MMM Indonesia: Hanya Arisan Berantai dari Rusia; Bukan Investasi

MMM Indo_logoBagi Anda penggemar facebook mungkin Anda telah mendapat tawaran bisnis dari teman atau friend baru berupa cewek cantik berwajah Eropa Timur. Bisnis baru tersebut bernama MMM (Mavrodi Mondial MoneyBox), sebuah ‘peluang bisnis’ hasil kreasi seseorang bernama Sergey Mavrodi asal Rusia. Belakangan, sudah banyak “manajer-manajer” MMM lokal yang juga aktif menjaring member baru masuk MMM. Anda sudah diprospek juga?

Artikel terkait: Sejarah Asal-usul MMM

Hmmm,…namanya juga peluang investasi, tawaran yang disampaikan pastinya cukup menarik. Anda tidak perlu membeli produk sebagaimana bisnis Multi Level Marketing (MLM) tetapi cukup menanamkan sejumlah uang untuk (katanya) ‘membantu’ orang lain. Bunga yang ditawarkan tidak tanggung-tanggung: 30% dalam tempo 1 bulan!

Wow, tawaran yang menggiurkan. Apalagi MMM mengklaim telah merekrut jutaan orang sedunia sebagai member. Berbagai jadwal seminar termasuk di Indonesia disampaikan lewat website mereka. Untuk memuluskan aksinya, MMM memutarbalik fakta dan menghujat sistim bank yang ada saat ini. Anehnya, mereka tetap menggunakan bank sebagai media transfer dan penyimpanan uang.

Metode money game yang ditawarkan MMM tidak ada bedanya dengan yang sudah-sudah. Mereka hanya berganti istilah, seolah peluang investasi baru, tetapi pada dasarnya sama saja dengan aneka kisah-kisah money game sebelumnya.

Sergei_Mavrodi

Sergey Mavrodi: Jagoan arisan berantai (Pyramid scheme)

Cara Kerja MMM: Darimana Datangnya Bonus?

MMM jelas bukanlah bisnis investasi. MMM juga tidaklah memiliki bisnis atau sumber penghasilan. Pasalnya tidak sedikit member MMM yang menjelaskan bahwa MMM memiliki sumber penghasilan dari iklan ataupun sistim mavro dsb. Sekali lagi MMM tidak memiliki investasi atau bisnis tertentu. Lalu apa sih yang disebut bonus 30% itu?

Setiap member bergabung dengan sistem MMM bukan karena proses jual-beli sesuatu, tetapi semata menyetor uang dengan dalil membantu orang lain (Provide Help), tetapi berharap pada bulan berikutnya mendapat balasan (Get Help) 30% lebih besar bantuan yang diberikan sebelumnya. MMM tidaklah menginvestasikan duit nasabah ataupun mendapatkan penghasilan dari iklan apapun. Semuanya murni kegiatan kirim-kiriman duit antar anggota MMM.

Setelah uang disetor misalnya oleh si A sebesar Rp 100 ribu, maka sistim akan mengatur sedemikian sehingga periode waktu tertentu akan muncul permintaan bantuan Get Help untuk A sebesar Rp130 ribu (30% lebih besar). Nah, disaat itu, jika ada orang yang ingin mendaftar (Provide Help), atau bisa juga member lama yang ingin menyetor duit kembali, misalnya si B, maka B akan mentransfer ke A sebesar Rp130 ribu. A dan B bisa saja tidak saling kenal dan berada di tempat yang sangat berbeda.

Seandainya si B sebetulnya punya Rp500 ribu untuk bergabung ke MMM, maka B bisa mengirim uang ke beberapa rekening sekaligus, sesuai dengan posisi Get Help yang diminta oleh sistem. Lalu sekarang giliran si B berharap ada member lain yang akan bergabung sebulan setelahnya, dan mentransfer kepadanya dana sebesar Rp130 ribu (dana pokok yang ia tanamkan + 30%).

Si A setelah menerima transferan, merasa menerima bonus dari bisnis MMM. Padahal yang disebut “bonus” 30% itu bukan dari mana-mana, bukan dari investasi, atau jualan iklan melainkan dari member lama atau calon member MMM yang menaruh duitnya sebesar permintaan bantuan (Get Help) yang diatur oleh sistem. 

Dalam jangka waktu tertentu, skema money game ponzi seperti ini terlihat menguntungkan. Apalagi bila para upline (manajer) dan member-member yang pernah mendapat bonus, rajin memperlihatkan bonus-bonusnya untuk menarik lebih banyak member. Selain bonus yang 30% tadi, member yang bisa menarik member lainnya dapat bonus lagi. Asli ponzi sejati.

Perbedaannya dengan arisan berantai biasa adalah dalam sistem MMM proses setor-menyetor duit dilakukan antara member yang tidak saling kenal. Semua diatur secara acak oleh sistem.

Dalam menjaring member, tidak jarang member MMM menjelekkan sistem keuangan yang ada seperti bank, asuransi, dsb. Partisipan MMM meyakini bahwa bank dan institusi keuangan lainnya pada dasarna juga merupakan skema piramida alias ponzi. Dimata mereka, sistim keuangan yang ada saat ini sangat buruk, sehingga MMM merupakan jalan keluarnya. Namun pada kenyataannya, mereka masih menggunakan bank untuk melakukan transaksi transfer maupun menyimpan dana mereka.

Lalu mengapa para leader MMM getol mencari member baru?

Ini bukan hal yang baru. Namanya juga ponsi, arisan berantai, skema piramida atau istilah money game lainnya, upline atau leader akan selalu mendapat bonus atas setiap member baru yang berhasil diajak bergabung ke MMM. Di level paling bawah, setiap bonusnya adalah 10% dari setoran member baru. Makin ke atas persennya makin kecil, tetapi secara jumlah bisa makin besar karena jumlah member di bawahnya juga lebih banyak.

Di puncak piramida ada Sergey Mavrodi sang pendiri MMM yang tentu saja memperoleh bonus terbesar. Di Indonesia ada Robertus Julyanto yang dikenal sebagai leader utama di bantu leader-leader cabang yang sangat aktif mencari member-member baru.

Duit Member Tidak Dijamin

Dalam website atau video-video yang ditayangkan oleh MMM, secara gamblang dijelaskan bahwa MMM tidaklah melakukan investasi atau memutar uang tersebut dalam suatu industri atau bisnis tertentu. Uang yang dibayarkan kepada member semata-mata berasal dari member yang menyetor sebelumnya. Betul-betul murni money game atau phonzi (baca juga: Ponzi/Skema Piramida, Akar Utama Penipuan Investasi/Bisnis).

Karena tidak ada jaminan, bisnis ini (katanya) didasarkan atas rasa saling percaya di antara member. Suatu hal yang tentu tidak mudah karena para member sendiri belum tentu saling kenal. Sistim jual beli poin diistilahkan Provide Help (‘Membantu’) saat join /membeli poin dan Get Help (Minta Bantuan) saat menjual poin alias menarik dana.

Jadi MMM bukanlah investasi apalagi bisnis, bukan pula perusahaan, melainkan money game semata (jika Anda tidak mau menyebutnya arisan berantai). Dari segi legalitas, tidak punya badan hukum, tidak punya kantor cabang, tidak punya penanggung-jawab. So, bila terjadi sesuatu, Anda tidak bisa menuntut siapa-siapa, karena Anda telah memasuki bisnis “aku percaya saja” dengan kerelaaan sendiri.

Resiko terbesar bagi partisipan MMM adalah bila jumlah penarikan dana (Get Help) lebih besar dari dana yang disetor oleh mereka yang baru bergabung. Sistem boleh saja meminta Get Help, tetapi jika tidak ada yang Provide Help, duitnya dari mana? Ini bukan bisnis, apalagi investasi. Partisipan juga tidak bisa menuntut diapa-siapa, termasuk yang mengajaknya bergabung. Resiko ditangan sendiri.

Karenanya di website MMM sudah ditegaskan bahwa: MMM sangat beresiko. Anda bisa kehilangan semua uang Anda.

MMM Indonesia_peringatan

Sayangnya peringatan tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris, sehingga tidak semua orang mengetahuinya. Atau meski tahu, biasanya tidak dihiraukan, sebagaimana peringatan bahaya di bungkus rokok. Sudah tahu berbahaya tetapi tetap dinikmati. Berbagai media jug amemperingatkan masyarakat untuk berhati-hati, tetapi keputusan tetap di tangan masyarakat sendiri (baca juga ulasan Kontan: Hati-hati Skema Haram Asing Merambah Indonesia atau Apa Kata Mereka tentang MMM di Indonesia?).

Siapa yang Paling Diuntungkan?

MMM_sergei_mavrodi_230Transfer antar member yang saling tidak kenal, sebetulnya merupakan kelemahan MMM, sekaligus peluang bagi kroni MMM untuk mengeruk keuntungan. Seperti diketahui umum bahwa sistem ini diatur secara pribadi oleh Mavrodi. Demikian pula mekanisme kemana uang akan ditransfer oleh para member baru ataupun member lama yang melakukan PH kembali, semua diatur secara terpusat. Para member tidak pernah tahu siapa sebetulnya yan gmereka kirimi uang. Yang jelas Tuan Mavrodi bebas mengatur sistem dan mengarahkan transfer ke rekening jaringan para kroninya yang menggurita di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Dengan demikian yang paling diuntungkan adalah jaringan Tuan Mavrodi beserta para pimpinan-pimpinan MMM asal Rusia di puncak piramida, lalu menyusul manajer-manajer di masing-masing negara dan kota, serta para upline yang rajin menghubungi Anda untuk menjadi member. Makanya tidak heran bila semakin banyak orang Rusia yang datang “memotivasi” supaya banyak yang gabung MMM. Para manajer lokal pun makin rajin cari member baru untuk menyetor dana di bawah sana, karena hanya dengan cara demikian, pimpinan, para leader dan manajer MMM yakin bisa melakukan penarikan dana dengan dalih Get Help.

Dalam skala lebih luas, bisnis ponzi ini merupakan penarikan dana masif, besar-besaran ke luar negeri dan ajang pencucian uang (money laundering). Silahkan dikembangkan sendiri, kira-kira negara-negara mana yang paling mendapat untung dari aliran dana ini. Biasanya Indonesia hanyalah menjadi pasar alias korban dan penyumbang bagi negara lain. Sangat jarang Indonesia menjadi leader dalam skema-skema tipuan, bahkan di kawasan Asean sekalipun. Tetapi yang jelas para pelaku dari luar negeri mentarget potensi jumlah penduduk Indonesia yang besar dengan income yang semakin naik, tetapi masih mudah diperdaya karena kurangnya edukasi serta ketiadaan peraturan yang memadai.

Lalu sampai kapan MMM ini akan berlangsung? Namanya juga ponzi alias skema piramida, selama masih ada member-member baru yang mendaftar ke sistem orang-orang yang ada di atasnya masih tetap mengharap dapat menarik dana (Get Help). MMM dapat sepanjang jumlah dana yang disetor (Provide Help) lebih besar dari dana yang ditarik member (Get Help). Jika kondisinya berbalik, lebih banyak member yang menarik dana dibanding member yang bergabung maka sistem MMM tidak akan berjalan. Dalam kondisi tersebut MMM bisa saja berdalih restart system, atau memperlama waktu tunggu untuk penarikan. Jika kondisi GH tetap lebih besar dari PH dalam waktu lama, bisa saja MMM bubar. Tanda-tandanya bisa terlihat dari server yang kadang error, waktu GH yang makin lama atau penurunan janji bonus. Intinya, bagaimana caranya agar member susah melakukan penarikan dana (GH).

Akan tetapi walaupun MMM bubar, tidak tertutup kemungkinan akan muncul lagi dalam nama atau gaya baru. MMM tiruan saat ini mulai maak bukan?

Berkaca dari kasus-kasus money game selama ini, maka para pimpinan MMM tidak akan rugi sedikit pun kalau MMM tutup karena mereka telah mengeruk keuntungan 30% tiap bulan selama bertahun-tahun dari uang yang disetorkan oleh para member yang masuk belakangan.

Itulah cara kerja ponzi sejati, bukan bisnis bukan investasi, tetapi hanyalah aktivitas kirim-kiriman uang antar partisipan semata.  (/SDh)

(Setiap review Howmoneyindonesia.com terbuka terhadap masukan, kiritik atau pendapat yang berbeda. Silahkan sampaikan pendapat Anda kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini atau hubungi kami. Terima kasih.)

Ketahui Aneka Modus Penipuan:

About these ads

Comments

  1. I live in Russia. I am the participant of MMM now. MMM it not swindle! This the financial help for the people! The authorities unscrupulously say lies, to MMM them is unprofitable!

  2. Rezki Buana says:

    Wah mbak Nataly…emang dikira rakyat Indonesia bodoh semua kali ye… Artikel ini kan dah bilang ini bukan bisnis, bukan investasi…tetapi murni phonzi alias arisan berantai.. Lha, yg ginian dah banyak makan korban di Indo mbak.. Ada yg model koperasi, ada yg katanya buat usaha ini bisnis itulah, ada yang nyamar kayak MLM beneran…macaem2 mbak… Gitu lho mbak…ngerti ora sampeyan..

  3. Василь says:

    Это не выгодно не властям – а банкам, которые управляют миром, а именно родшельд , морган , и ракфелер, вот они и пытаються через власти , с помощью корупции и продажных сми сделать МММ мошенничеством!

  4. Muhammad Randy says:

    Mereka menjelek-jelekkan pemerintah dan dan bank… Sepertinya mereka lebih hebat ha ha ha… Bisnis seperti ini pastilah tumbuh subur di kalangan masyarakat bodoh, yg punya mimpi2 segera kaya tanpa usaha. Semoga tidak tertipu dgn video2 yg sdh ada. Biasalah, bisnis ginian mempromosikan beberapa org yg sdh dikasih ‘bonus’ tetapi selanjutnya sdh ketahuan, jauuuh lebih banyak yg jadi korban di bawah sana…

  5. Siti Rahmaniah says:

    Kalau MMM merasa artikel ini salah, silahkan disampaikan salahnya dimana… Kalau ada yg bilang, sdh terbukti, sudah berhasil….biasalah…untuk menarik lebih banyak orang..sekarang ada bonus apa lagi? Laptop..? Thx…I’m not interested in such scam.. Go back Russia before your business ruin our countries relationship….

  6. Memang Tuhanlah yang menciptakan setan …
    Tuhan bilang setan sesat …
    toh tetap aja ada yang jadi pengikut setan … (apapun alasannya) …
    cuman yang ikutan setan pada lupa …
    Tuhan gak cuman ciptakan syurga, tapi juga ciptakan neraka …
    Tuhan terbukti maha adil …

  7. biasanya memang ada member2 yg di jadikan mascot [di elus2] di berikan fas/bonus ,,sebagai pancingan kepada newbie member[ orang baru] ,ini ciri 2 bisnis beginian M….M….lalu si member tadi di jadikan kesaksian[testimoni].Bagi yg cepat tergiur pengen ”kaya Instant]…akan cepat tergiur,dulu sy jd korban MLM ,,ampe 15 juta rupiah… gk mempan dgn saya istri saya di rayu sehingga 15jt amblas…sia-sia….

  8. apapun alasannya.. semua yg ada di dpn mata adalah beresiko.
    coba kita renungkan kembali bahwa keputusan investasi atau berbisnis adalah hak masing2 personal. kalau ada yg menganggap MMM menguntungkan itu hak para partisipan. kalau dianggap merugikan ya ga usah ikut. simple kan? knp masy indonesia sangat mudah terperdaya dg bisnis2 smacam itu? krn bangsa kita pun blm bisa mmberikan solusi terbaik untuk masyarakatnya.
    So, pikirkanlah utk memajukan rakyat bangsa ini dg cara anda.

  9. alanilah hidupmu sesuai dengan keinginanmu , jangen merasa apa yang terjadi sekarang adalah yang paling bagus dan ideal, biarka ide baru bergulir, kalau anda telah merasa nyaman denga kondisi ekonomi yang ada sekarang ya monggo… kami di MMM hanya ingi membuktikan bahwa ada konsep ekonomi lain yang lebih adil dari yang ada saat ini. Kami gak ada menyalahkan pemerintah atau bank, Bank adalah patner kami di MMM, kami hanya katakan bahwa konsep kami sama dengan bank tapi hasilnya lebih adil pada semua partisipan sesuai porsi dn tanggungjawabnya. Coba anda banyangkan betapa banyak uang yang dikelola bank dan hasilnya hanya sedikit yang dinikmati oleh asabahnya selain dapat bunga kecil dan “keamanan” dalam penyimpanan uang. Lihatlah betapa kaya nya para direksi dan pejabat bank, dimanakah uang itu berasal? semua berasal dari uang nasabah.., coba hari ini 50% saja nasabah menarik uangnya di bank terbesar? apa yang terjadi?.. bankakan amruk.. karena gak mampu bayar sebab uangnya dipakai untuk keperluan operasional dll, coba anda banyangkan, bank terbesar pun terus berpromosi untuk meminta nasabahnya untuk meningkatkan saldo tabungannya…, gak ada bank yag meminta nasabahnya utk meminjam saja dan menyuruh menarik tabungannya.., itu semua bermakna apa?..
    Memnag konsep baru akan menimbukan polimek dan pro kontra.., Seorang nabi yang jelas2 diutus TRuhan untuk menyampaikan kebaikan dariTuhan saja sering mengalami penentangan dan perlawanan yang luar biasa, apalagi MMM dan sergey Mavrodi yag hanya orang biasa yang takluput dari kesalahan….. biarlah Waktu yang akan membuktikan.. bagi anda yg tdk ingn gabung di MMM silakan jalankan kehiidupan anda sehari2. Jangan usik kami yg punya prinsip sendiri. Biarkan kami menjalankan keyakinan kami. kalau ada orang lain yg ingin gabung dengan kami silakan,jangan anda halang-halangi dengan terori kapitalis anda. biarlah meraka memilih jalan mereka sendiri seperit halnya anda memilih langkah dan keyakinan anda.

    Untuk TS yang bikin artikel ini saya rasa anda berfikiran sangat dangkal dan gak bisa membedakan antara arisan Berantai dan MMM, saya yakin-seyakin2nya bahwa anda tidak memahami konsep dan cara kerja MMM2012. Kalau anda memiliki opini yang kuat tentang Arisan berantai itu ada di MMM, silakan diskusi di group MMM d skype, kasihkan skype anda nanti saya add anda ke group, jangan hanya pandai berteori dan menjadi jago kandang. Silakana anda kasih komentar dibawah komentar ini dan buktikan bahwa teori anda benar mengenai penilaian anda tentang MMM. Kalau sumber anda hanya pada wekipedia bebas itu tidak menjamin apa yang anda dapat adalah benar, karena di wekipedia semua orang bisa berpendapat tanpa harus ada referensi. Ayo.. silakan komentari jangan menjawab komentar hanya via email. kalau anda jawab va email dk semua orang mengetahui argumen anda dan anda seperti orang pengecut dan terlihat bodoh dimata saya.

    • Kami banyak menerima informasi yang sama, kebanyakan dari nama2 anonim member/partisipan MMM, yg menjelaskan betapa baik dan bagusnya MMM bagi mereka.
      Meskipun demikian, semua hanya menegaskan kembali apa yang dibahas di artikel bahwa:
      – MMM bukanlah bisnis, dan MMM tidak menjalankan bisnis investasi,
      – MMM didasarkan atas kepercayaan di kalangan para membernya
      – MMM tidak memberikan jaminan keamanan terhadap dana “investasi” yang disetor oleh para partisipannya

      Info-info ini pun dapat dibaca di website MMM sendiri, dan kami menyampaikannya sebagai bagian dari edukasi dan keterbukaan informasi bagi masyarakat.

    • Mbak Jangan bawa-bawa nama TUHAN

      Apakah anda akan mempertanggung-jawabkan jika terjadi sesuatu terhadap downline anda dunia dan akherat

      BERANI …………….

      Terima kasih TS membuat Blog ini dan sesuai dengan image anda ” Pengetahuan keuangan sederhana untuk setiap keluarga Indonesia ”

      Jangan sampai TERTIPU sudah banyak yang menderita

    • “Seorang nabi yang jelas2 diutus TRuhan untuk menyampaikan kebaikan dariTuhan saja sering mengalami penentangan dan perlawanan yang luar biasa, apalagi MMM dan sergey Mavrodi yag hanya orang biasa yang takluput dari kesalahan….. ”

      Waduh …… Pernyataan anda membuktikan sergey mavrodi adalah Nabi yang diutus untuk membantu mensejahterakan. Di setiap Agama mengajarkan bagaimana mencari penghasilan yang “BENAR” dengan kerja keras dan cucuran KERINGAT dan AIRMATA selama ribuan tahun. Ini belum genap 15 tahun sudah jadi NABI

      “biarlah Waktu yang akan membuktikan……….

      Hayo berapa lama bisa bertahan SKEMA PONZI ehhh SKEMA MMM

      Wong di negara asal nya berdasarkan http://en.wikipedia.org/wiki/Sergei_Mavrodi , sudah tamat —-> coba baca ini bagian akhir === In May 2012 he froze the operation and announced there would be no more payouts.[15]

      in 2011 he launched a similar scheme in India, called MMM India, again stating clearly that the vehicle is a pyramid.[16] He was reported to be trying to expand his operations into Western Europe, Canada, and Latin America

      Kabur deh buka cabang ke India,Indonesia dan negara-negara yang mayoritas rata-rata tingkat pendidikan rendah alias gampang dikibulin

      “bagi anda yg tdk ingn gabung di MMM silakan jalankan kehiidupan anda sehari2. Jangan usik kami yg punya prinsip sendiri. Biarkan kami menjalankan keyakinan kami. kalau ada orang lain yg ingin gabung dengan kami silakan,jangan anda halang-halangi dengan terori kapitalis anda. biarlah meraka memilih jalan mereka sendiri seperit halnya anda memilih langkah dan keyakinan anda”

      Siapa yang mengusik justru ini baik untuk ” Educational Financial ” melindungi masyarakat untuk tidak terjerumus SKEMA PERMAINAN Gali Lobang Tutup Lobang , Yang gali lobang pertama dapet untung , Yang gali lobang terakhir yang buntung

    • konsep ekonomi bukan seperti itu kale……….

    • Daniel Hutapea says:

      Hei Sammy, kamu ITU lahir dan besar diindonesia, itu artinya kamuharus tunduk dan patuh pada undang2 dan aturan yang berlaku di Indonesia. Apakah MMM sudah memberikan kontribusi dimana kakimu berpijak??, bukankah kamu masih menyimpan uangmu dibank yang tunduk sesuai dengan regulasi d Indonesia. Kalau alasanmu hanya karena uang yang kamu simpan di bank ga berkemban. Skarang biar otakmu terbukaMAU KAYA??, KERJA KAU. KAU PIKIR UANG JATUH DEKAT BOKONGMU. …

  10. Diana Herawati Junus says:

    Terima kasih atas informasi ini. Saya mendapat informasi MMM dari seorang teman, tetapi saya kok merasa aneh. Kalau hanya soal bantu-membantu, kok agresif banget. Udah gitu ada promo2 hadiah untuk member2 baru… Kembali ke masing2 sih…kalau saya kayaknya mending setia dgn warung saya aja…

  11. Andre bos Arisan says:

    Bank tidaklah sempurna, tetapi saya jelas tidak mau mempercayakan uang saya di arisan berantai kayak MMM. Orang bodoh aja kali yg mau ikut ginian…

  12. gak ada paksaan di buat gabung di komunitas MMM Indonesia
    Klo Ragu, beranggapan seperti arisan berantai, beranggapan seperti MLM, atau pun beranggapan seperti yg menurut anda negatif, mending gak usah ikut
    tapi jika ingin mengikuti atau pun ingin mengetahui nya lebih dalam, silahkan gabung aja di grup FB utk Indonesia, silahkan tanya-tanya disana, apakah ada pihak yang dirugikan
    semua berpulang pada pribadi masing2.

  13. mavrodian jak sel says:

    Sebagaii. Salah sattu participant. MMM seetiap ulasan sebaiknya tidak mendiskreditkan oobjek yg dibahas. Kasih gaambaran positiff dan negatif saja. Selanjutnya biar pembaca yg memutuskaan. Jadi tidak menjadii poolemik perdebatan. Di mata publik. Toh perjudian masih di legalkann di duniia maya. Masih byk peserta nya juga, masih banyak beking dan bandarnyya. Jadi santunn dan objektiflah dalaam mengulas suatu hal, apapun itu benttuk usahaa, bisnis online ataupun kreasi komunitas. Sebagai ppeennulis pasti aanda telah bberinvestasi banyak utk peenndidikan anda. Yg pastinya mengajarkaan santun dalam segala hal. Saya harap tulisan” aanda berrikutnya lebih objektif atau netral saja dengan menampilkan plus minusnya suatu artikel.

    • wkwkwkwkw …………

      ” Toh perjudian masih di legalkann di duniia maya. Masih byk peserta nya juga, masih banyak beking dan bandarnyya. Jadi santunn dan objektiflah…………………

      MMM = Perjudian

      First in First gain
      Last in death ……………

      Masih mau …………………

  14. Alex Zulkarnain says:

    Hari gini msih suka ditipu gituan..gak banget deh…realistis aja bro..hidup ini keras gak sesimple yang di gambarkan diatas… masih banyak peluang bisnis yg jauh lebih pprofitable ketimbang harus ikutan bisnis mmm yg gak jelas gini, final answer kembali kepada kita yg mau menjalani… sampai kapan masyakarat indonesia akan selalu terbawa arus informasi seperti ini..filtrasi dan pemahaman bisnis online sedini mungkin sdh di ketahui masyarakat luas, agar tidak terjadi pembodohan public seperti ini….

  15. tidak perlu dibahas masalah seperti ini..

  16. Apapaun bisnis dan usaha anda , jangan lupa jaga kesehatan ya , segarkan badan .. kuatkan stamina .. rajin minum susu .. Klo butuh susu berkualitas , hub. ane

  17. analisa yang bagus dan bermanfaat gan. . .
    sekedar menambahkan buat yang membaca artikel ini. silahkan lihat situsnya langsung >> mmmindonesia.com

    pertama lihat dulu contact personnya sebelum membaca how to start atau profil (biar gak buang2 waktu membaca lama). yang perlu diwaspadai di CP adalah :
    1. alamat email yang tidak profesional : mmmindonesia.com@gmail.com yang sebaiknya mungkin info@mmmindonesia.com (pakai email gratisan gmail = gak modal banget tuh. . . kasian)
    2. phone number pakai HP bukan telp rumahan atau kantor atau pakai fax. (keliatan kl gak punya kantor)
    3. klik button offices, nanti akan dilempar ke url berikut http://mmmindonesia.com/offices.html (tuh liat, kasian kantornya jadi pondasi doank “——-“)
    4. klik FAQ. biasanya FAQ ini berfungsi untuk pembaca tau apa yg sering pembaca tanyakan tentang produk maupun usaha itu sendiri. dan jawabannya “Error: 404 Unfortunately there is no such page. Probably deleted or wasn’t there in the first place.” (kasian ampe eror. mungkin pusing terima kritikan banyak orang. wkwkwkwk)

    ini hanya sekedar share untuk tau itu perusahaan abal2 atau tidak. Dan jika cara ini diterapkan di website lain dan poin 1-4 tidak cacat, silahkan cek :
    1. telp alamat kantor sekedar tanya informasi bisnis dll, atau
    2. kirim ke alamat email. kalau dibalas, berarti sukses.
    3. jika jasa atau produk yang ditawarkan berasal dari luar negeri, coba tanyain dulu ke mbah google dengan keyword pertanyaan anda masalah tipu2, scam, dll tentang usaha tersebut. . .(agar tau itu terdaftar situs scam atau tidak, syukur alhamdulillah kalau ada yang review seperti howmoneyindonesia.com)
    4. jika step 3 diatas sukses bukan scam atau tipu2 lainnya, monggo dicicipi.

    “Orang sukses, karena tidak menyerah dan terus mencoba sehingga menemukan kesuksesannya. Sedangkan orang gagal, berhenti terlalu cepat dan tidak ingin mencoba lagi”

    jadi yang terlanjur kena tipu dan kawan2nya, jgn menyerah karena itu proses menuju anda berhasil dan sukses. terus kejar impian anda dan cari usaha atau bisnis lain yang lebih baik. ~salam sukses buat kita semua

  18. MMM = Money Game = Arisan Berantai , wkwkwkwkw lagu lama

    Berapa lama bisa bertahan ?

    MMM adalah bentuk dari manusia-manusia yang pikirannya sempit , mereka yang tergolong manusia itu tidak berpikir panjang kedepan yang penting dapet duit.

    Merekrut member dari kawan , saudara , unknown pertemanan lewat jejaring sosial lebih efektif karena sama-sama gak kenal alias masa bodo yang penting u joint (*) mengadakan rapat sono-sini …………………….. aje gileeee

    JIka suatu hari sudah death lock alias no member wkwkwkwkw yang paling akhir masuk gigit jari alias mampus , terus bilang deh sama upline “gimana donk, gimana donk” .
    .
    …………… Boro-boro wae Gue (Upline) juga pusing krang-kring sono-sini , sms sono-sini , inbox lewat jejaring sono-sini minta pertanggung jawaban.

    Gue (Upline) berdalih wong ikut ginian tanpa paksaan ,…… weksss tanpa paksaaaaan wong setiap hari update keuntungan lewat jejaring sosial ……….. hayo invest , hayo joint gak beli produk cuma perlu rekrut member , untung nya dari mana ………….. ya untung dari member baru (itu mah rahasia upline donk)

    Member baru kalau mau seperti GUE harus rekrut donkkkkkk , sebanyak-banyak-banyak nya

    “Upline-Upline , aye member baru punya duit gak banyak , tapi aye minta perjanjian tertulis hitam diatas putih dalam waktu tertentu dapet untung seperti yang dijanjikan” ………….

    Boro-boro wae GUE mana mau ……………. GUE juga adu nasib

    Wah udah mentok nih , mentok alias mati = k..o..i..t

    Malu sungguh malu jika suatu saat SKEMA PONZI / SKEMA GALI LOBANG TUTUP LOBANG BERAKHIR , ketemu teman , keluarga , lebih baik menghindar dirumah bertelur

    Sekarang sudah 2013 umur U berapa ??? Jangan gunakan umur U terjun untuk sesuatu yang kedepannya merugikan U sendiri

    ************************************** S E L E S A I***************************************

  19. Simple aja duitnya juga datang dari mana, masa dari bantuan orang lain dan itu dibilang provit. Simpen uang dibank aja masih was-was tentang ribanya nah ini tanpa usaha dan tanpa diputar juga uang yg dikumpulkan untuk investasi or usaha bisnis..tiba-tiba dapat profit…halal or haramnya aja udah jelas ketahuan.
    Kalo mau kaya dunia akhirat dan mendapatkan berlipat-lipat keuntungan sudah ada jaman dahulu yaitu SEDEKAH..

  20. Coba ketik di Google tulis ” MMM Fraud ” dan baca !!!!!

    Mengerikan begitu banyak orang menderita karena MMM sampai ada yang BUNUH DIRI !!!!!

    Sekarang dimana Mr SERGEI MAVRODI ??? Kok kabur ……………… cuma nonggol di youtube

    Kalau DIA bisa membuktikan MMM mensejahterahkan UMAT kenapa RUSSIA, LITHUANIA, UKRAINE, ARMENIA, MOLDOVA, BELARUS DAN TERAKHIR INDIA , dinyatakan ILLEGAL INVESTMENT DAN MASUK DALAM DAFTAR DPO = DAFTAR PENCARIAN ORANG ( PESAKIT ) , http://en.rian.ru/crime/20120607/173894159.html

    Ada 1 web yang sungguh lucu memutar balikkan FAKTA , web tersebut ditulis oleh Se-Seorang yang justru berkecimpung didunia FINANCIAL , kira-kira begini kutipannya :

    “Saya koreksi dulu, di MMM saat ini perkembangan mavro hanya 30% dan ingat itu bukan lah profit melainkan reward atas partisipaso kita bergabung di Komunitas MMM , dan tidak ada sistem sampai 3 bulan, di MMM hanya 1 bulan saja, maka member harus segera melakukan Get Help atau Mendapatkan bantuan sebesar dana awal dia Provide Help ( memberikan bantuan ) + 30 % reward” , dan bla…bla…bla…

    Coba baca yang jelas …………….. Siapa yang tidak kenal Bloomberg.com (World Global Finance),
    Jika Bloomberg sudah melakukan update di situs nya berarti sudah melakukan ANALYSIS , dan hasilnya MMM jelas-jelas PENIPUAN. http://www.bloomberg.com/news/2012-06-06/is-global-finance-a-ponzi-scheme-ask-a-russian-expert.html

    Terima kasih Howmoneyindonesia.com yang selalu memberikan informasi yang terpercaya.

  21. Nuansa Bening says:

    SERUAN:
    1. Bagi anda yang pernah tertipu ECMC, VGMC, INVESTASI AMANAH 1, dan sederet penipuan lainnya, Segeralah bergabung di MMM lebih awal dan nikmati uang hasil menjarah bangsa sendiri. Tunggulah 2 tahun lagi, maka anda akan pendapatkan predikat baru; PE-NI-PU !!!

    2. Bagi anda yang pernah sukses sebagai PENIPU dengan menjadi leader2 ECMC, VGMC, INVESTASI AMANAH 1, dan sederet penipuan lainnya, Lanjutkan aksi TIPU-TIPU anda karena SETAN telah menjadi darah-daging anda. Tunggulah menjelang kematian anda nanti, KUTUKAN pasti datang.

    3. Bagi anda yang belum pernah TERTIPU ECMC, VGMC, INVESTASI AMANAH-1, dan sederet penipuan lainnya, jangan biarkan anda diperdaya oleh PROMOTOR-PROMOTOR MMM, PENGIKUT-PENGIKUT MAVRODI.

    Sungguh tak akan sebanding uang yang anda dapat dengan rasa malu dan keretakan sosial ketika MMM sudah bubar nanti. Memang pasti ada yang diuntungkan (menjadi kaya) TAPI yang PASTI KORBANNYA akan JAUH LEBIH BANYAK.

    4. Bagi penulis artikel di atas, dan komentar-komentar pencerahan yang menelanjangi aksi TIPU-TIPU MMM di Indonesia: TERUS LAWANLAH SETIAP AKSI PENIPUAN DI INTERNET, Pada saatnya nanti, kebenaran akan terungkap.

  22. Nuansa Bening says:

    Tambahan:
    Agar lebih banyak yang diselamatkan dari aksi penipuan mmm, saya rekomendasikan penggunaan singkatan sbb:
    MMM = MANUSIA MENIPU MANUSIA

  23. Long LIve MMM…anggotanya sudah 5000 lebih. dan terus bertambah. Yang kurang sreg ngak usah ikut. Jadi penonton aja.

  24. MMM :

    There are no investments! No business activity! There is no company!
    There are no shares transactions. There are not any relationship with the professional participants of the shares market, no shares or any product you do not get!
    Any source of income is ALSO NOT HERE! No, no and no!
    It can not be here.

    We do not give you any guarantees to you and no promises neither explicitly nor implicitly.

    If you are not ready to open your mind and heart, and start helping each other, then please leave this website.
    LIVE LIKE BEFORE – ONLY FOR A SALARY!

    DO NOT PARTICIPATE! DO NOT PARTICIPATE! DO NOT PARTICIPATE!

    NO! NO! NO!

    RUN AWAY AS SOON AS POSSIBLE FROM THE WEBSITE AND DO NOT RETURN!!!

  25. Terimakasih telah memberikan pencerahan, dan sangat berguna bagi saya.

  26. DICARI: BISNIS YANG:
    1. Modal kecil/gratis
    2. Tidak perlu promosi (tidak perlu kerja)
    3. Hasil/bonusnya besar dan pasti…………………….???????????????

    HUKUM ALAM BISNIS:
    Diantara 3 pilihan di atas, HANYA BISA DIPENUHI 2 PILIHAN SEKALIGUS (tidak bisa ketiganya sekaligus).

    ALTERNATIF PERTAMA:
    1. Modal kecil/gratis
    2. Tidak perlu promosi (tidak perlu kerja)
    HASILNYA: Bonus/hasil bisnis ini (kalaupun ada) pasti KECIL. Volume bisnis yg terjadi (kalaupun ada) pasti kecil sekali, yg akhirnya hasil usaha/bonus pun pasti kecil juga.Bisnis bisa dimulai dgn modal kecil. Tetapi sekecil apapun itu, bisnis tersebut HARUS MENCAPAI VOLUME BISNIS yg memadai agar hasil usaha/bonus juga memadai. Bila volume bisnis tidak memadai, dari mana bisnis tersebut bisa membayar bonus yg besar?

    ALTERNATIF KEDUA:
    1. Modal kecil/gratis
    3. Hasil/bonus besar
    CARANYA: Anda diharuskan utk bekerja dgn luar biasa. Karena modal yg anda keluarkan kecil (atau malah tidak ada), maka satu2nya YANG BISA ANDA TUKAR utk mendapatkan hasil/bonus adalah WAKTU dan TENAGA anda. Semakin besar waktu dan tenaga yg anda mau tukarkan, maka hasilnya akan makin besar pula.

    ALTERNATIF KETIGA:
    2. Tidak perlu promosi (tidak perlu kerja)
    3. Hasil/bonus besar
    CARANYA: Anda diwajibkan memiliki MODAL BESAR. Semakin besar modal yg anda tanamkan/investasikan, tentu semakin besar potensi hasil usaha/bisnis anda tersebut.

    Bisnis tidak perlu kerja? Jadi siapa yg kerja? Siapa yg “menjalankan” bisnis anda?
    JAWABANNYA: Ada org lain yg menjalankan bisnis anda! 
    KONSEKUENSINYA: Anda harus membayar “org lain” tersebut. Tidak ada org yg akan bekerja gratis untuk anda! (sama halnya anda tidak akan mau bekerja gratis utk org lain).

    Masihkah ada yg mengimpikan bisnis yg bisa menggabungkan ketiga pilihan di atas sekaligus??? :D :D :D
    Jangan pernah melanggar “hukum alam” berbisnis. Tidak ada hasil usaha yg memuaskan bila anda tidak bisa menciptakan volume usaha yg memadai pula.
    Tidak ada uang yg tercipta begitu saja tanpa alasan yg jelas.

  27. Long live MMM tetap jaya di indonesia gunakan otak kiri anda tipuan,arisan berantai tidak ada itu gabung di MMM ga ada yg rugi…….habis Salam Long Live MMM.

  28. kalau saya mau berkomentar apa adanya aja saya lama di jadi member mmm dan selama saya jadi member mmm tidak pernah merasa dirugikan justru kehidupan financial saya jauh lebih dan alhamdulillah ribuan bahkan jutaan member juga mengalami hal yang sama seperti apa yang saya alami.
    KALAU PEMILIK MMM DIBILANG PENIPU ITU PASTI FITNAH BESAR (tidak ada bukti dan pernah saya temukan ungkap dari member MMM yang merasa ditipu oleh pemilik MMM keluhan member itu tolak ukur lo)
    dan sepengetahuan saya sangat tidak mungkin PEMILIK MMM menipu member MMM karena Pemilik MMM tidak pernah menerima uang dari member MMM sepeserpun karena uang di simpan di rekening member masing (JADI MMM BUKAN AJANG MENGERUK UANG MEMBER SEPERTI BO HYIP YANG BEREDAR SAAT INI)
    saya yakin orang2 yang berkomentar pedas tetang mmm ini bukan member mmm bagaimana dia berkomentar seperti itu sedangkan dirinya tidak pernah dirugikan oleh mmm
    SEMUA KOMENTAR NEGATIF TETANG MMM ITU PASTI FITNAH
    karena MMM tidak merugikan mereka
    YA KECUALI MEREKA SEMUA SAINGAN BISNIS YANG TAKUT TERSAINGI, PASTASLAH, HAHAHA
    bagi sahabat internet janganlah anda termakan orang 2 penfitnah, iri dan dengki seperti mereka
    COBA SAHABAT pikir mmm tidak pernah merugikan mereka lalu mereka menjelek-jelekkan mmm
    APA GAK FITNAH ITU NAMANYA (gunakan akal yang sehat dong)
    bagi yang belum bergabung di mmm ayo merapat
    sekarang tidak perlu banyak wacana yang terpenting bukti nya

    http://hmsyukurrajawali.blogspot.com/

  29. Apa gak rugi ya 30% nya itu darimana,sampe skrg gak nemukan jawabanya,katanya MMM Manusia Membantu Manusia,dengan modal 1 juta dikembalikan Rp 1.300.000,aaaaaaaaaah wes ora mudeng,katanya yg punya gak nerima apapun,semua dari member ke member,lantas yg ngasih 30% nya itu siapa? uang drmn?

    Gak Masalah sich,buat yang sudah terlibat,pendapat kan boleh di terima,sebagai bentuk masukan dan mungkin rasa kebimbangan,tapi saya tetap pada pendirian saya,No MMM.

    Masih banyak bisnis yang gak selalu jadi pertanyaan di OTAK saya setiap hari 30% darimana?

    Salam Sukses Luaaaaaaar Biasa buat rekan2 yang sudah sukses disini.

    • itu bukan investasi yang uangnya disetor ke pengelola mba.. MMM itu murni jual beli saya membeli dan kemudaian saya menjual.. jadi sangat jauh keterangannya dengan yang diartikal.. mau tau apa yang dijual ?

  30. Sebelum masuk MMM saya sudah mempelajarinya dg teliti dan seksama,dan cukup lama…ga ada yg aneh dg komonitas MMM ini,semua saling menguntungkan dan belum ada seorang partisipanpun yg merasa dirugikan.dan tidak aka ada yg dirugikan.HIDUP MMM….

    • belum mas.. masih baru.. coba beberapa bulan lagi disaat get help lebih banyak dari pada provide help.. disaat itulah MMM akan bangkrut..

  31. Dengan adanya Program2 seperti Ini, ketahuan mana yang tidak peduli pada sesama dan mana yang tidak, MMM bilang bantu manusia, padahal merekalah yang menjerumuskan orang2 dibawahnya…..jika ada 10 orang dibantu, maka 13 orang menjadi korban, jika ada 1000 orang yang dibantu, 1300 orang yang menjadi korban dibawahnya…..

    ujung2nya nanti tentunya jumlah mereka yang menjadi korban tentu akan jauh lebih banyak dari yang menikmati hasil.

    jika ada yang bilang admin tidak mendapat apa2 maka itu bohong, memang member mendapat uangnya langsung dari member lain karena sebelumnya sudah memberi bantuan, tapi admin sang empunya system sangat2 mudah mengeruk dengan cara meminta bantuan atau Get Help tanpa sebelumnya harus memberikan bantuan atau provide help, ibarat mempunyai pohon uang sendiri, semakin lebat buah uangnya maka semakin senang memanennya…..hanya bermodalkan website dan system……..

    Indonesia Negri yang potensial menanam Pohon uang tersebut, karena petani2nya atau sponsornya sangat2 rajin dan serakah….tidak peduli kerugian saudara2nya sendiri sesama rakyat indonesia……semakin bnyk yang bergabung maka dipastikan kedepan semakin banyak korban yang akan menangis darah karena kerugian harta bendanya………

    sadarlah wahai para sponsor, kita sedang dijajah MMM, dan anda adalah sekutu mereka…..kerugian2 member yang akan ditimbulkan oleh MMM dikemudian hari, ada ikut andil anda didalamnya……Dosa2 anda adalah sebanyak penderitaan mereka yang terdzolimi kelak akibat ulah anda membantu MMM……….

    • MMM ADALAH PIRAMIDA KEUANGAN & TIDAK ADA JAMINAN. SATU-SATUNYA JAMINAN HANYALAH KEPERCAYAAN MASYARAKAT.
      ANDA BISA KEHILANGAN SELURUH UANG YANG ANDA DEPOSITKAN DI MMM TANPA ALASAN YANG JELAS…!!!

      UANG YANG ANDA DEPOSITKAN KE MMM BUKANLAH UANG YANG ANDA KIRIM KE PENGELOLA, ANDA TIDAK AKAN PERNAH DIMINTA UNTUK MENGIRIM UANG KE PENGELOLA…!!!

      UANG YANG ANDA DEPOSITKAN AKAN LANSUNG ANDA TRANSFER KE PARTISIPAN LAIN SAAT ADA YANG MEMBUTUHKAN BANTUAN…!!!
      Kenapa setiap member MMM mendonasikan dana mereka karena sudah tahu akan resikonya dan mereka yakin dan percaya meskipun member memberikan bantuan itu sifatnya ikhlas dan mungkin di lain waktu ataupun bisa dibilang web sergey mavro ini tidak bisa di akses sudah siap terima resikonya karena sebelum memberi bantuan ikhlas memberi bantuan.Dan itu prinsip MMM sama halnya kita sedekah sekarang memberi bantuan di kemudian hari kita dapat bantuan. dan sistem MMM sungguh mulia karena tidak ada member selama ini yg di rugikan adapun yg rugi karena dia tidak ikuti aturan MMM. Salam Long Live MMM.

  32. INGAT … !!!

    MMM ADALAH PIRAMIDA KEUANGAN & TIDAK ADA JAMINAN. SATU-SATUNYA JAMINAN HANYALAH KEPERCAYAAN MASYARAKAT.
    ANDA BISA KEHILANGAN SELURUH UANG YANG ANDA DEPOSITKAN DI MMM TANPA ALASAN YANG JELAS…!!!

    UANG YANG ANDA DEPOSITKAN KE MMM BUKANLAH UANG YANG ANDA KIRIM KE PENGELOLA, ANDA TIDAK AKAN PERNAH DIMINTA UNTUK MENGIRIM UANG KE PENGELOLA…!!!

    UANG YANG ANDA DEPOSITKAN AKAN LANSUNG ANDA TRANSFER KE PARTISIPAN LAIN SAAT ADA YANG MEMBUTUHKAN BANTUAN…!!!
    Kenapa setiap member MMM mendonasikan dana mereka karena sudah tahu akan resikonya dan mereka yakin dan percaya meskipun member memberikan bantuan itu sifatnya ikhlas dan mungkin di lain waktu ataupun bisa dibilang web sergey mavro ini tidak bisa di akses sudah siap terima resikonya karena sebelum memberi bantuan ikhlas memberi bantuan.Dan itu prinsip MMM sama halnya kita sedekah sekarang memberi bantuan di kemudian hari kita dapat bantuan. dan sistem Salam Long Live MMM.

  33. hai yang buat artikal sesat … saya tantang untuk berdiskusi dengan saya mengenai MMM.. anda membuat artikal ini apakah anda sudah menjadi Member? sudahkah anda dirugikan? kalo saya pelajari ini adalah murni jual beli.. soori saya tidak fanatik cuman hanya ingin melurus kan karena keterangan anda tentang MMM salah 1000%

    • Terima kasih. Sekali lagi kami tegaskan poin utama artikel ini adalah:
      1. MMM bukanlah bisnis / investasi
      2. Sesuai informasi MMM, member memberi uang (Membantu / GIVE HELP) dan memperoleh uang (Dibantu /GET HELP) oleh member MMM lainnya yang menyetorkan uangnya (alias GIVE HELP, dst).
      3. MMM Menegaskan bahwa tidak ada jaminan atau kepastian karena mekanisme menyetor dan menarik dana semua tergantung pada kepercayaan antara sesama member.
      4. MMM tidak mengumpulkan atau mennginvestasikan dana tersebut dalam usaha bisnis karena uangnya beredear di kalangan member MMM itu sendiri.

      • Warto banjar says:

        Lihatlah durian dari jauh…maka kamu akan membencinya ….. Lihatlah durian dari dekat, maka kau akan mencium baunya, bukalah durian dan nikmati isinya…maka kau akan ketagihan….. begitulah jika anda ingin paham dengan MMM, join saja dengan nominal terkecil jika takut tertipu. Dan buktikan apa yang akan terjadi dengan uang anda, apakah hilang sia-sia? Ataukah bertambah? Jangan biasakan berdebat dengan membabi buta, karena akan mengeraskan hati, dan memecah belah persaudaraan. Terimakasih

    • eko bp(085708134440) says:

      Allah Tabaraka wata’ala berfirman (di dalam hadits Qudsi): “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.” (HR. Muslim)
      Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah Saw, “Sodaqoh yang bagaimana yang paling besar pahalanya?” Nabi Saw menjawab, “Saat kamu bersodaqoh hendaklah kamu sehat dan dalam kondisi pelit (mengekang) dan saat kamu takut melarat tetapi mengharap kaya. Jangan ditunda sehingga rohmu di tenggorokan baru kamu berkata untuk Fulan sekian dan untuk Fulan sekian.” (HR. Bukhari)
      Tiap muslim wajib bersodaqoh. Para sahabat bertanya, “Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?” Nabi Saw menjawab, “Bekerja dengan ketrampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersodaqoh.” Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?” Nabi menjawab: “Menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi menjawab: “Menyuruh berbuat ma’ruf.” Mereka bertanya: “Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?” Nabi Saw menjawab, “Mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sodaqoh.” (HR. Bukhari dan Muslim)
      (MMM…!!! kalo saya bantu tapi g pakek uang gmn…??? misal saya bantu orang brapa jam, apa saya dapat 30%???, koq jadi gak ikhlas bantu se…???)
      bukan takut ditipu…. tapi bagi saya janji ALLAH lebih pasti,
      Nabi s.a.w. bersabda kepada Zubair bin al-Awwam: “Hai Zubair, ketahuilah bahawa kunci rezeki hamba itu ditentang Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain, nescaya Allah membanyakkan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, nescaya Allah menyedikitkan baginya.” H.R. ad-Daruquthni dari Anas r.a.
      Allah Ta’ala berfirman: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui” . (Al Baqarah (2) : 261)
      kalau niat bisnis ya bisnis, kalo niat membantu g usah di 30% kan. bantu di panti asuhan jg bisa…. kerja keras, yang pasti saja sudah cukup.

  34. Iya bagus . . Kita sesama saudara saling ngingatkan.
    Tapi yang udah jd korban, jadikan pengalaman pling berharga . .Saya yakin
    Anda gk bakal terjerumus ke bisnis bodong macam begini . .
    Jadi patut dihindari org yg bermulut manis .dgn bilang “maaf saya gk maksa lho.tapi harus anda sendiri yg tentukan . Ikut invest apa gak .Kalo saya sih bulan dpn balik modal”
    Nah itu salah satu trik dapat member. .

  35. kalau saya pribadi memandang, tidak ada salahnya dengan scheme ini. toh yang ikut secara sadar mengerti untung dan resikonya. jadi biarlah mereka yang menentukan mau ikut apa tidak, semua yang berhubungan dengan uang pasti ada resikonya, kalaupun nanti scam ya itu sudah resiko, kalaupun masih terus ya bagus

  36. masalahnyaaaaa.. klo udah pada rugiiii.. pemerintah yang disalahin.. orang lain disalahin.. mental orang indonesia soalnya mau untung gede tapi gamau terima risiko gede.. gimana ya cara ngasi tau orang2 ini semua.. udh dikasi tau baik2 malah nantangin.. modal MMM cuma kepercayaannn.. situ mana tau orang lain komit ga utk tetep setor duit.. yg udh nikmatin duit MMM harus mikir itu duit dr siapa? kira2 dya terima duit juga ga ya dr member lain? jangan cuma terima aja trus bodo amat..

  37. Hebat yang punya Web ini bisa menarik perhatian google….saya salah satu peserta di MMM, tapi saya akan netral di sini. menurut saya ide di MMM cukup brilian….bukannya saya peserta di MMM lho lantas saya bilang begitu, tapi mereka yang negatif di MMM ada benarnya, jadi untuk peserta MMM tetaplah waspada dan jangan serakah hehehe….saya akan berikan langkah-langkah sperti berbisnis offline pada umumnya bagaimana cara bermain di MMM yang aman, tapi tidak di sini ya? anda bisa inbox saya

    untuk yang komentar di atas maaf ya sebelumnya, ubah pola pikir kalian kalau mau maju…dengan semakin majunya teknologi tentunya banyak cara untuk meningkatkan finansial, contohnya kita bisa berjualan offlone sekaligus online. yang saya pelajari untuk dunia online masih sangat rentan dengan hukum-hukum…soooo bagi anda yang masih punya jiwa galau untuk lebih aman tetaplah jadi karyawan yang baik…dan yang menyukai tantangan kuatkan hati dan jiwa karena anda harus siap untung dan rugi.

    saya cukup lumayan banyak dan sering tertipu di bisnis on line dan offline, tapi itu tidak menyurutkan saya….saya juga pernah ikut di MLM, bukan MLM nya yang salah jika kita gagal, tapi orangnya karena malas itu membuat dia gagal….termasuk saya…dan dari situlah saya belajar banyak….saya ikut jadi peserta MMM sudah pastinya tahu resikonya….Resikonya ya RUGI….maka dari itu selama MMM masih tetap jaya di hampir 1 tahun lebih ini, saya mendapatkan cara aman bagaimana membantu Mensejahterkan Sesama.

    kenapa saya bisa berbicara spserti itu, karena saya pelaku. betul nggak fren? saya yakin komentar negatif MMM bukan pelaku MMM, saran saya jadilah pelaku kemudian komentar. Ibarat mau makan bakso Pak Le Wardoyo sudah bilang gak enak, saran saya beli dan rasakan bakso itu kemudian komentarlah. Oke ini berlaku bukan untuk di MMM ya, tapi untuk semuanya.

    Terima kasih,
    Budi

  38. MMM adalah 1000% Ponzi scheme. Semua resiko sdh disampaikan di depan, Dan MMM adalah bentuk sebuah usaha dari ide gila seorang mavrodi. Itu sah sah saja menurut saya, Semua sharing PRO dan KONTRA di atas sangat berguna buat masyarakat untuk pembelajaran dan sekali lagi peringatan, tentang sebuah resiko, jadi diharapkan bisa meminimalkan aksi bunuh diri bila usaha ini nantinya gagal / tutup. Saya bukan MMM mania, tapi agar tahu isinya saya harus masuk dulu dan mempelajarinya. Tidak ada unsur penipuan dan semua dilakukan atas dasar suka sama suka dalam kesadaran penuh bhw ini usaha ponzi. Jadi, tidak perlu diributin deh, toh uangnya juga muter di Indonesia saja koq (bagi MMM Indonesia), Mavrodi hanya ambil komisi atas software dan jasa kontrolnya saja. Kalau ragu dan takut resiko dalam usaha ini saran saya jangan ikut dan menghindarinya. Tapi kalau masih penasaran, tidak ada salahnya mencoba dan belajar walau dengan nominal yg paling kecil. Selamat mempertimbangkan ya… @Pak Budi Fabian, saya mau susunya pak biar sehat ….(hehe)

  39. ada yg bilang mmm murni jual beli tapi apa yg dijual belikan ??????????
    ada yg bilang bantu membantu, kok ada lebih nya !!!!!!!!!!!!
    ada yg bilang bohong membohongi………….
    semua ada benernya apa salah semuanya

  40. Saya mempelajari Transfer atau Provide Help pertama atau sebagian dari itu adalah untuk pihak pemilik Sergey-Mavrodi karena nama pemilik rekening Saya lihat berbau Eropa Timur atau Rusia walaupun itu rekening BCA atau Mandiri, jadi kata siapa pemilik Web atau Pengelola tidak dapat untung dari Sistem ini.
    dan begitulah sistem MMM disetting oleh si pemilik,
    sayangnya member tidak begitu menyadari hal ini,
    namanya bisnis Ponzy atau Piramida, siap-siap saja untuk hilang,
    dan terima semua resiko,
    jangan pernah mimpi dapat hasil tanpa usaha dan kerja

  41. Ah kalo sayamah dagang roti bakar aja…
    kalo masalah MMM itu tergatung keyakinan masing-masing

  42. Saya baca isi website ini..
    emang bener kok apa yang diungkapkan disini…
    MMM bukan bisnis atau investasi, bener asli skema arisan berantai….

    Saya ikut, kebetulan dapat untung tanpa cari2 downline…
    saran saya, bila tidak ada uang lebih dan tidak berani ambil resiko yang mending jangan ikut..
    Skema MMM sendiri jg ga tau mau bertahan sampe kapan..
    Tapi kalau misalnya ada yang berani ambil resiko dengan uang lebih yang anda miliki silahkan saja join jika berminat.. TAPI TIDAK ADA YANG BISA KASIH JAMINAN…

  43. dalih saling tolong menolong kok ngarep imbalan….. masi banyak bisnis yang lebih real and baik,klo mau nolong sesama pun masi banyak cara lain yang lebih mulia

  44. saya salah satu yang penasaran dengan MMM, saya orangnya openmind, tidak anti mlm, hyip ataupun ponzi atau apalah itu, selama itu tidak merugikan saya dan orang lain, jadi saya pengen tau apa MMM ini bener2 menipu, saya coba ikut, awal2 PH 2juta, 4 juta, dan 6 juta, dan sampai sekarang yg 2 dan 4 sudah cair.

    kesimpulannya apa setelah saya bergabung ?
    ternyata benar MMM adalah pyramid, bedanya uang tidak langsung masuk ke admin atau si sergey mavrodi ini, tp langsung antar partisipan, jadi darimana si sergey dan top2 pyramid lainnya dapat uang ? ternyata setelah saya ikut, mereka dapatnya dari bonus berdasarkan tingkat manajernya, ada manajer 10, 100, dan 1000. bahkan 10.0000 saya ga tau sapa aja mereka.
    kalau saya intinya, selama saya tidak dirugikan ya fine2 saja, selama saya dapat 30% sebulan.
    emang bener MMM ini tidak jualan, dan tidak harus rekrut member, tetapi ternyata ? kenapa banyak yg getol promosi ngajak2 ikut MMM, ternyata mereka dapat bonus apabila ada yang berhasil ikut, krn di system pyramid memang begitu adanya, semakin banyak yg PH/ gabung, semakin jalan sistemnya itu, krn akan ada uang masuk dan uang keluar.

    saya pernah melihat, konferensi yang dihadiri oleh orang rusia sendiri, ternyata mereka tinggal disini, dan kemudian saya pernah lihat ada perintah transfer ke orang yang namanya berbau rusia. kesimpulan saya apa ????
    ini kelemahan yang saya bilang, sebagai si pembuat sistem, si sergey bisa kapan saja melakukan Get Help, tanpa harus melakukan prosedur PH dulu seperti peserta yg lain.
    terserah dia, toh dia yang bikin sistemnya, bisa jg dia kasih ke beberapa orang kepercayaannya untuk dapat fitur seperti itu tetapi kembali lagi ke orangnya, selama mereka si peserta2 ini tidak dirugikan, selama itu pula MMM jalan, semua peserta dapat 30% sebulan tanpa terkecuali.

    jadi kesimpulannya :
    sebelum komentar yang ga bermutu, yang malah kesannya asal bacot, pdhl belum coba.
    sebaiknya coba gabung seperti apa itu MMM ? karena dengan gabung anda akan tahu kelebihan dan kelemahannya seperti apa ? saya tidak kasih kelebihan2 disini, krn pasti bkal bnyk yg counter, tp saya jelas kasih kelemahan diatas, karena saya sudah coba, dan memang ini pyramid dan benar kasih 30% sebulan dan BENAR TIDAK ADA GARANSI UANG ANDA DIJAMIN !!!
    Kalau anda suka maen HYIP, pasti ingat kata2 ini dont spend what you can’t afford to lose

    jadi terserah anda mau gabung atau tidak, itu hak anda.
    tp saya minta jangan asal ngebacot komen ternyata anda sendiri belum pernah coba.
    terus terang sebelum ada pembahasan di web ini, saya sudah penasaran dulu dan coba gabung, setelah lihat ini web, saya menahan komen sebelum percobaan saya selesai.

    sekarang saya sedang menunggu PH saya yg 6 juta, tanggal 9 januari sudah bisa GH 7,8jt

    setelah ini saya ga ikut lagi, saya hanya penasaran saja seperti apa itu MMM.

    untuk yang pro, be wise, jangan terlalu berlebihan membela MMM, tidak ada sistem yang sempurna…

    untuk yang kontra, tidak usah mencaci maki MMM, biasa saja, bersifatlah openmind, krn saya yakin anda belum prnah coba ikut MMM

    salam

    • eko bp(085708134440) says:

      bagus frend… tapi kalimat ini yang g enak didenger.
      “tp saya minta jangan asal ngebacot komen ternyata anda sendiri belum pernah coba.
      terus terang sebelum ada pembahasan di web ini, saya sudah penasaran dulu dan coba gabung, setelah lihat ini web, saya menahan komen sebelum percobaan saya selesai.”
      mreka juga pengen ngerti,
      tapi menurut saya… GAK USAH DI COBA. MAU DAPAT UANG??? KERJA!!!! MAU SHODAQOH???? ADA TEMPATNYA!!! MAU SALING MEMBANTU???? YANG IKHLAS.

  45. Sayangnya orang indonesia masih banyak yang mau di bodohi,padahal sekolahnya tinggi tinggi.sudah jelas skema piramida pasti mengorbankan peserta yang join di akhir periode, peserta awal yang menang. sampai kapan rakyat indonesia mau di bodohi…..

  46. Golongan Kanan says:

    Rame juga nih…
    Sy pribadi lebih suka mencari, mempelajari dan mendalami info tentang MMM secara mendalam, kemudian menyimpulkannya.. Knp? Krn MMM satu sistem unik dan baru, yang membuka fikiran saya tentang bagaimana sistem keuangan kita selama ini. Ya bayangkan dari Sistem ini saja, saya belajar banyak hal tentang sistem keuangan.

    Sy bkn Pro MMM, tetapi juga bukan Kontra MMM…
    Hanya saja pastikan, ketika Anda menyimpulkan sesuatu, pastikan anda sudah memahami benar Asal-usul kenapa Ide menciptakan MMM itu muncul, hingga mekanisme kerjanya…
    Knp? Krn udah lumrah di Indo ini saya lihat orang2 negatif terhadap sesuatu, gayanya udah tahu bgt, pdhl sok tahu dan gk prnh mendapatkan info lengkap tntg sesuatu tersebut.
    Wallahu ‘alam Bi As-shawab… :)

    • sudah saatnya kita perlu tau sistem2 keuangan yg sudah ad di negara kita..mari kita buka dgn lbar pikiran n hati kita…agar kita tidak diperbudak uang..!!!

  47. itu komennya sangat kontra sekali jng jng anda yg termasuk pemilik BO yg terancam dengan kehadiran sistem MMM ini . yg realistis saja kalo komen tdk sesuatu yg sempurna lah yg jelas jelas didunia nyata aja masih mudah ketipu dan rugi, jd kebijakan dan penilaian kembali ke diri kita sendiri. Kalaulah MMM ini bagi kita menguntukan dan yakin gabung aja.Kalau nggak ya jng kasih komen yg emosional. Gitu aja kok repot sih.

  48. Saya belum pernah ikut MLM, belum pernah ikut Arisan Berantai, belum pernah mainan HYIP, belum pernah mainan Future, dsb. Saya juga bukan partisipan MMM, saya bukan pemain saham di bursa, dan bukan pemain judi togel. Saya cuma karyawan.

    Tetapi khusus MMM, saya melihat ada yang unik dan bikin penasaran.
    Unik karena Mavrodi sudah pernah dipenjara karena penggelapan oleh MMM di tahun 90an.
    Unik sebab tahun 94 sempat membuat pyramid yang hanya bertahan beberapa bulan dan kemudian roboh.
    Unik sebab di tahun 2011 membangun pyramid baru di india, dan di bulan Mei tahun 2012 menyatakan “no more payout”.
    Dan lebih unik lagi adalah Mavrodi jurtru membangun MMM2012 yang saya belum tau lagi apa itu isinya. Yang pasti MMM ini adalah arisan berantai dengan make-up baru, nama baru, bungkus yang baru.

    Seperti beli kacang atom. Kalau bungkus kacang adalah plastik bening polos tanpa tulisan apa-apa, harganya murah. Namun dengan kemasan bagus, dengan tulisan “menyehatkan jantung anda” dengan gambar seorang dokter cantik atau kartun lucu, harganya bisa berlipat-lipat. Padahal isinya sama saja.

    Saya sudah 2 minggu ini berburu informasi mengenai ponzi scheme MMM, khususnya MMM2012 di Indonesia yang sangat berbeda dengan yang ada di India. Dan dalam hal ini akhirnya saya memilih untuk bersikap netral. Saya tinggal menghitung waktu yang tepat untuk coba-coba dan kemudian meninggalkan MMM pada saat yang tepat.

    Bagaimanapun, skema pyramid pasti akan roboh. Cepat atau lambat pasti akan terjadi.

  49. yg udah dapet untung curang ya.. udh dpt bantuan ga mau bantu lagi.. please deh..

  50. untuk MMM ada 2 yg kurang logis
    1.profit per bulan 30% itu didapat dr member lain bgitu juga sebalik berjalan terus menerus
    2.profit 10% dengan mengajak anggota baru bergabung itu juga dari member lain bgitu juga sebalik berjalan terus menerus
    jadi dapat disimpulkan jika anggap peserta 5 org saja dan uang 5 org itu dputar untuk bonus bulanan dan ke anggotaan apa bisa ???? jawabannya tidak mungkin bisa
    jika di hitung sperti target nya bonus 30% /bulannya maka yang 2 orang untung dan yg 3 org rugi

    jika dilihat ada 2 titik sudut pandang
    pertama dilihat dari segi bisnis pasti ada yg untung dan rugi jadi itu adalah resiko masing2
    ke dua dilihat dari segi kemanusiaan jika siap membantu harus ikhlas jika anda meminta bantuan balik blm ada yg membantu harus sabar jika tidak ada yg membantu berdo’a saja smoga ada yg membantu
    namun tetap saja merugikan jadi jika anda siap membantu maka jangan berharap anda mendapat balasannya karena sifatnya membantu adalah ikhlas

    mohon para pembaca ataupun player MMM dapat memahami kata2 ini karena inilah yg sebenarnya terjadi di MMM
    selanjutnya terserah dari masing2 bagaimana menyikapi dan melihatnya dari sudut pandang yang mana saja boleh

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 11.482 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: