Iklan

Tipuan Jaminan Income atau Pekerjaan

tipuan_kerja_di rumahTipuan ini biasanya memperdaya korban dengan menawarkan jaminan pekerjaan atau penghasilan yang menggiurkan. Mereka berpromosi melalui kolom lowongan kerja di koran-koran atau lewat internet. Biasanya mereka menawarkan kerja mudah seperti melipat atau mengelem amplop, melipat kemasan produk dan sebagainya; dengan gaji besar. Para korban yang terjerat tidaklah menemukan apa yang dijanjikan. Umumnya mereka dimintai bayaran sebagai syarat untuk mendapatkan pekerjaan menggiurkan tersebut. Jika tidak berpikir jauh, bisa saja korban membayar dengan anggapan bahwa toh gajinya nanti juga besar.

Membayar untuk mendapatkan pekerjaan adalah ciri awal penipuan. Pergilah, tinggalkan tempat tersebut sebelum Anda tertipu lebih lanjut.

Jika dilakukan lewat internet, biasanya para penipu menghubungi korban melalui email dan didalamnya biasanya ada permintaan untuk membayar ‘biaya bergabung’ atau biaya permulaan bisnis atau semacamnya.

Para penipu biasa juga menjanjikan untuk memberi produk yang sebetulnya produk sampah alias tidak bisa dijual, atau menawarkan software yang sebetulnya tidak bermanfaat dan tidak bisa melakukan apa-apa. Mereka terkadang juga meminta Anda untuk mendaftar ke website pencari kerja. Jika Anda mendaftar, maka mereka sekalian memperoleh data-data yang Anda masukkan saat pendaftaran dan rawan untuk disalahgunakan.

Beberapa ciri yang menandakan penipuan model ini:

  1. Anda menerima email tak dari orang atau pihak tak dikenal (email spam) yang menawarkan jaminan penghasilan atau pekerjaan,
  2. Iklan tersebut meminta Anda untuk mengirim uang pembayaran biaya permulaan (/pendaftaran) bisnis,
  3. Alamat pengirim email atau iklan hanya dinyatakan dengan kode pos, tanpa alamat jalan dan nomor yang jelas,
  4. Email atau surat tersebut tidak mencantumkan nama Anda dengan lengkap dan benar. Ini menandakan email tersebut dikirim secara acak dan serampangan ke sejumlah besar alamat email.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan:

  1. Gunakan akal sehat. Tidak ada cara kilat untuk kaya, kecuali kalau Anda juga ingin menipu orang lain. Tidak ada juga bisnis atau investasi dengan hasil tinggi tetapi resiko dijamin rendah,
  2. Berhati-hatilah terhadap tawaran muluk, terlalu mudah atau jaminan menang undian,
  3. Berhati-hatilah terhadap tawaran kerja yang mengharuskan Anda membayar biaya dimuka,
  4. Jangan pernah membuka email yang mencurigakan, apalagi email spam. Langsung hapus dari komputer Anda. Jangan mengklik link apapun di dalamnya, jangan membalas email tersebut, bahkan untuk unsubscribe (berhenti berlangganan) sekalipun. Langsung HAPUS!
  5. Jangan pernah memberikan data kartu kredit, data perbankan (dan ATM) atau akun online Anda kepada orang yang tidak Anda kenal.

Ketahui Aneka Modus Penipuan Lainnya:

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: