Iklan

Google Business View, Tampilkan Ruang Usaha “Live” di Google Map

Google_business-viewBagi beberapa jenis usaha, tampilan fisik bangunan, baik interior maupun eksterior, sangatlah penting untuk mendukung kemajuan bisnis. Contohnya saja kafe/restoran dan semacamnya, hotel, butik/toko, kantor, bahkan klinik/rumah sakit. Akan tetapi bagaimana caranya supaya orang bisa mengintip dan “merasakan” ruang usaha Anda tanpa harus mendatanginya? Jangan kuatir, Google telah menyediakan fasilitas Google Business View bagi siapapun yang ingin mempromosikan ruang usahanya di dunia maya.

Google terlebih dahulu akan memotret ruang usaha Anda dengan kamera khusus yang memungkinkan tampilan seluruh ruangan, lalu menampilkannya di dunia online. Bukan hanya penampakan fisik, tetapi juga berbagai informasi lengkap usaha bisa ditampilkan di layanan yang terintegrasi dengan Google Map ini. Dengan demikian pengunjung online bisa langsung menghubungi perusahaan tersebut jika ingin bertanya atau konsultasi lebih lanjut. Selain menjadi mudah ditemukan dalam pencarian, perusahaan yang terdaftar juga otomatis akan tampil di Google map. Lalu dengan sekali klik orang bisa “jalan-jalan” menengok ruang usaha yang di secara lengkap dengan tampilan 360⁰.

Pemotretan ruang usaha dengan kamera khusus.

Pemotretan ruang usaha dengan kamera khusus.

Dengan segudang manfaat bagi pebisnis, tidak heran bila layanan ini sangat diminati. Menurut Husein M. Hasan, CEO PT Terralogiq Integrasi Solusi, lebih dari 1000 bisnis/perusahaan telah mendaftar layanan Google busines view yang baru diluncurkan di awal 2014 ini. Kebanyakan diantaranya adalah industri kafe dan restoran, hotel, dan aneka bisnis ritel. Sampai dengan bulan Juli 2014, layanan Google business view baru tersedia di Jakarta, Bandung, dan Bali. PT Terralogiq Integrasi Solusi merupakan perusahaan yang khusus mengembangkan layanan ini di Indonesia.

Bagi masyarakat, fitur ini jelas sangat membantu untuk mendapatkan informasi lengkap saat mereka sedang mencari-cari di search engine atau peta google map.

Bagaimana caranya agar ruang usaha saya bisa tampil juga di Google?

Di masing-masing negara/wilayah, Google telah menunjuk partner usaha untuk membantu para usahawan menampilkan ruang usahanya di Google. Di Indonesia, Anda bisa menghubungi PT Terralogiq Integrasi Solusi. Selanjutnya, buat janji untuk ketemuan dan pelaksanaan pemotretan. Mengenai biaya, besarannya tergantung kompleksitas ruangan. Husein M. Hasan memberi sedikit bocoran yaitu sekitar USD 12 per 10m2 ditambah PPN tentunya. Jadi untuk kafe seluas 300 meter persegi misalnya, harganya sekitar Rp5 juta. Untungnya, biaya ini cuma sekali bayar, dan ruang usaha Anda tampil selamanya di Google.

Sudah siap go online?

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: