MMM Indonesia: Hanya Arisan Berantai dari Rusia; Bukan Investasi

MMM Indo_logoBagi Anda penggemar facebook mungkin Anda telah mendapat tawaran bisnis dari teman atau friend baru berupa cewek cantik berwajah Eropa Timur. Bisnis baru tersebut bernama MMM (Mavrodi Mondial MoneyBox), sebuah ‘peluang bisnis’ hasil kreasi seseorang bernama Sergey Mavrodi asal Rusia. Belakangan, sudah banyak “manajer-manajer” MMM lokal yang juga aktif menjaring member baru masuk MMM. Anda sudah diprospek juga?

Artikel terkait: Sejarah Asal-usul MMM

Hmmm,…namanya juga peluang investasi, tawaran yang disampaikan pastinya cukup menarik. Anda tidak perlu membeli produk sebagaimana bisnis Multi Level Marketing (MLM) tetapi cukup menanamkan sejumlah uang untuk (katanya) ‘membantu’ orang lain. Bunga yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung: 30% dalam tempo 1 bulan!

Wow, tawaran yang menggiurkan. Apalagi MMM mengklaim telah merekrut jutaan orang sedunia sebagai member. Berbagai jadwal seminar termasuk di Indonesia disampaikan lewat website mereka. Untuk memuluskan aksinya, MMM memutarbalik fakta dan menghujat sistim bank yang ada saat ini. Anehnya, mereka tetap menggunakan bank sebagai media transfer dan penyimpanan uang.

Metode money game yang ditawarkan MMM tidak ada bedanya dengan yang sudah-sudah. Mereka hanya berganti istilah, seolah peluang investasi baru, tetapi pada dasarnya sama saja dengan aneka kisah-kisah money game sebelumnya.

Sergei_Mavrodi

Sergey Mavrodi: Jagoan arisan berantai (Pyramid scheme)

Cara Kerja MMM: Darimana Datangnya Bonus?

MMM jelas bukanlah bisnis investasi. MMM juga tidaklah memiliki bisnis atau sumber penghasilan. Pasalnya tidak sedikit member MMM yang menjelaskan bahwa MMM memiliki sumber penghasilan dari iklan ataupun sistim mavro dsb. Sekali lagi MMM tidak memiliki investasi atau bisnis tertentu. Lalu apa sih yang disebut bonus 30% itu?

Setiap member bergabung dengan sistem MMM bukan karena proses jual-beli sesuatu, tetapi semata menyetor uang dengan dalil membantu orang lain (Provide Help), tetapi berharap pada bulan berikutnya mendapat balasan (Get Help) 30% lebih besar bantuan yang diberikan sebelumnya. MMM tidaklah menginvestasikan duit nasabah ataupun mendapatkan penghasilan dari iklan apapun. Semuanya murni kegiatan kirim-kiriman duit antar anggota MMM.

Setelah uang disetor misalnya oleh si A sebesar Rp 100 ribu, maka sistim akan mengatur sedemikian sehingga periode waktu tertentu akan muncul permintaan bantuan Get Help untuk A sebesar Rp130 ribu (30% lebih besar). Nah, disaat itu, jika ada orang yang ingin mendaftar (Provide Help), atau bisa juga member lama yang ingin menyetor duit kembali, misalnya si B, maka B akan mentransfer ke A sebesar Rp130 ribu. A dan B bisa saja tidak saling kenal dan berada di tempat yang sangat berbeda.

Seandainya si B sebetulnya punya Rp500 ribu untuk bergabung ke MMM, maka B bisa mengirim uang ke beberapa rekening sekaligus, sesuai dengan posisi Get Help yang diminta oleh sistem. Lalu sekarang giliran si B berharap ada member lain yang akan bergabung sebulan setelahnya, dan mentransfer kepadanya dana sebesar Rp130 ribu (dana pokok yang ia tanamkan + 30%).

Si A setelah menerima transferan, merasa menerima bonus dari bisnis MMM. Padahal yang disebut “bonus” 30% itu bukan dari mana-mana, bukan dari investasi, atau jualan iklan melainkan dari member lama atau calon member MMM yang menaruh duitnya sebesar permintaan bantuan (Get Help) yang diatur oleh sistem. 

Dalam jangka waktu tertentu, skema money game ponzi seperti ini terlihat menguntungkan. Apalagi bila para upline (manajer) dan member-member yang pernah mendapat bonus, rajin memperlihatkan bonus-bonusnya untuk menarik lebih banyak member. Selain bonus yang 30% tadi, member yang bisa menarik member lainnya dapat bonus lagi. Asli ponzi sejati.

Perbedaannya dengan arisan berantai biasa adalah dalam sistem MMM proses setor-menyetor duit dilakukan antara member yang tidak saling kenal. Semua diatur secara acak oleh sistem.

Dalam menjaring member, tidak jarang member MMM menjelekkan sistem keuangan yang ada seperti bank, asuransi, dsb. Partisipan MMM meyakini bahwa bank dan institusi keuangan lainnya pada dasarna juga merupakan skema piramida alias ponzi. Dimata mereka, sistim keuangan yang ada saat ini sangat buruk, sehingga MMM merupakan jalan keluarnya. Namun pada kenyataannya, mereka masih menggunakan bank untuk melakukan transaksi transfer maupun menyimpan dana mereka.

Lalu mengapa para leader MMM getol mencari member baru?

Ini bukan hal yang baru. Namanya juga ponsi, arisan berantai, skema piramida atau istilah money game lainnya, upline atau leader akan selalu mendapat bonus atas setiap member baru yang berhasil diajak bergabung ke MMM. Di level paling bawah, setiap bonusnya adalah 10% dari setoran member baru. Makin ke atas persennya makin kecil, tetapi secara jumlah bisa makin besar karena jumlah member di bawahnya juga lebih banyak.

Di puncak piramida ada Sergey Mavrodi sang pendiri MMM yang tentu saja memperoleh bonus terbesar. Di Indonesia ada Robertus Julyanto yang dikenal sebagai leader utama di bantu leader-leader cabang yang sangat aktif mencari member-member baru.

Duit Member Tidak Dijamin

Dalam website atau video-video yang ditayangkan oleh MMM, secara gamblang dijelaskan bahwa MMM tidaklah melakukan investasi atau memutar uang tersebut dalam suatu industri atau bisnis tertentu. Uang yang dibayarkan kepada member semata-mata berasal dari member yang menyetor sebelumnya. Betul-betul murni money game atau phonzi (baca juga: Ponzi/Skema Piramida, Akar Utama Penipuan Investasi/Bisnis).

Karena tidak ada jaminan, bisnis ini (katanya) didasarkan atas rasa saling percaya di antara member. Suatu hal yang tentu tidak mudah karena para member sendiri belum tentu saling kenal. Sistim jual beli poin diistilahkan Provide Help (‘Membantu’) saat join /membeli poin dan Get Help (Minta Bantuan) saat menjual poin alias menarik dana.

Jadi MMM bukanlah investasi apalagi bisnis, bukan pula perusahaan, melainkan money game semata (jika Anda tidak mau menyebutnya arisan berantai). Dari segi legalitas, tidak punya badan hukum, tidak punya kantor cabang, tidak punya penanggung-jawab. So, bila terjadi sesuatu, Anda tidak bisa menuntut siapa-siapa, karena Anda telah memasuki bisnis “aku percaya saja” dengan kerelaaan sendiri.

Resiko terbesar bagi partisipan MMM adalah bila jumlah penarikan dana (Get Help) lebih besar dari dana yang disetor oleh mereka yang baru bergabung. Sistem boleh saja meminta Get Help, tetapi jika tidak ada yang Provide Help, duitnya dari mana? Ini bukan bisnis, apalagi investasi. Partisipan juga tidak bisa menuntut diapa-siapa, termasuk yang mengajaknya bergabung. Resiko ditangan sendiri.

Karenanya di website MMM sudah ditegaskan bahwa: MMM sangat beresiko. Anda bisa kehilangan semua uang Anda.

MMM Indonesia_peringatan

Sayangnya peringatan tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris, sehingga tidak semua orang mengetahuinya. Atau meski tahu, biasanya tidak dihiraukan, sebagaimana peringatan bahaya di bungkus rokok. Sudah tahu berbahaya tetapi tetap dinikmati. Berbagai media jug amemperingatkan masyarakat untuk berhati-hati, tetapi keputusan tetap di tangan masyarakat sendiri (baca juga ulasan Kontan: Hati-hati Skema Haram Asing Merambah Indonesia atau Apa Kata Mereka tentang MMM di Indonesia?).

Siapa yang Paling Diuntungkan?

MMM_sergei_mavrodi_230Transfer antar member yang saling tidak kenal, sebetulnya merupakan kelemahan MMM, sekaligus peluang bagi kroni MMM untuk mengeruk keuntungan. Seperti diketahui umum bahwa sistem ini diatur secara pribadi oleh Mavrodi. Demikian pula mekanisme kemana uang akan ditransfer oleh para member baru ataupun member lama yang melakukan PH kembali, semua diatur secara terpusat. Para member tidak pernah tahu siapa sebetulnya yan gmereka kirimi uang. Yang jelas Tuan Mavrodi bebas mengatur sistem dan mengarahkan transfer ke rekening jaringan para kroninya yang menggurita di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Dengan demikian yang paling diuntungkan adalah jaringan Tuan Mavrodi beserta para pimpinan-pimpinan MMM asal Rusia di puncak piramida, lalu menyusul manajer-manajer di masing-masing negara dan kota, serta para upline yang rajin menghubungi Anda untuk menjadi member. Makanya tidak heran bila semakin banyak orang Rusia yang datang “memotivasi” supaya banyak yang gabung MMM. Para manajer lokal pun makin rajin cari member baru untuk menyetor dana di bawah sana, karena hanya dengan cara demikian, pimpinan, para leader dan manajer MMM yakin bisa melakukan penarikan dana dengan dalih Get Help.

Dalam skala lebih luas, bisnis ponzi ini merupakan penarikan dana masif, besar-besaran ke luar negeri dan ajang pencucian uang (money laundering). Silahkan dikembangkan sendiri, kira-kira negara-negara mana yang paling mendapat untung dari aliran dana ini. Biasanya Indonesia hanyalah menjadi pasar alias korban dan penyumbang bagi negara lain. Sangat jarang Indonesia menjadi leader dalam skema-skema tipuan, bahkan di kawasan Asean sekalipun. Tetapi yang jelas para pelaku dari luar negeri mentarget potensi jumlah penduduk Indonesia yang besar dengan income yang semakin naik, tetapi masih mudah diperdaya karena kurangnya edukasi serta ketiadaan peraturan yang memadai.

Lalu sampai kapan MMM ini akan berlangsung? Namanya juga ponzi alias skema piramida, selama masih ada member-member baru yang mendaftar ke sistem orang-orang yang ada di atasnya masih tetap mengharap dapat menarik dana (Get Help). MMM dapat sepanjang jumlah dana yang disetor (Provide Help) lebih besar dari dana yang ditarik member (Get Help). Jika kondisinya berbalik, lebih banyak member yang menarik dana dibanding member yang bergabung maka sistem MMM tidak akan berjalan. Dalam kondisi tersebut MMM bisa saja berdalih restart system, atau memperlama waktu tunggu untuk penarikan. Jika kondisi GH tetap lebih besar dari PH dalam waktu lama, bisa saja MMM bubar. Tanda-tandanya bisa terlihat dari server yang kadang error, waktu GH yang makin lama atau penurunan janji bonus. Intinya, bagaimana caranya agar member susah melakukan penarikan dana (GH).

Akan tetapi walaupun MMM bubar, tidak tertutup kemungkinan akan muncul lagi dalam nama atau gaya baru. MMM tiruan saat ini mulai maak bukan?

Berkaca dari kasus-kasus money game selama ini, maka para pimpinan MMM tidak akan rugi sedikit pun kalau MMM tutup karena mereka telah mengeruk keuntungan 30% tiap bulan selama bertahun-tahun dari uang yang disetorkan oleh para member yang masuk belakangan.

Itulah cara kerja ponzi sejati, bukan bisnis bukan investasi, tetapi hanyalah aktivitas kirim-kiriman uang antar partisipan semata.

Ketahui Aneka Modus Penipuan:

 

Comments

  1. yg udah dapet untung curang ya.. udh dpt bantuan ga mau bantu lagi.. please deh..

  2. untuk MMM ada 2 yg kurang logis
    1.profit per bulan 30% itu didapat dr member lain bgitu juga sebalik berjalan terus menerus
    2.profit 10% dengan mengajak anggota baru bergabung itu juga dari member lain bgitu juga sebalik berjalan terus menerus
    jadi dapat disimpulkan jika anggap peserta 5 org saja dan uang 5 org itu dputar untuk bonus bulanan dan ke anggotaan apa bisa ???? jawabannya tidak mungkin bisa
    jika di hitung sperti target nya bonus 30% /bulannya maka yang 2 orang untung dan yg 3 org rugi

    jika dilihat ada 2 titik sudut pandang
    pertama dilihat dari segi bisnis pasti ada yg untung dan rugi jadi itu adalah resiko masing2
    ke dua dilihat dari segi kemanusiaan jika siap membantu harus ikhlas jika anda meminta bantuan balik blm ada yg membantu harus sabar jika tidak ada yg membantu berdo’a saja smoga ada yg membantu
    namun tetap saja merugikan jadi jika anda siap membantu maka jangan berharap anda mendapat balasannya karena sifatnya membantu adalah ikhlas

    mohon para pembaca ataupun player MMM dapat memahami kata2 ini karena inilah yg sebenarnya terjadi di MMM
    selanjutnya terserah dari masing2 bagaimana menyikapi dan melihatnya dari sudut pandang yang mana saja boleh

  3. mendingan jadi bandar togel aja deh……wkwkwkwkwk

  4. Kalo sudah tahu bukan investasi dan bisnis kenapa disebut arisan berantai?? Hati2 readers, hitung2annya juga asal aja kayaknya,

    • Jika tidak ingin disebut arisan berantai, pembaca juga lebih baik menggunakan saja istilah yg sudah disepakati sedunia: Pyramid Scheme alias setor-menyetor duit tanpa investasi bisnis yang jelas. Perhitungan di artikel di atas adalah sesuai dengan yang ditawarkan MMM pada tanggal penulisan. MMM sering mengubah strategi tawaran bonus untuk menarik peminat.

      • bener Min, ketauan tuh mereka udah tau ini ga bener, cuma pake jurus hit and run asal udah untung duluan buru2 kabur sebelum runtuh…

      • ya admin saya pernah ikut game ” KOSPIN” di Makassar wah Rp. mang jempol awalnya per 3 bulan waktu itu setor 1 juta dalam 3 bulan kembali modal plus % sd 1.500.000, — dan saya invest ( istilahnya invest ) Rp.3. juta ( mulai greedy ) –kembali 4,5 juta –apa yang terjadi SAYA STOP sebab si “pengusaha” menjadikan istilahnya GAME dalam waktu 2 bulan wah — ini mulai salah — dan ada pesaing ( 2 yang terbesar ) membuka dgn game dalam waktu 3 minggu !!! — ringkas cerita setelah PEMDA menyatakan bisnis ini ilegal — perlahan dan pasti mulai hancur –dan chaos dimana2 — saya tambahkan dalam masa itu gaya hidup hampir semua orang ” glamour” terutama di daerah2 — bahkan kita keulitan mecari angkutan umum antar daerah 🙂 sebab para pemilik / supir memilih invest di KOSPIN dan chit chat di warkop memnunggu hasil

    • yups..selain asal asalan,uang yg kita dpt kan tuh dari sesama member….alhasil, klu pengen dpt hasil yg tetap tiap bulannya, otomatis tiap bulan harus nambah saldo transferan dong..karena tiap habis d cairkan harga mavronya naik… Jadi, yg diputar selama ini uang dari kami2 juga..trus ntar klu uang para member dah ngumpul buuuuuanyak, kabur lagi dah tuh org.. Meranalah kita…hhmmm…

  5. bahasan anda malah dipakai sama mereka untuk justifikasi mas admin, dengan pengaburan disana sini

  6. Kritik boleh, tapi kalo destruktif yah maaf saja kalo tidak dihiraukan hahahah… Saya pingin tahu model bisnis online made in indonesia yg ada dan LEGAL sesuai aturan yg berlaku itu seperti apa?? Bukan mlm, bukan moneygame, bukan arisan?? Ada tidak min,,jawab dong

    • Kami sangat setuju dengan pendapat Anda. Terus terang itu juga menjadi keprihatinan kami bung. Itulah gunanya kami terus mengedukasi masyarakat agar berhati2 terhadap aneka tawaran (katanya) bisnis/investasi, yg ternyata hanyalah moneygame seperti ini.

      • Napa gak buat bisnis yg reel yg bkan moneygame at apalah yg tdk spndapatdgn anda biar masyarakat di indo gabung smua..!
        Ini sudah hukum alam da yg melayani dan ada yg dilayani..

  7. saya salah satu anggota MMM dah 1 tahun berjalan..alhamdulillah sampai saat ini masih aman2 saja..tetapi apapun itu tergantung masing2 anda..tapi ane hidup dari MMM 1 tahun ini..dan 30% itu masih aman2 saja..ref 10% juga masih aman2 saja..saya akan mengatakan ini penipuan kalau ane udah benar2 tertipu,,masuk dulu apa yang terjadi baru kita bisa mengatakan apapun itu..tetapi jika kita saja belum masuk dan belum melakukan apa2 bagaimana kita bisa mengatakan bahwa sesuatu itu salah..hidup penuh resiko dan semua keputusan juga ada resiko..SUKSES MMM

    • bener2,,,,smua jga ada resiko brrow,,,,makanya harus jdi org pinter,,hahaha

    • MASUK dulu apa yang terjadi baru kita bisa mengatakan apapun itu
      baca yg huruf kapital ya mas bro 🙂
      bagaimanapun sanggahan mereka, akan selalu ada ajakan untuk bergabung, baik yang samar maupun terang”an
      silahkan dinilai sendiri 🙂

  8. Kaji baik2 halal kagak.. Kolo cerita untung insya Allah untung, tapi tdk semua untung itu halal,, soalnya salah satu praktik riba yg nyata itu ya moneygame itu salah satunya

    • Mohon maaf kawan2 yg ada di forum ini, Apakah menurut anda yg krjanya oper2 uang itu mesti money gym,…????? berarti BANK2 juga MONEY GYM TUH,…. RAJANYA RIBA, BERLIPAT GANDA,…. JANGAN HANYA MMM YG DI POJOKAN DI CERCA DLL,….. MASUKI IDEOLOGINYA MMM, PAHAMI SYSTEM AKADNYA,…NANTI BARU PADA NGERTI,… NAH SKRG PADA SOK PINTER SEMUA SIH,….. PADAHAL GAK PERNAH TAU DALAMNYA MMM, JADI PADA KEBLINGER DECH,..,…. KALO BIKIN KOMENTAR TU MBOK YA YG BERIMBANG, JANGAN SEPIHAK GITU LOCH,… TAR JADI FITNAH…!!!!! KALO ENTE2 YG PADA MUSLIM TAU KAN HUKUMNYA MEMFITNAH…????? CAMKAN ITU,….!!!!! KALO DEBAT LANGSUNG, TAK SOBEK2 TUH MULUTNYA, GITU KATA PAK TUKUL, KUL, KUL,……

      • benar apa yang ditulis oleh pak eko p dan participan MMM, moneygame dan bank (konvensional) itu mengandung riba. dan MUI sudah memfatwakan hal tsb.
        @participan MMM saya ingin tanya jika di Bank uang kan diputar untuk usaha sehingga menghasilkan keuntungan, nah klo di MMM itu dapet keuntungan dari mana?
        namanya membantu mah ga mengharapkan untung, itu sama juga dengan rentenir

      • Goblok Lu! Jelas-jelas money game masih ngotot lagi. Dalam money game ada titik bubble dan pada saat itu pemilik kabur! Kamu suka bikin masyarakat jd miskin n stress ya gara2 uangnya raib?!

      • Money Game says:

        Yang namanya money game ya sudah jelas jelas kita harus sudah siap kapan uang kita ini akan hilang, maka dari itu PINTAR PINTAR lah kita BERMAIN, saya seering bermain dan saya sudah merasakan bagaimana HASILnya, walaupun akhir nya uang saya juga hilang, tetapi hasil akhirnya tetap saya surplus

      • Ideologi MMM, akadnya??? Aturan dari manakah itu???
        Lu nolong orang tp ngarep untung,, 30% pula,, sama ajj kyk rentenir…
        Drpd duit lo abis di MMM mending lu sedekahin,, jls kan yg nerima sp,, biar kata gak dapet untung skrg tapi tabungan akhirat lu uda punya…

  9. Boost FansPagenya bro , Bisnis Rame di Facebook, saya dulu baca semua artikel referensi bisnis tapi saya mengabaikan

  10. Yang percaya.. silahkan percaya…
    Yang tidak percaya… jangan mencela…
    Namanya juga usaha…. gitu aja repot banget..!

    Ustadz aja jangan bicara Minum Alkohol itu bisa Mabuk… Jika belum mencobanya..!!

    Percayalah pada pengalaman diri sendiri brow… jangan pitnah..pitnah… pren.. hehehe

  11. Kalo harus masuk dulu ke MMM itu mah gak mungkin BRO..ya sama aja masuk ke haram,,kan sudah tahu kalo itu berbunga…wah nggak lah yaw..saya mah nyari bisnis murni aja..

  12. salute dgn org2 yang ambil bagian di bisnis seperti mmm ini krn harus ga punya hati/perasaan, harus tegaan, pikirannya harus pendek, siap nanggung dosa, siap nama baiknya rusak, siap keturunannya dikutuk org…kasian ya…manusia atau apa ini ya yg punya karakter ini seperti ini..

  13. memberi bantuan dan minta bantuan?, hari ini saya membantu (setor) bulan depan saya dibantu (dpt setoran), model gini kok dibilang ikhlas?, ikhlas tu sumbang mesjid 100rb tanpa minta dibantu / dibalikin, gini kok bilangnya orang cerdas, GILE LO NDRO!

  14. bodo amaaaaaaattt……
    emang gwe pikiriiin….
    duwit..duwit gwa ini…….
    appppaaaaaa….????????

  15. Kalau yg blg MMM ini perputaran duitnya nggak masuk logika,. Skrg gw tanya deh, menurut LU situs kayak FaceBook, Twitter, Flickr, Instagram, dll yang registernya aja gratisssssss mereka dpt duitnya dari mana kok bisa survive terus? Untungnya Facebook, Twitter, Instagram, dll itu dari apaaaaaa cobaaaa???? Coba jawabbbb?? Jawabbbb!!!!

    • Dapet komisi dari iklan yg di tampilkan di situs/aplikasi masing2.. Perusahaan – perusahaan itu (Facebook, Youtube, Instagram dll – red) jg bergerak di bursa saham.. silahkan kalo mau ada yg nambahin 😀

      • bener katanya mas wahyu ..
        dan saya mau meluruskan pendapat mas wahyu tentang situs facebook dll dan MMM ..
        MARK ZUCKERBERG yang menciptakan facebook mendapat pundi uang dari sponsor yang nunut nampang dihalaman facebook nya..
        kl SERGEY MAVRODI pencipta situs MMM itu mendapatkan keuntungan dari per kunjungan, bukan mengelola uang dari member, karena uang member dikelola sendiri oleh member dan penenmpatannya di BANK masing2 member (BRI,BCA,MANDIRI, DLL) karena para nasabah mentransfer sejumlah uang itu ke member juga, buka kerekeningnya SERGEY MAVRODI, jadi uang muter hanya di member saja, tidak keluar dari jalur,kecuali uang member di trnsfer ke rekening dia, pasti kabur tu orang ..
        jadi bedanya situs FACEBOOK/TWITTER.INSTAGRAM dll itu sosial media, dan sedangkan MMM itu bergerak dibidang ekonomi sosial, dengan tujuan menghancurkan sistem perekonomian yang tidak adil di era global ini … ya semoga saja berhasil ..
        si pencipta facebook dan MMM itu cuma menciptakan situs saja .. tapi yang berkecimpung didalamnya tetap saja para pemakainya …kl gak ada pemakai ya gak ada FACEBOOK/MM to …tapi siapa sih yang gak mau uang broww …semua pasti mau…pak kyai aja mau kl abis ngaji dikasih sumbangan uang ..yoto …
        main logika aj brow …gak usah pake otot ..

      • susah kalo sudah dibutakan dengan uang, sehingga dia tidak sadar kalo si sergey ini orang yg menciptakan sistem ini dan tidak mungkin kalo si sergey ini tidak menanamkan uangnya lalu mengcompound nya, walaupun memiliki limit bukan tidak mungkin kalo dia menggunakan banyak account…sehingga pada saat titik jenuh dimana orang sudah tidak ada join dan tidak ada lagi yang transfer maka si sergey ini akan tersenyum sambil menikmati uang yang selama ini membelanya mati2an…katanya main logika tapi ko pake logika anak TK yang jelas2 gak nyambung…

      • mantep..plus2 jwbannya..

    • blackphoenix says:

      Agan ga pernah lihat banner iklan disono ya????????????
      Penghasilan mereka slh 1 nya dr situ. Mereka situs2 “papan atas” yg udh pasti di kunjungi org.
      Tariff iklan di situs2 tsb sdh pasti di atas awan……..

    • MMM kok dibandingkan ama sosmed, malu2in org Indonesia banget dehh lu.
      Kalo mo bwt perbandingan yang logis napa, ketahuan bego banget klu kyk gini org Indonesia.

  16. Andi T. Maliwan says:

    Wkwkwkk…ada yang panik nih.. Masa membandingkan bisnis gadungan MMM dengan Facebook, Twitter, Instagram dll…gak ada bandingannya brow…belajar lagi dah sama bu guru ya… Jaka Sembung gitu lho… Mereka itu pendapatannya jelas dari iklan seluruh dunia? Kalo MMM? ya dapat duitnya dari Anda anda yang mau nyetor… Kasian banget ya MMM…

  17. yang gak tau mmm lebih kasian lagi 😛

  18. yang jelas website mmm sudah seminggu gak bisa dibuka,…

  19. Sadarlah wahai kalian partisipan MMM, kalian menghujat sistem kapitalisme tapi dilain pihak membenarkan praktek money game, kalian memaksakan ideologi sergey dan menjelek2an sistem ekonomi bangsa sendiri tapi ujung2nya pun tetap aj money oriented, bullshit MMM !!! SLMMM (Short Live MMM) :v

  20. Segala sesuatunya tergantung niat Bro, Jika niat kita baik Insyaallh akan dimudahkan jalanya dan sebaliknya

  21. web MMM dah ngga bisa dibuka… , mungkin overload karena yg Give Help kebanyakan.. dan uangnya kagak ada… biasanya kalo website dah sering kagak bisa dibuka sih tanda2 SCAAAAAM … hahahaaa… tunggu aja tuh yg ngaku2 LONG LIVE MMM…. Bravo !!!

  22. Minang Trader says:

    Ngga kenal MMM kenapa mesti kasyiaaan… , hehehe.., aneeh!!! bisnis gini mah ngga perlu bikin iri , ngga logis …, cuman scema ponzie/ arisan berantai .., ngga ada yg istimewa.. suatu saat juga bakalan hancur sendiri, tinggal tunggu waktu…, wait & see … 😛

  23. adiknya mavrodi says:

    Hei para anggota MMM, saya yakin andalah yg suka naruh selebaran arisan berantai di atm2 itu ya..Sekarang udh lebih canggih mainnya..ckckckck

  24. Biasanya kalau orang sudah jadi member, seperti sudah di ” Brain Wash “. Dikasih tahu orang lain tetap saja keras kepala karena merasa apa yang dilakukan mereka benar.

  25. iyo MMM gk ada sistem inves/penjualan..bonus yg d dpt dr uang orng lain..dlm agama saya klo orng dpt uang tanpa usaha yg jelas = dosa.. Masih mending MLM ada yg d jual/beli jd jls asalnya..
    Buat member MMM; klo kalian anggap bank itu sm halnya sm MMM kalian slh,,bank dpt uang krn pemotongan biaya jasa,,program2 investasi (cth; pengkreditan rumah,,pembiayaan modal dll) nah klo MMM cma uang mmber d putar2…
    jd bwt member MMM,,kalian cma dpt bonus selama bnyk orng polos gabung buang2 uangnya,,klo dh mentok bs bubar kyk sebelum2nya..
    terakhir,,rata2 member MMM d presentasi tanpa tahu kebenaran n asal-usul pendirinya..cma d ksh liat bagusnya tnpa tw jeleknya..FAKTA

    • Iya sperti dipertandingan sepak bola, penonton bisanya cuma koar2, hrus begiNi hrus begitu, jgn begini jgn begitu, merasa lbh pintar dr pemainnya! Sama halnya dgn ANDA!

  26. Kalau saya jadi Anda2 yg sdh bergabung, saya akan menarik modal saya saat ini…sebelum penyesalan datang… Eits, gak boleh marah lho ya…katanya ini bisnis bantu membantu wkwkwkkkk…ikhlaskan aja ya, kalau sampai hilang. Namanya juga membantu sesama manusia…

    • benar sekalai kata pak ryanto di MMM, memang tidak ada garansi uang bakalan kembali…jadi jika terjadi seperti itu…memang harus ikhlas itung2 membantu dan meringankan beban sesama manusia….balasannya adalah pahala dari Allah…

  27. Ini adalah Skema Ponzi (Ponzi schemes), baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Skema_Ponzi http://klikbelajar.com/ekonomi-dan-akuntansi/mengenal-skema-ponzi-ponzi-scheme/ http://perludiketahui.wordpress.com/skema-ponzi/ http://en.wikipedia.org/wiki/Ponzi_scheme. Ini bisnis penipu mencari penipu, orang terakhir yang masuk adalah penipu yg tertipu, dengan populasi sebesar Indonesia jumlah yang tertipu akan massal. Ini bapak dari penipu2 itu, baca di: http://en.wikipedia.org/wiki/Sergei_Mavrodi

  28. Amati Penipuan says:

    hahahahahah,,udah jelas2 diatas latar belakang pendirinya aja mafia,, masa masih percaya,,, klo uda hilang uangnya ,,,,nyesal bilang penipu,,, setidaknya cermat aja ,,orang kita bilang bibit bebet bobot,,sahamnya berputar darimana coba,, bank ,asuransi,,jelas keuntungannya dari saham dan kredit,, websitenya sudah down,,siap2 tarik uang nya boss,,hahahahahahaha. amal ibadah itu di mesjid,,menolong itu fakir miskin yang ditolong bukan jadi bisnis

  29. Pemerhati Bisnis Online says:

    Kalian semua hanya banyak koment tidak karuan…coba pikirkan bangsa ini berapa pejabat yang KORUPSI (bisnis pencucian uang, mark up alkes…kumpul mobil mewah..wah,..wah..wah),..kalian hanya mepersoalkan bisnis kecil-kecilan seperti MMM biar aja, itu resiko yang gabung bukan kalian-kalian ini yang tangung resiko..uang hilang kek..itu terserah mereka semua, yang kalian perlu pikirkan UANG YANG DIBAWA LARI OLEH KORUPTOR..MMM merugikan NEGARA APA..paling-paling hanya orang yang merasa rugi itupun kalau dia merasa rugi..sebaiknya kalau dia tidak merasa RUGI gimana kalian tahu, BUNTUNG atau UNTUNG…asal tahu aja sampai sekarang MMM masih jalan tuh, malah ada undian MOBIL udah ada yang dapat, …dasar gak ada kerjaan semua banyak koment lebih baik DIAM dan lihat apa yang akan terjadi tentang MMM,…saya MUAKKKK. by Pemerhati Bisnis Online

    • BENAR SEKALI…..
      YANG RUGI SIAPA YANG RIBUT SIAPA. KOK YANG KONTRA YANG RIBUT. GABUNG JUGA KAGA. KALO RUGI TU URUSAN MEREKA SENDIRI.

    • MMM undian mobil? wkwkwk… Nih gw kasih ilustrasi hitung2an..
      5 mobil senilai 700jt di “undi”
      Untuk ikut undian hrs deposit 11-12jt..
      Terus yang ikut undian 200orng..200x11jt sdh berapa mas?
      Yang dpt mobil cuma 5 orang doank?
      MMM cuma cari cara buat nambah dana utk kasih bonus..Krn mereka gk ada sumber uang lain..
      Makanya gan klo komen pikir dlu pke otak..

  30. Hati2 MMM itu penipuan…besok aja SCAM…hehehe

  31. Jangan ngaku org pinter kalo masih bisa dibodohin,,,kalo masih bisa dibodohon berarti tetep aja orang bodohhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  32. ya…tunggu saja..kewajiban kita untuk saling menasehati sudah kita laksanakan bukan?…yg baik menurut manusia belum tentu baik menurut Allah begitu juga yang buruk menurut manusia belum tentu buruk menurut Allah…..yang halal itu jelas, yang haram juga jelas. Yang burem itu mata kita….karena uang itu burem….

  33. Yang suka sistem MMM silahkan jalan terus. Yang gak suka sistem MMM sudaaaaah jangan marah2 deh apalagi melarang orang untuk gabung apakah mereka pake uang mu ?

  34. Daftar penipuan skema ponzi alias money game dari sejak abad 19 baca di: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Ponzi_schemes
    Di Amerika Serikat, negara yang mempunyai penduduk yang jauh lebih berpendidikan daripada di negara berkembang, ratusan ribu orang tertipu permainan ini. Tidak bisa dibayangkan berapa banyak yang akan tertipu di negara yang pendidikan keuangannya masih rendah seperti disini. Mereka mengklaim ini adalah untuk saling membantu sesama, tapi dari tanggapan-tanggapan mereka di berbagai blog, dapat dilihat semuanya untuk kepentingan uang dan kekayaan belaka, saling membantu sesama hanya pencitraan/topeng dari permainan ini. Orang yang punya hati ingin saling membantu tidak akan mengeluarkan tanggapan seperti itu. Semakin tinggi posisi mereka di piramid money game ini, semakin tuli mereka dengan masukan dari orang lain, berapa banyak orang awam yang akan kehilangan uang akibat bergabung dengan skema gali lubang tutup lubang ini, karena bagi pelaku money game uang adalah yang terutama dan yang dikejar.

  35. aaaarrrggghhhh..!!!!!!! kakean cocot kabehh all.. urusono urusanmu dewe2 gak usah taek2 an,, one fingers up..

  36. Febrian Ryanto says:

    He he he…ada yang mulai panas.. Katanya mau bantu membantu kok marah2…? Terus kenapa narik2 orang… Kalau mau ikhlas membantu itu ga perlu berharap duitnya berkembang… Kayaknya, modus aja deh…serigala berbulu kelinci…atau udah ga pakai bulu lagi…? Jangan marah ya…kan ikhlas…he he he…

  37. SASHA_MARSHA says:

    saya sih punya prinsip, mati hidup saya sendiri yang urus. mau saya join MMM, atau enggak join, bukan urusan kalian semua. Mau ikut MLM, atau stop nyetok barang MLM ampe pada expired.. ya itu bukan urusan kalian juga.. yang penting, saya hanya ikuti hati nurani saya.. yang gak pada suka MMM, silakan kalian memaki sampai habis air liur dan kebencian atau panas di otak kalian atau sampai melet-melet lidah dan mata kalian memuntahkan kebencian sama MMM… yang penting, kalo saya susah, tokh bukan kalian yang bantu..paling paling cuma bisa menertawakan.. nah, kalo saya senang, baru deh kalian pada hormat…hehe Mending urus deh hidup kalian masing-masing.. Untuk Admin, usaha anda untuk brainwash yang ikut MMM, mungkin berhasil, mungkin tidak.. tapi, maaf, utk sementara ini, saya tidak minat ikut program brainwash anda…

  38. Yg jelas Maintenance itu suatu hal yg diperlukan. apalagi dgn penggabungan di android dan apple store. diperlukan waktu untuk maintenance. dan skrg MMM melakukan inovasi2 di dalam sistemnya. Dan di Rusia sdh ada Atm utk ditarik di bank2 Local di Rusia. Hanya memberi info yg akurat saja. Salam Sukses utk semua

  39. Lucu ya komentar disini, yang pro MMM kalo dilihat hampir semua kata”nya sama, jayalah MMM, kalo mau gabung ayo, gakmau gabung jangan usik MMM bla…bla… seperti di brainwash wkwkwk

    sedangkan yang kontra memaparkan berbagai analisa finansial dan fakta..

    okey MMM bukan bisnis, bukan MLM, bukan investasi, tapi disebut arisan berantai kenapa pada protes? jadi MMM itu apa?
    hal ini yg bikin saya makin ragu untuk join…

    mau dapat duit tanpa ad usaha? seperti dukun penggandaan uang donk jadinya?

    • PRAYET AJA says:

      saya dulu waktu ikut BO juga gtu bos,klw bisnis saya d cemooh juga ngomong gtu.
      tapi suatu saat pasti dia sadar klw bisnis MMM itu JELAS JELAS MONEY GAME.

  40. BUNG…BISNIS ADALAH GAMBLING…KALO KITA GA NYOBA KITA PENASARAN KAN…INTINYA KITA GABUNG KLO AMAN BERTAHUN2 BISA KAYA TAPI KALO GA YA RESIKO..NAMANYA JUGA BISNIS GAMBLING…

    • orang islam jika berbisnis sesuai ajaran islam maka bisnisnya halal dan berpahala meskipun rugi, kalo gambling itu haram dan berdosa walaupun untung. kok anda bilang bisnis itu gambling? emang di kitab agama yg jadi pedoman hidup anda tertulis bisnis adalah gambling ya?

  41. orang awam says:

    liat kalian brdebat aja udah mumet..haha sbnernya tujuanya apa sich?

    • Iya ga tau tuh… yg pnya web aja ngilang, hbis bikin analisa yg keliru ttg MMM eeh malah kbur… Yg dibahas MMM kok malah dia sndiri yg scam buakakaka… ngakakk

      • Tidak ada yang perlu kami tanggapi karena pembahasan di diskusi tidak berkaitan dengan penekanan artikel kami yang menyatakan bahwa:
        “MMM bukanlah investasi/bisnis.”
        Jika terdapat kekeliruan dalam artikel kami, sampai saat ini juga kami belum menerima klarifikasi apapun dari MMM Indonesia maupun MMM Rusia. Jadi tidak ada yang perlu ditanggapi.

  42. Rita Wulan says:

    dari luar aja dah keliatan kok ngapain pake masuk apa lagi nyicipin tuh MMM, yang jelas member lama dibayar pake duit member baru… so apa hebatnya ??? pake ngejelek2in Bank segala tuh si Mavrodi.. meski kagak sempurna Bank jelas lebih banyak manfaat nya daripada transfer mentransfer antar member MMM kagak jelas.. hehehe, 😛

  43. YANG JELAS, YG DEBAT DARI ATAS SAMPAI TAU KAPAN HABISNYA GAK ADA KERJAAN SEMUA,FORUM G JELAS,
    UDAH DEH G USAH NGURUSIN YG BUKAN URUSAN NYA,ORANG KAYA KALIAN YG BIKIN INDONESIA G MAJU2,
    URUS URUSAN KALIAN MASING-MASING BIAR BENER
    SMUA TINDAKAN ADA RESIKONYA ,RESIKONYA DI TANGGUNG MASING-MASING,G BAKAL MINTA TOLONG AMA KALIAN SMUA.OKE………………………TETAP DAMAI G USAH PECICILAN

    • Eh mas/mba manda, sprtinya sy telah salah deh memahami tulisan Anda, sy pikir yg mas/mba manda tulis yg,”ORANG KAYA KALIAN YG BIKIN INDO G MAJU2″, saya kiranya betulan org kaya(byk duit), ga taunya yg dimksd org “kaya” itu org “seperti…” hehehe… maafin ya mas/mba manda, sy salah…

  44. Saya jualan parfum, yang ingin melihat-lihat, mari mampir. daripada stress. mari semprot-semprot parfum, biar tambah ayu dan ganteng..:p

  45. Love BV n MMM says:

    Hahaha,,, seru juga baca artikel ini, ya ya ya.. kalian semua benar n hebat. memang harus seperti inilah beranalisa kalau mau ikutan bisnis secara online, apapun itu, kalian yg memutuskan, saya sih kalo punya uang saya coba semuanya dulu, ikuti aturan mainnya dulu, baru saya simpulkan, kalo memang menguntungkan saya pastinya senang sekali, tapi kalo saya rugi ya saya pasrah aja, kan saya yang menjalaninya.. saya joint MMM dan saya joint BV, semuanya menguntungkan untuk saat ini, lumayanlah bisa dapat tambahan uang jajan, Hidup MMM, hidup BV. sukseskan perekonomian masyarakat Indonesia

    • Jujur aja antara BV dan MMM saya lebih percaya MMM karena perputaran dana murni ditransfer antar participant, dana tidak dikelola oleh owner/tim melainkan dikelola oleh seluruh participant itu sendiri. Sistem MMM memang jelas ponzi dan money game oleh sebab itu setiap member yg gabung harus sudah paham resiko dan ketentuan yg sudah dari awal dijelaskan bhw MMM tidak menjamin uang anda kembali.!!

      • sayangnya ketika para member MMM berpromosi, mereka tidak menjelaskan bisnis ini adalah skema ponzhi dan tidak menjelaskan resiko kehilangan uang. Cuma iming-iming profit 30% saja.

      • Mas Yugho, skali lg prlu diingat ini bkn bisnis ya, jd jgn disebut bisnis trus.. Klo dr komen Anda sprtinya mas yugho msh awam ya.. sy bntu jelaskan sebisa sy ya mas.. yg namanya promosi itu psti yg positif mas.. Ga prnh ada promosi yg dikedepanin adalah negatifnya.. cnth saja asuransi, wktu awal dijelasin apa lgsg dikasi tau klo narik uang kita dbwh 5 thn kita ga dpt apa2 alias bablas? Atau klopun bsa cm 50% dll? Tidak toh? Klo itu mreka lakukan ga bakal ada yg mau join asuransi mreka mas.. Anggapsaja mas ga mau join MMM, mas memilih utk buka usaha jual bakso misalkan, apa mas bisa dgn sgt yakin usaha tsb akan slalu mnguntungkan? Dr awal psti mas uda tau ttg knyataan tsb. Smua ada resiko mas. Dr pd bkin usaha bakso yg modalnya mgkn ga cukup 5jt, knpa ga cb MMM aja dgn uang 100rbu? Toh sama2 beresiko kn mas?
        Mhn maaf bkn brmaksud menggurui, hnya skedar ulasan dr sy mas yugho. Salam kenal ya..

  46. Tulisan yang sangat mencerahkan…

    Bolehkah saya request mengenai u-invest.. Cukup booming juga… Thanks admin.. tetap berkarya

  47. HIDUP DIDUNIA INI ADALAH BOHONG…..
    BANYAK CARA BERTAHAN HIDUP :……..
    MULAI YANG HALAL SAMPAI YANG HARAM
    TENTUNYA SEMUA PENUH DENGAN RESIKO…
    JIKA ANDA TIDAK MAU BERISIKO ……. MAKA UNTUK APA HIDUP…..
    TAPI CARILAH YANG HALAL……
    TAPI KALAU SUDAH BICARA UANG HALAL HARAM TIDAK JELAS….
    YANG JELAS SUDAH BEKERJA TIDAK DAPAT MEMBEDAKAN HALAL HARAM….
    ANDA PEKERJA APAKAH ADA PERNAH MEMAKAI UANG BUKAN MILIK ANDA….?
    YANG PASTI PERNAH………

    JIKA ANDA INGIN SUKSES
    INGAT 5 KUNCI SUKSES :
    1.DOA —–> MINTALAH PETUNJUK SESUAI KENYAKINAN
    2.USAHA —–> CARI KERJA/USAHA SENDIRI /BISNIS
    3.KERJA KERAS —> DISIPLIN, RAJIN, ULET, SABAR/TLATEN, KONTROL, IKHLAS, TELITI, JUJUR,
    TOLENRASI, MENGHARGAI, TIDAK SOMBONG/IRI DAN INTRUKPESI
    4.SYUKUR —–> TINGKATKAN IBADAH DAN KETAKWAAN
    5.AMAL ——-> INGAT HARTA/ILMU SEBAGAIAN MILIK ORANG LAIN BAGIKAN DENGAN IKHLAS

    JIKA ANDA LAKUKAN DENGAN BENAR
    HARTA/PANGKAT/DERAJAT/ KEMEWAHAN/PAHALA AKAN ANDA DAPATKAN………..

  48. penengahsaja says:

    biarkan mereka menentukan apa tujuan mereka, toh akibatnya tanggung sendiri2, uang yg dipake juga uangnya sendiri, resiko tanggung sendiri.

  49. Manajer bisa raup sampe ratusan juta tanpa melakukan PH (memberi bantuan)… dengan uangnya itu mereka (para manajer) patungan kemudian mengadakan undian untuk partisipan yg PH minimal 10jt, skrg hadiahnya mobil… wow!! … tujuannya agar piramida ini terus bertahan.

  50. Wow…mau dong jd manager.
    Hahaha…

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: