6 Cara Membangun Mindset Miliarder untuk Sukses Anda

Anda ingin menjadi miliarder sukses? Anda tidak sendirian. Ada banyak sekali orang yang memiliki impian yang sama dengan Anda. Ada yang bermimpi ingin segera meninggalkan rutinitas kerja yang menyita waktu, menjadi CEO dari usaha sendiri, dan menikmati gaya hidup miliarder seperti di TV. CEO Life on Fire, Nick Unsworth menegaskan bahwa ada perbedaan sangat besar antara mereka yang bermimpi menjadi miliarder dan mereka yang berhasil menjadi miliarder.

Sebagaimana orang sukses lainnya, Nick menekankan bahwa untuk menjadi pribadi sukses, semuanya dimulai dari mindset, pikiran kita. Jika Anda tidak membangun mindset dengan benar, maka Anda akan terus mendorong roda kehidupan, bekerja keras sepanjang waktu, tetapi tidak mencapai hal-hal yang signifikan dalam hidup.

Karena itu Nick Unsworth dalam sebuah tulisan di Enterpreneur.com menegaskan perlunya membangun mindset miliarder melalui setidaknya 6 cara berikut ini:

1. Memiliki Visi yang Jelas

Jika Anda berencana menjadi miliarder dalam waktu tertentu di hidup, sebaiknya Anda memiliki alasan tujuan yang jelas, mengapa Anda ingin mencapai level kemakmuran tersebut. Di awal perjalanan karir atau bisnis, bisa jadi tujuan utama Anda adalah mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.

Namun orang sukses mengakui bahwa tujuan utama mereka bukanlah uang, melainkan manfaat apa yang bisa dilakukan oleh uang.

Bagaimana dengan Anda. Mengapa Anda ingin menjadi miliarder? Alasan tujuan Anda haruslah jelas dan kuat, sehingga bila ada tantangan atau kesulitan, Anda akan selalu terdorong untuk bangkit melanjutkan perjuangan Anda. Karena tujuan Anda harus terwujud, apapun yang terjadi.

Dampak apa yang ingin Anda hasilkan dalam hidup? Dampak positip apa yang ingin Anda hasilkan dari kesuksesan Anda sebagai miliarder? Atau lebih penting lagi: Dampak negatif apa yang mungkin terjadi bila Anda tidak menjadi pribadi sukses sesuai tujuan Anda?

Bila alasan dan tujuan Anda jelas, akan terjadi peningkatan luar biasa dalam tindakan nyata yang dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Para usahawan sukses dunia umumnya memiliki visi besar yang sangat jelas. Mereka tahu benar arah tujuan mereka dan mengapa mereka memilih tujuan-tujuan tersebut. Mereka ingin memberi dampak yang baik dan membangun nama baik.

Bagaimana dengan Anda? Dampak apa yang ingin Anda hasilkan? Anda ingin dikenal sebagai apa.. ? Bila Anda memiliki rencana dampak yang jelas, maka Anda akan sanggup melewati masa-masa sulit dalam perjalanan hidup, yang akhirnya menuntun ke pertumbuhan sukses.

Selain itu, pemilik bisnis miliarder memiliki mentalitas “sekarang juga.” Mereka tidak suka menunda, tetapi langsung mengerjakan apa yang perlu saat ini meskipun susah, menakutkan dan terlihat mustahil. Memahami tujuan Anda, apa yang Anda kerjakan, dan menghindari kebiasaan menunda-nunda; akan membuat Anda menjadi pribadi sukses yang Anda impikan.

Mark Zuckerberg awalnya membangun Facebook dengan tujuan sederhana: menghubungkan teman-teman sekolahnya. Sekarang Facebook menghubungkan miliaran orang, menjadikan Mark salah satu orang terkaya di dunia.

2. Mencintai Apa yang Dikerjakan

Saat mengerjakan sesuatu yang memang disukai, kita tidak akan merasa sedang bekerja. Dan jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, uang akan datang mengalir dengan sendirinya. Meskipun saat ini mungkin Anda memiliki karir atau pekerjaan yang tidak Anda sukai, cukup dengan sedikit merubah cara pandang Anda terhadap pekerjaan tersebut dapat merubah seluruh mindset atau pikiran Anda menjadi lebih baik.

Daripada bersungut-sungut tentang pekerjaan Anda saat ini, anggap saja pekerjaan tersebut sebagai bank yang mendanai Anda menuju ke tujuan-tujuan hidup. Bersemangat dan bergembiralah dalam segala kondisi sehingga Anda bisa menghargai pekerjaan atau usaha Anda, yang pada akhirnya menuntun menemukan usaha atau pekerjaan yang bakal Anda sukai.

3. Jadilah Pembawa Solusi

Pastikan bisnis Anda bisa membantu mengatasi permasalahan hidup orang lain.

Dengan berfokus mengatasi masalah, berarti Anda bisa memberi jalan keluar, sementara kebanyakan orang lain mungkin hanya bisa melihat problem saja. Jadi saat keadaan menjadi sulit, dan kebanyakan orang memilih mundur, pikiran miliarder selalu bisa melihat peluang dan solusi-solusi dalam permasalahan. Mereka meyakini bahwa seberapa pun besarnya masalah atau tantangan, pasti ada hikmahnya.

Selalu mengusahakan solusi, akan membuat Anda memiliki pikiran positip dan tidak mudah digoyahkan oleh situasi yang terkadang tidak bisa kita kendalikan. Anda akan semakin terlatih dan kuat. Semakin anda bertumbuh sebagai wirausahawan, tekanan pun akan semakin besar, demikian juga tanggung jawab dan permasalahan yang muncul.

Miliarder selalu bersemangat menghadapi tantangan hidup, karena mereka tahu bahwa ada berkah dibalik semua itu. Lagipula, bukankah orang yang mampu memberikan jalan keluar pasti akan menarik banyak orang yang butuh solusi?

 

Sebastian Dobrincu, menginjak usia baru 20 tahun, ia telah berhasil meluncurkan sejumlah bisnis yang menjadikannya salah satu miliarder termuda Silicon Valley.

4. Terus Mengasah Kemampuan Kepemimpinan

Terus-menerus mematangkan kemampuan memimpin akan memperbaiki dan mengubah segala aspek kehidupan dan bisnis Anda secara dramatis. Luangkan waktu membaca artikel atau buku-buku motivasi atau kepemimpinan. Semakin Anda membangun mengembangkan kepemimpinan, Anda juga akan menarik leader-leader bisnis lainnya ke bisnis Anda.

Salah satu prinsip kepemimpinan yang tak terbantahkan adalah: the law of the lid.* Prinsip ini mengajarkan bahwa Andalah merupakan tutup (lid) dari kotak hidup Anda. Dengan kata lain, Anda sendirilah yang menjadi penentu utama pertumbuhan bisnis Anda. Dengan mengembangkan kemampuan kepemimpinan, Anda akan berhasil membuka penutup itu sehingga bisnis (dan kehidupan) Anda akan berkembang sukses.

5. Selalu Ingin Bertumbuh

Pemilik bisnis besar tak henti mencari kesempatan untuk mengembangkan dan menumbuhkan kemampuan diri.

Karena itu, pertama, temukan pembimbing sukses yang siap membantu Anda. Serap ilmu sukses dari manapun asalnya.

Kedua, buka mata hati dan kosongkan diri untuk menerima informasi dan pengajaran. Yang sering terjadi adalah Anda merasa tahu segalanya. Tanpa sadar Anda memasang tembok tebal sehingga Anda tidak bisa menerima informasi atau masukan dari orang sukses. Ingat bahwa pembimbing atau penasehat melihat bisnis dan kehidupan Anda dari luar, dengan sisi yang berbeda dari pandangan Anda.

Percaya bahwa pembmbing Anda memiliki kebajikan dan pandangan luas yang mungkin saja tidak Anda miliki. Semakin Anda membuka hati dan menerima masukan, semakin cepat dan jauh bisnis Anda akan berkembang.

Donald Trump pernah kehilangan seluruh harta bahkan berhutang lebih $9 miliar. Tetapi ia berhasil memimpin hidupnya, membalikkan keadaan menjadi pengusaha sukses bahkan menjadi presiden Amerika.

6. Balikkan Pikiran Anda dari Sekedar “Melakukan” ke “Menjadi”

Kebanyakan orang, termasuk usahawan juga, selalu berbuat sesuatu agar bisa memiliki banyak hal: mobil baru, rumah besar, barang mewah, relasi bisnis, dan semua hal yang membuat mereka merasa penting dan nyaman tentang diri mereka. Mereka percaya bahwa saat menjadi orang kaya, mereka akan lebih diperhatikan dan telah melakukan hal yang bermanfaat.

Tetapi pemikiran seperti ini pada dasarnya merupakan kemunduran!

Jika Anda ingin menjadi miliarder, terlebih dahulu Anda harus bersikap dan berpikir seperti orang sukses sejati. Dengan melakukan hal ini, Anda pasti akan menarik lebih banyak sumber daya yang penting untuk mendukung perjalanan Anda menuju sukses.

Jadi bukannya melakukan sesuatu agar bisa punya ini itu; atau agar menjadi seseorang. Justru Anda harus terlebih dahulu menjadi seseorang; seseorang, yang memiliki kualitas diri yang menginspirasi untuk selanjutnya bertindak, berbuat. Tahu tujuan hidup, pantang menyerah, bersemangat, selalu berpikir positip, aktif berbagi manfaat kehidupan….dan sebagainya. Bukankah sikap-sikap miliarder seperti ini bisa juga Anda miliki sekarang?

Dengan bersikap dan berpikir selayaknya seorang miliarder, Anda akan mampu bisa bertindak nyata, melakukan hal-hal yang dilakukan oleh seorang miliarder sejati. Anda bisa!!

(Enterpreneur.com)

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: