Iklan

Tips Anti Bangkrut ala Shaquille O’neal

Bola_Basket_Atlit_terkayaKisah tentang olahragawan tenar yang jatuh miskin di usia tua, banyak terdengar. Pebasket ternama Amerika, Shaquille O’neal juga hampir terjerumus ke jalan yang sama. Bayangkan, uang sebesar 1 juta dollar (lebih Rp10 miliar) yang diterima di awal karirnya, dibelanjakan hanya dalam waktu 30 menit saja. Ada sih yang bilang bahwa uang tersebut dibelikan rumah untuk ibunya. Namun tetap saja, gaya belanja tak terkontrol bisa membahayakan masa depannya.

Shaquille O’neal menerima nasehat dari pihak bank bahwa jika ia tidak mengontrol diri dalam mengelola keuangan, ia akan bergabung dengan sejumlah besar atlet ternama yang jatuh bangkrut di akhir karir.

Tidak hanya mendengar nasehat. Shaquille O’neal mengambil langkah tak biasa di kalangan atlet berduit. Ia memutuskan kembali ke kampus dan menyelesaikan pendidikan Sarjana jurusan bisnis dan keuangan. Tidak hanya itu, Shaquille O’neal juga berhasil menyelesaikan program MBA bahkan sampai gelar Ed.D (Doktor Pendidikan) pun di raihnya. Ya, Shaquille O’neal adalah seorang atlit sukses, sekaligus penyandang gelar doktor!

Shaquille O'neal

Kerja keras, dan ilmu pengetahuan kemudian dipadukan Shaquille O’neal dalam mengembangkan usahanya. Saat artikel ini ditulis, Shaquille O’neal mencatatkan diri sebagai pemilik atas 155 restoran Five Guys Burgers, 17 restoran Auntie Annie’s Pretzels, 150 usaha cuci mobil, 40 pusat kebugaran, pusat perbelanjaan, bioskop dan beberapa klub malam Las Vegas.

Selain itu, Shaquille O’neal juga masih mengumpulkan setidaknya $22 juta setiap tahun dari hasil kerjasamanya dengan Arizona Creme soda, Icy Hot, Gold Bond, Buick, Zales, dan setenagh lusin sponsor perusahaan. Ia juga dikabarkan menjadi studio analis bagi TNT.

Menyangkut kesuksesan hidup, Shaquille O’neal memiliki versi sendiri. Menurut Shaquille O’neal, kesuksesan bukanlah diukur dari seberapa banyak uang yang berhasil dikumpulkan, melainkan seberapa pandai kita dalam menjaganya.

“It is not about how much money you make. The question is are you educated enough to KEEP it.”

Bagaimana dengan Anda?

(Adryenn Ashley)

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: