Iklan

Kafe 1 Lot Coffee: Membahas Saham dalam Segelas Kopi

Sekilas tak ada yang aneh dengan tampilan Kafe 1 Lot Coffee yang berlokasi di Jl. Onta Lama, Makassar. Aroma kopi semerbak. Namun, ada pemandangan yang sedikit berbeda dibanding cafe lainnya. Kafe ini menyediakan banyak informasi seputar investasi saham.

Kafe ini tampil beda dengan mengusung konsep bernuansa investasi pasar modal terutama investasi saham dan reksadana. Di cafe ini pengunjung dimudahkan untuk mengenal saham dan seluk-beluk investasi saham. Dinding cafe pun dihiasi layar monitor yang menampilkan pergerakan nilai saham secara live.

Hanya saja saat Howmoneyindonesia.com bertandang, layar monitor belum masih menampilkan siaran TV. beberapa quotes populer dikalangan investor terpampang juga.

“Kan jam transaksi saham di Jakarta belum buka pak. Nanti langsung (bisa dipantau) kok pak,” kata pelayan Kafe 1 Lot Coffee. Menurutnya, pengunjung memang belum ramai.

Selain informasi saham, kafe juga menyediakan pojok baca yang menyediakan beragam informasi ringan seputar investasi di pasar modal. Menu makanan pun cukup terjangkau, tetap dengan istilah investasi. Daftar minuman juice namanya “Blue chip” yang berisi minuman segar dengan nama Warrant, Green Reverse, Devident dan lain-lain.

Berinvestasi memang tak mesti berat. Di kafe sekaligus galeri investas ini, investasi saham bisa dengan mudah dipelajari dan didiskusikan segala kalangan.

Beberapa tahun belakangan pemerintah menggalakkan sosialisasi investasi saham bagi semua level masyarakat. Salah satunya dengan kampanye Yuk Nabung Saham dan pembukaan galeri investasi di kampus-kampus. Berbagai kemudahan regulasi diluncurkan agar masyarakat termasuk para mahasiswa bisa berinvestasi. Termasuk dengan menurunkan syarat investasi awal menjadi hanya 1 lot saja alias 100 lembar saham. Karenanya, dengan Rp100 ribu, seseorang sudah bisa menjadi investor saham!

Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Nicky Hogan pun mengungkapkan optimisme perkembangan pasar modal Indonesia. Transaksi harian meningkat dari Rp6,8 triliun ditahun 2016 menjadi Rp7,5 triliun di tahun 2017.

“Sepanjang tahun lalu investor (saham) itu tumbuh 20%. Jumlahnya sekitar 620 ribu orang. Sekitar 30% itu adalah mahasiswa,” papar Nicky Hogan disela peresmian Kafe 1 Lot Coffee di Makassar (Jumat 20 April).

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda menabung saham?

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: