Iklan

Cara Membeli Reksadana

cara_membeli_reksadana_onlineAnda sudah tidak sabar menyiapkan masa depan sejahtera dan mulai berinvestasi reksadana? Yess, setelah belajar berbagai artikel online tentang reksadana di Howmoneyindonesia.com, saatnya kita membahas bagaimana cara membeli produk reksadana.Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah membaca: Informasi umum tentang investasi reksadana. Dengan demikian diasumsikan bahwa Anda telah mnegetahui produk investasi reksadana yang ingin dibeli.

Melakukan Pendaftaran

Sebelum melakukan pembelian, terlebih dahulu Anda harus melakukan pendaftaran. Prosesnya kurang lebih seperti membuka rekening bank. Pastikan membawa fotocopy KTP/SIM serta NPWP. Untuk mendaftar reksadana, Anda bisa memilih mendaftar melalui :

  1. Perusahaan Sekuritas (kadang disebut juga Manajemen Investasi – MI)
  2. Bank (yang bertindak sebagai agen) penjual reksadana.

Keduanya pada dasarnya  hampir sama. Anda akan bertemu dengan staf yang akan menjelaskan kepada Anda segala sesuatu yang berkaitan dengan reksadana, tata cara transaksi, resiko, prospektus dan sebagainya; lalu melengkapi berkas.

Perbedaannya hanyalah bahwa perusahaan MI hanya menjajakan produk yang diterbitkannya, sementara bank biasanya menjajakan sejumlah produk reksadana yang diterbitkan oleh beberapa perusahaan MI yang berbeda. Karenanya pilihan produk reksadana di bank lebih banyak. Akan tetapi bila Anda telah mantap memilih suatu produk, langsung mendaftar di perusahaan MI juga tidaklah masalah.

important_pentingCatatan: Saat melakukan pendaftaran Anda tidak perlu membawa uang tunai untuk membeli reksadana.

Melakukan Pembelian Commonwealth_bank_indonesia

Nah, setelah mengisi formulir, jangan lupa mencatat nomor rekening tempat pembayaran produk reksadana yang Anda beli. Untuk diketahui bahwa setiap produk reksadana memiliki nomor rekening yang berbeda, walau diterbitkan oleh perusahaan MI yang sama. Saat membeli produk Anda harus mengirim dana ke rekening tersebut.

important_pentingCatatan: Pembelian produk reksadana tidak boleh dilakukan secara tunai. Jangan memberikan/mengirimkan uang ke rekening agen penjual. Selain itu, pastikan Anda melakukan pengiriman dari rekening atas nama Anda sendiri, bukan rekening orang lain.

Nah, untuk melakukan pembelian dalam hal ini pembayaran reksadana, ada 2 macam cara umum yaitu:

  1. Transfer melalui ATM
  2. Pembelian Online.

atm_cara_pembelian_reksadana_onlineCara pertama yaitu transfer melalui atm merupakan cara yang umum dipakai saat ini. Setelah melakukan transfer, biasanya nasabah mengirimkan bukti transfer melalui fax, atau email ke perusahaan MI/bank tempat membeli. Untuk mempercepat pencatatan transaksi, biasanya nasabah mengirim bukti transfer melalui email, whatsapp, atau bbm ke agen penjual yang membantu proses pendaftaran reksadana.

atm_cara_pembelian_reksadana_online_Cara kedua yaitu pembelian online, saat ini baru dilayani oleh 2 perusahaan yaitu Bank Commonwealth dan PT Danareksa (perusahaan sekuritas). PT Danareksa selaku perusahaan sekuritas tentu saja hanya melayani pembelian produk reksadana yang diterbitkannya. Sementara Bank Commonwealth selaku agen penjual melayani pembelian aneka produk reksadana dari sejumlah perusahaan MI yang berbeda.

Untuk bisa melakukan pembelian reksadana online di Bank Commonwealth, calon investor cukup membuka rekening dengan saldo awal Rp500ribu. Setelah membuka rekening, nasabah dapat langsung memindahkan dana tersebut seluruhnya ke untuk membeli produk reksadana yang diinginkan. Selanjutnya investor bisa melakukan transaksi pembelian reksadana secara online darimanapun cukup di depan komputer, tanpa harus ke atm.

Setelah melakukan pembelian produk reksadana, Anda telah resmi memasuki dunia investasi di pasar modal Indonesia. Anda dapat membeli produk-produk reksadana lainnya dan mengoleksi produk investasi dari berbagai bank penjual atau MI yang berbeda pula. Selamat!

Top Up

Setelah Anda membeli suatu produk reksadana, pastikan untuk menambah saldo investasi Anda semaksimal mungkin. Maksud kami, jangan sampai ada duit menanggur yang tidak Anda manfaatkan untuk investasi. Nah, menambah saldo investasi inilah yang disebut top up.

Umumnya top up bisa mulai Rp100 ribu, atau disesuaikan dengan ketentuan masing-masing produk reksadana. Mau lebih praktis lagi? Gunakan fasilitas auto debet yang akan secara teratur memindahkan saldo tabungan Anda ke rekening reksadana pilihan Anda. Praktis bukan?

Jangan lupa menambah wawasan Anda tentang reksadana di pelatihan-pelatihan reksadana yang kami adakan atau event-event sejenis di kota Anda.

Belajar_investasi_reksadana_

Artikel Terkait Lainnya:

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: