Iklan

Apa itu Blockchain

Nama blockchain semakin dikenal seiring kemunculan mata uang digital (cryptocurrency) seperti bitcoin, ethereum dan ribuan coin digital lainnya. Disaat orang masih berdebat soal manfaat dan bahaya uang digital, sebagian beranggapan bahwa teknologi dibalik keberadaan dan transaksi uang digital, yaitu blockchain, jauh lebih penting. Jadi blockchain itu adalah?

Teknologi blockchain dapat digambarkan sebagai buku besar yang mencatat semua transaksi yang melibatkan teknologi ini di seluruh dunia. Bedanya, buku besar blockchain ini tersimpan dalam jutaan komputer yang terkoneksi di seluruh dunia, dan sifatya terbuka alias transparan bagi semua penggunanya.

Baca juga: Apa itu Bitcoin dan Cryptocurrency?

Dengan demikian teknologi blockchain melibatkan didukung oleh jaringan komputer yang terdesentralisasi yang sangat banyak, yang saling bekerja sama tanpa melibatkan campur tangan manusia. Bila sebuah transaksi terjadi dari sebuah komputer dengan komputer lainnya, transaksi tersebut harus diverifikasi dan divalidasi oleh komputer lain, sehingga tidak memungkinkan suatu pihak untuk melakukan kecurangan.

Agar transaksi bisa terjadi, sejumlah komputer penambang (mining computer) harus menyelesaikan kode-kode kriptografis yang menyerupai perhitungan matematika yg sangat rumit. Bila sebuah transaksi berhasil diselesaikan, komputer akan menambahkannya ke daftar block transaksi, dan tersimpan dalam seluruh jaringan komputer yang terkoneksi blockchain.

Semua transaksi yang terjadi tercatat secara permanen dalam semua komputer jaringan blockchain, sehingga tidak ada yang bisa menyembunyikan atau menghilangkan data transaksi yang terjadi. Sangat sulit juga untuk membayangkan terjadi kerusakan semua komputer blockchain. Yang bisa dilakukan adalah menambah transaksi.

Lalu apa sih manfaat blockchain ini untuk Anda? Atau untuk kegunaan yang lebih besar?

Pembukuan transaksi selalu rentan dengan kecurangan dan manipulasi. Teknologi blockchain hadir untuk menghilangkan peran manusia sebagai perantara dalam transaksi, termasuk dalam transaksi perbankan atau lembaga pemerintahan.

Dengan transaksi yang lebih terbuka dan transparan Anda bisa mengakses langsung data transaksi bisnis Anda sendiri dan bagi kebanyakan orang kemungkinan akan menikmati biaya administrasi perbankan yang lebih rendah karena menurunnya jumlah karyawan bank yang akan digaji.

Misalkan saja usaha Anda mengalami musibah kebakaran, sehingga Anda kehilangan semua catatan, bahkan di bank pun tidak ada. Tetapi bila Anda bertransaksi di blockchain, akan sangat mudah untuk membuktikan kepemilikan atas pembelian lahan misalnya.

Pemanfaatan lainnya bisa bermacam-macam..

Mulai dari mencegah kecurangan pemilu, menyimpan data medis pasien, sampai membuka kunci (authenticating means) ke internet. Sejumlah perusahaan besar dan kecil bahkan institusi pemerintahan saat mengembangkan peran blockchain untuk mencegah praktik kecurangan.

Babak baru keterbukaan telah dimulai. Kita menantikan perkembangan dan peran blockchain selanjutnya dalam kehidupan. (AL)

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: