Iklan

Penipuan Facebook Wakil Ketua MPR

Penipuan_facebookPenipuan facebook bisa menyasar siapapun, dengan berbagai modus. Kali ini yang ramai diberitakan media adalah ketika akun facebook Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Y Thohari dibajak oleh penipu dan menggunakan akun tersebut untuk memeras sejumlah pihak. Dengan menguasai akun facebook tersebut, pelaku bebas menghubungi sejumlah rekan Hajriyanto dan meminta dikirimi uang untuk membeli pulsa. Beberapa orang yang percaya bahwa yang meminta benar-benar Hajriyanto, kemudian mengirimkan uang ke rekening yang ditentukan penipu tersebut. Jumlahnya lumayan. Ada yang mengirim Rp500 ribu bahkan sampai Rp1,8 juta.

Beruntung, aksi penipuan ini terbongkar. Awalnya beberapa teman Hajriyanto menghubunginya dan mengkonfirmasi apakah ia benar-benar meminta uang untuk membeli pulsa. Hajriyanto yang geram karena akunnya dimanfaatkan untuk penipuan, segera melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib dan ditangani oleh Subdit Cybercrime, Polda Metro Jaya. Penelusuran mengarahkan para petugas untuk mendeteksi pelaku yang ternyata menjalankan aksinya dari Asahan, Sumatera Utara. Sejumlah alat bukti seperti 12 sim card yang diduga digunakan pelaku untuk menjerat korban-korbannya, disita petugas.

Waspada Aneka Penipuan Facebook

Penipu tersebut di atas sudah mendekam di tahanan. Akan tetapi ada sejumlah besar penipu lainnya masih berkeliaran. Ada yang bekerja sendiri ada juga yang bekerja berkelompok termasuk bekerja sama dengan sindikat dari luar negeri untuk menipu anggota masyarakat yang kurang wasapada.

Beberapa waktu lalu pihak berwajib juga mengungkap jaringan penipuan yang melibatkan warga asing dan sejumlah pelaku dari dalam negeri. Mereka memperdaya seorang pensiunan pertamina dan menggasak milliaran Rupiah. Modus lainnya adalah dengan membajak akun orang lain dan menggunakannya untuk berjualan barang elektronik tipuan. Para pengguna facebook pasti pernah merasa jengkel ketika temannya men-tag gambar-gambar jualan barang elektronik kepadanya, dan ke sejumlah besar orang lainnya. Padahal si pemilik akun facebook tersebut sama sekali tidak mengetahui akan hal itu. Si penipulah yang telah menguasai akun tersebut dan memanfaatkannya untuk penipuan.

Disebut tipuan karena barang elektronik yang mereka jajakan di facebook tersebut sebetulnya tidak ada. Mereka yang terlanjur memesan barang murah tersebut gigit jari, bahkan malah diperas balik oleh penipu karena dianggap mau membeli barang selundupan. Umumnya tipuan ini dikenal sebagai tipuan toko elektronik batam, karena mereka dahulunya sering menggunakan nama batam atau alamat-alamat tertentu di daerah batam.

Modus penipuan facebook yang paling massal saat ini adalah perkenalan yang berujung ke penipuan. Awal tipuan ini bisa dideteksi sebetulnya. BIasanya mereka adalah orang asing yang tiba-tiba muncul di inbox facebook (kadang-kadang melalui email). Mereka menggunakan kata-kata yang sopan mengajak berkenalan. Ada yang mengaku sebagai tentara Inggris atau Amerika yang bertugas di daerah konflik seperti Afghanistan, Syria, Afrika dll dan ingin mengirimkan hadiah dengan nilai yang sangat besar. Padahal hadiah nan mahal tersebut tidak pernah ada. Mereka berkilah bahwa paketnya ditahan bea cukai atau pihak bandara dan meminta sejumlah uang untuk menebus paket tersebut. Baca modus selengkapnya di sini: Tipuan Pengiriman Barang dari Luar Negeri.

Tips Mengindari Tipuan Facebook

Untuk menghindari berbagai tipuan online, termasuk facebook, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

  • SELALU Log out (keluar) dari facebook setelah selesai menggunakannya. Apalagi jika Anda mengaksesnya dari warnet atau komputer yang dipakai bersama, misalnya komputer kantor.
  • Ganti password akun facebook dan email Anda secara periodik. Usahakan menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun. Hindari juga menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir.
  • Jangan pernah membuka email dari pihak yang tidak Anda kenal. Bisa jadi itu email SPAM. Sekali Anda membuka apalagi membalasnya, bisa jadi Anda sedang membuka pintu kepada gerombolan penipu.
  • Jangan membuka attachment email dari orang tak dikenal. Bisa jadi attachment tersebut justru virus yang bisa menjalari komputer Anda dan membuat komputer Anda bisa dikontrol oleh para penipu. Bila ini terjadi, mereka bisa mengetahui password elektronik banking Anda serta kode-kode rahasia kartu kredit.
  • Jangan mudah percaya dengan janji manis. Rejeki akan datang dengan cara yang baik, bukan dari sang pangeran cinta, apalagi yang baru dikenal di facebook atau email.
Iklan

Comments

  1. Hati-hati dg Facebook…

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: