MMM Indonesia: Arisan Berantai dari Rusia

MMM Indo_logoBagi Anda penggemar facebook mungkin Anda telah mendapat tawaran bisnis dari teman atau friend baru berupa cewek cantik berwajah Eropa Timur. Bisnis baru tersebut bernama MMM (Mavrodi Mondial MoneyBox), sebuah ‘peluang bisnis’ hasil kreasi seseorang bernama Sergey Mavrodi asal Rusia. Belakangan, sudah banyak “manajer-manajer” MMM lokal yang juga aktif menjaring member baru masuk MMM. Anda sudah diprospek juga?

Hmmm,…namanya juga peluang bisnis tawaran yang disampaikan pastinya cukup menarik. Anda tidak perlu membeli produk sebagaimana bisnis Multi Level Marketing (MLM) tetapi cukup menanamkan sejumlah uang untuk ‘membantu’ orang lain. Lalu Anda akan menerima bantuan setiap bulan. Atau jika Anda menanamkan uang Anda sebanyak misalnya $500, lalu diamkan selama 3 bulan, Anda akan menerima $1860! Yang paling lazim ditawarkan adalah bunga 30% dalam tempo 1 bulan!

Wow, tawaran yang menggiurkan. Apalagi MMM mengklaim telah merekrut jutaan orang sedunia sebagai member. Berbagai jadwal seminar termasuk di Indonesia disampaikan lewat website mereka di mmmindonesia.com. Untuk memuluskan aksinya, MMM memutarbalik fakta dan menghujat sistim bank yang ada saat ini. Anehnya, mereka tetap menggunakan bank sebagai media transfer dan penyimpanan uang.

Metode money game yang ditawarkan MMM tidak ada bedanya dengan yang sudah-sudah. Mereka hanya berganti istilah, seolah peluang investasi baru, tetapi pada dasarnya sama saja dengan aneka kisah-kisah money game sebelumnya.

Sejarah MMM

MMM didirikan 1989 by Sergei Mavrodi, Vyacheslav Mavrodi, dan Olga Melnikova. Ketiganya menggunakan nama keluarga mereka sebagai nama usaha. MMM bermula dengan usaha jual beli computer dan peralatan kantor. Akan tetapi pada bulan Januari 1992 MMM dituduh menggelapkan pajak. Kasus ini mengakibatkan kebangkrutan. Lalu MMM banting setir ke usaha jual beli saham. Usaha ini pun tidak mendatangkan hasil yang baik.

Bulan February 1994 MMM memulai usaha pyramid scheme atau phonzi. Pyramid scheme atau phonzi yaitu usaha mengumpulkan dana masyarakat dengan iming-iming pengembalian atau profit yang tinggi. Investor juga wajib merekrut member lain untuk menyetor dananya. Usaha ini biasa disamarkan dalam aneka bentuk seperti kospin, MLM, atau aneka bisnis investasi gadungan lainnya. Untuk info lebih lanjut, baca juga: Ponzi, Akar Utama Aneka Tipuan Bisnis & Investasi.

Dimasa itu MMM mengumpulkan dana masyarakat dengan janji hasil investasi 1.000% setahun! Rakyat Rusia yang sedang dalam masa transisi reformasi berbondong-bondong menanamkan duitnya. MMM berhasil mengumpulkan dana rakyat Rusia dalam jumlah yang sangat besar, sampai mencapai USD50 juta (Rp500 M) per hari! Bisnisnya tetap berjalan karena Pyramid Scheme merupakan usaha legal di Rusia.

Sergei_Mavrodi

Sergey Mavrodi: Jagoan arisan berantai (Pyramid scheme)

Akan tetapi pada bulan July 1994 MMM ditutup pemerintah Rusia karena tuduhan pengelakan pajak. Saat itu, MMM berhutang antara 50 Milyar – 100 trilyun Rubel (mata uang Rusia) kepada para investornya. Wikipedia menyebut setidaknya 50 orang investor bunuh diri karena tidak mendapatkan uangnya kembali. MMM kemudian dinyatakan bangkrut pada bulan September 1997.

Sergey Mavrodi sempat menghilang. Ada yang mengatakan ia pindah ke AS, ada juga yang meyakini ia tetap di Moskow sambil memanfaatkan uang masyarakat yang telah dikumpulkannya. Dari persembunyiannya, Mavrodi dengan dibantu rekan dan kerabatnya masih sempat mencoba usaha yang sama. Kali ini dengan menggunakan bisnis ‘permainan saham’ dengan janji pengembalian investasi 200%. Meski pernah jatuh, bisnis Mavrodi masih menarik minat banyak orang. Tidak lama kemudian, bisnis ini kembali bangkrut dan sekitar 20.000 – 275.000 orang kehilangan uang mereka. Kerugian para korban ditaksir mencapai USD5,5 juta (sekitar Rp50 milyar).

Tahun 2003 Mavrodi ditemukan lalu dijebloskan ke dalam penjara. Ia dihadapkan pada sejumlah tuntutan. Ia baru bebas dari hukuman pada tanggal 22 Mei 2007. Tidak kapok-kapok, Mavrodi kembali menjalankan bisnisnya, kali ini dengan nama MMM-2011. Dengan gamblang Mavrodi menyatakan bisnisnya sebagai bisnis pyramid dimana ‘orang memberi saling memberikan uangnya, tanpa alasan yang jelas.’ Entah mengapa, pada bulan Mei 2012 ia menutup MMM-2011.

Tetapi ditahun 2011 ia telah meluncurkan MMM di India yang disebut MMM India. Beberapa bulan terakhir MMM Indonesia juga telah beroperasi. Member menyetor uang, lalu merekrut member lainnya, kemudian member mendapatkan bonus dari hasil setoran member di bawahnya. Dapat dipastikan MMM hanya akan beroperasi di negara-negara berkembang karena negara-negara maju jelas menetapkan pyramid scheme/ponzi seperti ini sebagai bisnis terlarang dan illegal.

Tidak Ada Jaminan Investasi?

MMM jelas bukanlah bisnis investasi. Setiap member bergabung bukan karena proses jual-beli sesuatu, tetapi semata menyetor uang dengan dalil membantu orang lain (Give Help), tetapi berharap pada bulan berikutnya mendapat balasan (Get Help) 30% lebih besar bantuan yang diberikan. Ini ciri utama ponzi.

Dalam website atau video-video yang ditayangkan oleh MMM, secara gamblang dijelaskan bahwa MMM tidaklah melakukan investasi atau memutar uang tersebut dalam suatu industri atau bisnis tertentu. Uang yang dibayarkan kepada member semata-mata berasal dari member yang menyetor sebelumnya. Betul-betul murni money game atau phonzi.

Karena tidak ada jaminan, bisnis ini (katanya) didasarkan atas rasa saling percaya di antara member. Suatu hal yang tentu tidak mudah karena para member sendiri belum tentu saling kenal. Sistim jual beli poin diistilahkan Give Help (‘Membantu’) saat join /membeli poin dan Get Help (Minta Bantuan) saat menjual poin alias menarik dana.

Member yang akan bergabung membeli sejumlah unit poin yang disebut MAVRO. Keuntungan member nantinya ditentukan oleh nilai MAVRO ini. Setiap bulan nilai MAVRO dinaikkan dan diatur secara pribadi oleh Tuan Mavrodi sendiri (hebat ya…). Dengan kata lain, makin lama harga untuk bergabung ke MMM akan semakin naik karena nilai poin akan dinaikkan.Secara sederhana digambarkan bahwa jika saat ini nilai 1 Mavro = Rp. 1000, maka jika Anda bergabung dengan uang Rp 1 juta, Anda bisa membeli 1000 poin Mavro. Bulan depan, nilai Mavro mungkin naik 30% sehingga menjadi 1 Mavro = Rp1.300 (saat tulisan ini diturunkan MMM menjanjikan keuntungan 30% – 55%). Anda yang menjual poin Anda (Get Help alias menarik dana) akan mendapat Rp1,3 juta atas 1.000 poin yang Anda miliki. Disaat yang sama, seseorang yang punya uang Rp1 juta, hanya bisa memperoleh 769 Mavro (Rp1 juta : 1.300) karena MAVRO telah dinaikkan nilainya; demikian seterusnya.

Dengan semikian nilai poin Mavro ditentukan secara pribadi oleh Tuan Mavrodi. Poin ini jelas berbeda dengan hitungan poin dalam investasi sebenarnya seperti asuransi unit link atau reksadana. Dalam investasi yang sebenarnya, uang investor ditanamkan dalam berbagai jenis usaha, sementara di MMM, uang Anda tidak diinvestasikan dalam bentuk apapun. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa Anda akan memperoleh keuntungan dari dana orang lain. Peserta MMM menyebutnya, menerima bantuan alias GET HELP.

Di Indonesia, sepertinya para member tidak mau repot dengan hitung-hitungan Mavro. YAng mereka tahu, duit mereka akan kembali 30% lebih besar dari jumlah yang dimasukkan saat Give Help.

Jadi MMM bukanlah investasi apalagi bisnis, bukan pula perusahaan, melainkan money game semata (jika Anda tidak mau menyebutnya arisan berantai). Dari segi legalitas, MMM tidaklah memiliki izin investasi dari OJK untuk menarik dana dari masyarakat. So, bila terjadi sesuatu, Anda tidak bisa menuntut siapa-siapa, karena Anda telah memasuki bisnis “aku percaya saja” dengan kerelaaan sendiri.

Bahkan di website MMM ditegaskan bahwa: MMM sangat beresiko. Anda bisa kehilangan semua uang Anda.

MMM Indonesia_peringatan

Sayangnya peringatan tersebut disampaikan dalam bahasa Inggris, sehingga tidak semua orang mengetahuinya. Atau meski tahu, biasanya tidak dihiraukan, sebagaimana peringatan bahaya di bungkus rokok. Sudah tahu berbahaya tetapi tetap dinikmati.

Siapa yang Paling Diuntungkan?

Setiap member MMM akan mendaftar ke dalam sistem dimana mereka bisa menyetorkan dana dan berharap bulan depan memperoleh dananya kembali. Bila tertarik, mereka akan menanam duit lebih besar lagi dan seterusnya.

Dalam jangka waktu tertentu, skema money game ponzi seperti ini terlihat menguntungkan. Apalagi bila para upline (manajer) dan member-member yang pernah mendapat bonus, rajin memperlihatkan bonus-bonusnya untuk menarik lebih banyak member. Selain bonus yang 30% tadi, member yang bisa menarik member lainnya dapat bonus lagi. Asli ponzi sejati.

MMM_sergei_mavrodi_230Sepanjang masih ada member yang masuk di jaringan bawah, para pimpinan dan manajer-manajer MMM akan selalu menerima suntikan dana segar untuk membayar member terdahulu. Dengan demikian mereka bisa tetap menarik dana (Get Help) tentu dengan angka yang selalu naik 30% tiap bulannya. Maka makin hebohlah promosinya untuk menarik member menyetor duit supaya mereka dapat mencairkan bonus lewat istilah Get Help.

Dengan demikian yang paling diuntungkan adalah jaringan Tuan Mavrodi beserta para pimpinan-pimpinan MMM asal Rusia di puncak piramida, lalu menyusul manajer-manajer di masing-masing negara dan kota. Makanya tidak heran bila semakin banyak orang Rusia yang datang “memotivasi” supaya banyak yang gabung MMM. Para manajer lokal pun makin rajin cari member baru untuk menyetor dana di bawah sana, karena hanya dengan cara demikian, pimpinan, para leader dan manajer MMM yakin bisa melakukan penarikan dana dengan dalih Get Help.

Sampai kapan dana akan tetap masuk? Selama masih banyak orang yang berharap akan keuntungan cepat tanpa peduli asal usulnya. Bila suatu saat MMM tutup, sebagaimana kasus-kasus money game selama ini, maka para pimpinan MMM tidak akan rugi sedikit pun karena telah mengeruk keuntungan 30% tiap bulan selama bertahun-tahun dari uang yang disetorkan oleh para member yang masuk belakangan.

Itulah cara kerja ponzi sejati, bukan bisnis bukan investasi.

(Setiap review Howmoneyindonesia.com terbuka terhadap masukan, kiritik atau pendapat yang berbeda. Silahkan sampaikan pendapat Anda kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini atau hubungi kami. Terima kasih.)

Ketahui Aneka Modus Penipuan:

About these ads

Comments

  1. Saya termasuk orang yang tidak setuju dengan MMM. Tapi lepas dari itu, salut untuk admin howmoneyindonesia. Please keep up the good job. Semoga bisa terus menghasilkan artikel-artikel yang aktual, informatif dan bermutu.

  2. Terlanjur ikut boz….gimana nich…!!!!! 1000x pusing…

  3. Kepada Admin yang terhormat,
    terima kasih banyak untuk artikel MMM nya yang sudah sangat jelas.
    saya mohon ijin untuk re-post di blog yaa…
    terima kasiiiih
    semoga artikel MMM nya bermanfaat
    aaamiiinnnn

  4. Kalo anda tidak berani beli durian, maka anda tidak akan pernah tau rasanya durian.
    Jadi, kalo anda tidak pernah ikut MMM, anda jangan bilang MMM penipuan.
    MMM sangat luar biasa. . . Long Live MMM . .

    • secara rasional tidak ada hasil tanpa bekerja. sebagai orang berilmu dan beragama kita perlu tahu aliran uang kita dalam kegiatan bermuamalah. jadi pasti ada pihak yg dirugikan manakala kita mendapat keuntungan tanpa ada jasa atau produk yang dijalankan. berhati-hatilah menjalankan amanah Allah terhadap uang kita.

    • mbak anty anda islam kok nhak tahu ilmu feqih padahal ilmu feqhih ngak cuma membahas bab ibadah membahas bab jual beli dan pinjam meminjam, katanya membantu kok mengharapakn imbalan. mbak tolong belajar lagi ilmu fiqihnya

    • kebetulan saya hampir ikut dengan ponzi2annya MMM,tapi segala sesuatu yang menyangkut uang harusnya dipelajari dan dicari tau dulu kan.setelah nanya2 dan browsing2 sana sini..dan membaca artikel yang sangat bagus ini juga saya memutuskan tidak jadi. sesuatu yang diawali dengan rentetan kejadian/kasus buruk akan diakhiri dengan keburukan juga. :)

  5. Waluh Bajarang says:

    Tulisan yang sangat mencerahkan…
    Bolehkah saya request mengenai grahasaham. Thanks admin.. tetap berkarya

  6. Terima kasih informasinya.

  7. Baru gabung seminggu , link sudah ga bisa di buka lg gmn nih

  8. Jangan pengen kaya instan ujung2nya bisa menyesal……. good job admin

  9. budi wijaya says:

    Mohon infonya bagaimana dengan indexGB, index golden bird, saya pernah diundang seminarnya, kita beli saham pra IPO tipa bulannya akan diberikan profit 3persen, tahun 2017 saham akan dijual kepasaran kita dapat keuntungan sampai 65 X

  10. MMM bukanlah investasi/bisnis.” saya SETUJUU,
    UANG ANDA BISA HILANG TANPA SEBAB…saya juga SETUJUUU
    DAN…KALAUPUN ANDA TETAP NEKAT UNTUK JOIN..
    BRATI ANDA SUDAH TAU BETUL SEMUA RESIKO DIATAS….SETUJUUUU
    dan inti dari tulisan ini “MMM bukanlah investasi/bisnis.”..
    100000% setujuu.
    itu komen dari ane ..,
    */ jadi ingat MEROKOK MEMBUNUHMU, dan kebetulan ane juga merokok gan
    heheheheh…what a wonderfull live… :)

  11. ANE SETUJU GAN………
    MMM BUKAN INVESTASI……
    KALO INVESTASI UANG SETORKAN KE ADMIN
    LALU DIOLAH SEDEMIKIAN RUPA OLEH ADMIN….
    UNTUK BAYAR MEMBER-MEMBERNYA
    TAPI KENYATAANNYA MMM SUDAH BERJALAN 2 TAHUN
    TIDAK ADA YANG MENGELUH DAN MERASA DIBOHONGI OLEH MANAGER…
    MMM MENGUTAMAKAN SISTEM KOMUNIKASI MEMBER MEMBER…
    BILA MEMBER TIDAK KONFIRMASI TRANSAKSI / BUKTINYA MAKA AKAN DI HAPUS DIANGGAP PENIPUAN…
    KALAU ANDA MEMBANTU 10 JUTA DIATAS ANDA BERATI MENCIRIKAN SUDAH TIDAK LAYAK DIBANTU…
    KALAU ANDA MEMBANTU LALU DIBANTU DENGAN SETIMPAL ITU ADALAH BUAH DARI HASIL APA YANG KAMU TANAM DI BULAN LALU..
    KARENA KAMU SUDAH BANTU..
    KALAU KAMU BANTU DI BULAN INI TERUS DIBANTU BULAN DEPAN..
    TERUS BULAN DEPAN KAMU TAK BANTU ITU TERSERAH KAMU…
    TIDAK ADA PAKSAAN UNTUK MEMBANTU….
    JANGAN GUNAKAN UANG YANG PENTING BUAT HIDUP KAMU….
    GUNAKAN UANG YANG BEBAS UNTUK MEMBANTU…
    MMM bukanlah investasi/bisnis.” saya SETUJUU,
    UANG ANDA BISA HILANG TANPA SEBAB…saya juga SETUJUUU
    DAN…KALAUPUN ANDA TETAP NEKAT UNTUK JOIN..
    BRATI ANDA SUDAH TAU BETUL SEMUA RESIKO DIATAS….SETUJUUUU
    dan inti dari tulisan ini “MMM bukanlah investasi/bisnis.”..
    100000% setujuu.

  12. Semua yg komentar pro dn kontra ttg MMM sy kira udh sangat jago berdiplomasi melalui media ini,Cmn ijinkan sy pribadi berbagi pengalaman sy yg ikut BO 2x dan kesemuanya berakhir dgn keterpurukan baik bg sy dan keluarga maupun dgn orang2 yg lainnya,Dari situ sy awalnya menyalahkan pihak2 yg telah membuat sistem itu ada,tp kemudian sy mengkoreksi diri,Saya akui sy pun salah,krn adanya pikiran untuk memperoleh keuntungan yg besar itu yg membuat sy ingin bergabung dgn mereka,tanpa mempertimbangkan akal sehat dn pengetahuan ttg hukum agama yg ada mengenai cara memperoleh rizki dgn cara yg halal,Maka sy pun akhirnya sadar diri dn mhn ampunan pd Allah SWT atas kekhilafan sy td,intinya rizki itu dtngnya memang dr Allah SWT semata dn bisa melalui perantara siapapun,hanya saja yg perlu kita sadari,bhw rizki itu tentu jg ada yg barokah dn tdk,jd untuk benteng sy pribadi bila ingin berusaha mempeoleh rizki dgn cara yg halal,maka apapun bentuknya itu hrs dipastikan usahanya jelas,klo jual beli maka brng yg diperjual belikan itu ada,ada penjual dn ada pembelinya,klo diputar untuk investasi jg hrs jelas diinvestasikan untuk bidang usaha apa dn menghasilkan profit brp,shg tdk ada pihak yg dirugikan selamanya………..,mhn maaf dan terima kasih atas ijin berbagi pengalaman ini

  13. GH hanya bisa dilakukan setelah melakukan PH, saat seseorang telah melakukan PH, dia berharap untuk mendapatkan lebih, sehingga dia menunggu selama sebulan, agar bertambah 30 persen, setelah sebulan, dia mengklik GH (meminta bantuan), lalu pada akhirnya dia mendapatkan uang yang lebih besar daripada yang telah ia berikan.
    وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ
    “dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak.” (QS Al -Mudatsir:6)
    “Terus-menerus seseorang itu suka meminta-minta kepada orang lain hingga pada hari kiamat dia datang dalam keadaan di wajahnya tidak ada sepotong dagingpun.” (HR. Al-Bukhari no. 1474 dan Muslim no. 1725)
    “Siapa yg meminta-minta kepada orang banyak untuk menumpuk harta kekayaan, berarti dia hanya meminta bara api. Sama saja halnya, apakah yg diterimanya sedikit atau banyak.” [HR. Muslim No.1726].
    “Seorang dari kalian mengikat satu ikatan kayu bakar, lalu ia memikulnya di atas punggungnya, kemudian ia jual adalah lebih baik baginya daripada harus meminta-minta kepada orang, baik orang itu memberi atau menolaknya.” [HR. Muslim No.1728].

  14. Iya nih, MMM juga termasuk money game

  15. Kita sebaiknya waspada dan berhati hati dalam mengambil suatu keputusan, baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan sehari hari. betul begitu sedulur ???
    di situs resminya si “Mavrodi” ini juga sudah dijelaskan dengan gamblang. bahwa ini bukan bisnis tow ??? kok ya masih ada yang menganalogikan ini sebuah bisnis….
    hmmm,,,,,Kamu salah bro or sis kalau anggap ikut MMM sebagai sebuah bisnis yang akan memberikan brosis sekalian keuntungan.MMM sendiri dah bilang :
    There are no investments! No business activity! There is no company!
    There are no shares transactions. There are not any relationship with the professional participants of the shares market, no shares or any product you do not get!
    Any source of income is ALSO NOT HERE! No, no and no!
    It can not be here.
    We do not give you any guarantees to you and no promises neither explicitly nor implicitly.
    If you are not ready to open your mind and heart, and start helping each other, then please leave this website.
    LIVE LIKE BEFORE – ONLY FOR A SALARY!
    DO NOT PARTICIPATE! DO NOT PARTICIPATE! DO NOT PARTICIPATE!
    NO! NO! NO!
    RUN AWAY AS SOON AS POSSIBLE FROM THE WEBSITE AND DO NOT RETURN!!!
    Akan tetapi, yg namanya manusia yg pasti punya rasa ingin tahu pasti akan mencoba benar tidaknya sistem tersebut.
    Saya iseng juga mencoba hal tersebut akhir februari 2014 ini dengan nominal yang kecil (cuma 1,5jt). sambil harap harap cemas menanti. dan ternyata apa yang ditakutkan bbrp orang yg koment disini (bahwa ini penipuan) tidak terbukti. sekitar sebulan lebih sedikit ada tuh orang yang “ngisi” rekening saya dan ada lebih sekitar 30%.
    Semua kembali ke diri kita masing-2 kok.
    - Kalau ANDA anggap MMM itu bisnis, yaaa selain mengharap UNTUNG BESAR. Anda juga harus siap rugi kalau sewaktu-waktu ketika Anda transfer ke Orang yang gak Anda kenal dan sebulan kemudian ternyata Anda tidak ditransfer (Khan PERINGATANNYA jg sdh sangat JELAS).
    - Kalau ANDA anggap MMM itu membantu orang lain, yaaa iklas aja dengan segala resikonya.Termasuk misalkan RESIKO KEHILANGAN UANG.
    - Kalau ANDA orang yg Penasaran, yaaa SILAHKAN GABUNG dan jadi ANGGOTA.
    Simple khan ??? daripada debat kusir mempertahankan pendapat masing-masing, pasti sampai kapan jg gak bakalan ketemu. Betul ????

  16. mantab. hampir ikut gabung. untung baca artikel ini. cari uang yg nyata halal aja sudah..

  17. sangat bermanfaat bagi saya,, ADMIN howmoneyindonesia Anda Luar biasa (y)

  18. sikak kabeh says:

    joss ini artikelnya…
    ane perokok bro, ane juga dah tau resikonya.. hehe
    bisa lah di artikan dalam tema yang diusung sama admin.

  19. jika anda orang islam dan mengerti serta memahami hukum-hukum dalam ajaran islam, saya yakin anda tidak akan tergiur untuk terjun kepada hal-hal yang berhubungan dengan haram, subhat, maupun riba.

  20. cyroen bodonx says:

    Ikut saya aja jelas halal
    Kuli bangunan gaji harian 80 ribu
    Kepotong makan 30 ribu
    Jadi bersih 50 ribu perhari
    Kalo sebulan 1500000
    kalo setahun 18 juta
    10 tahun 180 JUTA
    Masa depanku 10 tahun bisa bikin rumah plus anak hehe…

  21. Menurut saya MMM adalah sebuah bisnis karena jelas member yg bergabung mengharapkan suatu keuntungan, mungkin bisa disederhakan seperti kita memberikan pinjaman uang kepada seseorang dengan perjanjian pengembalian pinjaman ditambah bunga berapa persen sesuai yg telah ditentukan ( wah masuk bisnis riba nie ). Dan pada saat tdk ada lagi member baru yg bergabung apakah anda msh bisa memperoleh keuntungan??? Bisnis yang benar didalamnya pasti terdpat produk yang ditawarkan entah berupa barang atau jasa untuk mendapatkan penghasilan atau profit.

  22. min ada artikel tentang wings network g min?
    ini webnya min : http://www.wingsnetwork.com
    thx min,.

  23. beginilah ketika manusia telah dibutakan akal dan pikiranx , jelas dalam hukum islam, bahkan hukum ekonomi sudah tidak masuk akal pikiran kita. . .
    dalam islam aja meminjamkan uang pke bunga aja haram gan sis haram. . .
    neraka imbasx klo dalam islam. . .
    klo didunia pikir aj secara akal , hukum ekonomi mana yg bisa menjelaskan profil 30% yg mutar disitu~ , mustahil. . .

    Ikut bisnis seperti ini bebannya bukan saat kita menjalankan dan mendapat untung.. tapi bebannya disaat perusahaan tutup, Malu sama teman2 yang udah di ajak… ( Luqmanul Hakeem )
    emank sekarang PH lbh dari GH g lama lgi perahu terbalik dah mavrodi akan tertawa . . .

    trus para pro dngn MMM mencari~ fakta tentang artikel MMM rata~ tidak jelas asal usulx, kbnykan diweb blog dll, mana videox rata~ cuman orng~ pro MMM. . .
    itu lht artikel diwikipedia yg udah mendunia, , , menjelaskan mavrodi itu mafia rusia yg bangkit kembali diindonesia krn bnykanx orng~ B***H yg mencari uang cpt tp harus kerja keras. . . http://en.wikipedia.org/wiki/MMM_(Ponzi_scheme_company)

  24. Yah…Rapunzel coba search dong di website howmoneyindonesia.com ini. Tinggal masukkan kata kunci…pasti nongol yg kamu cari..

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 11.277 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: