Keliling Indonesia dalam 12 Moment

liburan_indonesiaLiburan adalah suatu kebutuhan. Untungnya, kita hidup di Indonesia, negara besar dengan berjuta pesona yang selalu menarik berjuta orang dari berbagai belahan dunia setiap tahun untuk ikut menikmati keindahan Indonesia. Kalau belum sempat berkeliling Indonesia, yuk kita berjalan-jalan dari Aceh sampai Papua, dalam 5 menit saja…

Pagi-pagi kita memulai perjalanan dengan kehangatan secangkir kopi Aceh yang terkenal itu. Aceh memang terkenal dengan keindahan alam, tradisi unik yang kental dengan  nuansa Islam, dan tidak lupa kuliner berbagai khas, termasuk kopi Aceh.

kopi-aceh-3

Aceh dipenuhi kedai kopi. Jangan melewatkan untuk menikmati cita rasanya yang khas.

Selanjutnya kita menuju ke Sumatera  Utara, dengan beragam pesona yang dijamin akan membuat Anda bingung memilih. Salah satunya yang tidak mungkin dilewatkan adalah menikmati keindahan danau Toba; salah satu danau terdalam di dunia, dan tentu saja danau terbesar di Asia Tenggara.

SAMSUNG CSC

Rumah Bohol di pedesaan pulau Samosir.

Di tengah danau Toba, terdapat pulau Samosir yang luasnya hampir sebesar Singapura. Selain keindahan alam, pulau Samosir menawarkan suasana liburan yang menyegarkan, alami. Para pengunjung biasanya selalu menyempatkan diri berbelanja hasil pertanian atau kerajinan karya masyarakat lokal.

Menuju ke Selatan pulau Sumatera, beragam tawaran keindahan seolah tiada henti. Propinsi Lampung juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah beragam. Salah satunya adalah Kiluan Bay atau Teluk Kiluan.

Bermain bersama aneka lumba-lumba di Lampung

Bermain bersama aneka lumba-lumba di Lampung

Jika Anda hanya sering melihat ikan lumba-lumba di akuarium atau kolam buatan, maka di Teluk Kiluan, pengunjung bisa menyaksikan tarian lumba-lumba di lautan lepas. Teluk ini kaya dengan berbagai satwa laut unik termasuk aneka kura-kura laut.

Dari Sumatera, kita menuju ke salah satu pulau terbesar di sunia yaitu Borneo, alias Kalimantan. Kalimantan kaya dengan berbagai tujuan wisata alam, termasuk taman nasional dimana kita bisa berjumpa dengan habitat orang utan yang asli.

Pasar apung (floating market) Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pasar apung (floating market) Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Banjarmasin di selatan Kalimantan, merupakan salah satu pusat perdagangan batu berharga di nusantara. Jangan lewatkan untuk bertransaksi dan menyaksikan perdagangan terapung di sungai-sungai Banjrmasin.

Ke arah Timur, pulau yang berbentuk bunga anggrek, yess pulau Sulawesi. Keunikan Sulawesi Utara, dimana kita sudah sering mendengar tentang pesona keindahan bawah laut di Bunaken sampai jajanan kuliner Manado yang serba hot. Jangan lupa menikmati segarnya kota bunga, Tomohon.

Menara bunga di Tomohon, Sulawesi Utara.

Menara bunga di Tomohon, Sulawesi Utara.

Tomohon yang terletak 22 km dari Manado, memang layak disebut kota bunga. Dimana-mana, rumah dipenuhi dengan rimbunan bunga. Pesemaian bunga pun bermekaran dimana-mana. Tentu saja bunga sangat penting karena setiap tahun (Juni atau Juli) Tomohon menggelar festival bunga yang selalu mengundang decak kagum para turis.

Di Sulawesi Barat, salah satu propinsi termuda di Indonesia, terdapat banyak keindahan wisata alami yang masih asli. Kota Mamuju terletak di tepi pantai yang juga menawarkan beragam pesonanya, termasuk jajanan kuliner laut yang segar.

Mesjid Raya Mamuju.

Mesjid Raya Mamuju.

Saat ke Mamuju, jangan lupa menikmati Jepa, jajanan suku Mandar yang terbuat dari singkong dan kelapa yang dibakar dengan kompor tradisional.

Mengunjungi Sulawesi takkan lengkap tanpa menyaksikan keindahan alam dan keunikan budaya Tana Toraja. Tana Toraja bisa dicapai dari Makassar dengan perjalanan darat atau pesawat terbang.

Lantang, pondok dari bambu untuk menampung para tamu selama pesta adat Toraja.

Lantang, pondok dari bambu untuk menampung para tamu selama pesta adat Toraja.

Di Toraja, kematian adalah pesta . Jika Anda berkunjung selama bulan Juni – Juli atau Desember – Januari, Anda akan berkesempatan menyaksikan pagelaran adat kolosal Tana Toraja. Di bulan-bulan tersebut masyarakat Toraja menyelenggarakan pesta-pesta besar untuk memakamkan keluarga mereka yang telah meninggal berbulan bahkan bertahun sebelumnya.

Dari Sulawesi, kita menuju ke kepulauan Maluku yang selama ini terkenal sebagai penghasil rempah disamping keindahan alami yang terbentang dari dasar laut sampai pegunungan. Sebagai daerah kepulauan, pantai-pantai Maluku selalu eksotis untuk dinikmati dari segala sudut.

Permainan bambu gila di Ambon, Maluku.

Permainan bambu gila di Ambon, Maluku.

Selain kaya rempah, masyarakat Maluku pun kaya dengan tradisi budaya yang akan selalu menarik perhatian, salah satunya permainan bambu gila yang mengandung unsur magis. Tertarik untuk menyaksikannya langsung?

Makin ke Timur, kekayaan alam Indonesia memang penuh pesona. Yuk kita singgah sebentar di salah satu pusat kekayaan bahari dunia, Raja Ampat.

Misool Eco Resort, salah satu titik wisata Raja Ampat.

Misool Eco Resort, salah satu titik wisata Raja Ampat.

Mengunjungi Raja Ampat berarti diving dan snorkeling. Siapkan diri Anda untuk menjadi salah satu orang beruntung di dunia yang sempat mengunjunginya. Jangan cuma berfoto di jembatan untuk update status ya…

Masih di Papua, tidak afdol rasanya bila belum berjalan-jalan ke pedalaman dan berinteraksi dengan masyarakat lokal. Salah satunya adalah ke lembah Baliem untuk bertemu dengan suku Dani yang terkenal dengan kerajinan patung-patung kayu.

Pasar tradisional di Lembah Baliem, Papua.

Pasar tradisional di Lembah Baliem, Papua.

Suku ini pun memiliki tradisi unik yaitu membalsem para leluhur mereka menjadi mummi. Mummi ini menjadi kebanggaan keluarga dan sering dipertontonkan kepada para pengunjung.

Dari Papua, kita kembali ke tanah Jawa yang tak kalah beragam tawaran wisatanya. Di Yogyakarta, Anda akan terpuaskan dengan tradisi unik kehidupan masyarakat Jawa, keraton Sultan, Malioboro…dan tentu saja belanja batik sepuasnya. Candi Borobudur dan Prambanan pun hanya selangkah dari Yogyakarta, so kenapa gak sekalian aja mengunjunginya?

Lesatnya nasi gudeg Jogya...

Lesatnya nasi gudeg Jogya…

Untuk soal kuliner, Yogyakarta juga punya. Sepanjang Jalan Malioboro selalu disulap menjadi salah satu sentra kuliner di malam hari. Warung lesehan berjejer di pinggir jalan menjajakan beragam menu kesukaan, termasuk nasi gudeg Jogya yang terkenal. Yummy…

Kita akan menutup perjalanan ini dengan mengunjungi salah satu kota di Jawa Timur yaitu Jember. Beberapa tahun terakhir, kota ini menjadi terkenal karena pagelaran festival kostum yang dikenal sebagai Jember Fashion Carnaval.

Jember Fashion Festival

Jember Fashion Carnaval.

Di acara ini penonton disuguhi ratusan desain pakaian karnaval yang unik, megah, spektakuler dan berkelas dunia dengan tema-tema yang terus bervasiasi setiap tahun. Tidak heran bila acara ini termasuk event yang ditunggu-tunggu oleh penikmat karnaval. Penyelenggaraan karnaval tahun ini akan berlangung tanggal 22 – 24 Agustus 2014.logo_wonderful-indonesia

Nah, dari sekian tempat tadi, adakah yang sudah pernah Anda kunjungi? Atau Anda belum puas berjalan-jalan? Silahkan baca-baca tujuan wisata unik tanah air di website IndonesianVacation.com. Dijamin Anda akan makin kagum dan cinta sama Indonesia.

 

(Pictures by: indonesia.travel, Sanya Ad)

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: