Iklan

Siapa Bilang Dream For Freedom (D4F) Investasi Bodong?

D4F FrontKegiatan Dream For Freedom (D4F) jauh-jauh hari telah dibahas di website ini sebagai money game ponzi, alias permainan uang semata dan bukan investasi namun tetap saja menarik ribuan anggota. Meski sangat beresiko, money game memang sepertinya masih lebih menarik dibanding investasi legal. Bukan hanya Dream For Freedom, sejumlah money game sangat marak beroperasi merambah masyarakat kota sampai pedesaan dalam aneka bentuk. Mulai dari yang menyamar sebagai koperasi, MLM gadungan, sampai (seolah) bisnis emas. Korban terus berjatuhan, tetapi pemerintah tak punya taring untuk mencegah hal serupa yang terus berulang. Pemerintah baru sebatas pemadam kebakaran yang menyisakan bara.

Kasus terakhir tentulah penangkapan artis Sandy Tumiwa, yang sebelumnya dilaporkan sejumlah investornya karena dianggap melakukan penipuan investasi melalui PT CSM Bintang Indonesia. Lalu kini, setelah beroperasi sekian lama, pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan Dream For Freedom sebagai investasi bodong. Sebagaimana dilansir Okezone.com, OJK menanggap D4F sudah meresahkan karena semakin agresif dalam merekrut member melalui iklan, sampai aplikasi di gadget.

Investasi Bodong?

Meskipun, sudah menyebut D4F sebagai investasi bodong, OJK ternyata tidak bisa juga menyetop aksi transfer-transferan duit (dengan dalih saling bantu) antar rekening para member D4F. Peringatan OJK pun hanya angin lalu. Bisa jadi karena meski melibatkan dana masyarakat, kegiatan D4F tak terjangkau aturan OJK yang hanya mengatur bisnis tradisional seperti perbankan, asuransi dan lembaga keuangan non-perbankan lainnya. Money game ponzi yang telah ada sejak lama, tak ingin disentuh, apalagi ditegaskan pelarangannya. Bisa juga karena evolusi money game juga makin canggih dan beragam sehingga akan menyulitkan deteksinya tanpa pelibatan pihak-pihak yang memahami modus-modusnya.

Dalam kasus Dream For Freedom, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan. Aturan yang melarang money game (terutama yang bermodus ponzi) pun belum ada. Makanya pernyataan Kepala Departemen Perlindungan Konsumen OJK, Anto Prabowo bahwa  OJK tidak bisa menindak D4F disebabkan izin dari kegiatan ini berasal dari Kementerian Perdagangan; juga tidak tepat. UU no. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan tidak pernah mengatur money game berupa ponzi. Yang dilarang dalam UU Perdagangan adalah perdagangan dengan skema piramida (pyramid scheme), yang memang tak kalah marak saat ini. Itupun belum ada taringnya, karena Kementerian Perdagangan tak kunjung mengeluarkan definisi apalagi petunjuk pelaksanaannya. Jadi lempar bola OJK soal D4F ke Kementerian Perdagangan juga tidak tepat, semakin melapangkan bisnis semacam ini.

Pihak berwajib pun hanya bisa pasif, menuggu jatuhnya korban. Upaya penangkapan baru dilakukan bila ada korban yang merasa tidak puas, walau sudah sempat juga menikmati nikmatnya investasi bodong. Dari laporan inilah polisi baru bergerak. Namun dapat dipastikan bahwa penyelesaian tidak akan berpihak kepada korban. Dari sejumlah kasus yang ditangani pihak berwajib, tidak ada yang berujung pada pengembalian hak-hak para korban. Tidak sedikit pelaku kejahatan malah divonis ringan, bahkan bebas berkeliaran. Akibatnya, masyarakat menjadi tak berpengharapan. Selain itu, aparat pemerintah bahkan pemuka agama juga seringkali menjadi anggota bahkan leader dalam bisnis semacam ini.

Sebagai informasi, di negara-negara yang lebih maju, ponzi scheme ditangani dengan serius, biasanya oleh lembaga sejenis OJK, dan pyramid scheme diawasi oleh instansi yang mengatur perdagangan.

Karena gagal paham inilah, Dream For Freedom (dan bisnis semacamnya) masih akan melenggang kangkung tak tersentuh. D4F selama ini berkelit dan mengatakan bahwa mereka bukanlah investasi karena tidak mengumpulkan duit masyarakat. Karenanya tak layak disebut investasi. Namun, apakah memang demikian? Satgas Investigasi sudah sangat lengkap bila ingin menginvestigasi lebih jauh. Bukankah datanya ada tersedia, dananya pun ditransfer melalui rekening-rekening di bank terkemuka. Jadi, sepanjang OJK dan pihak terkait lainnya tidak mau melangkah lebih jauh, semarak pesta para pelaku money game masih akan terus berlangsung.

Apakah Dream For Freedom merupakan aktivitas bodong? Mereka masih membayar bonus membernya lho. Yang bisa disimpulkan hanyalah bahwa: Dream Fro Freedom bukanlah investasi, melainkan hanya money game. Pihak terkait tentu bisa mengatakan lebih banyak dari itu. Kita tunggu saja aksi mereka, jika memang mau bekerja lebih dalam. (AL_S)

 

Iklan

Comments

  1. Mantap reviewnya…

    Jangan sampai banyak Korban lagi seperti Korban MMM, VGMC, Speedline, Tellexfree, Talk Fusion (Babehnya D4F), dll…

    Susah memang menyadarkan yg sudah merasakan nikmatnya… 🙂

  2. sepupuku kena, kena enak duitnya tp skrg ga ngomong byk barangkali udah kena getahnya

  3. Praktek2 penghimpunan dana masyarakat dg skema spt ini harus ditindak tegas jika tdk akan merugikan bnyk sekali masyarakat Indonesia.Di awal2 berdiri memang bisnis semacam ini fair memberikan bonus tp setelah 2-3th berpotensi merugikan.Cara2 yg lazim digunakan adalah dg memblok atau menghapus akun membernya utk menghilangkan barang bukti shg member yg telah terlanjur membayarkan uangnya tdk bisa berbuat apa2.Ditambah lg transfer dana dilakukan secara berantai tdk langsung mengarah ke rekening owner shg utk melaporkannya ke pihak berwajib tdk ada bukti yg kuat.Itulah sistem yg diterapkan d4f utk menghindari sanksi hukum jika di masa dpn melancarkan aksi penipuannya.Org2 spt inilah yg berdalih membantu bangsanya tp sebenarnya justru memiliki tujuan utk menipu dan merusak mental dan perekonomian bangsanya sendiri.Selamat utk owner d4f krn sebentar lg anda akan kaya dari hasil menipu bangsa anda sendiri.

  4. Mas Filli Mutta’qin
    Nama anda menunjukkankeimanan yang paling tinggi, sekarang anda kaya dari hasil permainan anda. Apakah anda sadar kalau uang yang anda terima itu pasti halal ?
    Anda tidak bekerja hanya memainkan cara agar orang tertarik dalam permainan anda.
    Bermain dengan uang . Sama tidak ya dengan judi ?
    Semoga nama anda mencerminkan ketaqwaan anda.
    Anda sekarang jadi trilyuner
    Anda bangga khan ?
    Semoga uang dari D4F dapat mengantarkan anda ke syurga

  5. Tahun 2010 saya sudah mengenal investasi semacam ini tapi, umumnya masih banyak berkembang di luar negeri dengan istilah HYIP (Hight Yield Investment Profit) yang saat ini marak ditiru oleh HYIP lokal dengan berbagai nama, istilah & sistem profit bagi membernya. Saya tidak menuduh D4F ini Scam, hanya saya dalam kurun waktu 2010 hingga saat ini sudah banyak menguras keuangan saya dan berujung pada kebangkrutan. Mungkin tempat atau perusahaannya berbeda, tapi yg sangat saya yakini adalah sistemnya, karena jika anda melihat HYIP yang bertebaran di luar rata-rata mereka memiliki banyak sistem cara pembagian hasil. Saya berikan contoh HYIP A dengan menjadi member & mendepositkan minimal $10, maka dalam waktu 3 hari anda akan mendapatkan 10% dari modal (deposit) anda, atau ada juga istilah deviden tiap bulan, tiap minggu, bahkan harian juga ada. Di Indonesia bisnis HYIP secara perlahan mulai subur, karena jika saya melihat bahwa banyak diantara kita yang lebih senang dengan istilah instant ketimbang berusaha membangun bisnis yang real meskipun dengan hasil sedikit. Semoga apa yang saya sampaikan salah. TK

  6. irwandi djailani says:

    enak jadi jual beli tanah atau property,jelas hasilnya.pahalanya membatu orang dlm k esusahaan menjual asetnya.pembeli dan penjual terbantu…kita yg bantu menjualkan dapat komisi yg halal…..amin.

  7. Teman teman hati hati dengan D4F ini saya selaku partisipannya merasa tertipu.
    Segala aturan yang dibuat oleh perusahaannya, merugikan partisipan karena D4F seenak perutnya merubah peraturan tersebut.

  8. saya gabung dengan d4f sudah sebulan …tapi belum ada tuh bagi hasil yang di berikan…alasan nya banyak..ganti aturan seenaknya.server juga sering gak bisa dibuka…besar mana sih d4f dengan facebook kok sering banget gangguan…

  9. Tak masuk akal,,tapi masuk rekening,,rekening orang,,wkwkwkwkbuuurrr

  10. saprudin laadjim says:

    saya baru mau rencana masuk bisnis D4f ini tapi gimana yaa…ini comentya banyak bilang penipuan..waah gawat….pikir2 dulu..

  11. Saya pemain (baca: korban) dari D4F ini, dipaksa ayah saya yang sebelumnya juga dipengaruhi saudara. D4F ini koar2 tahun 2016 akan membuat ini itu, membangun ini itu tapi gak ada buktinya sampai April 2016 ini. Trus sistemnya sekarang udah berubah, gak lagi ada income per 15 hari kayak dulu, keliatan banget kemundurannya udah mulai. Saya dari awal tau ini money game tapi ayah saya bersikeras untuk mencoba. Untungnya saya dan ayah saya udah balik modal jadi gak nyesel2 banget.

    Buat yang baru2 ini diajakin untuk berpartisipasi, JANGAN MAU. Kalo diajakinnya berbulan-bulan yang lalu masih tidak apa-apa (walaupun tetap saja tidak tepat), tapi kalau sekarang ANDA HANYA MENGGALI LUBANG KUBUR SENDIRI.

  12. Jika masayarakat sudah teredukasi dengan baik…. lamabat laun “bisnis” semacam ini akan mati dengan sendirinya alias tidak laku.

  13. Trisnash Vie says:

    selamat atas di tariknya ijin SIUP D4F…!! pembayaran opsi A, menunggu sampai batas waktu yg tidak jelas..
    nangis darah dah!!!

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: