.

Keindahan alam dan panorama laut di Kepulauan Raja Ampat yang memiliki sekira 1.700 pulau akan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik di dunia yang mengagumkan dimana di sinilah rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Kekayaan biota tersebut telah menjadikan Raja Ampat sebagai perpustakaan hidup dari koleksi terumbu karang dan biota laut paling beragam di dunia. Bahkan, menurut laporan The Nature Conservancy dan Conservation International, ada sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di pulau yang menakjubkan ini. Di Raja Ampat, selalu ada festival bahari di bawah lautnya yang permai.

Festival Krakatau, Lampung 24 -31 Agustus 2014

travel-krakatau-festival-2014-indonesiaFestival Krakatau merupakan agenda pariwisata tahunan Provinsi Lampung yang sudah berlangsung sejak 1991 untuk mengenang letusan dahsyat Gunung Krakatau pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Festival Krakatau menyajikan berbagai kegiatan menarik antara lain pameran, gelaran budaya, olahraga, tour Gunung Krakatau, dan lainnya.

Acara pembukaan di Lapangan Enggal Bandar Lampung akan dimeriahkan dengan beberapa kegiatan, yaitu: Senam Aerobik Massal Berhadiah; Lomba  Gasing dan Layang Layang; Festival Film Indie Lampung; Lomba Modern Dance; Krakatau Fun Triathlon; dan Lomba Souvenir Khas Lampung. Di hari lainnya, pengunjung dapat juga menyaksikan juga pameran seni di Pasar Seni Enggal, kegiatan Jelajah Menara Siger dan Pulau Rimau Balak, Fun Bike, Krakatau Fes’ Expo, karnaval dan banyak acara menarik lainnya.

Festival Bengawan Bojonegoro, Jawa Timur 29 – 31 Agustus 2014

travel-festival-bojonegoro-indonesia-2014Festival Bengawan Bojonegoro akan menampilkan potensi-potensi yang dimiliki Bengawan Solo Bojonegoro seperti wayang kulit, wayang thengul, sandur, kentrung, hingga pameran fosil purbakala hasil temuan di lembah Bengawan Solo. Selain itu, ada berbagai lomba seperti lomba perahu getek, lomba voli dan lomba sepak bola. Rencananya, puncak festival akan dimeriahkan dengan perahu hias yang melibatkan sekitar 100 perahu tambang.

Dengan mengangkat budaya daerah yang ada, wisatawan yang hadir dapat lebih mengenal budaya Bojonegoro yang unik, salah satunya budaya teplok sebelum membakar batu bata di tepian sungai bengawan, serta kuliner khas Bengawan seperti ikan wader dan ikan Jendil.

Dieng Culture Festival, Jawa Tengah 30 – 31 Agustus 2014

travel-dieng-cultural-festival-2014-indonesiaKawasan Dieng, Wonosobo selalu menyapa wisatawan dengan keindahan alam yang memukau, terhampar indah di ketinggian 2000 m di atas permukaan laut. Festival ini akan dimulai dengan jalan sehat sembari menikmati hangatnya purwaceng, minuman herbal khas Dieng. Jangan lewatkan pula serangkaian atraksi seni budaya, mulai dari  pertunjukkan wayang kulit di tengah hawa dingin, pameran kerajinan khas Dieng, festival film indie pelajar, pesta balon dan lampion, dan juga meriahnya pagelaran ‘jazz di atas awan’.

Selain itu, ada upacara yang paling ditunggu-tunggu wisatawan, yakni ruwat rambut gimbal. Di Dieng, beberapa anak memiliki rambut gimbal asli yang dilatar belakangi oleh keyakinan dan mitos warga setempat. Pada puncak acara DFC, rambut anak-anak yang gimbal secara alami tersebut akan dipotong kemudian diupacarakan untuk dilarung ke sungai. Silahkan temukan infonya di diengculturefestival.com/.

Daftar festival di atas belum seberapa. Ada ratusan festival lainnya yang tersebar sepanjang tahun di seluruh Indonesia. Kekayaan budaya Nusantara, sungguh tiada bandingnya termasuk dalam soal festival budaya. Selamat menikmati Indonesia yang penuh warna dan tak perlu liburan mahal ke luar negeri bukan? (Indonesia.travel)

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: