Iklan

Waspada Penipuan Bermodus Bisnis Agen Pulsa

Penipuan_sms_agen_pulsaBisnis agen pulsa memang menarik dan mudah dilakukan dengan modal kecil. Akan tetapi peluang bisnis yang memikat banyak orang ini, juga rentan dijadikan modus penipuan dan telah menelan banyak korban dari berbagai kalangan. Bagaimana modusnya?Ada beberapa modus yang lazim. Salah satunya yang marak saat ini berpola mirip multi level marketing (MLM). Pelaku membuat usaha dengan aneka bisnis termasuk peluang usaha jual beli pulsa. Supaya terlihat legal dan menarik, mereka juga membuat website serta terkadang menampilkan tokoh agama sebagai pemilik ataupun penasehat usaha. Untuk bergabung di “bisnis” ini, cukup mendaftar dan membayar uang pendaftaran yang juga tidak mahal. Member selanjutnya sudah bisa berjualan pulsa. Namun member dapat juga mencari member lain untuk bergabung dan mendapatkan bonus dari uang pendaftaran member baru di bawahnya.

Sekilas tidak ada yang aneh. Akan tetapi bila jeli, akan jelas terlihat bahwa bisnis model ini akhirnya lebih mementingkan cari-cari anggota dan mendapat untung dari hasil pendaftaran anggota di bawahnya, bukan dari jualan pulsa. Pulsa hanyalah kedok semata, bahkan terkadang harganya sama saja dengan pulsa yang dijual di kios.

Modus Deposit Pulsa

Modus penipuan bisnis pulsa lainnya yang juga banyak memakan korban adalah dengan penawaran membuka keagenan pulsa. Dalam menjalankan aksinya, para penipu tak jarang mencatut bisnis legal seperti M-Kios. Pelaku menebar sms tawaran bisnis ke nomor telepon secara acak.

Korban yang tak sadar akan bahaya penipuan, biasanya mengikuti petunjuk yang ada di sms, lalu melakukan registrasi. Bagaikan bisnis sungguhan, calon member kemudian mendapatkan balasan berupa kode agen.

Selanjutnya pelaku mengarahkan korban untuk segera menyetor deposit agar mendapatkan stok pulsa yang akan dijual kembali. Korban biasanya mengambil paket-paket kecil seperti pulsa Rp50.000 untuk coba-coba. Untuk harga ini, pelaku biasanya mematok harga murah, sekitar Rp40.000. Stok pulsa benar-benar dikirim ke hp korban.

Baca juga: Kenali Modus Penipuan Perbankan dan Kartu Kredit

Merasa yakin telah mendapat stok pulsa dengan harga murah, bahkan mendapat untung dari penjualan pulsa, biasanya korban tergiur untuk menambah deposit. Tidak sedikit yang menyetor deposit tambahan Rp500 ribu sampai jutaan rupiah.

Beberapa saat kemudian sms pemberitahuan tentang pulsa masuk. Anehnya sms tersebut memberitahu bahwa pulsa telah terkirim. Namun nominalnya bisa sangat besar, lebih besar dari deposit yang disetor. Hanya saja, setelah dicek ternyata tidak ada pulsa yang terkirim ke hp.

Pada tahap ini, bila diklarifikasi, pelaku biasanya berkilah bahwa sms tadi terkirim karena kesalahan jaringan. Untuk mengatasi “masalah jaringan” korban diminta untuk menyetor deposit lagi agar pulsa benar-benar masuk di handphone.

Bisa ditebak, pulsa takkan pernah datang, sementara uang sudah terlanjur mengalir keluar. Korban pun tidak bisa menelusuri keperadaan pelaku karena hubungan hanya melalui telepon dan sms. Korban dan kerugian pun berjatuhan, sementara pihak kepolisian masih menyelidiki komplotan. Waspada, dan sebarkan informasinya agar rekan atau keluarga Anda dapat terhindar dari modus ini.

Iklan

Comments

  1. zmy.iar@gmail.com says:

    Slam kenal sobat bloger,,
    Mngenai artikel di atas,,sya mau berbagi pengalaman ni..tanggal 24 agustus 2015 istri sy mengalmi hal yang sma percis dengan hal di ats,,
    Dan sya bru tau indikasi pnipuan trsbut stlah bca artikel diatas,,trmkasih sblumnya,,sngnt mmbntu kmi yg krang informasi,,untungnya saat ini kmi tidak tranfer deposit smpe jtaan,,berkat artikel ini hal trsbut dpat kmi cegah,,
    Skdar berbagi,, modus diats kini mlalui bc di bbm,, sklian jg mnambhkn bt rekan rekan ni adalah kontak.si penipu,,
    081368625195,,082341804199,,
    Alamt website si penipu http://medicomchip.weebly.com
    Dan memakai nama di rekening dengan SORAYA BADJIDEH NO REK BRI 038701003154533
    Mhon kpada agan bloger yg baik hti,,agar d sbarkan infonya biar ksus ni tdk trjadi lgi bt rekan.rekan kta yang.lainnya,,
    Sblumnya trmkasih gan,, smga mmbntu

  2. Saya juga baru-baru ini tertipu dengan modus seperti ini, sebelumnya saya sudah curiga dgn modus penipuan ini, tapi ketika awal saya isi deposit 100.000 semuanya meyakinkan dari SMS – SMS operatornya keliatan resmi , mohon kepada yg lain untuk berhati-hati ini saya kira jaringan karena pas terakhir si penipu menelepon saya saya mendegar suara temannya lagi menelepon lagi nasabah yang lain. Ini kontak No HP 0852 98182051- 0852 15678794pelaku dan No rek agar kepada yang lain untuk berhati-hati REK BRI A/N:AGUS SUHENDAR.No REK:731401009546530.Stelah Anda Sudah Transfer Ketik:K.SDHTRANSFER.JUMLAH.PIN Kirim Sms Ke 085215678794. Hati-hati juga karena mereka si penipu menulis GRAHA CELL (ID:A2413-1) telah mentransfer ke account anda sebesar Rp.550000 Saldo awal Rp.58000 Saldo akhir Rp.608000
    SN:425136958658. Jadi membuat kita yakin dan asli padahal itu bodong itu SMS dari No si penipu itu.

    • Wahhh,,,trnyata bnyak jga yg udah kena tipu,,,aq ndiri juga pernah beberapa bulan lalu,,atas nama GRAHA CELL/MULTY CELL,,depo awal 100 rb sih oke” saja,,,baru 3x trx dpt sms saldo limitt,,hrus tf lagi. Sya tf lg 500rb,,trx lancar,,trus mo trx 50rb,,ktanya ndak bisa..hellooo,,,trus sya di telfon trus sma cs palsu,nadanya kyk gk punya salah gitu,,malah minta aktivasi atm,,,untung aqu dah sadar ,,udah uang 500rb lbh diambil,,masih minta isi yg di atm,,gila tuh orang kali yaa..nih skarang aq diinvite WATINA PULSA modusnya sama bingitt,,mau aqu kerjain dulu ya,,hehe..

  3. Selli Oktaviani says:

    Saya baru ini mengalami kejadian sama dengan artikel diatas, bahkan saya sudah mentransfer sekitar 3jt, awalnya saya deposit 500rb tapi pihak penipu modusnya memasukkan deposit ke id saya lebih dari nominal deposit saya dia masukkin di 5.500.796 dan saya dsuruh menanggung semuanya, karena saya pengen bekerjasama dengan baik ada kesepakatan mentransfet 50% dan akhirnya saya transfer baru beberapa x transaksi sudah tidak bisa transaksi dan akhirnya saya baru sadar ini penipuan..

  4. Wah, Ternyata modus penipuan. Makasih nih bwt yg udh ng post. Kebetulan saya juga kena tipu baru-baru ini. Cari agen pulsa ngakunya punya toko Alamat Jl.Jendral Sudirman Plaza Semanggi Kav 44-45 Lantai 4 Jak-Sel. Tlp 081525848631
    BBM 29437DB0. Begitu saya transfer uang 100rb dan mnta diisi saldo pulsa, yg punya no malah mnta dikirim bukti pembayaran lewat bbm atau di telfon. Begitu saya kirim bukti pembayaran, ternyata tidak di read. Dan sudah saya telfon berkali-kali tidak diangkat. Buat temen-temen yg baca artikel sma komen ini tlong mulai hati-hati dr sekarang mending cari agen pulsa deket rumah yg bisa dipantau real time. Ini no lain penipu sama sms nya dr si penipu 082231463171
    081525848631
    Cara pembelian Saldo di transfer ke BANK BRI. BUDI KRISTIONO 020601118654503. Stelah Anda Sudah Transfer Ketik K.SDHTRANSFER.JUMLAH.NAMA. Sms ke: 085210254000

    • Waduh sama hari ini aku kontekan sama ngakunya mandiri cell alamat nya d jl. jendral sudirman plaza semanggi kav. 44-45 lantai 4 jaksel..nawarin jd agen pulsa..murah bgt harga nya bikin tergiur..untung aku cari tau di internet..ternyata modus doank…alhmdlah blm fix minat dan transfer… makasi ya teman2..

  5. Wahh,,,saya hampir saja ketipu,,,
    Cuman kalo disaya, bilangnya saldo dikrim dulu baru uang dsuruh transfer.
    Tp ujung” mungkin kaya kalian jg kali ya.
    Trims tas infonya☺

  6. Mereka terlalu bnyk menggunakan nama lain di rek tapi alamat kantor palsu sama,, mereka pasti mendapt balsan yg setimpal karena mereka telah mengambil yg bukan milik mereka,,nmor hp 082332443337 dan 082333664222 Ahmad Randi dan Suhendi,, Banknya BRi Atas nama mereka berdua.. dan pastinya ada nama lain dari yg di atas.

  7. Sama persis baru kemarin Sabtu, 16april2016 ngalamin hal yang sama,, tf uang 500Rb pulsa yg masuk 5jt 750,, terkesan kita yg salah karna tidak teliti, kita diminta untuk transfer uang lagi sebesar 5jt mengatas namakan kesalahan jaringan. Modus nya rapi kata2nya santun kita diberikan alamat kantor(jl.imam bonjol graha mandiri lt 11-15) di kirim KTP bosnya.
    10rb 20rb transaski masih oke, stelah saya minta transaksi 50rb dapat balasan “transaksi tidak dapat dilakukan untuk sementara transaksi anda kami BLOK segera hubungi agen kami WARTINA SARI SELULER” sadar penipuan langsung saya telp dengan nada so paling bener tuh org ngejelasin ini semua salah ibu, ibu tidak teliti, jadi saya minta ibu metransfer kembali uang 5jt.. sambil ngelus dada dgn nada setinggi tinggi nya saya bilang, YA AMPUN MAASSS UANG 500RB MASIH BLOM KENYANG??? MINTA TRANSFER UANG LAGI??? JANGAN GILA MAS JARINGAN DISALAHIN JEMPOL MAS KALI YG KEGEDEAN TRANSFER UANG 500RB KIRIM PULSA 5JT orgnya jawab klo mba tdk transfer uang yg 5jt, transaksi selanjutnya tdk bs dilakukan.. IKHLAS SAYA MAS ITUNG2 SEDEKAH SAMA ORANG SUSAH(saking keselnya) tuh org cuma jawab oh gitu ya mba??*sambil nutup tlp langsung lemes tapi bersyukur ga sampe kirim uang jutaan. Pengalaman ini saya share agar meminimalkan para korban, jgn langsung tergiur sama promo agen pulsa yg dibandrol murah.
    Smoga aparat kita bisa segera menangkap pelakunya. Amin

    • Terima kasih mas… Penipuan isi pulsa dan tawaran nomor hp cantik memang lagi marak..tetap waspada…saling berbagi info…

    • Kiki cantika says:

      Mkasi mas info nya. Barusan saya juga di invite oleh wartina pulsa.saya minta alamat nya dimna .dia juga kasih alamat yg sma.ALAMAT KANTOR
      JL.IMAM BONJOL GEDUNG GRAHA MANDIRI LANTAI 11-15 JAKARTA PUSAT.
      Untung saya was was.dan search di google ketemu ini..
      Makasi y mas

      • titin yuli ani says:

        tu jadi nya gmna,di laporin ke polisi ap gak,aku baru aj ketipu kyk gt juga,atas nama iin graha distributor yg menipu saya,jadi solusi nya gmna y,malah saya udh transfer 10 juta lebih,sama kayak ni,alamat nya juga yg penipu nya,sama persis kejadianya seperti tu,malah aku udh transfer banyak bgt

    • pengalaman yg sama barusan saya alami. Wartina pulsa sudah menipu saya. aq transfer 1jt dijanjikan dpt 1jt 300. Mlah dimasukin 13jt. Dsuruh balikin sisanya pula. G bs, malah dsuruh transfr 5jt untuk buka blokir biar bs transaksi. Kl g bs transfer dsuruh antr simcard ke bali. Pake ketawa lg nunjukin jalan ke Bali. Skrg msh lemes uang 1jt kblokir, malah dsuruh transfer 5jt. Dasar penipu bs aj. Jgn smpai ktipu yg lain ya. Wartina pulsa 082346514834 dan 082331288817 pin bb 5f37182f alamat Jl by pass I Gusti Ngurah Rai simpang dewa ruci lantai 2 unit 2c Bali. MasyaAlloh, smpe skrg msh lemes bgt rasanya. Kog bs aq ktipu sprti inI. Yg lain hati2.

      • Iya mbaa.. sy juga udh ketipu 3juta .. sy lgsg lemes.. sama persis sy deposit 3jt dpet 1jt masaa jd 40juta saldo saya.. dan ktnya dsuruh kirim dp lg 20 juta dan itu nnti akan dkembalikan dlm wktu 20 menit br nnti saldo sy bs dpake lg buat transaksi.. bsoknya akan dkirim laptop buat transaksi kbeberapa server.. ya allah udh susah nyari duit 3juta , pkir sy deposit utk nnti akhir bulan bs beli plsa listrik utk kntor sy ehh mlh jd bgini.. smoga org2 itu dpet balasan dr allah..

  8. Alhamdulillah belom kena tipu ,
    Padahal udah nanya ” cara nya gmna buat isi saldo ,
    Trus yang menggiurkan itu ngejual hp diskon 50 % ,
    Rasa nya pengen banget beli .
    Ehh pas Liat komen ” kalian semua ternyata ini penipuan , untung saya gak percaya qlo buat transfer ” aja ,
    Abis nya mencurigakan sii masa belom pasti si penipu udah sms lagi katanya JADI GIMANA UNTUK PEMBELIAN SALDO NYa ,
    50:50 deh jdi nya .
    REK:BRI A/N:RANGGI PUTRA A : REK:144201001266507.Stelah Anda Sudah Transfer Ketik:K.SDHTRANSFER.JUMLAH.PIN Kirim Sms Ke 082311757397

    • Surely arinda says:

      Aku juga, bener2 selangkah lagi ketipu. Tahan aku mau jual hape, buat modal beli vocher di graha cell percis, namanya ranggi itu. Saat aku beneean mau jadi agen pulsa, dihati aku kayak ada yg menahan gerakan hati aku. Berarti aku terselamatkan dari modus itu. Pantesan, masak harga voucher 5000, kita beli ama dia 4200, yang 10.000 sama dia 8600. Siapa yg gak tergiur, coba?

  9. makash ya unfonya,, untung lom jadi tt.

  10. saya mau ngejebak ini orang,gmn yah menurut kalian??
    masalahnya saya juga skrg lagi bermasalah dengan mereka.
    saya deposit 500rb tapi masuknya 5.750.000 dan sekarang saya yg harus menanggung semua,sedangkan bukan salah saya.
    sampai-sampai pimpinanya langsung yg berbicara dengan saya.
    saya ingin ngejebak mereka bagaimana yah? biar langsung diringkus dan gak ada lagi korban-korban seperti saya dan semua.
    di atas namakan “IIN MUTMAINAH GRAHA PULSA”

  11. Assalamualaikum, Alhamdulillah sy blm ketipu sm kontak bbm yg mengatasnamakan GRAHA CELL dia menawarkan menjadi agen pulsa dan menjual hp ori dgn harga serba 1jt dgn iming2 sedang cuci gudang.
    Awalnya ibu saya sdg butuh hp lalu beliau tergiur dgn tawaran beli 1 gratis 1sy blg “gila aja masa ip5s harganya 1jt trs gratis 1hp jg, mana mungkin” disitu sy coba invite pin bb nya D0EBAEA7 sy tanya2 “itu bener sis harga hp segitu trs gratis hp jg?” Dia blg “iya sist bener” krn sy msh penasaran, sy coba bbm dia lg “alamat toko dmn sis?” Dia bls besoknya “Alamat:Jl Jendral Sudirman Kav 44-45 Lantai 2 Plaza Semanggi Jakarta Selatan. Minat barang Apa sist saya fotokan,barang original/baru tersegel,ongkir gratis,pengiriman lewat tiki/jne” trs saya coba cek di google, tp beda nama graha shop dan di blog itu yg nulis mengingatkan “dia sering ganti2 nama” ya sy mikir jgnjgn ganti nama jd graha cell. Jd hati2 aja, jgn tergiur dgn harga yg murah.

    Nama : GRAHA CELL
    Pin bb : D0EBAEA7
    Alamat:Jl Jendral Sudirman Kav 44-45 Lantai 2 Plaza Semanggi Jakarta Selatan
    No. Hp : 082348789345 / 082390222807
    Website : http://www.graha-cell.com
    No.rek : 5018-0101-8751-536 BRI A/N.EKO EDY REU

  12. Yaaaahhhh saya juga kena tipu……karena tergiur 500rb melayang. Semoga tidak ada korban2 berikutnya

  13. titin yuli ani says:

    aku hari ini apes bgt,habis kena tipu iin graha distributor,alamat kantor=JALAN IMAM BONJOL GEDUNG GRAHA MANDIRI LANTAI 11-15 JAKARTA PUSAT,AKU UDH TRANSFER DUIT SEJUTA,TAPI MALAH MASUK 13 JUTA tu saldo pulsanya ,jadi seolah2 kebanyakan ngisi saldo nya,nAH aku TU di SURUH TRANSFER DUIT DULU 5 JUTA,SUPAYA BISA TRANSAKSI PULSA,karena mereka saldo nya ngisi nya kelebihan,krna saya org nya positif thinking makanya aku transfer,5 juta,dengan berharap bisa transaksi pulsa lagi,eh malah minta lagi 5 juta,udh di transfer juga tp malah gak bisa2 buat transaksi,sadar2 aku udh transfer 10 juta,ya Allah nyesek bgt,gmna caranya tu org biar bisa diusut tuntas,biar gak ngambil hak org miskin,ni no penipunya 081527651266,semoga mereka mendapat kan hal yg setimpal,supaya kapok

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: