Iklan

Siap-siap Kembali Melirik Investasi Emas?

investment_goldSetelah beberapa bulan terakhir harga emas cenderung berfluaktuasi menurun, harga emas cerah sepanjang dalam seminggu terakhir. Harian ekonomi Kontan melaporkan selama hari perdagangan terakhir pekan lalu, Jumat (16/1), tercatat harga emas di pasar spot sebesar US$ 1.280,45 per ons troi. Hal ini berarti harga telah emas naik 2% dibandingkan harga dihari sebelumnya, dan 4,67% lebih tinggi dibandingkan dengan seminggu sebelumnya, Jumat (9/1) yang hanya berada di level US$ 1,223,25 per ons troi.

Dengan demikian, kenaikan sepekan tersebut sekaligus juga merupakan yang peningkatan harga yang terbesar selama 18 bulan terakhir. Diperkirakan penguatan harga emas disebabkan adanya kekhawatiran pasar terkait ekonomi global khususnya kondisi ekonomi Eropa.

Mendekati akhir pekan, bank sentral Swiss (SNB) menghilangkan pembatasan nilai tukar franc Swiss dengan euro di level 1,2. Bloomberg mencatat, ketertarikan terhadap permintaan emas per 15 Januari meloncat 5,6%, tertinggi sejak Oktober 2009.

Keputusan perluasan stimulus yang diduga akan segera disampaikan oleh Bank sentral Eropa (ECB), yang diperkirakan akan memilih jalur quantitative easing (QE). Sementara, harga minyak terus turun dan memperkecil peluang adanya inflasi global. Sementara itu, Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve juga menegaskan untuk tidak menaikkan bunga acuan sampai akhir April.

“Makin banyak ketidakpastian di Eropa dan AS sehingga mendorong investor mengamankan uangnya sementara di emas,” kata Fain Shaffer, Presiden di Infinity Trading Corp. sebagaimana dilansir Bloomberg. Menurut Shaffer, dengan kenaikan penawaran (open interest) terhadap emas, harga si kuning berkilau masih akan menguat dalam jangka pendek.

Kenaikan harga emas di dalam negeri, juga terlihat pada harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang naik 2,22% menjadi Rp 553.000. Dalam seminggu terakhir harga emas Antam naik 2,98% dari posisi harga sebelumnya Rp 537.000.

Apakah ini saatnya untuk kembali ke pilihan investasi emas? Untuk tujuan-tujuan jangka panjang, diatas 5 tahun, investasi emas bisa jadi dapat dipertimbangkan mengingat harga emas yang baru merangkak naik. Meskipun demikian, para investor perlu mempertimbangkan pula kemungkinan dan peluang-peluang investasi lainnya. Selain itu waspadai pula aneka tawaran investasi emas yang biasanya berujung money game atau phonzi. Bila ada yang menjanjikan keuntungan pasti, bisa jadi itulah pertanda lonceng penipuan.

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: