Sukuk Tabungan 004: Tabungan Investasi Syariah Nan Menguntungkan

Pilihan investasi aman berbasis syariah semakin banyak. Salah satunya adalah Sukuk Negara Tabungan (ST) yang kini telah memasuki seri 004. Sukuk Tabungan adalah adalah produk investasi syariah yang ditawarkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia, sebagai tabungan investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. Dana masyarakat yang terkumpul selanjutnya dikelola untuk aneka manfaat pembangunan.

Sukuk Tabungan dikelola berdasarkan prinsip syariah, tidak mengandung unsur maysir (judi), gharar (ketidakjelasan), dan riba (usury), serta telah dinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI)

Penerbitan Sukuk Tabungan menggunakan struktur akad Wakalah. Dana hasil penerbitan akan digunakan untuk kegiatan investasi berupa pembelian hak manfaat Barang Milik Negara untuk disewakan kepada Pemerintah serta pengadaan proyek untuk disewakan kepada Pemerintah. Imbalan berasal dari keuntungan hasil kegiatan investasi tersebut.

ST004, sebagaimana Surat Berharga Negara (SBN) lainnya, merupakan peluang investasi aman dan menguntungkan dan ditawarkan terbuka secara online kepada masyarakat. ST004 dengan tingkat imbalan yang lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito, yaitu 7,95%. Baik pokok maupun imbalan investasi dijamin penuh oleh pemerintah.

Imbal Hasil Tinggi

ST-004 memiliki tingkat imbal hasil sebesar 7,95% per tahun sebagai kupon minimal dengan skema floating with floor dengan acuan tingkat suku bunga Bank Indonesia plus spread 195 basis poin (bps). Artinya imbalan ST004 bisa naik lebih tinggi dari 7,95%, tetapi bila turun pun paling rendah di posisi 7,95%. Tingkat imbalan disesuaikan tiap tiga bulan.

Ilustrasinya adalah sebagai berikut. Jika pada bulan Oktober 2019 BI 7-DRRR naik menjadi 6,25%, maka pada periode November 2019-Januari 2020 imbalan yang berlaku adalah 8,20% p.a.(6,25% + spread 195 bps).

Namun jika pada bulan Oktober 2019 BI 7-DRRR turun menjadi 5,75%, maka pada periode November 2019-Januari 2020 imbalan yang berlaku bukan 7,70% (5,75%+ spread 195 bps) melainkan 7,95% p.a. yang merupakan imbalan minimal. Jadi dijamin menguntungkan bukan?

Hasil imbalan investasi dibayarkan langsung ke rekening investor tanggal 10 setiap bulan, sampai dengan jatuh tempo pada 10 Mei 2021.

Dari sisi pemerintah, ST004 merupakan bagian dari sejumlah Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan selama ini kepada masyarakat Indonesia sendiri, sehingga pendanaan pembangunan lebih melibatkan investasi dari masyarakat, bukan dari luar negeri. Itulah sebabnya, jumlah utang pemerintah dalam bentuk mata uang asing semakin menurun untuk meminimalkan pengaruh gejolak nilai mata uang. Selain itu, keuntungan investasi kembali ke masyarakat Indonesia sendiri dalam bentuk kupon (bunga), bukan kepada pihak asing.

Jangka waktu investasi ST004 adalah 2 tahun sampai jatuh tempo nanti pada 20 Mei 2021. Namun jika diperlukan, investor dapat menarik dananya lebih awal (early redemption). Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap Mitra Distribusi dan jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor. Fasilitas early redemption dapat digunakan pada 23 April – 04 Mei 2019.

Pemesanan Mudah Secara Online

ST004 mulai ditawarkan dari tanggal 03 – 21 Mei 2019, lalu setelmen investasi pada tanggal 28 Mei 2019. Masyarakat umum sebagai investor sudah bisa memesan surat utang ini dengan minimal pembelian Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Pemesanan dilakukan secara online melalui sejumlah mitra distribusi yag telah ditetapkan yaitu:

Dengan membeli Surat Berharga Negara termasuk ST004, segala lapisan masyarakat memiliki kesempatan berinvestasi, sambil berpartisipasi nyata membiayai pembangunan, serta meningkatkan kemandirian bangsa. Silahkan hubungi mitra distribusi diatas secara online untuk berinvestasi aman nan menguntungkan di ST004 atau kunjungi website Kementerian Keuangan.

Selamat berinvestasi cerdas dan aman.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: