Iklan

2014, Tahun Banjir Diskon Mobil

Semakin banyak merek, semakin marak persaingan harga.

Semakin banyak merek di kelas yang sama, semakin marak persaingan harga.

Bagi mereka yang sedang ingin membeli mobil baru yang dijual dengan harga murah, tahun 2014 ini sepertinya saat yang tepat. Apa pasal? Persaingan di kelas mobil menengah ke bawah semakin sengit. Produksi mobil di segmen ini cukup tinggi dan diisi dengan berbagai pendatang baru yang dari semua pabrikan sehingga akan menggoyang pangsa pasar penguasa lama seperti Avanza, Xenia, dan Livina. Sementara sisi permintaan tidak terlalu banyak berubah. Akibatnya, perang diskon pun bakal meriah di tahun ini.

Mobil MPV 7 penumpang yang baru saja kedatangan pendatang baru yaitu Ertiga, kini diramaikan dengan masuknya Honda di kelas ini dengan merek Mobilio, Spin dari mobil Amerika, Chevrolet serta Karimun Wagon dari Suzuki.Persaingan head to head pun tak terelakkan dan telah dinikmati konsumen selama ini lewat diskon, cicilan ringan, banjir hadiah, bebas biaya service sampai km tertentu, dan aneka trik marketing lainnya untuk berebut pembeli.

Kedatangan mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car – LCGC) seperti Ayla dan Agya cukup mencuri perhatian dengan tawaran harga murah. Honda tak mau kehilangan porsi di segmen ini dengan ikut meluncurkan Brio Satya. Meski diterpa berbagai isu miring, kehadiran LCGC memang berdampak pada penurunan pembeli MPV 7 penumpang.

Davy Jeffry Tulian, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Jaringan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan akan adanya penurunan pangsa pasar MPV 7-seat sekitar 2-3% karena kehadiran LCGC. “Prediksi kami sampai akhir tahun ini jumlah pangsa akan lebih menurun karena konsumen MPV terus bergeser ke LCGC,” jelas Davy.

Kabar baiknya lagi bagi konsumen, Datsun akan mempertajam persaingan harga dengan kehadiran Datsun Go+, MPV 7 penumpang, dengan body yang lebih lapang, tetapi harga hanya sekitar Rp100 juta.

Perang diskon bakal makin seru kan? Saat ini angka-angka diskon terdengar di kisaran Rp7 juta sampai 20-jutaan tergantung merek mobil dan dealernya. Beberapa bulan ke depan angka ini bakal makin membesar atau diimbangi dengan aneka penawaran atau fasilitas yang menarik. Nah, untuk mendapatkan mobil idaman dengan harga pas, rajin-rajinlah berburu informasi dari para agen penjual, pameran kendaraan di pusat-pusat keramaian atau iklan media massa.

Pasar mobil bekas pun pasti terpengaruh. Dengan harga mobil baru yang semakin terjangkau, penyesuaian harga jual mobil bekas juga otomatis mengikuti. Untuk mendapatkan pembeli, para penjual mobil bekas tidak mungkin lagi mematok harga setinggi tahun-tahun kemarin.

Pasar sepertinya sedang memanjakan pihak konsumen. Ini saatnya memburu mobil idaman, bekas atau baru? Tinggal pilih yang pas. Selamat berburu ya..

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: