Iklan

Pensiun itu Saatnya menikmati Hidup, Bukan Mencari Pekerjaan Baru

dana-pensiunMemasuki masa pensiun seharusnya disambut dengan ucapan syukur karena bisa menikmati luang tetapi tetap dapat hidup sejahtera. Akan tetapi bagi kebanyakan orang, masa pensiun merupakan bencana; fase hidup baru yang lebih susah. Banyak pensiunan yang justru sibuk mencari pekerjaan baru untuk sekedar menopang hidup, atau malah menjual harta bendanya untuk membiayai biaya rumah sakit karena kesehatan yang mulai menurun seiring pertambahan usia. Jika tidak ditangani lebih awal, hal yang sama akan menimpa kita juga bukan?

Lalu bagaimana menghindari masalah-masalah keuangan seperti ini setelah pensiun? Masih mungkinkah kita mengimpikan masa tua yang berbahagia tanpa problematika keuangan?

Jawabannya tentu bisa, tetapi harus dibarengi dengan keinginan kuat. Untuk dapat menikmati masa tua yang sejahtera tanpa membebani orang lain, termasuk anak cucu, mulailah sedini mungkin memikirkan pengelolaan keuangan yang baik.

Langkah awalnya tentu saja adalah selalu menyisihkan penerimaan Anda ke dalam pos tabungan lalu investasikan sebagian. Ingat bahwa menabung bukanlah investasi. Berinvestasi sebetulnya bisa Anda mulai dari saat menerima gaji pertama Anda, atau hari ini. Tidak ada kata terlambat.

Pilihan investasi tentu saja banyak dan dapat dipilih sesuai kemampuan keuangan Anda. Seperti menanam pohon, investasi pun perlu dipupuk untuk mencapai hasil maksimal. Caranya adalah dengan tertib dan rutin menambah investasi. Tanpa sadar Anda akan menikmati pertumbuhan asset yang mengagumkan.

Nah, kalau saat ini Anda memiliki tabungan di bank, pindahkan sebagian ke porsi investasi. Sisakan saldo tabungan hanya untuk keperluan darurat biaya hidup beberapa bulan, misalnya untuk 5 bulan saja. Sisanya Anda biakkan di instrumen-instrumen investasi yang sesuai dengan pilihan dan situasi Anda, tetapi memberikan hasil/return yang lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Pendapatan saya kan kecil, mana bisa berinvestasi?

Pendapat di atas jelas salah. Berinvestasi tidak harus dalam jumlah besar. Ada banyak pilihan investasi saat ini yang bisa dimulai dengan saldo seratus ribuan, tetapi memberikan return yang baik dalam jangka panjang. Aneka produk reksadana misalnya, atau berinvestasi melalui dana pensiun, program Jamsostek, dan sebagainya.

Saat dana menanggur tersedia memadai atau investasi kecil-kecilan telah menampakkan hasil, tidak ada salahnya melirik produk investasi yang butuh modal lebih seperti emas, properti, tanah dan sebagainya. Membuka usaha sendiri alias berwirausaha pun bisa dimulai setelah investasi Anda mulai berkembang bukan?

Jangan lupa, hindarilah tawaran bisnis atau investasi yang menawarkan keuntungan cepat dan mudah. Biasanya bisnis/investasi semacam itu hanyalah tipuan belaka dan mengandung resiko yang tinggi. Tidak sedikit yang terjerumus dalam aneka penipuan bisnis karena kurang hati-hati dalam memilih investasi. Selalu konsultasikan setiap tawaran atau peluang yang ada dengan orang yang lebih mengerti.

Untuk mencapai pensiun sejahtera, tidaklah sulit. Mulai hari ini, pikirkanlah cara yang tepat untuk membiakkan berapapun uang yang Anda peroleh. Memilih cara berinvestasi yang tepat bagaikan menyuruh uang bekerja mencari rejeki untuk Anda. Bukan Anda yang bekerja sendirian menafkahi hidup. Selamat mempersiapkan hari tua yang bahagia.

Link Terkait Lainnya:

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: