Kapan Saat Tepat untuk Mempersiapkan Pensiun?

Persiapan Pensiun_investasiMempersiapan pensiun yang dibahas di sini adalah mempersiapkan kemampuan finansial yang akan mendukung kehidupan Anda dan/atau keluarga setelah Anda pensiun nanti. Banyak orang yang baru berpikir melakukan persiapan finansial justru menjelang pensiun. Rencana baik ini belum tentu berjalan mulus karena tidaklah mudah untuk menyisihkan tabungan atau investasi dalam waktu yang terbatas.

Lalu bagaimana sebaiknya mempersiapkan masa pensiun yang sejahtera secara finansial?

Waktu yang tepat untuk memulai memaksimalkan persiapan pensiun bukan kemarin, atau besok melainkan hari ini. Jika Anda telah memulai program pribadi mempersiapkan pensiun ini saat yang tepat untuk menganalisa langkah-langkah yang telah Anda lakukan. Jika belum, ini saat yang tepat untuk memulai. Jangan menunda.

Sudahkah Anda memproteksi diri dan keluarga?

Penyakit dan kematian dapat datang kapan saja. Adalah bijak jika Anda memiliki asuransi kesehatan dan/atau kematian untuk memastikan bahwa aset Anda tidak akan dihabiskan semata untuk membayar rumah sakit nantinya. Asuransi kematian sangat dianjurkan bagi kepala keluarga atau pencari nafkah keluarga. Setidaknya, jika sesuatu terjadi pada kepala keluarga, keluarga yang ditinggalkan masih memperoleh tunjangan finansial untuk menata hidup.

Dengan asuransi yang memadai, diharapkan Anda akan tetap memiliki aset yang telah Anda kumpulkan selama ini, dan bahkan meninggalkan warisan yang cukup untuk keluarga.

Segera Lunasi Utang.

Untuk mulai memupuk asset, sangat disarankan untuk menyelesaikan utang-utang Anda. Mulailah dari utang-utang jangka pendek dan konsumtif seperti kartu kredit. Jika Anda harus memilih diantara beberapa item utang, dahulukan melunasi utang yang bunganya paling besar, karena bunga akan menguras kantong Anda.

Menabung tidaklah cukup.

Menabung memang penting, tetapi Anda tidak akan kaya hanya dengan menabung (lupakan pepatah lama). Untuk mengembangkan aset lebih optimal, Anda harus segera berinvestasi sesuai tujuan dan kemampuan Anda. Ada beragam pilihan investasi yang bisa dipilih antara lain reksadana, emas, properti, saham dan lain-lain. Jika Anda tida memulai sekarang, tumpukan uang di tabungan akan menjadi semakin tidak bernilai ditelan inflasi.

Membeli emas atau properti banak menjadi pilihan. Dalam jangka panjang, investasi ini cukup baik asal dikelola dengan baik. Sayangnya investasi properti membutuhkan uang dalam jumlah besar dan tidak bisa cepat dicairkan bila ada kebutuhan mendadak.

Pilihan investasi reksadana belakangan cukup digemari berbagai kalangan karena cukup praktis, likuid (mudah dicairkan) dan tidak memerlukan investasi besar. Cukup dengan Rp100ribu atau Rp200 ribu seseorang sudah bisa memulai investasi yang semakin populer ini. Selain itu, investor memiliki kebebasan memilih beragam produk dengan tingkatan resiko dan potensi keuntungan yang beragam pula.

Lalu berapa dana yang sebaiknya diinvestasikan untuk mempersiapkan pensiun yang baik? Jamsostek sendiri selaku penyelenggara jaminan pensiun mensyaratkan tabungan pensiun sekitar 2-5% dari total gaji karyawan. Akan tetapi mengingat inflasi dan kebutuhan hidup yang terus mengingat, kebanyakan perencana keuangan menganggap angka tersebut terlalu kecil. Jika memungkinkan, sisihkanlah sekitar 20-30% pendapatan untuk investasi (bukan tabungan lho ya) pensiun.

Jangan ragu bertanya.

Jangan berpikir bahwa Anda adalah orang paling bodoh soal investasi. Banyak orang yang perprofesi mentereng seperti dosen, pegawai, karyawan, bahkan pejabat justru buta soal produk-produk investasi. Hal ini bisa saja terjadi karena mereka terlalu sibuk mengejar karir sehingga lupa meng-update diri dengan informasi-informasi praktis investasi. Belakangan pihak perbankan, manajer investasi, pemerintah (Antara lain Otoritas Jasa Keuangan –OJK) gencar mensosialisasikan informasi tentang cara-cara berinvestasi yang aman dan terencana. Silahkan cari info-info dan hadiri smart money events tersebut di daerah Anda untuk menambah wawasan serta peluang menjadi keluarga sejahtera lewat investasi yang tepat.

Demi mempersiapkan masa depan yang lebih baik, jangan ragu untuk bertanya dan belajar.

Artikel Terkait Lainnya:

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: