Berapa Lama Sebaiknya Menyimpan di Kulkas?

Kulkas_Kulkas, jelas bisa sangat membantu menghemat keuangan rumah tangga dengan cara menjaga kesegaran makanan. Dengan demikian buah, sayur, ataupun makanan jadi tidak cepat busuk, basi dan terbuang. Namun perlu diketahui bahwa masing-masing makanan memiliki ketahanan berbeda di dalam kulkas. Jika tidak dipahami, malah bisa membuat hidup boros karena sakit. Berikut kami rinci daya tahan beberapa jenis makanan yang sering disimpan di kulkas:

Susu

Perhatikan selalu tanggal kadaluarsa saat membeli. Setelah kemasannya dibuka, susu hanya bertahan maksimal 5 hari di kulkas. Gunakan juga penciuman Anda untuk mengendus apakah susu sudah berubah rasa alias rusak.

Keju

Sama dengan susu, perhatikan selalu tanggal kadaluarsa di kemasan. Untuk produk ini agak susah menyarankan berapa lama sebaiknya disimpan di kulkas. Karena itu sebaiknya gunakan penciuman Anda untuk mengendus apakah keju masih baik ataukah sudah berganti aroma.

Mentega dan Margarin

Kebanyakan orang mengira produk ini sama, padahal berbeda. Mentega dapat bertahan sampai 3 bulan di kulkas, dan lebih lama lagi bila disimpan di freezer. Sementara margarin dapat awet disimpan sampai 5 bulan di kulkas.

Baca juga: 12 Kebiasaan Membuang Duit yang Sering tidak Disadari

Daging

Jika tidak langsung dikonsumsi, sebaiknya daging segera dimasukkan ke freezer supaya kesegaran dan nutrisinya terjaga. Namun jika tidak tersedia tempat di freezer, daging dapat bertahan di kulkas maksimum satu minggu. Supaya awet beberapa minggu, sebaiknya daging dibungkus dalam kemasan yang telah divakum.

Sayuran Segar

Kebanyakan sayuran dapat bertahan hingga seminggu di kulkas, beberapa jenis diantaranya bahkan bisa lebih seminggu. Pastikan untuk segera membuang bagian sayuran yang telah layu atau membusuk. Jika tidak, sayuran rusak bisa mengakibatkan keracunan (foodbourne illness).

Buah Segar

Bueh jenis berry hanya bertahan beberapa hari saja di kulkas. Melon dapat bertahan beberapa minggu, tetapi pisang dan apel bisa awt sampai 5 minggu.

Telur

Saat membeli telur (terutama di supermarket), perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan. Telur yang belum dimasak dapat bertahan hingga 5 minggu, baik di kulkas maupun di laur kulkas. Namun telur rebus hanya bisa disimpan selama 2 -3 hari di kulkas.

Yogurt

Yogurt kurang lebih sama dengan susu, selalu cek tanggal kadaluarsanya. Bila telah dibuka, yogurt masih bisa bertahan hingga 2 minggu di kulkas. Ingat: selalu gunakan indra penciuman Anda.

Makanan Sisa

Usahakan tempatkan makanan sisa dalam wadah tertutup. Makanan sisa dapat disimpan di kulkas dan masih aman dikonsumsi maksimal 3 hari setelah dimasak.

Gunakan kulkas secara bijaksana, untuk mendukung kesehatan badan dan kesehatan kantong Anda. (https://au.lifestyle.yahoo.com)

 

 

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: