100 Perusahaan Indonesia yang Paling Prospektif untuk Investasi – 2014

SWA-2014-indonesia-wealth-creatorsIngin berinvestasi saham? Kira-kira perusahaan mana yang bisa menjanjikan return (hasil investasi) yang terbaik? Apakah harus perusahaan terbesar di Indonesia? Tentu ada banyak pertimbangan untuk menjawab pertanyaan investor seperti ini. Salah satunya adalah analisa laporan keuangan, termasuk laporan laba rugi. Tetapi laba saja tidak cukup. Unsur lain yang bisa menjadi masukan adalah kemampuan perusahaan dalam memberi nilai

tambah kekayaan (wealth addedindex – WAI) dalam suatu periode tertentu.

WAI sendiri merupakan metode pengukuran kinerja perusahaan yang dikembangkan oleh Stern Value Management sebagai indikator untuk menentukan peningkatan kekayaan yang dihasilkan perusahaan di atas return minimal yang diharapkan pemegang saham atau investor. Dalam menghitung WAI, harapan akan return itu sendiri didasarkan pula pada potential cost plus risiko yang ditanggung investor, yang kemudian diterjemahkan dalam cost of equity (CoE).

Dalam mengalkulasi CoE, Stern menggunakan benchmarkrate obligasi pemerintah jangka panjang, resiko terkait perusahaan/industri dan resiko pasar. Karena itu, CoE perusahaan bisa berbeda-beda, terutama jika berada di industri yang berbeda.

Rumus dalam menghitung WAI:

WAI = Kapitalisasi Pasar (di awal periode) x (TSR – CoE)

Pertambahan kekayaan (wealth) berarti potennsi pembagian keuntungan (deviden) dan capital gain yang tinggi bukan? Dengan demikian, perusahaan yang baik akan menghasilkan WAI positif, yaitu bila total return yang dihasilkan untuk pemegang saham (Total Shareholder Return TSR) lebih besar dari CoE-nya. Jika saham perusahaan hanya menghasilkan TSR sama besarnya dengan CoE-nya, saham perusahaan itu dianggap belum menghasilkan wealth added. Demikian pula jika TSR-nya lebih kecil dari CoE, maka WAI negatif yang berarti kekayaan para pemegang saham di perusahaan tersebut sebenarnya sedang menurun. Tidak heran jika WAI belakangan menjadi salah satu rujukan untuk menentukan perusahaan yang prospektif untuk berinvestasi.

Perusahaan mana saja yang memiliki Wealth Added Index tertinggi di Indonesia?

Majalah SWA telah mengurutkan peringkat 100 perusahaan Indonesia dengan Wealth Added Index (WAI) terbesar 2014. Berdasarkan perhitungan harian data dari Bloomberg dalam periode 5 tahun: 2009 – 2013, SWA memeringkat terlebih dahulu 100 perusahaan berkapitalisasi terbesar di awal perhitungan. Setelah dihitung perolehan WAI-nya, kemudian diperingkat kembali untuk menentukan perusahaan yang berhasil memberi nilai tambah (WAI) terbesar dalam 5 tahun terakhir. Besarnya angka WAI ini dipengaruhi oleh besar perusahaan yang diukur dengan nilai kapitalisasi pasarnya (harga saham dikalikan jumlah saham).

Daftar selengkapnya adalah sebagai berikut (klik gambar untuk memperbesar):

SWA-2014-indonesia-wealth-creators-1SWA-2014-indonesia-wealth-creators-2

SWA-2014-indonesia-wealth-creators-3

Sekali lagi, WAI hanya merupakan salah satu faktor penentu dalam memilih perusahaan yang prospektif untuk investasi. Nah, di perusahaan manakah Anda berinvestasi?

 

 

Iklan

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: