Bitcoin: Mata Uang Baru Dunia?

Bitcoin_indonesiaApa itu Bitcoin? Sederhananya dapat dikatakan bahwa bitcoin adalah mata uang maya yang bisa dipergunakan oleh pemiliknya untuk melakukan aneka transaksi sebagaimana uang fisik. Bitcoin.org menyebutnya: Bitcoin is an innovative payment network and a new kind of money. Lalu apa kelebihannya? Bitcoin menjadi alat pembayaran digital yang membuat proses transaksi menjadi lebih nyaman dan lebih murah karena tak tergantung lagi pada nilai tukar, tanpa biaya transaksi bank. Penggunaan bitcoin dilakukan masyarakat tanpa melibatkan perantaraan bank atau uang tunai.

Semua ini terjadi karena pengguna bitcoin tidak perlu menyertakan identitas. Yang diperlukan hanyalah “dompet digital.” Dengan demikian kerahasiaan pengguna bitcoin sangatlah terjaga, dan privasi diyakini jauh lebih baik dibanding penggunaan kartu kredit. Untuk membuat dompet digital bitcoin, Anda dapat menggunakan beberapa penyedia antara lain mtgox.com atau multibit.org. Bitcoin.co.id adalah salah satu website lokal Indonesia yang menawarkan jasa jual beli bitcoin.

Lalu bagaimana cara memperoleh bitcoin? Menurut bitcoin.org, siapapun bisa menghasilkan sendiri bitcoin dengan cara yang diistilahkan mining atau menambang. Akan tetapi, untuk menghasilkan bitcoin diperlukan waktu yang cukup lama dan tidak mudah.

Bitcoin sendiri “diterbitkan” terbatas hanya 21 juta unit di seluruh dunia. Dengan demikian bitcoin tidak akan tergerus oleh inflasi yang justru merupakan momok bagi uang fisik yang kita gunakan saat ini. Karena tidak diperdagangkan atau ditransaksikan melalui bank dan tidak diterbitkan oleh bank sentral suatu negara, maka dapat dikatakan bahwa negara sama sekali tidak berperan dalam peredaran bitcoin di negara manapun.

“Bitcoin benar-benar mampu membuat pemerintah atau negara tak memiliki otoritas terhadap mata uang,” ujar Miles Kimball, seorang ekonom dari University of Michigan. Kehadiran bitcoin karenanya berpotensi menjadi alat pembayaran universal yang sesungguhnya.

Karena bersifat sebagai alat pembayaran, bitcoin juga mengalami naik turun nilai. Itulah sebabnya, bitcoin.org memperingatkan agar orang berhati-hati dalam mengoleksi bitcoin sebagai investasi. Nilai bitcoin masih sangat labil, berfluktuasi sehingga sangat beresiko bila menyimpan sejumlah uang dalam bentuk bitcoin.

Simpang siur informasi bitcoin memunculkan ide bisnis bagi Martin Bylsma dan mendirikan usaha MLM: Bitcoin Economy. Perusahaan MLM ini sendiri berjualan produk berupa paket kursus “ilmu tentang bitcoin.” Anda dapat membacanya selengkapnya di: Bitcoin Economy: MLM Terbaru 2014.

Sumber: CNN, Kompas, Bitcoin Economy, Bitcoin.org.

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: