Iklan

Safetravel: Aplikasi Wajib Buat Kamu yang Bepergian ke Luar Negeri

Seiring kemajuan informasi, aktivitas bepergian ke luar negeri menjadi semakin mudah bahkan makin trend di segala kalangan. Untuk mendukung dan melindungi warga negara Indonesia yang bepergian di negara orang, Kementerian Luar Negeri meluncurkan sejumlah inovasi online antara lain melalui situs peduliwni.kemlu.go.id dan aplikasi mobile Safe Travel.

Aplikasi Safe Travel Kemlu sebetulnya sudah diluncurkan sejak tahun 2017, yang kemudian di-upgrade melingkupi multi-platform: android, iOS, web, dan media sosial.

Website peduli WNI lebih mengedepankan keamanan sehingga tidak dibuatkan versi mobile-nya. Sedangkan aplikasi Safe Travel, selain mendukung keamanan juga memiliki unsur fun. Fitur-fitur dalam aplikasi Safe Travel cukup banyak, sangat informatif dan terkoneksi dengan kantor-kantor perwakilan di luar negeri.

Adapun fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Safe Travel antara lain:

  • Informasi lengkap negara-negara di dunia, yang meliputi: Status negara (Berupa tingkat keamanan dan kerawanan yang ditandai dengan indikator warna.);
  • Akses Pelayanan Perwakilan RI;
  • Daftar 130 Perwakilan RI ( Menyediakan informasi alamat, nomor telepon, faksimili, email, dan hotline Perwakilan RI, baik Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, ataupun bila terdapat Konsulat RI);
  • Informasi Hukum dan Kebiasaan Setempat;
  • Mata Uang Setempat; Informasi Tempat Ibadah;
  • Informasi Wisata; Informasi Kuliner Halal;
  • Infografis Unik yang menghibur dan bisa menjadi bacaan saat perjalanan menuju negara tujuan;
  • hingga informasi lain yang dibutuhkan para traveller, seperti jenis steker listrik maupun voltase yang dipergunakan di negara tujuan.

Satu fitur yang sangat krusial adalah adanya Tombol Darurat, dimana dalam keadaan darurat, WNI yang berada di luar negeri dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi Perwakilan RI terdekat dan mengirim lokasi kejadian.

Selain itu Safe Travel akan membuat perjalanan semakin menyenangkan dengan beragam fitur fun, terkoneksi dengan media sosial dan unik seperti:

  • Indonesian Nearby – Fitur ini menyediakan informasi mengenai WNI yang berada dekat lokasi anda saat berada di luar negeri. Melalui fitur ini, para WNI dapat berkenalan, mengobrol dan mengembangkan jaringan pertemanan untuk memperkuat komunitas WNI di luar negeri. Keren, kan?)
  • Points dan Badges – Pengguna aplikasi dapat memperoleh points dan badges (lencana) sejak melakukan check in. Akan ada reward bagi pengguna yang mendapat poin dan lencana tertentu. Penasaran apa reward yang diberikan? Download dan gunakan dulu aplikasinya.
  • Konektivitas ke Media Sosial sehingg pengguna bisa segera memajang foto selfie dan melakukan check in untuk diunggah di media sosial seperti Facebook sehingga bisa tetap eksis dengan teman-teman dunia maya.

Mengutip laman Kemlu.go.id (2018), terdapat 2.978.446 WNI berada di luar negeri. Dari jumlah tersebut, setidaknya 2.825.939 orang tercatat sebagai pekerja migran, sementara sisanya adalah pelajar dan Anak Buah Kapal (ABK). Selain itu, terdapat juga sekitar 18 juta WNI berpergian ke luar negeri untuk tujuan wisata, termasuk wisata religi (haji dan umroh).

Untuk itu pemerintah melalui Kemenlu ingin memastikan bahwa WNI yang sedang berada di luar negeri tidak merasa sendiri. Dengan aplikasi Safe Travel, mereka akan mendapatkan beragam pendampingan.

Jadi, segera download Safe Travel Kemlu sekarang ya..

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: