Cara Mengecek Harga Saham di Yahoo Finance

yahoo-financeBagaimana cara menggunakan Yahoo Finance untuk melihat dan membandingkan harga-harga saham? Caranya sangatlah mudah, termasuk untuk melihat data historis pergerakan harga per lembar saham dalam periode waktu tertentu, misalnya 10 atau 5 tahun terakhir. Hal ini tentulah sangat penting bagi Anda yang ingin belajar berinvestasi saham atau sekedar ingin mengetahui pergerakan saham perusahaan yang termasuk dalam portofolio investasi reksadana Anda.

Untuk memudahkan pembahasan, kita misalkan bahwa Anda ingin mencari data saham PT Unilever Indonesia. Kode sahamnya adalah UNVR. Catatan: Bila Anda belum mengetahui nama kode saham yang ingin dicari, silahkan tanya Google dengan mengetik kata kunci misalnya: kode saham unilever, maka akan muncul kode yang saham perusahaan tersebut).

Baca juga: Mengapa kita harus berinvestasi?

Nah, mari kita lihat pergerakan harga saham PT Unilever Indonesia dalam 5 tahun terakhir sampai dengan hari ini (31 Mei 2015).

Pertama, silahkan buka halaman Yahoo Finance sehingga tampak seperti di bawah ini:

Yahoo_Finance_1

Disisi kiri, terlihat kotak pencarian bertuliskan Quote Lookup. Silahkan ketik kode saham PT Unilever yaitu UNVR.JK (selalu tambahkan .JK di belakang kode saham, bila saham tersebut adalah perusahaan Indonesia) di kotak tersebut lalu klik Go. Selanjutnya akan terbuka layar seperti ini:

Yahoo_Finance_2

Gambar di atas menunjukkan data ringkas saham PT Unilever Indonesia. Harga saham hari ini ditunjukkan dengan angka besar di bagian atas. Di bagian kanan terlihat pergerakan harga saham hari ini, mulai pagi sampai penutupan sore.

Di bagian bawah tabel tersebut, terdapat beberapa pilihan data pergerakan harga saham dalam rentang waktu tertentu: mulai 1 hari (1d) – 5 tahun (5y) terakhir. Untuk melihat perkembangan harga saham dalam 5 tahun terakhir, silahkan klik 5y. Maka data harga saham PT Unilever Indonesia akan terlihat seperti ini:

Yahoo_Finance_3

Lalu apa arti data tersebut? Mari kita lakukan analisa kecil-kecilan saja.

Dari data tersebut terlihat bahwa harga saham PT Unilever Indonesia pada tanggal 31 Mei 2010 adalah Rp16.250/lembar. Dalam 5 tahun kemudian yaitu hari ini tanggal 31 Mei 2015 harga saham PT Unilever Indonesia sudah menjadi Rp43.300, atau telah naik Rp27.050 per lembarnya. Dalam persentase dapat dikatakan bahwa saham tersebut bertumbuh sekitar 166,46% dalam 5 tahun terakhir atau rata-rata 33,29% per tahun!

Artinya, jika 5 tahun lalu Anda berinvestasi di saham PT Unilever Indonesia, misalnya sebesar Rp20 juta, maka nilai investasi saham Anda saat ini sudah berkembang menjadi Rp53.292.000. Nilai tersebut masih ditambah pembagian keuntungan (deviden) yang diterima pemegang saham setiap tahunnya.

Kembali ke tabel, silahkan gerakkan kursor di grafik untuk melihat data-data harga per tanggal tertentu. Lalu perhatikan pula deretan bagian atas tabel. Di situ terdapat aneka pilihan, termasuk jika Anda ingin melihat pergerakan saham 10 tahun terakhir misalnya, maka klik saja 10y. Terlihat juga tombol Comparison yang bisa digunakan untuk membandingkan pergerakan saham tersebut dengan saham perusahaan lainnya.

Agar lebih jelas, coba kita bandingkan pergerakan saham PT Unilever Indonesia dengan PT Kalbe Farma (KLBF). Caranya klik Comparison sampai terbuka kotak kecil di bawahnya. Ketikkan kode saham KLBF.JK, atau langsung pilih Kalbe Farma Tbk, seperti terlihat di bawah ini:

Yahoo_Finance_4

Lalu akan terbuka grafik perbandingan kinerja saham kedua perusahaan tersebut sebagaimana terlihat di bawah ini:

Yahoo_Finance_5

Dalam grafik tersebut terlihat bahwa saham PT Kalbe Farma dalam 5 tahun terakhir berkembang pesat dengan kenaikan sebesar 386,77% atau 77,35% per tahun! Silahkan hitung sendiri nilai investasi jika uang menganggur di rekening tabungan Anda investasikan di saham Kalbe Farma sejak 5 tahun lalu.

Tentu Anda dapat menambahkan kode saham perusahaan lainnya sebagai perbandingan. Fitur-fitur lain dari Yahoo Finance akan kita bahas di kesempatan lain. Inti dari penjelasan ini adalah bahwa informasi dan data penting untuk membantu menganalisa keputusan dan pertimbangan investasi sebetulnya sangat mudah diperoleh dan dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk Anda sendiri. Tidak ada yang terlalu sulit bukan? Investasi bukanlah milik orang kaya atau orang berpendidikan tinggi, tetapi hak kita bersama.

Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam belajar berinvestasi saham atau reksadana. (AL)

* Penggunaan ilustrasi PT Unilever Indonesia Tbk dan PT Kalbe Farma Tbk, semata-mata bertujuan untuk memudahkan penjelasan kami. Howmoneyindonesia.com sama sekali tidak bermaksud mempromosikan atau merekomendasikan secara khusus perusahaan tersebut. Keputusan-keputusan investasi sepenuhnya adalah tanggung-jawab investor sendiri. Terima kasih.

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: