MMM Indonesia: Hanya Arisan Berantai dari Rusia; Bukan Investasi

MMM Indo_logoBagi Anda penggemar facebook mungkin Anda telah mendapat tawaran bisnis dari teman atau friend baru berupa cewek cantik berwajah Eropa Timur. Bisnis baru tersebut bernama MMM (Mavrodi Mondial MoneyBox), sebuah ‘peluang bisnis’ hasil kreasi seseorang bernama Sergey Mavrodi asal Rusia. Belakangan, sudah banyak “manajer-manajer” MMM lokal yang juga aktif menjaring member baru masuk MMM. Anda sudah diprospek juga?

Artikel terkait: Sejarah Asal-usul MMM

Hmmm,…namanya juga peluang investasi, tawaran yang disampaikan pastinya cukup menarik. Anda tidak perlu membeli produk sebagaimana bisnis Multi Level Marketing (MLM) tetapi cukup menanamkan sejumlah uang untuk (katanya) ‘membantu’ orang lain. Bunga yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung: 30% dalam tempo 1 bulan!

Wow, tawaran yang menggiurkan. Apalagi MMM mengklaim telah merekrut jutaan orang sedunia sebagai member. Berbagai jadwal seminar termasuk di Indonesia disampaikan lewat website mereka. Untuk memuluskan aksinya, MMM memutarbalik fakta dan menghujat sistim bank yang ada saat ini. Anehnya, mereka tetap menggunakan bank sebagai media transfer dan penyimpanan uang.

Metode money game yang ditawarkan MMM tidak ada bedanya dengan yang sudah-sudah. Mereka hanya berganti istilah, seolah peluang investasi baru, tetapi pada dasarnya sama saja dengan aneka kisah-kisah money game sebelumnya.

Sergei_Mavrodi

Sergey Mavrodi: Jagoan arisan berantai (Pyramid scheme)

Cara Kerja MMM: Darimana Datangnya Bonus?

MMM jelas bukanlah bisnis investasi. MMM juga tidaklah memiliki bisnis atau sumber penghasilan. Pasalnya tidak sedikit member MMM yang menjelaskan bahwa MMM memiliki sumber penghasilan dari iklan ataupun sistim mavro dsb. Sekali lagi MMM tidak memiliki investasi atau bisnis tertentu. Lalu apa sih yang disebut bonus 30% itu?

Setiap member bergabung dengan sistem MMM bukan karena proses jual-beli sesuatu, tetapi semata menyetor uang dengan dalil membantu orang lain (Provide Help), tetapi berharap pada bulan berikutnya mendapat balasan (Get Help) 30% lebih besar bantuan yang diberikan sebelumnya. MMM tidaklah menginvestasikan duit nasabah ataupun mendapatkan penghasilan dari iklan apapun. Semuanya murni kegiatan kirim-kiriman duit antar anggota MMM.

Setelah uang disetor misalnya oleh si A sebesar Rp 100 ribu, maka sistim akan mengatur sedemikian sehingga periode waktu tertentu akan muncul permintaan bantuan Get Help untuk A sebesar Rp130 ribu (30% lebih besar). Nah, disaat itu, jika ada orang yang ingin mendaftar (Provide Help), atau bisa juga member lama yang ingin menyetor duit kembali, misalnya si B, maka B akan mentransfer ke A sebesar Rp130 ribu. A dan B bisa saja tidak saling kenal dan berada di tempat yang sangat berbeda.

Seandainya si B sebetulnya punya Rp500 ribu untuk bergabung ke MMM, maka B bisa mengirim uang ke beberapa rekening sekaligus, sesuai dengan posisi Get Help yang diminta oleh sistem. Lalu sekarang giliran si B berharap ada member lain yang akan bergabung sebulan setelahnya, dan mentransfer kepadanya dana sebesar Rp130 ribu (dana pokok yang ia tanamkan + 30%).

Si A setelah menerima transferan, merasa menerima bonus dari bisnis MMM. Padahal yang disebut “bonus” 30% itu bukan dari mana-mana, bukan dari investasi, atau jualan iklan melainkan dari member lama atau calon member MMM yang menaruh duitnya sebesar permintaan bantuan (Get Help) yang diatur oleh sistem. 

Dalam jangka waktu tertentu, skema money game ponzi seperti ini terlihat menguntungkan. Apalagi bila para upline (manajer) dan member-member yang pernah mendapat bonus, rajin memperlihatkan bonus-bonusnya untuk menarik lebih banyak member. Selain bonus yang 30% tadi, member yang bisa menarik member lainnya dapat bonus lagi. Asli ponzi sejati.

Perbedaannya dengan arisan berantai biasa adalah dalam sistem MMM proses setor-menyetor duit dilakukan antara member yang tidak saling kenal. Semua diatur secara acak oleh sistem.

Dalam menjaring member, tidak jarang member MMM menjelekkan sistem keuangan yang ada seperti bank, asuransi, dsb. Partisipan MMM meyakini bahwa bank dan institusi keuangan lainnya pada dasarna juga merupakan skema piramida alias ponzi. Dimata mereka, sistim keuangan yang ada saat ini sangat buruk, sehingga MMM merupakan jalan keluarnya. Namun pada kenyataannya, mereka masih menggunakan bank untuk melakukan transaksi transfer maupun menyimpan dana mereka.

Lalu mengapa para leader MMM getol mencari member baru?

Ini bukan hal yang baru. Namanya juga ponsi, arisan berantai, skema piramida atau istilah money game lainnya, upline atau leader akan selalu mendapat bonus atas setiap member baru yang berhasil diajak bergabung ke MMM. Di level paling bawah, setiap bonusnya adalah 10% dari setoran member baru. Makin ke atas persennya makin kecil, tetapi secara jumlah bisa makin besar karena jumlah member di bawahnya juga lebih banyak.

Di puncak piramida ada Sergey Mavrodi sang pendiri MMM yang tentu saja memperoleh bonus terbesar. Di Indonesia ada Robertus Julyanto yang dikenal sebagai leader utama di bantu leader-leader cabang yang sangat aktif mencari member-member baru.

Duit Member Tidak Dijamin

Dalam website atau video-video yang ditayangkan oleh MMM, secara gamblang dijelaskan bahwa MMM tidaklah melakukan investasi atau memutar uang tersebut dalam suatu industri atau bisnis tertentu. Uang yang dibayarkan kepada member semata-mata berasal dari member yang menyetor sebelumnya. Betul-betul murni money game atau phonzi (baca juga: Ponzi/Skema Piramida, Akar Utama Penipuan Investasi/Bisnis).

Karena tidak ada jaminan, bisnis ini (katanya) didasarkan atas rasa saling percaya di antara member. Suatu hal yang tentu tidak mudah karena para member sendiri belum tentu saling kenal. Sistim jual beli poin diistilahkan Provide Help (‘Membantu’) saat join /membeli poin dan Get Help (Minta Bantuan) saat menjual poin alias menarik dana.

Jadi MMM bukanlah investasi apalagi bisnis, bukan pula perusahaan, melainkan money game semata (jika Anda tidak mau menyebutnya arisan berantai). Dari segi legalitas, tidak punya badan hukum, tidak punya kantor cabang, tidak punya penanggung-jawab. So, bila terjadi sesuatu, Anda tidak bisa menuntut siapa-siapa, karena Anda telah memasuki bisnis “aku percaya saja” dengan kerelaaan sendiri.

Resiko terbesar bagi partisipan MMM adalah bila jumlah penarikan dana (Get Help) lebih besar dari dana yang disetor oleh mereka yang baru bergabung. Sistem boleh saja meminta Get Help, tetapi jika tidak ada yang Provide Help, duitnya dari mana? Ini bukan bisnis, apalagi investasi. Partisipan juga tidak bisa menuntut diapa-siapa, termasuk yang mengajaknya bergabung. Resiko ditangan sendiri.

Karenanya di website MMM sudah ditegaskan bahwa: MMM sangat beresiko. Anda bisa kehilangan semua uang Anda.

MMM Indonesia_peringatan

Sayangnya peringatan tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris, sehingga tidak semua orang mengetahuinya. Atau meski tahu, biasanya tidak dihiraukan, sebagaimana peringatan bahaya di bungkus rokok. Sudah tahu berbahaya tetapi tetap dinikmati. Berbagai media jug amemperingatkan masyarakat untuk berhati-hati, tetapi keputusan tetap di tangan masyarakat sendiri (baca juga ulasan Kontan: Hati-hati Skema Haram Asing Merambah Indonesia atau Apa Kata Mereka tentang MMM di Indonesia?).

Siapa yang Paling Diuntungkan?

MMM_sergei_mavrodi_230Transfer antar member yang saling tidak kenal, sebetulnya merupakan kelemahan MMM, sekaligus peluang bagi kroni MMM untuk mengeruk keuntungan. Seperti diketahui umum bahwa sistem ini diatur secara pribadi oleh Mavrodi. Demikian pula mekanisme kemana uang akan ditransfer oleh para member baru ataupun member lama yang melakukan PH kembali, semua diatur secara terpusat. Para member tidak pernah tahu siapa sebetulnya yan gmereka kirimi uang. Yang jelas Tuan Mavrodi bebas mengatur sistem dan mengarahkan transfer ke rekening jaringan para kroninya yang menggurita di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Dengan demikian yang paling diuntungkan adalah jaringan Tuan Mavrodi beserta para pimpinan-pimpinan MMM asal Rusia di puncak piramida, lalu menyusul manajer-manajer di masing-masing negara dan kota, serta para upline yang rajin menghubungi Anda untuk menjadi member. Makanya tidak heran bila semakin banyak orang Rusia yang datang “memotivasi” supaya banyak yang gabung MMM. Para manajer lokal pun makin rajin cari member baru untuk menyetor dana di bawah sana, karena hanya dengan cara demikian, pimpinan, para leader dan manajer MMM yakin bisa melakukan penarikan dana dengan dalih Get Help.

Dalam skala lebih luas, bisnis ponzi ini merupakan penarikan dana masif, besar-besaran ke luar negeri dan ajang pencucian uang (money laundering). Silahkan dikembangkan sendiri, kira-kira negara-negara mana yang paling mendapat untung dari aliran dana ini. Biasanya Indonesia hanyalah menjadi pasar alias korban dan penyumbang bagi negara lain. Sangat jarang Indonesia menjadi leader dalam skema-skema tipuan, bahkan di kawasan Asean sekalipun. Tetapi yang jelas para pelaku dari luar negeri mentarget potensi jumlah penduduk Indonesia yang besar dengan income yang semakin naik, tetapi masih mudah diperdaya karena kurangnya edukasi serta ketiadaan peraturan yang memadai.

Lalu sampai kapan MMM ini akan berlangsung? Namanya juga ponzi alias skema piramida, selama masih ada member-member baru yang mendaftar ke sistem orang-orang yang ada di atasnya masih tetap mengharap dapat menarik dana (Get Help). MMM dapat sepanjang jumlah dana yang disetor (Provide Help) lebih besar dari dana yang ditarik member (Get Help). Jika kondisinya berbalik, lebih banyak member yang menarik dana dibanding member yang bergabung maka sistem MMM tidak akan berjalan. Dalam kondisi tersebut MMM bisa saja berdalih restart system, atau memperlama waktu tunggu untuk penarikan. Jika kondisi GH tetap lebih besar dari PH dalam waktu lama, bisa saja MMM bubar. Tanda-tandanya bisa terlihat dari server yang kadang error, waktu GH yang makin lama atau penurunan janji bonus. Intinya, bagaimana caranya agar member susah melakukan penarikan dana (GH).

Akan tetapi walaupun MMM bubar, tidak tertutup kemungkinan akan muncul lagi dalam nama atau gaya baru. MMM tiruan saat ini mulai maak bukan?

Berkaca dari kasus-kasus money game selama ini, maka para pimpinan MMM tidak akan rugi sedikit pun kalau MMM tutup karena mereka telah mengeruk keuntungan 30% tiap bulan selama bertahun-tahun dari uang yang disetorkan oleh para member yang masuk belakangan.

Itulah cara kerja ponzi sejati, bukan bisnis bukan investasi, tetapi hanyalah aktivitas kirim-kiriman uang antar partisipan semata.

Ketahui Aneka Modus Penipuan:

 

Comments

  1. berminat mo joint trus iseng buka webnya tapi kenapa yg muncul ini ya?
    Warning: opendir(/config/modules/): failed to open dir: No such file or directory in /home/srv38163/mmmindonesia.com/config/loader.php on line 35 Warning: opendir(/include/): failed to open dir: No such file or directory in /home/srv38163/mmmindonesia.com/config/loader.php on line 66 Warning: opendir(/include/): failed to open dir: No such file or directory in /home/srv38163/mmmindonesia.com/config/loader.php on line 83 Warning: opendir(/config/modules/): failed to open dir: No such file or directory in /home/srv38163/mmmindonesia.com/config/loader.php on line 101 Warning: require_once(/classes/Engine.class.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/srv38163/mmmindonesia.com/index.php on line 28 Fatal error: require_once(): Failed opening required ‘/classes/Engine.class.php’ (include_path=’.:/usr/share/pear:/usr/share/php:/home/srv38163/mmmindonesia.com’) in /home/srv38163/mmmindonesia.com/index.php on line 28

  2. Amani Atma says:

    Mengenai MMM yang diperkenalkan Sergei Mavrodi dari Rusia ini telah dijelaskan dengan sejelas-jelasnya disertai dengan data-data yang lengkap di dalam website berikut:
    http://mmm-indonesia.com/
    Silahkan membukanya!

    • Hi semua yang ada di forum ini, saya termasuk orang yang bergabung di mmm indonesia, cuman mau sedikit kasih pandangan dan pemikiran bahwa asal mulanya mmm ini di ciptakan oleh mavrodi itu pasti langkah awalnya ada yg menyetor uang dan ada yg mengambil uang, menurut kalian siapa yang pertama menyetor uang dan yg pertama juga mengambil uang dalam istilah PH dan GH ?, dan apakah menurut kalian yang mengadopsi sistem mmm ini ke indonesia itu tidak mendapatkan untung?, jika tidak untung apakah ada orang yg mau merelakan uangnya untuk membeli sistem itu sampai kepada memasang server dan menggerakan sistem ini?,jika dia mendapatkan untung, dan untung itu darimana, sedangkan uang tidak di setor ke salah satu pemilik sistem maupun sang creator. semua itu saya tau, namun saya mengajak kalian untuk berfikir sejenak, sorry bagi anda yang belum bergabung di mmm mohon jangan di komentari dulu ya., tks

  3. Saya termasuk orang yang tidak setuju dengan MMM. Tapi lepas dari itu, salut untuk admin howmoneyindonesia. Please keep up the good job. Semoga bisa terus menghasilkan artikel-artikel yang aktual, informatif dan bermutu.

    • MANNNTAAAPPPP….!!!!!!

      EMANG ADA YA YANG SELAMA INI BILANG MMM ITU INVESTASI ?….
      MMM ITU BISNIS ??????…

      SILAHKAN TANYAKAN KEPADA SELURUUUHHHHH MEMBER MMM DARI YANG AWAL SAMPAI YANG SENIOR ADA TIDAK YANG MENGATAKAN MMM ITU BISNIS ATAU INVESTASI ????…….

      BERARTI MMM ITU BAGUS TERBUKA DAN TRANSFARAN ????…

      LALU APA YANG DIMASALAHKAN DENGAN MMM YA ????……
      APA YANG DIBAHAS DALAM ARTIKEL INI ?….
      APA ADA PENIPUAN YANG SEBELUMNYA MENGATAKAN BAHWA ANDA AKAN KEHILANGAN DUIT ANDA ???…

      MMM KAN JELAS MENGATAKAN BAHWA ANDA AKAN KEHILANGAN DUIT ANDA DAN MMM BUKAN BISNIS BUKAN INVESTASI JADI KALAU TAKUT KEHILANGAN DUIT JANGAN IKUTAN, ITU SAJA DAN SELESAI.

      EMANG ADA DIDUNIA INI SEORANG INVESTOR YANG TAKUT KEHILANGAN UANG ???
      KALAU ADA ITU SESUNGGUHNYA PENJUDI BUKAN INVESTOR BUKAN PEBISNIS.

      “JIKA ANDA TAKUT BERESIKO LEBIH BAIK JANGAN BERBUAT APA-APA DAN JANGAN MELAKUKAN APA-APA.
      TAPI INGAT BERTINDAK ITU BERESIKO AKAN TETAPI AKAN JAUH BERESIKO JIKA ANDA TIDAK MELAKUKAN APA-APA”

      • lu bilang bukan investasi , tapi lu bilang yg ikut disini itu investor namanya . yg bener yang mana ? haram ya haram . agama islam jelas melarang sistem yg tidak jelas selain apa yg di ajarkan dalam AL QURAN . silahkan lakukan sesuka anda . hidup itu pilihan . surga dan neraka itu pilihan .. silahkan menikmati oleh tipu daya setan .

  4. Terlanjur ikut boz….gimana nich…!!!!! 1000x pusing…

  5. Kepada Admin yang terhormat,
    terima kasih banyak untuk artikel MMM nya yang sudah sangat jelas.
    saya mohon ijin untuk re-post di blog yaa…
    terima kasiiiih
    semoga artikel MMM nya bermanfaat
    aaamiiinnnn

  6. Kalo anda tidak berani beli durian, maka anda tidak akan pernah tau rasanya durian.
    Jadi, kalo anda tidak pernah ikut MMM, anda jangan bilang MMM penipuan.
    MMM sangat luar biasa. . . Long Live MMM . .

    • secara rasional tidak ada hasil tanpa bekerja. sebagai orang berilmu dan beragama kita perlu tahu aliran uang kita dalam kegiatan bermuamalah. jadi pasti ada pihak yg dirugikan manakala kita mendapat keuntungan tanpa ada jasa atau produk yang dijalankan. berhati-hatilah menjalankan amanah Allah terhadap uang kita.

    • mbak anty anda islam kok nhak tahu ilmu feqih padahal ilmu feqhih ngak cuma membahas bab ibadah membahas bab jual beli dan pinjam meminjam, katanya membantu kok mengharapakn imbalan. mbak tolong belajar lagi ilmu fiqihnya

      • u a’r funny
        semua ada wktnya
        jgn d cmpur baurkn
        kl ngx stuju slama itu ngx menggangu privasi u, so what’s wrong?
        every person have privation

      • Anda di pesantrenya berapa abad mau membahas masalah fiqh ?….
        Emangnya selama ini segala yang anda lakukan ikhlas ?…
        Dari mana anda tau suatu hal yang Ikhlas dan tidak ?…
        Apa ukuran Ikhlas itu ?…

    • kebetulan saya hampir ikut dengan ponzi2annya MMM,tapi segala sesuatu yang menyangkut uang harusnya dipelajari dan dicari tau dulu kan.setelah nanya2 dan browsing2 sana sini..dan membaca artikel yang sangat bagus ini juga saya memutuskan tidak jadi. sesuatu yang diawali dengan rentetan kejadian/kasus buruk akan diakhiri dengan keburukan juga. 🙂

  7. Waluh Bajarang says:

    Tulisan yang sangat mencerahkan…
    Bolehkah saya request mengenai grahasaham. Thanks admin.. tetap berkarya

  8. Terima kasih informasinya.

  9. Baru gabung seminggu , link sudah ga bisa di buka lg gmn nih

  10. Jangan pengen kaya instan ujung2nya bisa menyesal……. good job admin

  11. budi wijaya says:

    Mohon infonya bagaimana dengan indexGB, index golden bird, saya pernah diundang seminarnya, kita beli saham pra IPO tipa bulannya akan diberikan profit 3persen, tahun 2017 saham akan dijual kepasaran kita dapat keuntungan sampai 65 X

  12. MMM bukanlah investasi/bisnis.” saya SETUJUU,
    UANG ANDA BISA HILANG TANPA SEBAB…saya juga SETUJUUU
    DAN…KALAUPUN ANDA TETAP NEKAT UNTUK JOIN..
    BRATI ANDA SUDAH TAU BETUL SEMUA RESIKO DIATAS….SETUJUUUU
    dan inti dari tulisan ini “MMM bukanlah investasi/bisnis.”..
    100000% setujuu.
    itu komen dari ane ..,
    */ jadi ingat MEROKOK MEMBUNUHMU, dan kebetulan ane juga merokok gan
    heheheheh…what a wonderfull live… 🙂

  13. ANE SETUJU GAN………
    MMM BUKAN INVESTASI……
    KALO INVESTASI UANG SETORKAN KE ADMIN
    LALU DIOLAH SEDEMIKIAN RUPA OLEH ADMIN….
    UNTUK BAYAR MEMBER-MEMBERNYA
    TAPI KENYATAANNYA MMM SUDAH BERJALAN 2 TAHUN
    TIDAK ADA YANG MENGELUH DAN MERASA DIBOHONGI OLEH MANAGER…
    MMM MENGUTAMAKAN SISTEM KOMUNIKASI MEMBER MEMBER…
    BILA MEMBER TIDAK KONFIRMASI TRANSAKSI / BUKTINYA MAKA AKAN DI HAPUS DIANGGAP PENIPUAN…
    KALAU ANDA MEMBANTU 10 JUTA DIATAS ANDA BERATI MENCIRIKAN SUDAH TIDAK LAYAK DIBANTU…
    KALAU ANDA MEMBANTU LALU DIBANTU DENGAN SETIMPAL ITU ADALAH BUAH DARI HASIL APA YANG KAMU TANAM DI BULAN LALU..
    KARENA KAMU SUDAH BANTU..
    KALAU KAMU BANTU DI BULAN INI TERUS DIBANTU BULAN DEPAN..
    TERUS BULAN DEPAN KAMU TAK BANTU ITU TERSERAH KAMU…
    TIDAK ADA PAKSAAN UNTUK MEMBANTU….
    JANGAN GUNAKAN UANG YANG PENTING BUAT HIDUP KAMU….
    GUNAKAN UANG YANG BEBAS UNTUK MEMBANTU…
    MMM bukanlah investasi/bisnis.” saya SETUJUU,
    UANG ANDA BISA HILANG TANPA SEBAB…saya juga SETUJUUU
    DAN…KALAUPUN ANDA TETAP NEKAT UNTUK JOIN..
    BRATI ANDA SUDAH TAU BETUL SEMUA RESIKO DIATAS….SETUJUUUU
    dan inti dari tulisan ini “MMM bukanlah investasi/bisnis.”..
    100000% setujuu.

  14. Semua yg komentar pro dn kontra ttg MMM sy kira udh sangat jago berdiplomasi melalui media ini,Cmn ijinkan sy pribadi berbagi pengalaman sy yg ikut BO 2x dan kesemuanya berakhir dgn keterpurukan baik bg sy dan keluarga maupun dgn orang2 yg lainnya,Dari situ sy awalnya menyalahkan pihak2 yg telah membuat sistem itu ada,tp kemudian sy mengkoreksi diri,Saya akui sy pun salah,krn adanya pikiran untuk memperoleh keuntungan yg besar itu yg membuat sy ingin bergabung dgn mereka,tanpa mempertimbangkan akal sehat dn pengetahuan ttg hukum agama yg ada mengenai cara memperoleh rizki dgn cara yg halal,Maka sy pun akhirnya sadar diri dn mhn ampunan pd Allah SWT atas kekhilafan sy td,intinya rizki itu dtngnya memang dr Allah SWT semata dn bisa melalui perantara siapapun,hanya saja yg perlu kita sadari,bhw rizki itu tentu jg ada yg barokah dn tdk,jd untuk benteng sy pribadi bila ingin berusaha mempeoleh rizki dgn cara yg halal,maka apapun bentuknya itu hrs dipastikan usahanya jelas,klo jual beli maka brng yg diperjual belikan itu ada,ada penjual dn ada pembelinya,klo diputar untuk investasi jg hrs jelas diinvestasikan untuk bidang usaha apa dn menghasilkan profit brp,shg tdk ada pihak yg dirugikan selamanya………..,mhn maaf dan terima kasih atas ijin berbagi pengalaman ini

  15. GH hanya bisa dilakukan setelah melakukan PH, saat seseorang telah melakukan PH, dia berharap untuk mendapatkan lebih, sehingga dia menunggu selama sebulan, agar bertambah 30 persen, setelah sebulan, dia mengklik GH (meminta bantuan), lalu pada akhirnya dia mendapatkan uang yang lebih besar daripada yang telah ia berikan.
    وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ
    “dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.” (QS Al -Mudatsir:6)
    “Terus-menerus seseorang itu suka meminta-minta kepada orang lain hingga pada hari kiamat dia datang dalam keadaan di wajahnya tidak ada sepotong dagingpun.” (HR. Al-Bukhari no. 1474 dan Muslim no. 1725)
    “Siapa yg meminta-minta kepada orang banyak untuk menumpuk harta kekayaan, berarti dia hanya meminta bara api. Sama saja halnya, apakah yg diterimanya sedikit atau banyak.” [HR. Muslim No.1726].
    “Seorang dari kalian mengikat satu ikatan kayu bakar, lalu ia memikulnya di atas punggungnya, kemudian ia jual adalah lebih baik baginya daripada harus meminta-minta kepada orang, baik orang itu memberi atau menolaknya.” [HR. Muslim No.1728].

  16. Iya nih, MMM juga termasuk money game

  17. Kita sebaiknya waspada dan berhati hati dalam mengambil suatu keputusan, baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan sehari hari. betul begitu sedulur ???
    di situs resminya si “Mavrodi” ini juga sudah dijelaskan dengan gamblang. bahwa ini bukan bisnis tow ??? kok ya masih ada yang menganalogikan ini sebuah bisnis….
    hmmm,,,,,Kamu salah bro or sis kalau anggap ikut MMM sebagai sebuah bisnis yang akan memberikan brosis sekalian keuntungan.MMM sendiri dah bilang :
    There are no investments! No business activity! There is no company!
    There are no shares transactions. There are not any relationship with the professional participants of the shares market, no shares or any product you do not get!
    Any source of income is ALSO NOT HERE! No, no and no!
    It can not be here.
    We do not give you any guarantees to you and no promises neither explicitly nor implicitly.
    If you are not ready to open your mind and heart, and start helping each other, then please leave this website.
    LIVE LIKE BEFORE – ONLY FOR A SALARY!
    DO NOT PARTICIPATE! DO NOT PARTICIPATE! DO NOT PARTICIPATE!
    NO! NO! NO!
    RUN AWAY AS SOON AS POSSIBLE FROM THE WEBSITE AND DO NOT RETURN!!!
    Akan tetapi, yg namanya manusia yg pasti punya rasa ingin tahu pasti akan mencoba benar tidaknya sistem tersebut.
    Saya iseng juga mencoba hal tersebut akhir februari 2014 ini dengan nominal yang kecil (cuma 1,5jt). sambil harap harap cemas menanti. dan ternyata apa yang ditakutkan bbrp orang yg koment disini (bahwa ini penipuan) tidak terbukti. sekitar sebulan lebih sedikit ada tuh orang yang “ngisi” rekening saya dan ada lebih sekitar 30%.
    Semua kembali ke diri kita masing-2 kok.
    – Kalau ANDA anggap MMM itu bisnis, yaaa selain mengharap UNTUNG BESAR. Anda juga harus siap rugi kalau sewaktu-waktu ketika Anda transfer ke Orang yang gak Anda kenal dan sebulan kemudian ternyata Anda tidak ditransfer (Khan PERINGATANNYA jg sdh sangat JELAS).
    – Kalau ANDA anggap MMM itu membantu orang lain, yaaa iklas aja dengan segala resikonya.Termasuk misalkan RESIKO KEHILANGAN UANG.
    – Kalau ANDA orang yg Penasaran, yaaa SILAHKAN GABUNG dan jadi ANGGOTA.
    Simple khan ??? daripada debat kusir mempertahankan pendapat masing-masing, pasti sampai kapan jg gak bakalan ketemu. Betul ????

  18. mantab. hampir ikut gabung. untung baca artikel ini. cari uang yg nyata halal aja sudah..

  19. sangat bermanfaat bagi saya,, ADMIN howmoneyindonesia Anda Luar biasa (y)

  20. sikak kabeh says:

    joss ini artikelnya…
    ane perokok bro, ane juga dah tau resikonya.. hehe
    bisa lah di artikan dalam tema yang diusung sama admin.

  21. jika anda orang islam dan mengerti serta memahami hukum-hukum dalam ajaran islam, saya yakin anda tidak akan tergiur untuk terjun kepada hal-hal yang berhubungan dengan haram, subhat, maupun riba.

  22. cyroen bodonx says:

    Ikut saya aja jelas halal
    Kuli bangunan gaji harian 80 ribu
    Kepotong makan 30 ribu
    Jadi bersih 50 ribu perhari
    Kalo sebulan 1500000
    kalo setahun 18 juta
    10 tahun 180 JUTA
    Masa depanku 10 tahun bisa bikin rumah plus anak hehe…

  23. Menurut saya MMM adalah sebuah bisnis karena jelas member yg bergabung mengharapkan suatu keuntungan, mungkin bisa disederhakan seperti kita memberikan pinjaman uang kepada seseorang dengan perjanjian pengembalian pinjaman ditambah bunga berapa persen sesuai yg telah ditentukan ( wah masuk bisnis riba nie ). Dan pada saat tdk ada lagi member baru yg bergabung apakah anda msh bisa memperoleh keuntungan??? Bisnis yang benar didalamnya pasti terdpat produk yang ditawarkan entah berupa barang atau jasa untuk mendapatkan penghasilan atau profit.

  24. min ada artikel tentang wings network g min?
    ini webnya min : http://www.wingsnetwork.com
    thx min,.

  25. beginilah ketika manusia telah dibutakan akal dan pikiranx , jelas dalam hukum islam, bahkan hukum ekonomi sudah tidak masuk akal pikiran kita. . .
    dalam islam aja meminjamkan uang pke bunga aja haram gan sis haram. . .
    neraka imbasx klo dalam islam. . .
    klo didunia pikir aj secara akal , hukum ekonomi mana yg bisa menjelaskan profil 30% yg mutar disitu~ , mustahil. . .

    Ikut bisnis seperti ini bebannya bukan saat kita menjalankan dan mendapat untung.. tapi bebannya disaat perusahaan tutup, Malu sama teman2 yang udah di ajak… ( Luqmanul Hakeem )
    emank sekarang PH lbh dari GH g lama lgi perahu terbalik dah mavrodi akan tertawa . . .

    trus para pro dngn MMM mencari~ fakta tentang artikel MMM rata~ tidak jelas asal usulx, kbnykan diweb blog dll, mana videox rata~ cuman orng~ pro MMM. . .
    itu lht artikel diwikipedia yg udah mendunia, , , menjelaskan mavrodi itu mafia rusia yg bangkit kembali diindonesia krn bnykanx orng~ B***H yg mencari uang cpt tp harus kerja keras. . . http://en.wikipedia.org/wiki/MMM_(Ponzi_scheme_company)

  26. Hmm…informatif sekali min :))

    kalo niat membantu ya niatkan membantu tanpa berharap imbalan
    kalo niat berbinis dan mencari rezeki mari cari rezeki dengan cara yang benar

  27. aq mundur dr MMM…..krn aq sadar….membantu klo iklas tentu tanpa minta balasan….klo memberi sesuatu dan mengharapkan kembali lebih dari yg diberikan apapun itu…dan dari siapapun itu hukumnya tetap riba…

  28. Simple aja..saya bukan orang yang join mmm..tp sebutin aja,bisnis apa yang ga mempunyai resiko buat bangkrut sama sekali??tiap bisnis itu sebenernya judi kok,untung atau rugi,bangkrut atau sukses..jd sebenernya ga perlu lah org2 disini ngata2in sebuah bisnis..dan lagian web ini sebenernya nunjukin aja seberapa besar resiko yang dihasilkan jika menjalankan usaha ini..simple

  29. MUI ,.. mana nih MUI,,,

  30. Martin K. F. says:

    Artikelnya sih biasa aja, hanya mengungkap fakta-fakta seputar MMM…tapi kok berisik banget komentarnya ya… Lagipula buat apa ribut2, toh pihak MMM juga sepertinya tidak ada masalah. Buktinya gak ada yang nongol memberi komentar atau bantahan. So, ngapain kita yang ribut coy… Peace, enjoy your life…

  31. Dhana W Kusumo says:

    Tak dapat dipungkiri…MMM memang hanya money game. Modelnya gak canggih2 amat, Sistem membuat sedemikian sehingga “arisan” dilakukan diantara orang2 yang tidak saling kenal… So, resiko sudah saling tahulah ya…Kalau pas untung ya untung, tapi tidak ada jaminan juga bakal langgeng terus… Pinter2 gitulah bro…Kalau ragu2 mending gak usah… Kalau join, harus siap untung, siap rugi juga… Makasi ya Howmoneyindonesia.com atas ulasannya..

  32. Makin pusing. Kok jd gini ya untung aku blm daftar………

  33. Somedaywillknow says:

    Yang pro : semua dalil yg diucapkan adalah pembenaran!
    Yang kontra : mengingatkan dan peduli!

  34. waduh saya terlanjur ikut, terlambat bacanya,…. oh Tuhan tolong uangku masih sempat kembali, terimakasih buat admin yang telah berbagi melalui artikel ini.

  35. MUI mana,kok diam aja,ada MMM tuh.

  36. Rita Handayani says:

    Kalau saya sih emang setuju dengan Howmoneyindonesia. MMM itu bukan investasi, bukan pula bisnis. Terima kasih sudah menginformasikan hal tersebut. Saya pun sadar bahwa uang saya bisa hilang setiap saat, apalagi bila ada GH dalam jumlah banyak di waktu bersamaan. Itulah resiko ikut bisnis p[onzi beginian. Namun sampai saat ini masih baik2 saja… Yg penting tahu kapan saatnya berhenti..gak usah kemaruk alias serakah. itu aja sih kalau saya…

  37. salut tuk admin howmoneyindonesia yg mengedukasi viewer agar lebih berhati2..
    btw mo tnya2 donk om,
    klo “3inetwork” CAR.. bgmn mnrt om admin.. ini legal or abal2 om..?
    mhn pncerahannya terang-bnderang yg om..
    trims a lot y om..

  38. saya orang ga tau agama, tapi insya allah aku orang islam. tapi kalo menurut saya daripa akhirnya merugikan orang lain secara halus, mending sekalian ngrampok orang yang kaya n banyak duit dah jelas hasil n keliatan dosanya. heheeee

  39. Maaf ya, numpang komen..
    Kalo pendapat saya, secara logis MMM kok kurang masuk akal. Keliatanya keuntungan yang diperoleh partisipan nantinya akan diambilkan dari partisipan yang lain. Istilahnya TEMAN MAKAN TEMAN. Siapa yang diuntungkan? Ya..para Bandit yang bikin sistem dan mereka antek antek yang punya sifat YANG PENTING AKU UNTUNG. Lha terus yang rugi siapa? Ya..yang jadi partisipan penyumbang di akhir, sesaat sebelum para BANDIT lari membawa uang jarahan dan menutup systemnya.
    Beruntunglah kita masih dikasih akal sehat, Punya otak di “KEPALA” bukan di “DENGKUL”
    Nanti kalo MMM bubar, yang terlanjur jadi donatur siap siap IKHLAS ya..
    Peringatan :
    “MMM” dapat merugikan kesehatan
    hadeww…parah parah..

  40. Saya yakin di semua agama yg baik mengatakan yg namanya”membantu” itu gak mengharapkan balasan,

  41. yang setuju baik
    yang tidak setuju juga baik
    akantetapi lebih baik lagi jika kita berfikir untuk masa depan
    fikirkan tingkat inflasi yang diakibatkan oleh kegiatan ekonomi yang akan kita lakukan
    mungkin kita belum merasakan dampaknya sekarang
    mungkin pula kita tidak merasakan dampaknya di masa depan kita
    tapi tidak mungkin jika tidak ada kemungkinan penerus kita merasakan dampak dari apa yang telah kita lakukan saat ini
    saya minta dengan rendah hati
    tolong teman-teman semua fikirkan dulu dampak apa yang akan terjadi di masa depan akibat kegiatan kita di masa kini
    bukan dampak lokal melainkan dampak global
    terima kasih

  42. MMM =
    Manusia Menipu Manusia

    intinya saling menipu …

  43. tawaran bonus yg diberikan MMM memang sgt menggiurkan… dan sy sbnrnya sgt ingin bergabung.. tp stlh membaca artikel ini sy jadi tahu dan sadar kalau MMM itu ternyata scam ,, n untungnya sy blm gabung ..
    INTINYA BISNIS MMM adalah MONEY GAME yaa..
    Dalam islam, ini bisa dikategorikan riba ..
    karena bisnis ini konsepnya kita meminjamkan uang kepada orang scr acak, kemudian bulan depan kita mendapatkan pengembalian uang kita + bonus 30% (jika memang dapat) .. Dan bonus 30% itu didapat dari uang member lain yang bergabung..
    Dan jikalau tidak ada member lg yg bergabung maka dia tidak bisa mendapatkan uangnya kembali+bonus 30%
    misal ketika kita mendapatkan pengembalian+bonus 30% maka ada uang milik orang lain (sebut saja si A) yang diberikan kepada kita. dan bisa jadi akhirnya si A ini tidak mendapatkan uangnya kembali karena sudah tidak ada member yg bergabung dengan MMM,,, seandainya ternyata si A ini benar2 lagi membutuhkan uang..
    Apakah kita bisa bersenang-senang diatas penderitaan orang lain??? Dan bukankah ini bisa diebeut sebagai mengambil hak orang lain? *CMIIW*
    Ingat sesuatu yang dimulai dengan hal yang buruk (tidak sesuai syariat Islam) maka akan menjadi bumerang bagi yang memulainya..
    uang itu tidak halal,, karena disini MMM TIDAK PUNYA PERUSAHAAN ataupun BADAN USAHA, sehingga proses perputaran uang hanya terjadi jika ada anggota yang gabung..

  44. sumpah gw iri sama temen2 yg ikut MMM. mereka udah bisa beli mobil. gw bisnis halal 4th motor pun ga bisa kebeli. tapi hati gw lebih nyaman bisnis halal 😀

  45. saya mau tanya tentang kerja online berikut, apakah benar-benarada / penipuan…? team kerja-freelance.net

  46. MMM oh MMM antara harapan dan realita.. Ya Allah kuatkanlah kami untuk tetap menempuh jalan-Mu yang benar. Aku sangat tertarik dengan MMM karena aku akan mendapatkan uang 30% perbulan tanpa kerja dan tanpa susah payah, tapi dihati kecilku akupun tahu bahwa MMM ini tidak baik untuk dijadikan alat pencari rezeki untuk keluargaku. Karena aku tahu yang 30% itu didapatkan bukan dari bekerja tetapi dari uang saudaraku, mungkin uang saudaraku tersebut dari hasil menggadaikan hartanya atau mungkin dari hasil berhutang. Ya Allah kuatkanlah hambamu ini dan berikanlah keberkahan dan kekuatan kepada hamba dalam menjalankan bisnis yang sekarang hamba jalani.. Amiin

  47. Manunggal says:

    MMM : Manusia Membantu Manusia, Luar bisa sekali…. MMM telah membawa Polemik yang luar biasa di dunia maya, bahkan dunia nyata. Tidak ada yang benar atau salah 100 % baik yang pro dan yang kontra , Apa ini tanda 2 djall ya ??????????????? sistem yang dikemas Amazing….!!!!! luar biasa baik, mungkin saya rasa tidak ada yang salah, tp mengingat apa yang akan ditimbulkan dari sistem MMM ini. masyarakat akan bersikap berorientasi pada hasil. bukan proses. Jika saja separoh masyarakt kita ikut program ini apa yang terjadi. Peran Perbankan cuma jadi sarana transfer doank antara member, Perbankan juga sulit menyalurkan kreditnya karena masyarat sudah ikut MMM, dan yang pengusaha yang banyak utang juga MALES KERJA, tinggal Nunggu transferan dari anggta laen. Pokoknya saya kaya mikir ekonomi negara…..
    Intinya gini ya agan agan wati, HIDUP ITU TIDAK LAMA,….
    Saya cuma dapat slentingan, bahwa program MMM sudah mendapat perhatian pihak terkait. ya mungkin akan sulit dikenakan pasal dan siapa juga yang akan dikenai pasal. kalau analisa saya dalam waktu dekat program tersebut akan diSTOP oleh pihak terkait.mungkin setelang pengumuman pilpres. Lwong partisipant nya saja sadar dengan SADAR dan SESADAR SADARNYA, bahwa RESIKO uangnya tidak kembali ADA, dan para partisipan juga SADAR se SADARNYA jika sistem MMM akan tetap berjalan jika para member tidak melakukan tipu – tipu, dan para partisipant lama juga merasa dengan TENANG DAN DAMAI, jika ksalaupun sistem gulung tikar tidak ada konsekuensi hukum, toh juga sudah untung gede modal udah kembali dan untungnya dah jadi istana yang megah dan deretan mobil. masalahnya adalah yang ikut baru 2 baru dan kebetulan sistem dah siap 2 tinggal landas, SIAP SIAP NAGIS DARAH…..,!!!!! pa lagi uang hutang, hutang di BANK lagi….
    ya yang membaca komen saya ini bukan saya menakut nakuti, untuk ikut MMM, sudah jelas bahwa di situsnya TIDAK ADA PAKSAAN IKUT, tp “masalahnya partisipantnya prospekan terus, anak kulihahan sdah bisa menghasilkan puluhan juta perbln yg kerjanya cma kongko kongko, ibu rumah tangga yang tiap bulan bisa beli mobil, kalau kurang banyak bisa diliat diYOUTUBE” diiming imingi terus apa ya tidak kepengen… !!!!!! Bukan saya iri, wong saya partisipant MMM, Karena yang PASTI TERJADI adalah ketika sistem ini gulung tikar, partisipant yang selalu prospek, tidak ada akan bertanggung jawab terhadap anggota baru yang UANGNYA tidak BISA KEMBALI, lawong sudah jelas tidak ada paksaan ikut MMM. Apa ya enggak sedih liat saudara SEBANGSA dan SETANAH AIR, BUNUH DIRI gara gara tergiur keuntungan yang lumayan!!!!!!…..
    dan yang lebih menyayat hati uang tersebut berpindah tangan kepada orang yang sudah untung gede,…
    coba anda sekaliyan jangan berfikir hanya pake logika semata. tapi gunakan HATI….

  48. alhamdllh..dengan pencerahan artikel dan masukan dari rekan2 smwa saya serasa dapat penceraha…sudah semestinya apabila kita ingin mendapatkan rezeki tentunya harus berusaha…bukan hanya duduk diam dapet profit…. untung ga jadi ikutan MMM..hehehehe thanks admin…sukses trerus, karena artikel2 mu sangat bermanfaat bagi khalayak,,, sehat selalu……..

  49. Hamba Allah says:

    mending kerja yang halal dan banyak bersedekah. karena akan di lipat gandakan rizki kita. ayo bersedekah.

  50. SANGAT MUNGKIN MMM TIBA-TIBA MENGHILANG SEPERTI KASUS LIBERTY RESERVE.
    LIBERTY RESERVE TIBA-TIBA DICOKOK PIHAK USA SEHINGGA DANA MEMBER HANGUS SEMUA, TIDAK MENUTUP KEMUNGKINAN MMM TIBA-TIBA DI BREDEL USA.

    • Max Poppy says:

      Aduh jauh amat Bang. MMM mah cuma laku di negara miskin dan bodoh…tahu aja deh… Kalau di Amrik mana bisa MMM masuk….cape deh. Telexfree aja dihajar, apalagi moneygame ponzi ga jelas kayak MMM…

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: