Iklan

8 Tipe Manusia yang Harus Dihindari Supaya Sukses

Type8Orang-orang yang membahayakan kemajuan kita sebetulnya sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Pribadi-pribadi “beracun” ini bisa saja menghalangi kita mewujudkan impian dalam menggapai sukses kehidupan. Sayangnya, sering tanpa disadari, kita berteman dengan beberapa orang bertipe beracun, atau malah hidup bersama mereka.

Menurut Jonathan Long, pendiri sekaligus CEO Market Domination Media, semakin cepat kita melepaskan diri dari hubungan dengan tipe-tipe berbahaya ini, semakin baik. Nah, Jonathan merinci 8 tipe manusia beracun yang mesti diwaspadai dan dihindari dalam kehidupan ini:

  1. Orang yang Suka Menghakimi

Orang bertipe ini dengan mudah menemukan alasan untuk mengkritik sesuatu. Bisa saja Anda berusaha menjelaskan dengan sangat baik, tetapi mereka juga biasanya sangat bebal dan mengabaikan segala masukan. Mereka dengan cepat membuat kesimpulan sendiri tanpa menyediakan waktu untuk mendengar penjelasan atau fakta lain. Mereka pendengar yang buruk dan sangat payah dalam berkomunikasi. Karenanya, meminta saran dan masukan dari tipe manusia seperti ini, hanyalah pemborosan waktu alias tidak bermanfaat sama sekali.

  1. Si Iri Hati

Kehidupan ini merupakan perjalanan yang penuh liku, suka duka, kekalahan ataupun kemenangan. Karenanya sangatlah penting untuk memiliki pribadi-pribadi yang bisa member dukungan dalam masa-masa sulit, serta memberi pujian dan ucapan selamat saat Anda mencapai keberhasilan. Orang yang penuh iri hati tidak akan pernah berbahagia atas capaian Anda. Mereka selalu merasa bahwa keberhasilan hanyalah miliknya, bukan orang lain. Jelas mereka bukan pendukung sukses Anda.

  1. Tukang Atur Segalanya

Orang yang suka mengontrol dan mengatur segala sesuatu biasanya sukar pula mendengar masukan karena mereka menganggap diri sudah tahu segalanya serta tahu cara terbaik untuk melakukannya, sesuai pemikirannya sendiri. Tipe pribadi seperti ini bukan saja sangat mengganggu dalam kehidupan tetapi juga menjadi mimpi buruk bila Anda harus membangun usaha bersamanya. Dalam setiap usaha, diperlukan bukan hanya orang kreatif, tetapi juga orang yang  bisa menjalankan dan mengikuti instruksi. Keberadaan si tukang atur bisa menciptakan keruwetan sebagaimana bila “terlalu banyak koki di satu dapur.”

  1. Sang Tinggi Hati

Percaya diri tidaklah sama dengan sombong. Orang yang percaya diri mampu menginspirasi dan mencerahkan orang lain, sementara orang sombong cenderung menekan (menindas) dan tentunya sangatlah mengganggu. Orang yang sombong biasanya selalu merasa dia lebih baik (lebih pandai, lebih mampu dll). Mereka bisa sangat mengganggu dan menciptakan ketidaknyamanan di tempat kerja maupun kehidupan sehari-hari.

  1. Si Korban

Orang yang memposisikan diri sebagai korban biasanya sangat mudah mengelak dan menciptakan alasan atau menyalahkan orang lain atas kesalahan atau kekeliruannya sendiri. Tipe pribadi ini bisa meracuni sekitarnya karena mereka sendiri tidak mau menerima tanggung-jawab dan selalu mengharap orang lain melakukannya. Akibatnya, mereka bisa menjadi sumber kegagalan besar bagi organisasi ataupun bisnis Anda.

  1. Sang Pemikir Negatif

Orang yang selalu bersikap negatif akan menguras energi positip Anda juga, mereka cenderung ingin menjatuhkan orang-orang sekitarnya, dan menghambat kemajuan. Jangan pernah mengharap dorongan semangat dari si negatif, karena mereka memang tidak tahu melakukannya. Mereka dengan mudah mengkerdilkan ide-ide cemerlang Anda. Bukannya memberi dukungan atau melihat potensi keberhasilan, mereka justru cepat sekali mengedepankan hal-hal yang bisa membuat ide Anda gagal. Yup, tipe si negatif merupakan penyedot energi, hindari mereka sebelum Anda dibuat terkapar dalam kegagalan.

  1. Pembohong

Untuk menggapai sukses, pastikan Anda dikelilingi oleh orang-orang yang bisa dipercaya dan dapat diandalkan. Sebaliknya, Anda tentu takkan mudah percaya kepada si pembohong, apalagi mengandalkan mereka karena Anda takkan pernah yakin apakah mereka menyampaikan kebenaran ataukah fakta bohong. Situasi yang serba tak jelas akan menjauhkan Anda dari keberhasilan. Jauhilah orang-orang ini secepat mungkin.

  1. Tukang Gosip

Orang bergosip karena mereka merasa tidak nyaman, lalu mereka tidak bisa membedakan kenyataan dengan spekulasi, lalu kebenaran pun diputarbalikkan, informasi salah beredar, lalu timbullah pihak-pihak yang tersakiti, muncullah musuh-musuh baru. Karenanya, keberadaan tukang gosip dalam lingkungan keseharian bisa menghancurkan segala kebaikan atupun usaha yang Anda bangun, layaknya penyakit kanker yang menciptakan kerusakan bagi tubuh.

Jadi, jika ada salah satu tipe di atas ada dalam hidup, organisasi ataupun bisnis, berarti ada racun yang siap merusak keberhasilan masa depan Anda. Anda harus segera menyingkirkan atau menghindarinya agar Anda bisa terus fokus mencapai tujuan dan kesuksesan dalam hidup tanpa kuatir terganggu oleh halangan-halangan yang tak penting. Intinya, Anda tidak mungkin menggapai hasil positip bila terus bergaul bersam orang-orang yang negatif. (Entrepreneur.com)

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: