Iklan

Wanita-wanita Kuat Di Dunia Bisnis Jaringan (Network Marketing)

Bisnis penjualan langsung (direct selling) berjejaring seperti Multi Level Marketing (MLM) dan aneka bisnis berbasis jaringan lainnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut penelitian terbaru dari Direct Selling Association USA (DSA) semacam asosiasi perusahaan MLM Amerika, setidaknya 20,5 juta orang Amerika menjalankan bisnis jaringan di tahun 2016, atau meningkat 1,5% dibanding tahun sebelumnya. Kaum wanita mendominasi jumlah usahawan berjejaring ini dengan rasio 74% berbanding 26% kaum pria yang terlibat di bisnis yang sama. 

Menjelang penutupan tahun 2017, Direct Selling News mengeluarkan daftar 20 wanita yang paling berpengaruh dalam dunia penjualan langsung yang buah-buah pikiran dan pekerjaannya telah membukakan peluang-peluang baru bagi banyak orang di seluruh dunia dan berkesempatan melakukan pekerjaan-pekerjaan besar dalam hidup mereka.

Direct Selling News memilih kelompok teratas ini berdasarkan kepemimpinan dan peran mereka dalam perusahaan yang juga muncul dalam daftar Global 100 bersama sejumlah perusahaan lainnya yang tumbuh luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Ke-20 wanita ini mencitrakan banyak wanita lainnya yang juga bekerja keras dalam banyak perusahaan lainnya.

Baca juga: Perusahaan MLM Terbesar Dunia 2017

Mereka tinggal dan bekerja di berbagai tempat di Amrika. Beberapa diantaranya mungkin tidak banyak dikenal, semenara yang lainnya merupakan wanita ternama. Ada yang memimpin perusahaan sukses yang sudah mapan, ada yang sukses membangun bisnis baru, ada juga yang berlatar-belakang sukses di perusahaan terkenal seperti Coca-Cola dan McDonald’s. Tidak sedikit juga yang merupakan pendiri (founders) perusahaan kecil yang kemudian tumbuh menjadi bisnis yang berpengaruh.

Meski memiliki latar belakang yang berbeda, keduapuluh pemimpin wanita  ini memiliki kesamaan yaitu semangat wirausaha yang menggebu, kemauan untuk berkorban, dan keteladanan untuk selalu unggul dalam usaha mereka.

Candace Matthews

Misalnya saja, Candace Matthews yang menjabat sebagai  Presiden Regional Amway untuk wilayah Amerika. Candace dulunya kuliah di sekolah bisnis beken yaitu Carnegie Mellon University, lalu menamatkan MBA dari Stanford University. Candace masuk ke Amway setelah sebelumnya berkarir cemerlang di Coca-Cola, L’Oreal, Procter & Gamble dan General Mills. Di Amway Candace telah menjabat sebagai Chief Marketing Officer selama 7 tahun, kemudian sebagai Regional President of the Americas dalam 2 tahun terakhir.

Salah satu pendiri perusahaan anti penuaan (anti agingJeunesse Global yaitu Wendy Lewis adalah seorang ahli matematika yang juga terkait dalam hitungan bisnis dengan banyak perusahaan ternama lainnya. Kerja kerasnya

Wendy Lewis

membangun Jeunesse Global yang kini berkembang ke lebih 140 negara, menjadikannya salah salah satu wanita paling berpengaruh di dunia Direct Selling untuk ketiga kalinya.

Dalam ajang tahunan Stevie Awards for Women in Business yang diadakan ke-14 kalinya tahun ini, Wendy Lewis kembali menyabet penghargaan Gold Stevie for Lifetime Achievement in Business, dan 4 penghargaan Silver Stevies untuk kategori:

  • Female Executive of the Year
  • Female Entrepreneur of the Year
  • Women Helping Women
  • Woman of the Year

Mona Ameli

Wanita berpengaruh lainnya adalah Mona Ameli, President dari bisnis Optavia (Medifast), yang menamatkan pendidikan bisnis dan pemasaran di Paris, Perancis. Mona Ameli juga sebelumnya telah berkarir cemerlang di bisnis MLM seperti Herbalife dan Shaklee. dan terakhir berkarir sebagai General Manager di Belcorp, USA. Wanita yang fasih berbahasa Perancis, Spanyol, dan bahasa Inggris ini memiliki perhatian khusus untuk isu terkait perempuan. Sukses bisnisnya memampukan Mona Ameli mendirikan yayasan sosial untuk membantu wanita dan keluarga yang mengalami kekerasan rumah tangga.

Melanie Huscroft

Lalu ada juga Melanie Huscroft seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak. Ia merupakan salah satu pendiri dari perusahaan kecantikan Younique. Kesuksesan di dunia bisnis membantunya mewujudkan impian untuk membantu orang lain. Ia mendirikan yayasan yang fokus membantu wanita yang memiliki anak-anak atau anggota keluarga yang mengalami kekerasan atau pelecehan seksual.

Adapun daftar lengkap 20 wanita paling berpengaruh di dunia MLM saat ini menurut Direct Selling News adalah sebagai berikut, diurut sesuai abjad:

  1. Allison Levy, Executive Vice President and Chief Legal Officer, AdvoCare

    Allison Levy

  2. Angela Loehr Chrysler, President and CEO, Team National
  3. Cami Boehme, Partner and Chief Operating Officer, Viridian
  4. Candace Matthews, Regional President, The Americas, Amway
  5. Chrissy Weems, Co-Founder and CEO, Origami Owl
  6. Cindy Monroe, Founder and CEO, Thirty-One Gifts
  7. Dr. Connie Tang, President and CEO, Princess House Inc.
  8. Heidi Thompson, Co-Owner and President, Scentsy Inc.
  9. Kathy Coover, Co-Founder and Executive Vice President, Isagenix International

    Connie Tang

  10. Kay Napier Zanotti, CEO, Arbonne International LLC
  11. Linda Lucas Padilla, Chief Marketing Officer, MONAT Global Inc.
  12. Mary Young, Co-Founder and CEO, Young Living Essential Oils
  13. Melanie Huscroft, Co-Founder and Chief Visionary Officer, Younique
  14. Meredith Berkich, President, North America, Jeunesse Global
  15. Mona Ameli, President, OPTAVIA
  16. Dr. Oi-Lin Chen, President and CEO, Sunrider International
  17. Pam Sowder, Co-Founder and Chief Networking Officer, It Works!

    Sheryl Adkins

  18. Sheryl Adkins-Green, Chief Marketing Officer, Mary Kay Inc.
  19. Traci Lynn Burton, Founder and CEO, Traci Lynn Jewelry
  20. Wendy Lewis, Founder and Chief Operations Officer, Jeunesse Global

Keduapuluh pemimpin wanita yang sangat berpengaruh ini telah membawa dampak besar dengan menjangkau ratusan ribu bahkan jutaan orang termasuk banyak wanita di seluruh dunia yang akhirnya bisa memiliki usaha atau pekerjaan dalam dunia penjualan langsung termasuk MLM. Keberadaan mereka dan bisnisnya telah membawa dampak perbaikan kesejahteraan bagi jutaan keluarga dan komunitas di seluruh dunia.

Dengan berkembangnya dunia internet, peluang bisnis jaringan seperti MLM akan semakin berdampak bagi kehidupan banyak orang, terutama yang ingin memiliki bisnis sendiri tanpa terikat waktu dan tempat. Bagaimana dengan Anda?

(Direct Selling NewsStevie Awards)

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: