Iklan

Zhang Jian, Milyarder Penipu Ditangkap di Thailand

yslm_cdtup_indonesia_zhang_jianPenipuan bermodus bisnis online yang disamarkan dengan bisnis MLM online CDTup International (YSLM) semakin mendekati akhir nasib setelah pemerintah Thailand dikabarkan berhasil menangkap Zhang Jian dan beberapa rekannya. Sejumlah media Malaysia dan Thailand marak memberitakan penangkapan warga China yang disebut-sebut sebagai salah satu penipu terkaya di dunia itu, dengan kekayaan mencapai Rp3,7 trilliun.

Zhang Jian (bernama asli Miqui) melalui bisnis mlm CDTUP International Sdn Bhd dan YSLM Millionaire mempromosikan “bisnis cepat kaya” dengan menawarkan sejumlah paket bisnis dengan harga berbeda-beda. Para calon member kemudian menyetor uang sesuai paket yang dipilih. Sebagaimana tipuan money game lainnya, pembayaran bonus bagi para member hanya berdasarkan setoran member terdahulu, dan bukan dari hasil perputaran bisnis. Untuk menarik para korban, Zhang Jian alias Miqui tak segan mempromosikan diri sebagai milyarder. Para member YSLM pun tak kalah heboh mengiklankan Zhang Jian sebagai pebisnis prospektif akan segera masuk daftar orang terkaya dunia.

Agar diwaspadai masyarakat, HowmoneyIndonesia.com sebenarnya telah membahas bisnis gadungan ini di artikel: YSLM/CDTup, Bisnis Gadungan dari China (17 Juli 2014).

Salah satu iklan YSLM yang dipromosikan di salah satu forum online Indonesia.

Salah satu iklan YSLM yang dipromosikan di salah satu forum online Indonesia.

Meski nyata-nyata bisnisnya dijalankan dengan money game skema piramida (pyramid scheme /phonzi), tidak sedikit masyarakat yang tergiur. Kebanyakan diantaranya adalah warga China, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Indonesia. Media online, Merdeka.com melaporkan bahwa jumlah korban YSLM di China mencapai 100 ribu orang dengan kerugian sekitar Rp2 milyar. Laporan kepolisian Malaysia menyatakan setidaknya 80 ribu warga Malaysia bergabung ke bisnis ini dengan kerugian mencapai 302 juta Ringgit (sekitar Rp 1,1 milyar). Belum ada informasi mengenai jumlah member YSLM di Indonesia. Meskipun demikian, cukup banyak orang Indonesia dari beragam kalangan, terdeteksi ikut mempromosikan bisnis gadungan ini di dunia online.

Baca juga: Skema Piramida, Modus Tipuan Bisnis Online

Aparat Malaysia sendiri bergerak cepat dan telah membawa kasus ini ke pengadilan pada tanggal 17 September 2014 lalu. Setidaknya 6 berkas penyelidikan diajukan dengan dakwaan sesuai UU tahun 1993 tentang Penjualan dan Anti-Skema Piramida Langsung (Direct Sales and Anti-Pyramid Scheme Act) serta UU tahun 2001 tentang Anti Money Laundering dan Anti Pendanaan Terrorisme (Anti-Money Laundering and Anti-Terrorism Financing Act). Hukum Malaysia memang cukup ketat dan melarang praktek money game skema piramida semacam ini. Menteri Perdagangan Malaysia, Datuk Seri Hasan Malek menegaskan bahwa izin penjualan langsung (direct selling) yang sebelumnya diberikan kepada CDTup International, telah dicabut. Pengadilan Malaysia pun memerintahkan penangkapan terhadap Zhang Jian dan sindikatnya.

Zhang Jian dan rekannya, Wang Wenfang (29 tahun), bersama dua orang lainnya yang mengelola YLSM sempat melarikan diri ke Thailand sejak Juli 2014 lalu. Namun polisi Thailand berhasil menangkap mereka di sebuah kondominium di kawasan Pathumwan, dekat Pantai Phuket, Bangkok.

“Polisi juga menyita uang tunai 5 juta baht dalam berbagai mata uang, sembilan sertifikat tanah bernilai 200 juta baht, perhiasan emas bernilai 2,2 juta baht, tiga unit mobil dan kartu pengenal Thailand milik Lianbao,” kata keterangan polisi sebagaimana dikutip Merdeka.com. Aparat Malaysia sendiri berkeras untuk bekerjasama dengan Interpol agar Zhang Jian dan komplotannya dapat dibawa ke Malaysia dan diadili menurut hukum Malaysia. Dengan demikian asset-asset semua orang yang dianggap berkaitan dengan bisnis komplotan ini dapat disita untuk negara.

Saat ini masih banyak tawaran bisnis serupa, baik online maupun secara langsung yang dipromosikan di masyarakat kita. Sebaiknya setiap orang meningkatkan pengetahuan dan kewaspadaan agar terhindar dari kerugian keuangan akibat bisnis tipu-tipuan.

Iklan

Comments

  1. Saat ini baru beberapa hari yang lalu saya menghadiri presentasi yg di sebut MLM, setiap member di wajibkan menyetorkan uang mulai 5jt, tergantung jenis member mulai dari silver,gold,dan platinum,. Setiap member bisa memiliki 2 kaki,, setiap member yang bergabung di janjikan bunga 2% / minggu. Dan 5%dari perekrutan member baru,. Mereka beralibi uangnya di investasikan untuk trading forex pada aplikasi mt4 Dan d mainkan oleh para expert. Dan member di berikan hasil 2%/minggu dari uang yg di investasikan tanpa resiko,, sangat aneh saya mencium money games disini, namanya adalah MLM GOLD UNION. Mereka akan buka kantor di central park jakarta pd pertengahan mei 2015.

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: