Penipuan Penawaran Bantuan Pinjaman dari Luar Negeri

penipuan_pinjaman_luar_negeriAda saja cara orang melakukan penipuan. Termasuk yang sedang marak adalah tawaran pinjaman dari luar negeri. Para penipu menghubungi calon korban secara acak melalui pesan di media sosial seperti facebook ataupun melalui email spam. Dalam pesan tersebut, mereka memperkenalkan diri sebagai orang baik-baik yang mengulurkan bantuan pinjaman atau bantuan dalam jumlah besar bagi mereka yang memerlukan. Tentu saja para penipu tersebut menawarkan janji-janji manis bahwa pinjamannya tidak berbunga bahkan tidak perlu dikembalikan.

Perkenalan biasanya diawali dengan sangat manis. Saking manisnya sampai ada yang jatuh cinta. Pokoknya mereka cukup lihai sehingga bisa tumbuh rasa saling percaya walaupun tidak perah bertemu dan hanya berkomunikasi secara online. Selanjutnya, sebagaimana layaknya proses pengajuan pinjaman, para korban dimintai data diri termasuk alamat rumah, email, telepon ataupun nomor rekening bank.

Beberapa waktu kemudian para korban dihubungi bahwa uang pinjaman sudah siap dikirimkan. Hanya saja perlu pembayaran di awal untuk administrasi dan biaya transfer. Terkadang juga mereka menyebut kendala seperti adanya biaya untuk pajak, biaya sertifikat anti money laundering (AML) di Bea Cukai, atau biaya-biaya lainnya. Terkadang juga para korban ditelepon oleh “petugas” pos, Bea Cukai, Pajak atau bandara.

Biaya-biaya ini memang “hanya” beberapa juta rupiah, jauh lebih kecil dibanding uang yang akan diterima. Karena itu, banyak yang percaya dan bersedia saja mentransfer ke nomor rekening yang ditunjuk para penipu. Para petugas yang menelpon itu, tentu saja bukanlah petugas resmi, melainkan jaringan penipu yang mencatut nama-nama instansi pemerintah yang dianggap bisa meyakinkan para korban. Modus ini kurang lebih sama dengan aksi tipuan pengiriman paket dari luar negeri.

Sejumlah korban dari berbagai daerah yang terlanjur percaya, mengaku telah mengirim sejumlah uang akan tetapi uang bantuan pinjaman yang dijanjikan tidak kunjung dikirimkan. Bukannya menerima uang yang dijanjikan, para korban malah diminta lagi untuk membayar biaya macam-macam. Kalau diikuti terus jumlahnya bisa bahkan mencapai puluhan juta rupiah.

Tentu saja uang yang dijanjikan itu tidak akan pernah datang karena semuanya hanyalah tipuan belaka yang dirancang dengan baik oleh sindikat penipu baik yang melibatkan kelompoknya di dalam maupun di luar negeri. Ciri utama penipuan ini harusnya diketahui lebih awal, yaitu: Menawarkan bantuan (bisa barang, ataupun uang) dalam jumlah besar kepada orang yang tidak dikenal.

Indikasi tersebut seharusnya sudah bisa membuat masyarakat waspada dan menghindari penipuan serta tidak memberikan data-data diri yang bisa dimanfaatkan oleh para penipu dalam menjalankan aksinya. Dalam dunia ini tidak ada yang terlalu mudah. Semua pasti memerlukan usaha. Jadi kalau ada janji yang terlihat manis, mudah, dan muluk, sebaiknya hindari saja. Begitu Anda memberikan data diri, jaringan penipu akan selalu menghubungi dan mengejar Anda dengan berbagai cara, bahkan bisa menggunakan berbagai ancaman.

Ciri selanjutnya adalah: Permintaan uang. Bantuan uang ataupun barang seharusnya tidak dibebani dengan biaya-biaya apalagi sampai jutaan rupiah. Bukanlah pengiriman uang bisa dilakukan dengan mudah melalui transfer bank, demikian juga barang dapat dikirim melalui pos atau jasa kurir ekspress lainnya.

Ciri lainnya adalah: Permintaan pembayaran biaya administrasi, pajak, atau apapun istilahnya, dikirimkan ke rekening pribadi. Perlu diketahui bahwa pembayaran pajak, bea masuk harus ditransfer ke rekening pemerintah/instansi, dan bukan atas nama perorangan. Demikian juga biaya-biaya adminsitrasi pengiriman, selalu ditransfer ke rekening perusahaan.

Jadi kalau Anda mengalami atau melihat ciri-ciri tersebut di atas, jangan salahkan orang lain apalagi penipunya. Kemungkinan kesalahan awal terletak di diri sendiri yang tidak waspada atau terlalu menginginkan sesuatu yang besar dengan cara mudah. Mudah tertipu.

Bila sudah terlanjur tertipu, akan sulit melacak para penipu tersebut. Maklum mereka tak pernah terlihat langsung dan hanya berkomunikasi online. Uang yang terlanjur dibayarkan pun belum tentu bisa diperoleh kembali. Namun jangan berkecil hati. Sejumlah penipu yang tertangkap selama ini justru diawali dari adanya laporan para korban. Jadi, jangan ragu untuk melaporkan ke pihak berwajib bila ada indikasi atau telah terjadi penipuan.

Jika Anda memang memerlukan pinjaman, sebaiknya menghubungi institusi resmi seperti perbankan, koperasi, atau pinjaman online yang disediakan oleh sejumlah perusahaan fintech. Ajukan pinjaman ke pihak yang bisa memberikan beban bunga dan biaya-biaya administrasi lebih rendah.

Sekali lagi, waspada dan hindari jika ada yang menawarkan pinjaman atau bantuan muluk. Modus penipuan ini sudah memakan begitu banyak korban, termasuk teman-teman yang berbagi pengalaman di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini agar kejadian serupa tidak menimpa sahabat ataupun kerabat Anda sendiri. Salam cerdas, Indonesia!

Comments

  1. ChrisTalenta says:

    Bersyukur… setelah saya membaca ulasan ini, saya sadar bahwa sekarang dalam target tipuan “Jendral Bule” itu. Namun saya sudah terlanjur memberikan data diri. Bagaimana ini?

  2. meilisa senjaya says:

    dr henry jones uda berikan slip pembayaran wu katanya ud d trf ke saya trs sblm d ambl ktny hrs byr ke dia dk d kantor wunya baru bsa cair it gmn ya? klo d ptng dr pinjaman si gpp klo hrs trf dl br cair takutnya malah nipu kan?

  3. saya punya kejadian nih yg sama.. jadi saya pinjam uang 200 juta kemudian di tlp bsoknya harus buka rekening d*n*m*n ..setelah uang cair,,kasih uang buat petugas lapangan 0,5%.. kantornya katnya di menara kadin dan ini cabang jakarta,,ada lagi cabangnya di surabaya dan pusatnya di singapura.. namanya general fundtrust.. mohon saran dan petunjuknya..

  4. hari cahyono says:

    ya emg bener itu penipuan!!! krn sy jg pernah coba nyari pinjaman dari LN didua vendor yg berbeda yakni: clarabannyloaninvesment& golden mortgagefinancial,semuanya menyetujui dng jml yg kita minta,stlh kita mengisi syarat2 yg disodorkan selanjutnya mereka akan membalas lewat email dan mengatakan bahwa pinjaman sdh ditangan mereka dan tinggal kita diminta untuk menstranfer sejumlah uang dng mata uang USD dan minta ditransfer lewat western union.Anehnya penerimanya semuanya berkewargaan NIGERIA,pdhl sepertinya diproposal pengajuan kayak org EROPA.Mrk mengatakan bahwa setelah uang ADM ditranfer baru pinjaman kita yg akan ditranfer.Jadi ini jelas PENIPUAN,untung sy hanya test utk main2 aja.
    Buat rekan2 …. jgn percaya dng penipuan yg berkedok pinjaman dari luar negeri yg menggiurkan anda!!
    salam indonesia
    hari

  5. Saya suda terlanjur deal dengan penipu ini, kerana sy telah termakan janji2nya.sy butuh duit untuk tampung kos rawatan.dan saya telah membayar hampir 6, 000MYR.kini sy semakin susah untuk mendapat wang rawatan isteri saya.

    • Sabar…mudah mudahan tuhan menggantinya yang lebih
      saya juga sama saya kemaren sdh tsfr 6 jt dan saya sadar saya hrs kirim 20 jt tapi tidak saya trasfr

  6. Kemana saya harus melapor?

  7. Wahyu Maulana says:

    Saya tidak tahu, Apakah Saya bodoh atau apa, yang jelas karena kebutuhan yang mendesak untuk biaya pendidikan anak, saya mencoba Mencari Pinjaman dari Pinjam ke teman, mengajukan Kredit tanpa agunan sampai menjadikan saya putus asa dan akhirnya saat saya membaca di beberapa article internet ada sebagian orang yang memberikan testimony tentang keberhasilannya di bantu oleh sekelompok orang yang bekerja secara personal ataupun suatu badan pemberi Pinjaman, untuk membantu memberikan Pinjaman uang tanpa agunan dengan proses cepat seperti, Joyce, Rolland loan company, Kathleen loan firm, Cahya credits firm, Dewi Ahmad loan firm, PROFITIAN WeathLens FINANCIAL HOME LLC, Enyasa Desmond ed081555.loanfirm, Kelly Wood kellywoodloanfirm, Risna Susanti risnasusanti247, Leonardo Sanchez sanchezloanfirm, James Williams philiploancompany14, Queen Daniel queendanielloanfirm, Amalia deb, mungkin masih banyak lagi Nama dan peran Mereka yang serupa, sampai dengan keterangan ini saya buat, status terakhir saya adalah saya diminta mentransfer sebagai biaya lisensi kesalah satu Nama di NIGERIA : FRIDAY NISIAMA, UGEILI NIGERIA, sejumlah Rp 930.000,- ditambah biaya kirim melslui WU sebesar Rp. 165.000. jadi Total saya hrs kirim sebesar Rp. 1.095.000,- setelah saya kirim saya diminta untuk menunggu data sedang diverifikasi dan akhirnya saya dikirimkan informasi kembali bahwa pihak Bank akan segera menghubungi secepatnya, Kira2 3 jam kemudian Saya menerima e-mail dari pihak Bank yaitu, FIRST BANK OF NIGERIA, yang mengimformasikan bahwa Pinjaman saya akan diproses dan dikirimkan Langsung ke Account Saya setelah saya membayar $120, Melihat informasi ini saya terkejut ternyata masih ada biaya lainnya lagi, saya Dan istri saya termenung dan tidak dapat berkata- kata lagi saya pikir Semua sudah selesai dan uang sudah bisa saya terima untuk menyelesaikan biaya pendidikan anak2 saya,. Darimana saya harus Mencari uang sebanyak $120 sedangkan uang yang saya kirimkan untuk pembayaran Lisensi sebelumnya juga saya sudah cari pinjaman, kemudian saya coba mengirimkan e-mail kembali untuk dapat biaya pembayaran ke Bank dapat dipotong dari Pinjaman saya saja, Dan sampai-sampai saya tidak bisa tidur, memikirkan dari mana saya harus memperoleh uang kembali agar Pinjaman saya bisa cair, Dan akhirnya saya coba membaca di internet pada Blok ini dan saya menulis saat ini Semua tidak jelas,statusnya Dan sayapun tidak tahu lagi harus Mencari Pinjaman kemana lagi.semoga apa yang saya lakukan imi atas kebodohan dan ketidkatahuan saya, dam menjadikan pelajaran untuk Semua orang Dan apa yang saya ceritakan ini benar2 kejadian yang saya Alami saat ini, YA ALLAH, SEMOGA ENGKAU AMPUNI SEGALA DOSA- DOSA PARA PENIPU INI UNTUK SADAR DAN KEMBALI KE JALAN MU, Janganlah orang yang sudah susah seperti saya ini akan mengalami hal yang serupa, AMIIN, (Jika ada yang dapat membantu saya segera hubungi saya ke e-mail ,whymlna74@gmail.com, saya sangat berharap masih ada orang2 Dermawan dan ikhlas yang mau membantu sesamanya. Saya sangat membutuhkan bantuan anda.

    • saya sama total

      1000.000
      1250000
      2000.000
      700.000

      total kerugian saya bule dari negria

    • Hari ini saya mengalami hal yang sama dan pembayaran pertama 950.000 lewat WU sudah saya lakukan awalnya dijanjikan 1 jam akan dikirim pinjaman saya tunggu sampai berjam jam tidak ada uang masuk lalu saya mendapat email dari lain nama mengatakan bahwa saya harus membayar lg ke perusahaan tersebut agar bisa segera dikirim pinjamanya…saya tidak ada uang lg karna saya pun sedang butuh pinjaman bahkan sedihnya untuk bayar yg pertama saja saya pinjam saudara…singkatnya karna saya tidak bayar lagi ini sekarang saya di teror dan sangat takut…katanya saya harus mengembalikan pinjaman yg sudah di debet dari pembayaran pertama tadi bukti dari WU…saya takut dan bingung…saya tidak mendapat pinjaman tapi dituntut untuk mengembalikan bahkan mau dihukum…bagai mana ini saya takut…sudah susah butuh bantuan malah terjerat masalah…tolong saudara semua bagai mana ini apakah saya akan dihukum dan dituntut…saya sangat takut …mohon pencerahanya saya ini seperti sudah jatuh tertimpa tangga…tolong saudara semua saya sudah kehilangan uang apakah benar dari data saya dari bukti kirim WU saya ada debet pinjaman..saya takut dan bingung

      • Bapak tidak perlu takut terhadap ancaman tersebut.

        Mareka hanya ingin memeras Anda. Jika Anda merasa terganggu, sebaiknya segera laporkan ke pihak berwajib dengan menunjukkan bukti2 sms dari para pemeras tersebut.

  8. Wahyu Maulana says:

    Coba dan mencari beberapa dana kemudian kembali ke saya agar saya dapat membantu Anda berbicara dengan Manajer Bank oke?! ..

    [KATHLEEN FOSTER LOAN FIRM]

    Ini adalah jawaban e-mail yang saya baru terima saat ini, mohon dipastikan Apakah ada yang pernah tertipu olehnya.
    Admin apa yang harus saya perbuat …..???

  9. Wah benar2 penipuan yg terlatih.sy prnh ditipu sbyk 200jt dan itu dilakukan dgn pengiriman uang ke nigeria via western union…akhirnya sy sdr sy ditipu dan sy berkenalan lg dgn tentara Afganistan via online dan krn sy pikir dia baik sy ceritakan mslh sy ditipu n tentara ini blg dia bs bantu krn kenal dgn detektif terkenal disana..akhirnya sy disuruh transfer uang jg utk flight detektif ke negara penipu sdh 2x tp anehnya knp ke nigeria jg n via western union jg..dan skrg detektif ini minta lg kiriman uang krn pelaku sdh tertangkap dan mau diproses dipengadilan sana..tp krn sy tkt ditipu sy tdk kirim lg tp skrg yg jd mslh detektif ini mengancam sy klo sy gk transfer uang tsb mk kasus sy akan ditransfer ke my country police Jkt..sy hrs bgm

    • Yg pertama, jangan mengirim uang lagi. Karena mereka semua komplotan. Apapun ancamannya, jabgam dihiraukan, karena mereka takkan berani menghadapi pihak berwajib. Lha mereka penipu kok…

      • saya juga

        5 kali di tipu 4 kali saya di tipu
        di pinjaman online

        pertama orang kita di indonesia
        kena 1 juta

        ke 234 orang negria

        saya sudah utang saya sudah keliling pinggang habis puluhan juta
        mohon yang sudi beri bantu
        coll 083129100199
        kkalek125@gmail.com

    • Jgn transfer lagi mbak.. Itu cm ancaman palsu.. Palingan mereka lg ketawa ketawa maen detektif2n.. Laporin aja k polisi biar berita nya di up ke media, shg banyak yg org2 yg terhindar dr penipuan serupa

  10. apakah saya juga kena tipu ya min,saya ada transfer melalui WU ke negara Nigeria,mealui loan firm Kelly wood…tapi sekarang dia minta dana lagi untuk aktifasi bank,giman tuch min…sementara saya sudah mentransfer hampir 4 juta min,,,???

  11. Sri ayu agustina ningsih says:

    Apakah ada yag tertipu dengan ibu chole?

    Soalnya saya mendapat email dia dari seorang testi katanya yang sudah pernah di berikan pinjaman..

    Ini perkataannya.. mohon saran
    Ini adalah rekening bank perusahaan di mana Anda akan selalu membayar angsuran bulanan Anda.

    Akun Nama: Chloe Morrison Firm
    Nama Bank: First Bank
    Bank Alamat: Asaba
    Nomor Rekening Bank: 6510064375
    Jenis akun: akun perusahaan.
    swift code : 83930

    Tapi akan menyarankan Anda untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran pinjaman Anda melalui western union atau akses cepat MoneyGramso karena biaya pendaftaran pinjaman Anda akan digunakan untuk memproses pinjaman uang ke rekening bank Anda.

    Penerima Nama: EGEREGA UFUOMA
    Alamat: No. 12 old campus road Asaba , Delta state
    Penerima Negara: NIGERIA
    Jumlah: Rp, 950.660
    Nomor telepon: 09095756515
    ID card no: 56761243

    Setelah Anda melakukan pembayaran kembali ke dengan bukti pembayaran sehingga uang pinjaman Anda dapat ditransfer ke rekening bank Anda.

  12. Dian Musyati says:

    Kalau saya disuruh kirim uang 2 juta katanya untuk asuransi kredit dan biaya transfer, nama company itu entrepreneur forum loan. Tapi itu di Malaysia lokasinya, saya disuruh kirim lewat western union jika uang dah dibayar 3 jam kemudian baru ditransfer ke Bank saya. Mereka kasih saya bukti surat perjanjian pinjaman lewat email saya. Semua disitu tertulis bunga pinjaman, total pinjaman, dan biaya perbulan untuk dibayar. Disitu juga ada tanda tangan pemilik company itu, saksi juga ada. Tinggal tanda tangan saya yg belum. Mereka berada di Kuala Lumpur, Malaysia.Mereka memberi saya no handphone yg bisa di hubungi juga. Apakah ini termasuk penipuan?

  13. Apakah saya juga kena tipu,saya jg sudah terlanjur kirim uang lewat WU,emailnya rebeccawilliamsloan@gmail.com,saya sudah kirim uang 2jt an,tp saya d janjikan stlah kirin uang pinjaman sa akan d transfrr,tp mpe skg lom dapat pinjaman,mlhan sy d srh transfer lg biaya aktifasi 750rb,tetapi tidak saya lakukan.saya skg bingung mau cr pinjaman kmn bwt daftaron anak skolah.klo ada yg mau bantu dengan ikhlas ne email saya yudiputrarama@gmail.com

    • Itu penipuan.. jangan mudah percaya dengan tawaran muluk2..

      • Awal nya saya jg prcy dan ingin mencoba melakukan pinjaman.. Tp klw di lihat semua testimoni berasal dr luar negri.. Saya ingat bbrp bln yll ada rumah mewah yg di grebek isi nya belasan WNA dg banyak laptop n gadget laen nya, smua yg mrupkn sindikat penipuan online.. Jd mrka yg blg di nigeria, afganistan, singapura, sbnrx mrk 1rmh..alhmd saya ketemu blog ini..
        Saya terhindar dari penipuan..

  14. apakah saya juga kena tipu oleh esther jhones loan @gmail.com dan theresa loan company@gmail.com.
    mereka menawarkan pinjaman tapi saya di suruh mentransfer sejumlah uang untuk biaya lisensi.

  15. min saya dapat email dan harus kirim uang untuk biaya admin,tp lokasi nya yang saya mau kirim di mumbai india,apakah itu penipuan min….makasih,saya tunggu infonya

    • Itu modus penipuan. Jangan kirim uang apapun…

      • Saya sudah kirim uang rp 1.250 rb ke chloe morrison untuk biaya pendaftaran sekarang disuruh kirim 2.7 untuk biaya transfer . saya mendapat rekomendasi dari polisi nigeria bahwa perusahaan itu dapat dipercaya mana yang betul ya?

      • Bahaya sekali kalau Anda mudah mempercayai hal-hal seperti ini. Darimana Anda yakin bahwa Nada berhubungan dengan polisi Nigeria? Pernahkah Anda mendengar tentang tipuan Nigeria? Hati-hati, Anda hampir saja melangkah ke dalam jerat mereka..

  16. Kl bisa dibantu Yang bener bs ksh pinjaman tanpa jaminan dimana ya. Yg bnr mw bntu. Sy byk ditawari lewat email. Pake admin depan. Tp untung sy bln trnsfer. Kt butuh knpa byr dl.

  17. Saya juga mengalaminya sekarang sama sesuai dengan komentar diatas ada aja biaya2 lain

  18. hati-hati komplotan mafia nigeria akun facebook,email bank,email loan dll itu semua penipu.Yang benar tidak ada biaya sama sekali dari perusahaan peminjam uang dan prosedur dari pemotongan pinjaman yang di dapat.hati-hati dengan nama ejiro dosmund,dll semua mafia nigeria waspadalah

  19. Bagaimana dengan isabelloancompany? Ini juga menawarkan pinjaman dengan mudah, hanya data dan scan KTP, tapi setelah itu harus bayar biaya lisensi 750rb melalui WU ke nagara nigeria, setelahnya kita dapat akun online, dengan di beri username dan password. Memang benar di akun tersebut ada foto yang dikirim dan juga saldo pinjaman yang di berikan, tapi setelah mau di transfer ke rekening lokal ternyata harus memasukan kode COT, setelah di tanyakan ternyata masih harus mentransfer uang 2juta melalui WU ke negara nigeria, masa kita mau pinjam harus transfer uang terlebih dahulu, kalau memang legal harusnya bisa di potong langsung dari saldo pinjaman yang di berikan, benar benar mencurigakan?

  20. Si penipu kbanyakan dari nigeria terutama wilayah Lagos,hati2 sama mereka saya hampir nyaris kena tipu,mereka langsung dari nigeria,saya malah ngerjain mereka biar mereka jengkel.

  21. Hati2 sama orng nigeria terutama dari wilayah Lagos,mereka kbyakan penipu,saya pernah hampir kena,katanya udah trnsfer $800.000 suruh di cek di email,emailny buatan mereka,,untung saya udah search di google “spamwatch” saya suruh mereka Baca,,jadiny mereka yang malu.

  22. Apakah Ini juga termasuk kedalam Modus Penipuan?

    BANK: UNION BANK
    RECEIVER NAME: JOY WILSON LOAN PERUSAHAAN
    NOMOR REKENING: 0048574905
    POST CODE: 1001
    COUNTRY: NIGERIA
    CITY: DELTA

    Tapi Anda harus membuat biaya persetujuan pinjaman Anda melalui (sekretaris departemen persetujuan) Western Union untuk akses cepat dan mudah, sebagai pembayaran di rekening bank Anda akan memakan waktu hingga lima hari kerja sebelum dapat tercermin dalam akun kita di sini, dan itu membuang-buang waktu kita perlu mendapatkan biaya transfer dan melanjutkan dengan pinjaman Anda karena kami perlu memverifikasi persetujuan Anda di sini sebelum Anda meminjamkan uang dapat ditransfer ke rekening bank Anda.

    Biaya western union rincian pembayaran

    Nama Penerima: Onyelunisue Chukutem
    Alamat: Delta Negara
    Penerima Negara: Nigeria
    Total: Rp1,200,000
    Telepon: 8679072427
    ID card no: 45396271

    Pastikan Anda mendapatkan kembali ke saya sangat awal di pagi hari dengan salinan scan transfer pembayaran pinjaman uang Anda.

    Salam pembuka.
    Ibu Joy

  23. Mau tanya cara mengecek loanfirm atas nama ivan alexandra loanfirm Apakah seorang penipu atau sah loanfirmnya?

  24. Hati hti dengan pinjaman lewat bank online dengan bunga yang sangat renda. Itu hanya instrik mereka yang sangat menjerat calon korbannya, dengan janji janji manis bahwa setelah bayar ini pinjaman akan diterima ternyata hanya tipuan saja dengan adanya biaya berikutnyasampai berapa kali yang tidak terhitung jumlahny, walaupun proses bank online telah 100% itu tidak menjamin transfer dana akan sampai ke rekening kita yang ternyata hanya jebakan karena setelah itu adalagi yang biaya polislah biaya itulah yang jelas sangat menyakitkan.

  25. hello, teman saya dapat kenalan dari UK via facebook bernama Ken Peter (seorang dokter). Setelah beberapa kali chatting, mereka lanjut di whatsapp. dan si ken pter ini mengirimkan hadiah . seteleh beberapa harinya, teman saya mendapatkan telpon dari Asian Pacific Cargo, bahwa paketnya sekarang berada disana ditahan di batam. untuk mengclaim paket tersebut (untuk ijin masuk), teman saya harus membyar sejumlah uang 8jt. kemudian teman saya mentranfernya ke rekening BRI a/n septa nopian (734701019982531). lalu teman saya ditlp lagi , setelah paket tersebut di scan,didalam paket tersebut berisikan iphone, laptop, perhiasaan, parfum, tas, dan sejumlah uang. Dikarenakan paket tersebut berisi uang, teman saya disuru mentransfer lagi 25jt untuk claim uang (untuk pembuatan dokumen, bahwa uang itu adalah gift dan menghindari money laundry)tersebut karena pengiriman tidak sesuai dengan jalur. dan teman saya mentransfer kan lagi 25jt (ke norek yang sama) Stelah itu dari pihak cargo tersebut nelpon lagi untuk minta biaya stamp dan tanda tangan bea dan cukai sebanyak 51Jt.
    dan teman saya tidak mentransfer lagi. Dikarenakan paketnya lama di cargo tersebut, teman saya mendapakan email dari deltacourierserviceuk@gmail.com . courier ini menanyakan kapan pembayaran dilakukan. Jika teman saya mau transfer, pihak courie meminta teman saya utk transfer ke BRI a/n ahmad syaipudin (173201003802504)
    teman saya masi keep in touch dengan ken peter. Ken peter ini sekarang berada di india (menurut informasi dari teman saya dan no.tlp nya juga india dan juga teman saya chat dengan ayah dri ken peter ini di UK)
    saya meyakinkan teman saya ini, dia ditipu
    apakah ini termasuk jenis penipuan nigeria? ato semacamnya?
    terima kasih

  26. waduh, sy dah terlanjur email ktp sy loh, gimana nih? soalnya ktp sy itu alamat saudara sy, sedangkan sy sendiri tdk tinggal disana… dan diemail dy jg ada penjelasan bahwa sy tdk tinggal sesuai alamat ktp….
    apakah mrk bisa sampai mengganggu saudara sy ngak yah? waduh, mampus sy, minta bantuan nih….
    kejadian ini barusan 2 hr aja, sy cuman dipanghil email ktp sy, blm ada balasan selanjutnya….
    mah untung sy terbaca blog ini….

  27. Pinjaman2 dari luar negeri banyak penipu nya nama Tuhan di pakek untuk menjerat mangsa nya saya sendiri sudah 7 kali gk ada yang jujur semua dari Negara Nigeria
    Coba mana pinjaman dari luar negeri yang benar2 mencair kan dana nya semua pakek bayar uang awal stela bayar ntar bayar lagi dan terus sampai habis uang kita gk peduli keadaan kita kejam2 semua mentolo

  28. Saya pun sudah kena tipu sama perusahaan Gloria S Loan Company, sudah hampir 15juta uang saya melayang. Salay saya terlalu terguir begitu pinjaman disetujui 400juta,karena saya memang sedang butuh uang untuk nutup kartu kredit & KTA.
    Saya dminta terus transfer lewat WU. Akhirnya saya blokir no,wa dari Nigeria karena disaat terakhirpun si Gloria S Loan company itu masih minta ditransfer lagi. Daripada uang saya hilang makin banyak, lebih baik saya blokir saja. Sekarang saya makin terpuruk karena kartu kredit & KTA sudah nunggak & tidak terbayar. bahkan FB saya pun di hack sama orang nigeria itu.
    Ya semoga ada hikmahnya dengan kejadian ini dan harus lebih berhati-hati lagi dengan tawaran pinjaman luar negeri.Semuanya penawaran pinjaman dari Nigeria adalah penipu.

    • whymlna74 says:

      Dear All,
      Saya adalah salah satu korban penipuan loan dari nigeria sekitar 3 tahun lalu harap berhati-hati dengan tipu daya mereka tawarkan kepada korbanya dan nereka terus mengejar kita sampe kita mau melayani kembali ,. sebaiknya jangan pernah percaya apapun itu berfikirlah dengan logika tidak mingkin kita mendapatkan bantuan sebesar itu dengan proses yang sangat mudah. Dasar penipu tetaplah penipu yang penting kita harus lebih waspada lagi dan jangan masuk pada libang yang sama lebih baik ikuti prosedur pada umumnya jika memang belum rejeki ya kita tetap berusaha saja terus dan mau mencoba jangan memilih cara instan

  29. saya juga tertipu dengan theresaloan,,uang saya sudah 7.300.000 mrk bawa..bagaimanakah cara melaporkan ke polisi agar uang saya kembali

  30. Enny Kurniaty says:

    saya ditawarkan pinjaman oleh Grace morgan sy kenal lewat fb sy diminta berhubungan langsung lewat email Dangotegroupdepartement@gmail.com. saya ikuti langkah demi langkah pinjaman sy dinaikkan dari 30jt menjadi 60jt kemudian sy diminta utk membayaar kode imf dari pihak bank bernama UBA tp saya bilang saya tidak punya uang sy diberi waktu 3 hari..mohon informasi tentang perusahaan itu apakah benar

  31. Saya mau tanya,kalau margret spencer loan perusahaan itu beneran apa tidak ya

Anda punya masukan, informasi atau komentar? Sampaikan di sini..