Iklan

10 Cara untuk Memperoleh Karir yang Melesat

tips_karirJujur saja, akan sulit bagi orang lain untuk mendukung karir Anda. Paling tidak jika Anda melewatkan 10 hal penting ini. Dalam semangat keterbukaan dan kejujuran, memang ke-10 poin dalam daftar ini tidaklah mudah dilaksanakan. Akan tetapi setiap hal ini akan membuat Anda hidup lebih baik dan tidak akan membiarkan bakat Anda terkubur:

  1. Dahulukan berbuat baik. Hal pertama yang harus Anda lakukan setiap hari adalah menolong orang lain. Lakukan dengan sebaik mungkin, rencanakan dalam jadwal kalender Anda. Perkenalkan orang baru kepada rekan-rekan kerja Anda, promosikan hasil kerja teman/klien Anda. Bantu orang-orang yang kesusahan, bukan hanya yang kaya. Kebiasaan ini bukan hanya akan membuat Anda nyaman, tetapi juga mampu menyingkirkan persepsi buruk tentang Anda.
  2. Akui kelemahan. Seorang profesional yang baik selalu terbuka mengakui keterbatasannya. Dengan demikian hal ini membuka kesempatan bagi rekan kerja lainnya untuk membantu, yang juga membuat mereka merasa mampu dan lebih dihargai.
  3. Percaya diri tetapi juga kompeten. Percaya diri tanpa kemampuan kerja membuat Anda terlihat seperti baju tanpa badan. Namun, kompetensi tanpa kepercayaan diri merupakan tragedi dari talenta yang Anda miliki. Agar dapat menikmati dunia kerja yag sukses, berusahalah menyeimbangkan kedua elemen penting ini. Tidak mudah, tetapi keseimbangan keduanya akan membawa perubahan besar dalam karir Anda.
  4. Tampilkan yang terbaik. Apakah Anda memotong gambar sepupu Anda di foto Twitter atau Facebook? Apakah foto profil Anda seperti seorang terdakwa di pengadilan? Ataukah Anda memotong sendiri rambut Anda? Dalam dunia zaman ini, penampilan sangatlah penting. Investasikan uang dan waktu untuk mengusahakan penampilan terbaik Anda.
  5. Jangan menunggu jabatan. Jika Anda mengharapkan promosi, bekerjalah seakan Anda sudah memperolehnya. Selalu: bekerjalaha lebih dari yang diharapkan. Meskipun Anda harus lembur malam ataupun akhir pekan.
  6. Sederhanakan cita-cita Anda. 9 dari 10 profesional tidak dapat menjelaskan dengan baik apa sebenarnya yang mereka harapkan dalam karir mereka. Jika Anda sendiri tidak mengerti apa yang Anda inginkan, bagaimana mungkin orang lain akan memahami tujuan-tujuan itu dan mmebantu Anda mewujudkannya. Berusahalah mengenali tujuan-tujuan hidup sampai Anda bisa menjelaskannya dengan mudah kepada anak-anak sekalipun.
  7. Jadilah apa adanya. Jangan berusaha menjadi seseorang atau meniru orang lain. Jangan pura-pura memberi perhatian jika Anda memang sedang tidak bisa. Jujurlah 100%, jadilah diri anda sendiri 100%. Dan yang lebih penting jika Anda berkata akan melakukan sesuatu, kerjakanlah. Jangan banyak rencana tanpa aksi.
  8. Bina jaringan, perbanyak teman. Bumi terus berputar dan Anda tidak akan selalu bersama dengan orang-orang yang ada bersama Anda saat ini. Karena itu jangan berhenti juga menambah jaringan pertemanan dengan orang-orang yang dinamis yang bisa jadi memiliki minat atau kepentingan yang sama dengan Anda. Jangan terjebak dalam kotak. Meskipun usia Anda 72 tahun, orang-orang berusia muda pun dapat menjadi teman karena mereka penuh ide dan energi.
  9. Gantilah pekerjaanmu yang buruk itu. Kebanyakan orang menunggu terlalu lama sebelum memutuskan merubah statusnya. Sebetulnya setiap orang mampu merubah nasibnya sepanjang ia mampu menjalani keputusan-keputusan hidupnya.
  10. Buktikan kemampuan Anda. Jangan sampai Anda mengandalkan rekan kerja, bawahan atau orang lain hanya untuk mengkoreksi kesalahan-kesalahan kecil Anda. Bekerjalah dengan sempurna.

Poin mana yang sudah Anda lakukan? Selamat menantikan karir yang lebih baik. (Forbes.com)

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: