Iklan

Investasi Reksadana Syariah Berkembang Pesat

investment_reksadanaJakarta, 04/06. Perkembangan reksadana syariah di Indonesia mencatat pertumbuhan yang baik seiring peningkatan kesadaran masyarakat untuk belajar berinvestasi. Dalam rilis yang dikeluarkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tercatat bahwa sampai dengan Mei 2015, jumlah produk reksadana syariah meningkat dari hanya 3 produk di tahun 2003 menjadi 80 produk kini. Peningkatan jumlah produk tersebut juga dibarengi pertumbuhan nilai aktiva bersih (NAB) dari hanya Rp66, 94 milyar (2003) menjadi Rp11,79 trilyun di bulan Mei 2015.

Ke-80 produk reksadana syariah tersebut terdiri atas reksadana pasar uang (8), reksadana saham (23), reksadana pendapatan tetap (11), reksadana campuran (18), reksadana terproteksi (18), reksadana indeks (1), dan reskadana ETF (1). Beberapa diantaranya bahkan tercatat sebagai reksadana terbaik yang menjadi pilihan masyarakat investor.

OJK_reksadana_syariah_Mei_2015

Sumber data: Otoritas Jasa Keuangan

Menurut OJK, perkembangan investasi syariah di Indonesia tak lepas dari pengembangan keuangan syariah nasional, baik dari aspek kelembagaan keuangan syariah dan infrastruktur penunjangnya, keahlian dan perangkat regulasi serta sistem pengawasan, maupun awareness dan literasi masyarakat terhadap layanan jasa keuangan syariah. Berbagai sinergi aktivitas ekonomi syariah yang secara timbal balik juga saling mendukung seperti industri makanan,  produk kosmetika dan obat-obatan halal, fashion muslim, dan pariwisata syariah.

Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat di Indonesia yang ingin berinvestasi di produk-produk pasar modal yang sesuai dengan prinsip dasar syariah, dikembangkan pula Pasar Modal Syariah. Sampai dengan akhir Maret 2015, total saham syariah yang diperdagangkan di pasar modal telah mencapai nilai Rp 2.946,89 triliun, sementara sukuk korporasi yang diperdagangkan mencapai nilai Rp 7,1 triliun.

Adapun total produk reksadana yang ada saat ini ada 967 produk, dengan total NAB Rp266,74 trilyun. Meskipun angka- angka yang ditulis di artikel ini sangatlah besar, sekedar kami ingatkan bahwa reksadana merupakan investasi rakyat yang bisa dimulai dengan Rp100 ribu rupiah saja. Silahkan baca: Mengenal Investasi Reksadana untuk informasi lebih lanjut.

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: