Ini 5 Perbedaan Kartu Kredit MasterCard dan Visa

Pile of Credit CardsMemilih kartu kredit terbaik memang banyak pertimbangan. Nah, bagi kamu pemegang kartu kredit, pastinya sudah familiar dengan Visa dan MasterCard. Logo keduanya tertera di sebelah kanan bawah kartu kredit. Pilihan itu memang sudah ada saat kamu melakukan aplikasi kartu kredit, baik aplikasi yang dilakukan ke bank mau pun aplikasi kartu kredit online.

Bagi kartu kredit yang memiliki logo provider ini dapat menggunakan kartu kreditnya di merchant-merchant yang memiliki logo Visa atau MasterCard. Memang kedua provider ini mirip karena memberikan fasilitas dan kemudahan serupa di banyak tempat di muka bumi ini karena merupakan provider kartu kredit terbesar di dunia.

Kendati demikian, terdapat sejumlah perbedaan antara dua provider kartu kredit, yang telah mendunia tersebut. Sejumlah perbedaan perlu kamu ketahui sebagai informasi dan memberi kemudahan kamu ketika memilihnya saat melakukan aplikasi kartu kredit, berikut perbedaannya:

  1. Perusahaan Provider

Meski sama-sama berasal dari Amerika Serikat (AS), namun lokasi induk perusahaan provider kartu kredit ini barada di tempat berbeda di wilayah bagian negara Paman Sam.

Visa merupakan produk yang diterbitkan oleh Visa International Service Association (VISA.Inc), yang didirikan oleh Bank of America pada 1955. VISA Inc sendiri terletak di Foster City, California, AS.

Sementara MasterCard adalah produk terbitan MasterCard Worldwide, yang telah ada di muka bumi ini sejak 1966 atau berumur lebih muda dibanding saingannya, VISA Inc. Perusahaan induk MasterCard berlokasi di Purchase, New York, AS.

  1. Popularitas dan Penggunaan

Kedua provider kartu kredit memiliki popularitas atau kepopuleran berbeda di dunia. Jika kartu kredit Visa banyak digunakan di negara-negara Asia, namun pengguna MasterCard kebanyakan nasabah di negara-negara Amerika dan Eropa.

Penggunaan kartu kredit Visa hanya bisa digunakan di merchant yang memiliki logo Visa, begitu juga dengan MasterCard juga hanya berlaku di merchant berlogo serupa. Jadi kamu tidak akan bisa menggunakan kartu kredit Visa di merchant yang memasang logo MasterCard dan sebaliknya.

  1. Jenis Kartu Kredit

Kedua provider kartu kredit ini memiliki jenis kartu yang sama, tapi juga ada yang berbeda, sehingga benefit yang diberikan tentu saja tak serupa. Umumnya ada tiga jenis kartu kredit yang sama antara Visa dan MasterCard, seperti Classic, Gold dan Platinum.

Sementera ada jenis kartu kredit yang berbeda pula. Untuk Visa, ada Visa Signature, di mana untuk memilikinya, kamu haruslah seorang pengusaha atau profesional terkenal. Minimum limit kartu kredit ini sebesar Rp100 juta hingga tanpa batas.

Selain itu, Visa Infinite. Untuk mendapatkan kartu kredit Visa jenis ini, kamu wajib memiliki aset di atas USD100.000 dalam bentuk tunai. Limit kartu kredit mulai Rp50 juta hingga tak terhingga.

Untuk jenis kartu kredit MasterCard, ada World MasterCard dan World Elite MasterCard. World MasterCard sebanding dengan Visa Infinite, sehingga untuk mendapatkannya, kamu akan dikenakan standar yang sama dengan ketika ingin memiliki Visa Infinite.

Sedangkan World Elite MasterCard menjadi kartu termewah di MasterCard dan kartu kredit ini cocok bagi kamu yang gemar traveling karena memberikan kemudahan lebih banyak di semua aspek, seperti reservasi hotel hingga pesawat. Kartu ini juga dilengkapi fitur keamanan.

  1. Keamanan

Kartu kredit Visa dan MasterCard memiliki sistem keamanan untuk melindungi nasabahnya ketika melakukan transaksi.

Visa menawarkan perlindungan ketika kamu melakukan transaksi online, dengan skema Verified by Visa. Melalui skema ini, kamu harus memasukkan password statis atau One Time Password (OTP) ke beranda Verified by Visa ketika akan melakukan transaksi untuk memproteksi kartu kredit kamu.

Sementara MasterCard memiliki perlindungan dengan skema bernama Secure Code, yang juga melindungi nasabahnya saat melakukan transaksi online. Dengan Secure Code, hanya kamu seorang yang bisa menggunakan kartu kredit tersebut karena password kamu bikin sendiri secara online, sehingga bisa memproteksi dari pihak yang tak bertanggung jawab.

  1. Biaya Transaksi

Nah, bagi kamu pemegang kartu kredit Visa maupun MasterCard juga akan dikenakan biaya tambahan, yang persentasenya berbeda dari masing-masing provider tersebut.

Jika kamu pemegang kartu kredit Visa, biaya yang dibebani saat melakukan transaksi di luar negeri sekitar 1% dari nominal transaksi. Sedangkan biaya di MasterCard beragam, tergantung merchant, tapi biasanya antara 0,2%-1%.

Jadi kamu bisa memilih kartu kredit mana yang paling cocok untukmu, apakah itu berupa kartu kredit Visa atau MasterCard. Saat ini memiliki kartu kredit tidaklah sulit, apalagi sudah ada fasilitas apply kartu kredit secara online seperti di HaloMoney.co.id.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: