Keseruan Millenial Berdagang Saham

Minat mengenal dan belajar investasi saham saham di kalangan anak muda semakin meningkat, seiring penyebaran informasi dan semakin banyaknya kemudahan dalam berinvestasi saham. Bila dulu saham terkesan mahal dan sulit, sekarang dengan beberapa ratus ribu rupiah saja, seseorang sudah bisa membeli saham, dan bertransaksi hanya lewat handphone saja.

Aneka cara sosialisasi pun digelar berbagai pihak untuk mencerdaskan masyarakat terutama kalangan millenial dalam berinvestasi di pasar modal, termasuk berinvestasi saham. Kampus-kampus kini banyak yang memiliki pojok bursa atau galery investasi, bekerjasama dengan perusahaan sekuritas untuk menyediakan edukasi dan sarana investasi pasar modal.

Baca juga: Mengenal Investasi Saham

Seberapa hebat anak-anak muda sekarang mengenal investasi saham?

Tidak banyak yang mau update status mengumumkan keuntungan yang dibukukan melalui investasinya di saham. Namun kompetisi berdagang saham yang baru-baru ini digelar CNBC Indonesia bisa menggambarkan keterampilan berdagang saham anak-anak millenial ternyata cukup mumpuni.

Kompetisi trading saham “Oppo Stocks In Your Hand” dilaksanakan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, sejak Senin (18/2/2019) atas kerjasama CNBC Indonesia dan OPPO. Kejuaraan ini berlangsung selama lima hari diikuti oleh kelompok-kelompok mahasiswa dan masyarakat umum.

Masing-masing tim peserta terdiri dari 5 orang. Tiap tim diberikan virtual asset senilai Rp 1 miliar sebagai modal. Dengan modal tersebut, masing-masing tim berlomba mengembangkannya selama 5 hari untuk memperoleh capital gain atau keuntungan. Peserta yang berhasil mendapatkan keuntungan terbesarlah yang akan menjadi pemenang kompetisi.

Silvia, seorang mahasiswi asal Jakarta bersama Tim Infinity Cuan, awalnya belajar trading saham di komunitas investasi kampus. Silvia mendengar informasi mengenai kompetisi ini dari media sosial dan tertantang untuk mempraktekkan pengetahuannya bersama tim di ajang Oppo Stocks In Your Hand.

“Kami tertarik, kami ingin memaksimalkan apa sih yang sudah kami praktikkan ke acara kompetisi ini,” kata Silvia sebagaimana dilansir CNBC Indonesia.

Andre, salah seorang peserta asal Jakarta mengakui bahwa kaum muda masa kini sudah mulai mengenal investasi. Hanya saja, belum banyak yang mendapatkan informasi yang memadai, terutama dalam hal investasi di pasar saham secara benar.

“Mahasiswa masih kurang pengetahuan tentang investasi yang benar, jadi mereka cenderung ingin untung cepat di masa muda. Padahal konsep pasar modal ini kan long term,” papar Andre disela kompetisi kepada CNBC Indonesia.

Lalu bagaimana hasil investasi mereka selama lomba? Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Business UGM mendominasi juara-juara dalam kompetisi Oppo Stocks In Your Hand 2019 kali ini.

Tim Trader Lorong terdiri dari Albert Adiel (Manajemen IUP UGM ’15), Farhan Taufik Arrahman (Manajemen IUP UGM ’15), Stefano Amandhika (Manajemen IUP UGM ‘15),  Ghifaridho Yudo Yuwono (Akuntansi UGM ‘15) dan Jonathan Imanuel (Teknik Industri Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, 2015) berhasil meraih juara pertama dengan keuntungan sebesar Rp395 juta.

Tim kedua, A Cap yang terdiri dari Muhammad Bilal Z.M. (Manajemen UGM ‘15), Satya Teguh (Ilmu Ekonomi IUP UGM ‘15), Qonita Suci Febrianti (Hukum UGM ‘14), Allysa Qurrotu’ainy Ciremai (Hubungan Internasional UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ‘17) dan Bobby Bramantyo Subiakto (Teknobiologi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta ‘15) menjadi pemenang kedua dengan selisih keuntungan terpaut tipis, yakni sebesar Rp 394 juta.

Terakhir, pemenang ketiga jatuh pada Tim IE Kuat yang terdiri dari Naffia Basuki (Ilmu Ekonomi IUP UGM ‘15), M. Helmi Patria D. (Ilmu Ekonomi UGM ‘15), Sonny Adam Dubois (Ilmu Ekonomi IUP UGM ‘15), Rahmad Fitrian Prabowo (Manajemen UGM ‘15) dan Praditya Mohammad Sondy (Akuntansi IUP UGM ‘15) dengan keuntungan sebesar Rp 386 juta.

Luar biasa bukan? Selamat belajar berinvestasi.

 

 

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: