Prudential Life, Salah Satu Asuransi Terbaik Indonesia 2015

asuransi_terbaik_2015Majalah Investor menobatkan delapan perusahaan asuransi nasional sebagai perusahaan asuransi terbaik 2015, di Jakarta Kamis (9/7). Kedelapan perusahaan asuransi tersebut dibagi atas tiga asuransi jiwa, empat asuransi umum, dan satu reasuransi, masing-masing sesuai besaran assetnya.

Dari 12 perusahaan asuransi yang berhasi menembus nominasi, asuransi jiwa yang memperoleh predikat terbaik adalah PT Prudential Life Assurance (kategori aset di atas Rp 15 triliun), PT Panin Dai-ichi Life (kategori aset antara Rp 5 triliun sampai Rp 15 triliun), dan PT Asuransi Jiwa Mandiri Inhealth Indonesia (kategori aset di atas Rp 1 triliun hingga Rp 5 triliun).

Pada kategori asuransi umum, PT Asuransi Adira Dinamika dan PT Sinarmas, menjadi juara untuk kategori aset di atas Rp 3 triliun. PT Asuransi Bangun ASKRIDA menyabet predikat perusahaan asuransi terbaik di kategori aset antara Rp 1 triliun sampai Rp 3 triliun, sementara PT Asuransi Umum BCA menjadi yang terbaik pada perusahaan asuransi beraset antara Rp 250 miliar sampai Rp 1 triliun. Perusahaan reasuransi terbaik tahun ini jatuh dimenangkan oleh PT Reasuransi Nasional Indonesia.

Artikel terkait: Pentingkah Ber-Asuransi?

Selain itu diberikan pula penghargaan khusus untuk asuransi jiwa dan umum yang mencatat pertumbuhan premi terbesar selama tiga tahun terakhir. Kali ini, penghargaan khusus kategori asuransi jiwa diperoleh PT Ace Life Assurance. Sedangkan penghargaan khusus untuk kategori asuransi umum berhasil dimenangkan oleh PT Mandiri AXA General Insurance.

Proses Penjurian

Penurunan ekonomi global menginspirasi tema penjurian asuransi terbaik tahun ini yang mengambil tema “Ketahanan Perusahaan Asuransi Menghadapi Pertumbuhan Ekonomi yang Menurun”.

“Kita ingin tahu, bagaimana perusahaan asuransi menghadapinya (penurunan ekonomi),” kata ketua Dewan Juri Herris Simandjuntak. Bagaimana strategi perusahaan menghadapi tantangan ekonomi global menjadi salah satu pertanyaan yang diajukan Dewan Juri dalam wawancara dengan para peraih nominasi.

Selain itu, tim juri juga memastikan kebenaran angka-angka yang tercantum dalam laporan keuangan. Lalu ditelisik pula kesiapan perusahaan menghadapi persaingan dengan akan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), bagaimana aspek implementasi GCG dan CSR, serta berbagai aspek lainnya seperti pertumbuhan asset, pertumbuhan premi netto, serta aneka indikator keuangan lainnya.

Sayangnya dewan juri tidak menyertakan survei kepuasan layanan terhadap nasabah sebagai bagian penting dari keberadaan industri asuransi di Indonesia. (MAX)

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: