Iklan

Jangan Mau Bila Kartu Kredit Anda Digesek Lagi di Mesin Kasir !!

Pastikan kartu kredit hanya digesek di mesin EDC.

Pencurian dan penyebaran data nasabah bank sangat rentan disalahgunakan pihak lain. beberapa waktu lalu, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menangkap pelaku pencurian dan penjualan data nasabah melalui internet berinisial C (27). Penangkapan tersebut dilakukan menyusul banyaknya laporan dari masyarakat terkait keresahan penawaran pembuatan kartu kredit atau asuransi melalui telepon.

Lalu bagaimana C bisa mendapatkan data nasabah?

Ada banyak cara yang digunakan orang untuk mencuri data-data orang lain. Teknik mencuri data ini disebut phising (baca: Aneka Teknik Phising / Pencurian Data Identitas). Salah satu sumber kebocoran data ini terjadi dari proses transaksi kartu kredit yang tidak tepat, misalnya saat kasir menggesek ulang kartu kredit di mesin kasir, selain di mesin EDC (Electronic Data Capture).

Menurut Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas, penggesekan kartu kredit di mesin selain EDC tidak dapat dipantau dan dijamin kerahasiaannya oleh perbankan. Hanya mesin EDC yang terkoneksi dan terpantau oleh Bank (dan OJK tentunya) sehingga data nasabah lebih aman.

“Hanya (gesek) di EDC saja. Itu datanya langsung ke bank, dan ter-protect (proteksi) secara sistem. Kalau digesek di keyboard kasir itu, kami tidak tahu ke mana data kartunya, dan bisa saja disalahgunakan,” ungkapnya dalam Media Training di Pantai Nipah, Lombok, Jumat (25/8).

Selain itu, sebagian besar pemegang kuasa data adalah melalui ijin dari Visa. Demi menjaga keamanan data nasabah, Visa hanya menyarankan penggesekan kartu kredit di EDC.

Switching company di Indonesia kan Visa. Kartu Visa itu seharusnya tidak boleh digesek di kasir selain EDC. Kalau di luar negeri, keyboard kasir memang online dengan bank. Berbeda di negara kita, masih terpisah. Hanya EDC saja,” tambah Rohan.

Sebagai bagian dari kemajuan tekbologi, transaksi online pun semakin populer. Namun demikian, jual beli daring pun berpotensi membuka banyak celah dan jebakan yang bisa mengakibatkan data nasabah dicuri oleh pihak lain.

Akibatnya berefek pada penggunaan kartu kredit oleh pihak lain ataupun terbukanya akses perbankan nasabah. Lalu bagaimana cara aman untuk bertransaksi di duni amaya? Silahkan baca lebih lanjut: Tips Aman Berbelanja Online.

 

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: