SBR 006: Pilihan Investasi Aman dan Dijamin Pemerintah

Pemerintah secara teratur menerbitkan aneka pilihan Surat Berharga Negara (SBN) yang ditawarkan sebagai pilihan investasi kepada masyarakat Indonesia. Saving Bond Ritel (SBR) 006 salah salah satunya, diterbitkan untuk mengumpulkan dana investasi masyarakat untuk membiayai pembangunan, terutama untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Artinya dengan membeli SBR 006, masyarakat selain berpotensi mendapatkan keuntungan hasil investasi, juga sekaligus berkesempatan berpartisipasi langsung membiayai pembangunan dan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi mendatang. Karena diterbitkan dan dijamin pemerintah, maka investasi ini sangatlah aman.

Sebagai informasi, salah satu SBN yang baru saja ditawarkan pemerintah adalah Sukuk Ritel (SR) 011, yaitu obligasi berbasis syariah yang berhasil menghimpun dana masyarakat Rp21 trilyun! Dana tersebut merupakan hasil investasi dari 35.026 investor nusantara yang didominasi oleh kaum wanita (56,4%).

Baca juga: Cara Menghitung Keuntungan dari Sukuk atau ORI

Lalu berapa potensi keuntungan bila menanamkan duit di SBR 006?

Keuntungan (disebut: kupon) SBR006 bersifat mengambang dengan tingkat kupon minimal  (floating with floor ) sebesar 7,95% per tahun (disesuaikan setiap 3 bulan). Artinya, meskipun bersifat mengambang, batas terbawah kupon SBR 006 adalah 7,95%, jauh lebih tinggi dari bunga deposito yang ada saat ini.

Investasi SBR 006, sangat mudah, secara online.

Saving Bond Ritel 006 jatuh tempo dalam 2 tahun (10 April 2021). Artinya, investor diharapkan menanamkan investasinya selama periode tersebut. Namun, bila investtor membutuhkan dana, SBR 006 memungkinkan pencairan dana lebih awal (early redemption). Fasilitas ini hanya dapat dimanfaatkan oleh investor dengan minimal kepemilikan Rp2 juta di setiap Mitra Distribusi SBR 006 dan jumlah maksimal yang dapat diajukan untuk Early Redemption adalah 50% dari total kepemilikan investor.

Lalu bagaimana cara menjadi investor SBR 006?

Sangat mudah! Untuk proses pendaftaran, pemesanan, dan pembayaran SBR 006, cukup dilakukan secara online e-SBN. Dengan demikian, Anda dapat melakukan pembelian SBR006 dimana saja, selama masa penawaran (01 – 16 April 2019). Untuk SBR 006, pembelian minimal adalah Rp1 juta dan maksimal Rp3 milliar.

Investasi semudah online shopping. #SBR006

Keuntungan investasi (kupon) akan dibayarkan ke rekening investor setiap bulan, tanggal 10 sampai dengan investasi jatuh tempo. Early redemption dapat dilakukan pada 27 April – 4 Mei 2020.

Investasi SBR 006 semudah shopping online. Segera klik salah satu mitra distribusi SBR 006 kesukaan kamu di bawah ini untuk memulai investasi mulia Anda nan menguntungkan sekaligus berpartisipasi membangun negeri.



Sumber: Kemenkeu.go.id

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: