Iklan

Achmad Zaky: Sukses Berbisnis BukaLapak

achmad-zaky-bukalapak-bukadompetPeluang bisnis online jika digeluti dengan tekun pasti akan membawa kesuksesan. Kali ini kita akan berkenalan dengan sosok Achmad Zaky, sang pendiri situs BukaLapak.com, salah satu start up pasar online terbesar Indonesia yang sukses. Bagaimana kisah suksesnya?

Meniti karir sebagai pengusaha online bukanlah angannya. Zaky muda tidak pernah mengenal istilah berwirausaha. Pria asal Sragen, Jawa Tengah ini, dulunya bermimpi punya pekerjaan dengan gaji besar. Orang tuanya yang berprofesi sebagai guru mengharapkan putera mereka dapat menjadi pegawai pemerintah juga atau paling tidak memiliki pekerjaan yang memberi penghasilan tetap.

Perkenalan Zaky dengan dunia teknologi bermula saat ia duduk di bangku sekolah dasar. Wakt itu ayahnya membelikan komputer dan buku-buku pemrograman dasar seperti Basic dan Fortran. Zaky ternyata cukup tekun mempelajari ilmu baru tersebut secara otodidak. Kesukaannya pada ilmu komputer membuat pemuda desa ini berhasil ikut berpartisipasi dalam olimpiade komputer tingkat nasional saat ia duduk di bangku SMU.

Untuk mewujudkan mimpinya mendapatkan pekerjaan yang mapan, Zaky pun melanjutkan kuliah ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Di bangku kuliah itulah Zaky mulai membangun keinginan memiliki usaha sendiri. “Banyak teman-teman di ITB yang selalu berbicara tentang beriwirausaha. Rasanya saya juga ingin melakukannya,” kata Zaky mengenang.

Di tahun kedua kuliahnya, Zaky membuka usaha pertamanya yaitu warung mie. Modal usahanya diperoleh dari hasil memenangkan lomba komputer. Warungnya menjual mie dengan harga terjangkau bagi kantong mahasiswa. Tak lama berselang ia menutup warungnya. “Saya gagal karena kurang pengalaman. Saya pengen menjual mie yang enak dengan harga murah, akibatnya keuntungan sangat tipis, sehingga pelayanan pun di bawah standar. Ongkosnya gak nutup,” ujar Zaky.

Tetapi ia sama sekali tidak menyerah. Tahun berikutnya, Zaky mulai memanfaatkan keahlian komputernya untuk membuka usaha software yang dinamainya Deft Technology. Pintu cerah bisnis online mulai terbuka ketika Zaky dan timnya berhasil menjuarai kompetisi Indosat Wireless Innovation Contest pada tahun 2007 serta menyabet penghargaan khusus pada ajang Indonesia ICT Awards di tahun berikutnya.

Deft Technology dijalankan selama dua tahun sampai Zaky memutuskan untuk me-rebranding usahanya menjadi Suitmedia. Melalui Suitmedia, ia menawarkan jasa kreatif dan konsultasi khusus bidang teknologi. Bukalapak.com pun dijalankan sebagai bisnis sampingan sekaligus dijadikan contoh produk bagi klien Suitmedia.

Tak disangka, Bukalapak justru mendapat perhatian dan peluang investasi dari Batavia Incubator. Zaky pun menyadari besarnya peluang bisnis di dunia e-commerce (jual beli dunia maya). Zaky dan tim mulai fokus mengembangkan fitur-fitur dan fasilitas Bukalapak.com. Waktu berlalu dan kini Bukalapak telah menjadi tempat transaksi jual-beli senilai lebih Rp500 juta setiap hari!

Inovasi pun tak henti. Tim Bukalapak.com melihat besarnya peluang ini dan mulai menawarkan platform pembayaran yang disebutnya BukaDompet. Hmmm, bisnis online memang menjanjikan bukan? (techinasia.com)

 

Iklan

Comments

  1. p ahmad zaky
    sy br 1 x blnj d bukalapak lngsung kena tipu..
    sy ingin uang sy d kmblikan segera..
    tdk ad no tlp yg bs d hbungi.
    knp bukalapak tdk mnyrtai no tlp dan alamt kntor ??

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: