Awal 2020 Harga Emas Terus Naik

Masyarakat yang gemar mengoleksi atau berinvestasi dalam bentuk emas, bisa jadi sedang bergembira. Perkembangan ekonomi dunia yang melambat dan ketidakpastian karena berbagai fenomena global, turut berkontribusi meningkatkan permintaan emas dunia. Akibatnya, harga logam mulia ini terus menanjak.

Dalam seminggu terakhir, terhitung sejak 31 Desember 2019 sampai dengan 7 Januari 2020, harga emas PT Aneka Tambang (Antam) telah naik sekitar Rp12.000 per gram, yaitu dari Rp762.000 menjadi Rp784.000. Dalam hitungan periode setahun terakhir kenaikan harga emas sekitar 3% atau sekitar Rp20.000 per gram jika dibandingkan dengan harga per 7 Januari 2019 yang berada di posisi Rp664.000 per gramnya.

Lalu apakah harga emas masih akan terus naik?

Secara tradisional, emas merupakan pelindung nilai aset. Kenaikan nilainya biasanya tidak terlalu cepat tetapi cukup konsisten seiring perjalanan waktu. Baca selengkapnya: Tips Berinvestasi Emas

Disaat ini, banyak hal yang mendorong terciptanya ketidakpastian global, sehingga bisa memicu masyarakat dunia, korporasi bahkan negara untuk mengalihkan sebagian atau menambah asetnya ke dalam bentuk emas. Sebut saja perang dagang Amerika – China yang masih memunculkan suhu panas dingin dunia.

Dari kawasan Timur Tengah, situasi kembali menghangat antara Amerika dengan negara-negara teluk yang dikuatirkan bisa memicu perang yang berdampak ke kawasan. Selain itu, tren permintaan emas menjelang tahun baru China juga meningkat terutama di negara tirai bambu.

Hal-hal ini berkontribusi positip meningkatkan nilai emas. Beberapa analis memperkirakan harga emas akan segera mencapai Rp800 ribu per gram.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Bagi masyarakat investor emas jangka panjang, rutin membeli emas tentu akan mendatangkan manfaat keuntungan karena kenaikan nilai emas itu sendiri. Namun bagi para investor jangka pendek, bisa mempertimbangkan untuk menjual emasnya menjelang Imlek, supaya bisa merealisasikan keuntungan karena kenaikan harga. Keuntungan yang diperoleh selanjutnya bisa digunakan untuk membeli emas bila harga turun lagi, atau ditanamkan dipilihan investasi lainnya.

Selamat berinvestasi !

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: