Internet Banking Bermasalah, BCA Himbau Nasabah Waspada

Bank_BCA_internet_banking_Seorang nasabah BCA baru-baru ini rekeningnya dibobol dan kehilangan uang sebanyak Rp13 juta. Penyebabnya bermula saat ia akan login untuk bertransaksi melalui internet banking BCA, muncul tampilan “sinkronisasi token” dan menyebabkan komputernya ngadat (hang)Setelah komputer di-restart dan kembali login ke Internet Banking BCA, ia mendapati uangnya telah berkurang sebesar Rp 13 juta.

Menanggapi permasalahan yang dialami nasabahnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meminta nasabahnya untuk berhati-hati bila muncul “sinkronisasi token” dilayar saat membuka internet banking. Soalnya, konfirmasi token tersebut sama sekali bukan berasal dari BCA dan bukan tahapan transaksi yang harus dilakukan.

Tampilan permintaan “sinkronisasi token” di internet banking BCA kuranglebih seperti ini:

Tampilan_sinkronisasi_BCA

Abaikan dan segera hubungi call center bank bila muncul permintaan seperti ini. (KOMPAS)

“Tidak ada ‘konfirmasi token‘ dari BCA. Apabila data nasabah diminta, terutama token diminta berulang-ulang, itu berbahaya,” tegas Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja sebagaimana dilansir KOMPAS, Rabu (4/3/2015). Permasalahan ini memang cukup serius dan bisa dialami oleh nasabah internet banking. Info lainnya mengabarkan bahwa lebih 1.000 nasabah BCA mengalami masalah “sinkronisasi token.”

Menurut Jahja, kemunculan “konfirmasi token” saat membuka Internet Banking BCA disebabkan karena komputer nasabah sudah terkena virus atau malware. Penyebaran malware yang sangat membahayakan pengguna internet banking memang sangat marak di dunia online dan dilakukan antara lain melalui teknik phising. Hal itu membuat tampilan “konfirmasi token” terus muncul dengan tulisan “Sinkronisasi Token KEYBCA“.

Jahja mengakui bahwa pihak BCA sudah melakukan sosialisasi terhadap temuan tersebut. Jika nasabah tidak mengamankan diri di dunia online, data nasabah bisa dicuri lalu digunakan oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab. Ia merekomendasikan supaya nasabah segera menghubungi Halo BCA 500-888 bila ada yang aneh terkait masalah perbankan BCA.

Info terkait Bank BCA dapat juga dilihat di website bca.co.id.

 

Iklan

Comments

  1. Berbahaya sekali ya, apakah sinkronisasi token memiliki url yang berbeda dengan url wajar yang sebenarnya?. Perlu diperhatikan jika seperti itu. Saya sendiri belum pernah mengalami sinkronisasi token

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: