Cewek Belia Asal Norwegia Menjadi Orang Terkaya Termuda di Dunia

Alexandra AndresenMilyarder dunia terus bertumbuh. Kali ini, rekor milyarder termuda dipegang oleh seorang gadis belia asal Norwegia, Alexandra Andresen, 19, yang sehari-harinya menghabiskan waktu dengan berkuda.

Menjadi kaya memang tidak selalu mudah. Namun dalam daftar milyarder yang dikeluarkan Forbes kali ini, terdapat rekor baru yaitu meningkatnya jumlah milyarder berusia dibawah 40 tahun menjadi 66 orang. Jumlah ini meningkat 3 kali lipat dibanding 4 tahun lalu, dan tujuh kali lipat dibanding data tahun 2010.

Alexandra dan kakaknya Kathrina, 20, keduanya berstatus mahasiswa dan mewarisi bagian yang besar dalam investasi keluarganya. Mereka termasuk dalam kelompok 30 orang milyarder dibawah usia 40 tahun yang menikmati kehidupan mewah sejak lahirnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa ternyata semakin banyak juga milyarder muda yang menciptakan sendiri keberuntungan mereka melalui kerja kerasnya, mewujudkan imajinasi dan inovasi serta tentu saja keberuntungan.

Dari 36 milyarder yang memiliki usaha sendiri lebih tiga perempat diantaranya menjadi kaya dari sektor teknologi, termasuk 25 milyarder yang menghasilkan kekayaannya dari bisnis rintisan (start up) senilai lebih $1 milyar (lebih Rp13 triliun)! Hebatnya lagi, banyak diantara usaha mereka seperti Snapchat, Uber, Pinterest, dan AirBnb bahkan belum mencapai usia 10 tahun.

Evan Spiegel, pendiri Snapchat.

Evan Spiegel, pendiri Snapchat. (kurier.et)

Diantara para pekerja keras ini, yang termuda adalah Evan Spiegel, 25, pendiri Snapchat yang di dalam daftar milyarder Forbes dinyatakan memiliki kekayaan senilai $1,5 milyar!

Pada bulan Mei 2015 Snapchat berhasil mendapatkan suntikan dana $358 juta sehingga nilai perusahaan ngobrol online ini meningkat menjadi $16 milyar, serta mempertebal kekayaan kekasih supermodel, Miranda Kerr ini menjadi $2,1 milyar.

Rekannya sendiri, Bobby Murphy, 27, juga tercatat sebagai usahawan termuda dengan kekayaan mencapai $1,8 milyar.

Berbicara tentang milyarder muda yang terus bersinar, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg merupakan milyarder termuda dunia yang muncul di daftar milyarder Forbes pada bulan Maret 2008 di usia 23 tahun dengan kekayaan mencapai $1.5 milyar waktu itu. Saat ini, usianya baru mencapai 31 tahun namun Zuckerberg telah mencatatkan diri sebagai manusia terkaya ke-6 di planet bumi dengan kekayaan mencapai $44,6 milyar.

Meskipun demikian, kekayaan bukanlah segalanya bagi ayah satu putri ini. Pada bulan Desember lalu, Zuckerberg berjanji untuk menyumbangkan hampir seluruh kekayaan yang dikumpulkannya selama ini ke berbagai aksi sosial yang dikelola dan didukung oleh Chan Zuckerberg Initiative.

Dengan kekayaan sebesar itu, jurang selisih kekayaan antar Zuckerberg dengan milyarder muda lainnya adalah sekitar $34,2 milyar. Angka tersebut adalah selisih antara kekayaan Zuckerberg dibandingkan dengan kekayaan Lukas Walton, milyarder muda di posisi kedua dengan kekayaan sebesar $10,4 milyar. Harta Lukas diperoleh dari warisan sang ayah, John Walton yang meninggal dalam kecelakaan pesawat pada tahun 2005.

Data lain dari daftar milyarder muda kali ini adalah bahwa terdapat hanya 20% milyarder belia wanita. 12 dari 14 wanita muda ini mewarisi kekayaan keluarga di Eropa. Hanya 1 orang diantara mereka yang mengusahakan sendiri sumber kekayaannya, yaitu Elizabeth Holmes.

Elizabeth Holmes, 32, mendirikan perusahaannya, Theranos pada usia 19 tahun. Theranos bergerak di bidang tes darah. Namun Theranos memiliki sedikit masalah tahun lalu karena kedapatan mengirimkan alat pengumpul darah yang tak berijin dan mengoperasikan laboratorium yang dianggap tidak aman untuk kesehatan.

Akibatnya Walgreens berhenti mengirimkan tes darah ke lab Theranos di Newark, California dan menghentikan layanan jasa lab Theranos lainnya di Palo Alto.

Meski usaha Theranos tetap dinilai memiliki nilai $9 milyar, permasalahan ini membuat nilai kekayaan Holmes diperkirakan turun $900 juta menjadi $3,6 milyar atau “hanya” sekitar Rp48,6 triliun saat ini!

Amerika Mendominasi

Dalam daftar tersebut, perempuan terkaya di dunia adalah Liliane Bettencourt dari Perancis. Ia berada di posisi ke-11 dengan nilai kekayaan mencapai $36,1 milyar.

Secara global, terdapat 1.810 orang yang memiliki kekayaan minimal $1 milyar. Dari jumlah tersebut, 540 orang merupakan warga Amerika, disususl China 251 orang, dan Jerman 120 orang. Selanjutnya 77 milyarder berasal dari Rusia, 69 asal Hongkong, dan Brasil 23 orang. (AL)

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: